Cara Menghasilkan Uang dari Blog Melalui Tulisan


Beberapa waktu yang lalu teman saya ada yang bertanya, gimana cara menghasilkan uang dari blog dan juga barang-barang gratis yang biasanya saya "pamerin" di medsos? Hahaha.. saya ketawa dengar pertanyaan polosnya. Barang-barang gratis? Emang beneran gratis? Emm.. yang jelas, enggak serta merta bin tiba-tiba bisa mendapatkan penghasilan dan barang gratisan, dong. Semua itu perlu usaha dan kalau dipikir-pikir, yang didapat bukan barang gratisan, sih 😁


cara-menghasilkan-uang-dari-blog


Apa Saja Sumber Penghasilan dari Blog?

Tulisan ini saya peruntukkan khusus bagi teman-teman bloger pemula. Bahwasannya, blogging atau aktivitas ngeblog itu bukanlah aktivitas yang hanya mengasyikkan, namun lebih dari itu merupakan kerja keras dan kerja cerdas. Ngeblog yang baik itu tidak mudah, karena butuh upaya kerja keras yang tidak sebentar.

Selain itu, saya lebih setuju jika ngeblog bukanlah semata-mata untuk mendapatkan penghasilan. Memang, siapapun berhak untuk menentukan arah tujuannya ngeblog. Ada yang bertujuan ngeblog untuk suka-suka, sekadar untuk menuangkan segala uneg-uneg dalam hati. Ada pula yang ngeblog secara profesional, menjadikan aktivitas blogging sebagai profesinya. Ada pula yang berada diantara keduanya, ngeblog untuk suka-suka tapi juga bisa mendapatkan penghasilan.

Sumber penghasilan dari blog pun bermacam-macam jenisnya. Ada yang melalui Adsense, memasang banner dari sebuah brand di blog, melalui sponsored post, mengikuti lomba blog, dan lain-lain. Itulah mengapa judul artikel ini adalah cara menghasilkan uang dari blog melalui tulisan. Karena memang tidak semuanya penghasilan dari blog itu melalui tulisan. Bisa dari banner yang dipasang di blognya, dan lain-lain. 

Sementara itu, sponsored post sendiri bisa bermacam-macam bentuknya. Bisa melalui review produk atau jasa, meliput event, content placement (artikel sudah dituliskan klien dan bloger tinggal memasangnya di blognya), dan lain-lain. 

Nah, dalam tulisan ini yang saya bagikan tentu saja pengalaman saya pribadi bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Karena saya belum pernah memasang Adsense maupun banner tertentu di blog ini, maka yang saya bagikan adalah cara menghasilkan uang melalui sponsored post di blog. Sesuai istilahnya, sponsored post adalah tulisan di blog kita yang dibayar oleh klien yang bekerja sama dengan kita sebagai pemilik blog. Seperti apa cara mendapatkan kerja sama sponsored post? Baca tulisan ini sampai selesai, ya 😊


Agar Blog Bisa Menghasilkan, Bangun Dulu dengan Baik

Hemm.. Sebelum berpikir punya penghasilan dari blog, saya mau ajak dulu untuk memikirkan bagaimana membangun blog agar bisa dilirik oleh calon klien. Karena, tentu saja calon klien tidak akan mau bekerja sama dengan blog yang tidak berkualitas, tidak punya daya tarik atau daya jual. Biasanya klien akan memilih blog-blog yang dapat meningkatkan tujuan marketingnya.

Seperti apa blog yang berkualitas itu? Banyak parameter yang digunakan oleh calon klien. Bisa dengan melihat trafik blog, dilihat dari nilai DA/PA/DR/Alexa Rank, dengan melihat branding dari sang bloger, dan lain-lain. Maka, kita harus menjadikan blog kita bagus terlebih dahulu sebelum berharap bisa mendapatkan penghasilan dari blog. Hehe.

Nah, cara membangun blog (sesuai pengalaman saya pribadi, ya) setidaknya bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:


menghasilkan-uang-dari-blog


Membuat Blog dan Luruskan Niat

Tentu saja hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan membuat blog terlebih dahulu. Soal platform yang digunakan, terserah mau memilih platform Blogspot atau Wordpress. Semua ada tutorialnya di Google dan dipelajari kemudian dipraktikkan. Sesuaikan dengan kesukaan dan kemampuan.

Tapi jangan lupa, luruskan niat dulu di awal membuat blog. Apa tujuan ngeblog teman-teman? Apakah blog akan dijadikan tempat menuliskan segala uneg-uneg atau melepas penat? Untuk menuliskan segala informasi, pengetahuan, dan pengalaman yang dipunya? Untuk mendapatkan penghasilan (uang) sebanyak-banyaknya? Jika tujuannya pada poin kedua (untuk menuliskan segala informasi, pengetahuan, dan pengalaman yang dipunya) dan disamping itu bisa menghasilkan uang, teman-teman bisa baca tulisan ini sampai selesai 🤗

Oh ya, jangan lupa juga, ngeblog adalah aktivitas yang berkaitan erat dengan tulis-menulis. Maka jika teman-teman kurang suka dengan dunia tulis-menulis (juga membaca), maka sebaiknya enggak perlu melanjutkan aktivitas blogging, ya. Karena hanya akan capek saja nanti, hehe..


Mengisi Blog dengan Konten-konten yang Bermanfaat Secara Konsisten

Langkah selanjutnya adalah mengisi blog dengan konten-konten yang baik, yang sebisa mungkin bermanfaat bagi pembaca. Entah itu berupa informasi, pengetahuan, atau pengalaman yang sekiranya dibutuhkan orang. Tulisan curhat pun enggak masalah, tetapi sebisa mungkin ada manfaat dari kisah yang dibagikan. Misalnya saya pernah curhat tentang kehamilan placenta previa, tenyata banyak yang baca juga, lho. Bahkan beberapa ada yang email dan WA menanyakan serba-serbi placenta previa dan menyampaikan terima kasih atas sharing yang saya bagikan. Alhamdulillah.

Kemudisn, lakukan kegiatan mengisi konten tersebut secara konsisten. Maksud dari konsisten ini enggak mesti publish postingan sehari sekali atau dua hari sekali secara terus-menerus, ya. Kalau enggak bisa sering dan enggak bisa rutin, menurut saya enggak masalah update artikel seminggu sekali atau satu bulan 4-8 artikel yang dipublish, tetapi rutin setiap bulan seperti itu. Bukan bulan ini ada 15 artikel lalu bulan berikutnya hanya 1 artikel yang dipublish atau bahkan kosong. Enggak gitu, sih.


Menentukan Domain dan Mempercantik Blog

Setelah blog sudah terisi dengan konten-konten yang cukup berkualitas dan kuantitasnya juga lumayan, langkah selanjutnya bisa dipikirkan tentang domain dan tampilan blog agar lebih cantik. Domain blog ada yang gratisan ada pula yang berbayar. Bebas, sih, mau pilih yang mana. Tetapi jika ingin lebih berpeluang menghasilkan uang dari blog, menurut pengalaman saya pribadi sebaiknya pilih domain yang berbayar. Karena faktanya setelah blog ini berubah menjadi dekamuslim.com (sebelumnya dekamuslim.blogspot.com) maka tawaran kerja sama blog lebih ramai berdatangan.

(Cara membeli domain bisa dicari tutorialnya di mesin pencari, ya 😊)

Sedangkan domain gratisan, menurut saya lebih cocok dipakai oleh bloger yang tidak fokus mencari penghasilan dari blog. Atau, biasanya dipakai oleh bloger yang sudah mempunyai branding yang kuat sebelumnya. Intinya dia sudah beken duluan sebelum punya blog, sehingga penggemar/pengikutnya sudah banyak. Seperti misalnya artis atau public figure yang lain. Sehingga klien yang mengajukan kerja sama tidak melihat parameter blognya, melainkan kekuatan dia sebagai public figure.

Oh ya, mengenai nama domain, sebaiknya pilih nama yang simpel dan pendek, ya, sehingga akan lebih mudah diingat pembaca. Contoh, dekamuslim.com lebih mudah diingat dibanding diahkusumastuti.com, bukan? Pada nama yang kedua, bisa saja orang salah menuliskan diahkusumawarni.com, misalnya. Hehehe. Selain itu, dari segi SEO nama domain yang singkat lebih bagus di mata mesin pencari.

Bersamaan dengan menentukan domain, lebih baik lagi jika tampilan blog juga dibenahi. Pilih template blog yang responsif dan mobile friendly. Bisa utak-atik sendiri dengan bantuan mesin pencari atau teman. Namun jika kesulitan, bisa mencari bantuan pada ahlinya (membeli template blog sekaligus minta di-setting-kan). 


Meningkatkan Kualitas Blog

Untuk meningkatkan kualitas blog, kita harus mau belajar ya, temans. Banyak hal yang harus dipelajari oleh seorang bloger. Seperti misalnya bagaimana cara menaikkan trafik blog, bagaimana meningkatkan nilai DA/PA/DR dengan belajar SEO, merampingkan nilai Alexa Rank, belajar menulis yang enak dibaca (misalnya dengan teknik storytelling), belajar membuat featured image dan edit-edit foto untuk memperindah konten tulisan, dan lain-lain.

Semua itu bisa dipelajari seiring sejalan dengan mengisi konten blog. Sehingga nantinya diharapkan konten-konten blog akan semakin bagus, performa blog di mata mesin pencari pun juga demikian.

Baca juga: Penggunaan Bahasa Indonesia Baku dalam Blog.


Jemput Rezeki Melalui Tulisan di Blog

Nah, setelah blog sudah mempunyai kualitas yang bagus, insyaa Allah kerja sama blog akan berdatangan. Saya kadang juga mikir, lho, dari mana para klien itu tahu keberadaan blog saya, padahal sebelumnya saya enggak mengisi form atau menjalin hubungan apapun dari klien tersebut. Memang banyak juga tawaran job dari kenalan, teman, komunitas bloger, dan lain-lain yang saya ketahui sumbernya. Namun ya itu tadi, enggak jarang klien datang dari sumber yang enggak saya ketahui. Mungkin datang dari mesin pencari, ya 😁

Sesuai pengalaman saya pribadi, tawaran kerja sama blog biasanya datang dari beberapa sumber seperti di bawah ini:

  • Teman atau kenalan. Ya, bisa saja teman atau temannya teman kita (mereka pernah membaca blog kita namun kita tak mengenal secara pribadi) tertarik mengajak bekerja sama karena telah membaca blog kita, atau direkomendasikan oleh teman kita karena dia sudah tahu kualitas blog kita.
  • Komunitas bloger yang kita ikuti. Tidak jarang komunitas bloger menyebarkan form kerja sama bloger kepada membernya. Klien akan memilih blog mana saja yang sesuai dengan kriteria yang mereka butuhkan.  
  • Grup-grup bloger di Facebook. Grup-grup bloger di Facebook banyak sekali yang sering menjadi tempat para agency yang mencari bloger untuk diajak bekerja sama.
  • Platform jual beli backlink. Seperti contohnya Vira.id, MediaBacklink.com, RajaBacklink.com, mereka mempertemukan para advertiser dan para bloger untuk jual-beli backlink. Bloger sebagai penjual, dan advertiser sebagai pembeli backlink
  • Dari mesin pencari. Para klien ini mencari sendiri blog-blog yang sesuai kebutuhan mereka dan langsung menghubungi bloger pemilik blog yang dimaksud.
  • Dan lain-lain.


Cukup banyak sumber atau peluang untuk mendapatkan penghasilan dari blog, ya. Jadi maksimalkan saja usaha kita, perbaiki blog dan jangan lupa juga perbaiki attitude kita sebagai bloger. Agar calon klien tertarik untuk bekerja sama dengan kita. 

Demikianlah, temans, sedikit yang bisa saya bagikan mengenai cara menghasilkan uang dari blog melalui tulisan. Maka, jika teman-teman memang suka dengan aktivitas blogging dan ingin mendapatkan penghasilan darinya, teruslah menulis dan belajar. Agar blog kita semakin berkualitas dan semakin mudah mendapatkan peluang kerja sama blog. Namun, jika dirasa berat, tentu saja enggak ada yang memaksa untuk jalan terus. Hehehe.

Happy blogging!


14 comments

  1. Mantuullll, artikel yg padat bergizi dan pastinya banyak yg cari nih mbaaa

    Siap aku share k mantemanku yg pingin bloging jugaaa

    ReplyDelete
  2. Kalau menurut saya sih tidak juga. Domain gratisan, seperti blogspot sudah terbukti bisa menghasilkan uang. Hanya caranya saja yang berbeda. Adsense membuka peluang untuk monetisasi blog, baik yang gratisan atau berbayar. Jadi, peluangitu selalu ada dan sudah banyak yang membuktikan dengan berbasis blogspot saja mereka bisa panen uang.

    Nah, kalau di dunia blogging Indonesia sih memang ada semacam kebiasaan bahwa domain berbayar lebih disukai pemberi job sponsored post atau content placement. Cuma kan monetisasi blog bukan cuma dari situ sumbernya.

    Mneyediakan jasa penulis, menjual produk sendiri, dan seterusnya masih banyak jalan selama kreatif dan tidak bergantung pada pemberi job saja.

    Saya sendiri dalam hal monetisasi lebih fokus pada Adsense saja karena lebih sesuai dengan karakter dan cara ngeblog saya. Dan, teryata lumayan juga dan tidak repot. Dulu malah ada sebagian blog saya yang masih berbasis blogspot dan tetap menghasilkan uang.

    Itu pengalaman saya yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Pak, saya kurang teliti nih nulisnya. Blog gratisan memang bisa menghasilkan uang dari adsense.
      Tetapi fokus saya pada tulisan ini adalah "menghasilkan uang dari blog MELALUI TULISAN".
      Jadi maksud saya uang yang didapat dari blog bener-bener dihasilkan dari tulisan yang memang dibayar. Kalau adsense kan enggak langsung dari tulisannya, tapi dari views keseluruhan di sebuah blog.
      Hehe.. kira-kira begitu.

      Delete
  3. Yes, menurutku faktor eksternal yang paling berpengaruh adalah support system. Nemuin support system yang tepat adalah koenci sepengalamanku. Artikel berfaedah sekali :D

    ReplyDelete
  4. Kalau untuk monetisasi, saya nggak mau pake adsense. Soalnya...ditolak hehehe.

    Anyway, satu poin yang saya tangkap dari tulisan mbak Deka adalah tentang niat ngeblog di awal yang harus kuat dan...kecintaan or passion pada literasi (menulis dan membaca). Karena 90% aktivitas blogging kaya2nya ga akan jauh2 dari 2 ini bukan?

    Terima kasih sudah berbagi, jadi nambah ilmu nih.

    ReplyDelete
  5. Peluang untuk berpenghasilan secara online itu banyak jalurnya ya
    Dari blog salah satunya. Tapi ya memang harus diseriusin kalau benar-benar mau menghasilkan dengan baik
    Jangan kayak aku, ngeblognya masih tergantung mood hehe

    ReplyDelete
  6. Aku setuju bagian 'bangun blog dulu'. Karena memang iya, membuat dan mengantar blog kita sampai disukai pembaca itu, nggak simsalabim langsung jadi. Ada jatuh bangunnya. Ada coret-coretnya. Ada listingnya.

    Kalau aku pribadi, mending nulis dulu yg mantap dan rapi, baru penghasilan dr ngeblog akan mengikuti

    ReplyDelete
  7. banyak cara mendatangkan uang lewat blog, mba. tapi dari semua itu ada satu kata kunci yaitu disiplin. buat freelancer, waktu adalah uang dan itu terasa bangeet.. kalau kita rajin dan bisa kerja cerdas, insyaa Allah ya lancar aja rezekinya

    ReplyDelete
  8. Ulasan yang sangat bermamfaat.
    Rasanya bukan cuma buat pemula saja dah.

    Banyak juga blogger lawas yang memang tidak mau monetize, dan ketika berubah pikiran, sangat bisa nyontek ilmu di atas

    ReplyDelete
  9. peluang penghasilan lewat blog sebenarnya banyak ya mbak
    untuk bisa meraih semuanya tentu tidak mudah ya. Perlu usaha, salah satunya ya dengan merawat performa blog dengan baik

    ReplyDelete
  10. Thank you kak, meski sebenarnya udah tau, tapi diingatkan kembali dengam tulisan ini tu jadi kaya reminder diri ulang. Blog ku masih belum ku maksimalkan mana lagi ada dua biji, hade hadeh. Kadang senang aja ada yg mengingatkan secara ga langsung gini, mau ngelurusin lagi niat nulis biar konsisten nih.

    ReplyDelete
  11. Di jaman yang udah keren begini, nyari pundi-pundi uang di blog makin mudah, ya. Dari tulisan sponsored post atau review, bisa banget buat sumber penghasilan.

    Dan ya, luruskan niat nulis serta konsisten memberikan informasi yang berguna ialah kunci.

    ReplyDelete
  12. Karena niche salah satu blog saya yang spesifik (kucing) maka agak susah ngandalin tawaran job yang sering beredar di medsos dsb, apalagi saya cuma mau nerima job yang relate sama niche blog. Saya akhirnya langsung ngejapri perusahaan-perusahaan yang bisnisnya cocok dipasarin di blog saya. Gak nyangka ada juga yang nyangkut dan mau kerjasama.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.