Tips Memilih Mobil untuk Keluarga Besar


Bagaimana tips memilih mobil untuk keluarga besar merupakan hal yang menjadi perhatian saya dan suami untuk beberapa waktu ke depan. Insyaa Allah. Karena kami memiliki jumlah anggota keluarga yang enggak sedikit (yaitu sekeluarga ada enam orang), dan saat ini kami memang belum memiliki mobil. Sehingga kami punya keinginan untuk memiliki mobil yang cocok untuk keluarga besar.

tips memilih mobil


Saat ini, setiap kali kami akan bepergian sekeluarga, suami harus ke rental mobil untuk menyewa mobil. Suami harus memilih mobil yang setidaknya berkapasitas besar, agar kami nyaman dalam perjalanan. Karena biasanya anak-anak tertidur di perjalanan, sehingga ada yang selonjoran dan segala macam. Hehe. Nah, dari pengalaman menyewa mobil (yang sudah sangat sering kami lakukan), kami jadi tahu mobil-mobil seperti apa yang cocok untuk digunakan oleh keluarga yang beranggotakan banyak kepala.

Tips Memilih Mobil untuk Keluarga Besar

Soal memilih mobil, tentu saja suami yang paling paham. Karena selama menyewa mobil, beliau selalu menyetir sendiri mobil yang kami sewa. Sehingga beliau bisa merasakan mobil seperti apa saja yang enak dikendarai menurutnya. Mobil yang mesinnya bagus seperti apa, yang bagasinya luas, dan lain-lain. Maka, dari pengalaman kami tersebut dan hasil membaca dari berbagai sumber, berikut beberapa tips yang bisa kami bagikan mengenai pemilihan mobil untuk keluarga besar:

Pilih Jenis Mobil yang Berkapasitas Besar

Ada jenis-jenis mobil yang berkapasitas besar seperti MPV (Multi Purpose Vehicle), SUV (Sport Utility Vehicle), atau Minivan. Namun biasanya mobil jenis MPV lebih banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia, karena mobil jenis ini selain dikenal memiliki daya muat yang banyak (7-8 orang), juga multifungsi. Mobil ini dapat untuk mengangkut penumpang maupun barang. Biasanya mobil MPV dilengkapi kursi yang dapat dilipat di bagian belakang yang dapat memperbesar ruang bagasi. Sehingga bisa digunakan untuk menempatkan barang-barang.

toyota innova
Toyota Innova, salah satu jenis MPV (sumber gambar: https://auto2000.co.id/mobil-baru-toyota/p/innova)

Ketahui Konsumsi Bahan Bakar

Dengan mengetahui konsumsi bahan bakar mobil, kita dapat memilih mobil yang bisa irit bahan bakar. Hal ini tentu penting diperhatikan karena berhubungan dengan pos pengeluaran keluarga. Maka kita harus memperhatikan berapa jarak tempuh mobil dari per liter bahan bakar yang dikonsumsinya. Semakin jauh jarak tempuh mobil per liter bahan bakar yang dikonsumsinya, maka akan semakin irit mobil tersebut.

Baca juga: Ketahui Eco Driving, Agar Semakin Cerdas Berkendara.

Pilih Mesin Mobil yang Bandel dan Bertenaga

Agar lebih maksimal penggunaannya, pilih mobil yang lebih bertenaga dan bandel. Kita bisa tentukan mobil dengan mesin tipe bensin atau tipe diesel. Tipe bensin lebih unggul untuk digunakan di area perkotaan, sedangkan tipe diesel lebih unggul di area pegunungan.

Jika kita memilih mesin mobil tipe bensin, perhatikan juga kapasitas mesinnya. Semakin besar kapasitas dari suatu mesin (semakin besar angka cc) dalam mobil, maka semakin besar juga tenaga yang bisa dihasilkan. Untuk mobil keluarga besar, tentunya pilih mesin yang berkapasitas besar.

Perhatikan Fitur Keselamatan

Fitur keselamatan sangat penting diperhatikan apalagi oleh keluarga besar. Karena dengan memilih mobil yang mengutamakan faktor keselamatan akan dapat menyelamatkan banyak nyawa dalam keluarga. Fitur-fitur keamanan yang dimaksud seperti adanya sabuk pengaman yang terdapat di semua kursi penumpang, pintu dan kaca jendela yang sebaiknya memiliki sistem penguncian otomatis sehingga lebih aman bagi anak kecil, adanya airbag dan sistem rem ABS (Anti-lock Braking System), dan lain-lain.

Perhatikan Kenyamanan

Kenyamanan suatu mobil dapat ditentukan dari tempat duduknya yang empuk, AC yang sejuk, ruang yang lega, suara yang halus, dan suspensi yang empuk. Kenyamanan dalam mobil sangat perlu diperhatikan karena akan berpengaruh pada betah tidaknya penumpang di dalam mobil. Apalagi jika ada penumpang yang gampang mabuk, kenyamanan harus diutamakan.

Ketahui Biaya Perawatan

Hal ini berkaitan juga dengan pos pengeluaran keluarga. Karena mobil juga butuh perawatan agar tidak mudah rusak. Biaya perawatan tiap mobil berbeda-beda, meski mungkin harga belinya hampir sama dengan yang lain. Hal itu bisa dipengaruhi oleh spare part yang ada dalam mobil. Semakin bagus teknologi yang digunakan pada mobil, kemungkinan spare part-nya juga lebih bagus, dan biaya perawatan lebih tinggi.

Baca juga: Merawat Wiper Blade.

Ketahui Kisaran Nilai Jual Mobil

Penting kita ketahui kisaran nilai jual kembali atas mobil yang akan kita beli. Karena siapa tahu akan ada masa di mana kita dalam keadaan darurat dan harus menjual mobil tersebut, atau ingin ganti saja dengan model yang lain. Sehingga dengan mengetahui kisaran nilai jual mobil kita tidak akan kesulitan ketika akan menjualnya.

Nilai jual kembali atas mobil bisa berbeda-beda meskipun mobil-mobil tersebut harga belinya hampir sama. Hal ini terjadi karena terdapat perbedaan tingkat permintaan pasar atas mobil bekas. Mobil bekas yang banyak peminatnya otomatis memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi.

Sesuaikan Harga Mobil dengan Kemampuan Finansial

Kita harus melihat kemampuan finansial sebelum memilih mobil yang ingin dibeli. Maka kita harus jeli dalam memilih. Jika budget kita pas-pasan, cari mobil yang sesuai kebutuhan saja, jangan cari yang kualitas sultan. Hehe. Bandingkan harganya antara model mobil yang satu dengan yang lainnya yang spesifikasinya mirip.


Itulah beberapa tips tentang memilih mobil untuk keluarga besar. Dari beberapa tips tersebut, dapat disimpulkan bahwa mobil jenis MPV layak jadi pilihan. Mobil jenis ini variasinya juga banyak, baik dari segi segmentasi, desain yang menarik, hingga harga yang ekonomis. Oh ya, sebelum benar-benar membeli mobil, jangan lupa test drive dulu, ya. Agar kita tahu jika ada kekurangan atau hal-hal lain yang tidak cocok. Sehingga enggak akan salah beli.

Nah, untuk mencari informasi mengenai mobil-mobil yang cocok untuk keluarga besar, kita dapat mengunjungi Auto2000 Digiroom, Dealer Toyota terbesar di Indonesia. Teman-teman sudah tahu apa itu Auto2000 Digiroom? Jadi Auto2000 Digiroom merupakan transformasi baru dari website Auto2000.co.id yang kini menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang, dan aksesoris resmi Toyota di Indonesia.

website auto2000
Halaman depan website Auto2000.


Keberadaan website ini berawal dari jaringan jasa penjualan, perawatan, perbaikan dan penyediaan suku cadang Toyota yang berdiri sejak tahun 1975 dengan nama Astra Motor Sales. Kemudian pada tahun 1989 berubah nama menjadi Auto2000 dengan manajemen yang sudah ditangani sepenuhnya oleh PT. Astra International Tbk.

Di website Auto2000 Digiroom tersebut ada menu-menu utama yaitu Mobil Baru, Mobil Bekas Bersertifikat, Purna Jual, Promo, dan Tentang Kami. Sehingga pelanggan dapat melakukan pembelian kendaraan baru, purna jual, suku cadang, aksesoris, Trade In, dan pembelian mobil bekas (bekerja sama dengan Astra Auto Trust).

Selain website tersebut, ada juga aplikasi Auto2000 Mobile yang dapat membantu pelanggan melakukan perawatan kendaraan Toyota menjadi semakin mudah. Seperti pemesanan THS – Auto2000 Home Service, melacak status servis, hingga simulasi perhitungan pembiayaan (leasing).

dealer toyota
Salah satu dealer Toyota di BSD City.


Dengan mengunjungi Auto2000 Digiroom, kita dapat melihat-lihat berbagai jenis mobil keluaran Toyota, termasuk jenis mobil MPV yang cocok untuk keluarga besar. Ada Innova, Avanza, Sienta, Calya, Alphard, dan lain-lain. Kita dapat mencari informasi lengkap mengenai mobil yang kita incar. Nah, jika sudah memilih mobil mana yang diinginkan, kita bisa menghubungi cabang Auto2000 terdekat. Seperti misalnya saya yang tinggal di Sidoarjo, cabangnya ada di Jl. Raya Waru Km. 15, Sidoarjo.

Nah, demikianlah temans tips memilih mobil untuk keluarga besar yang bisa saya bagikan. Tulisan ini sebagai catatan bagi saya sendiri juga, sih, agar nantinya enggak salah pilih ketika akan membeli mobil. Doakan semoga kami bisa segera mewujudkan keinginan itu, ya. Dan semoga tulisan ini bermanfaat ☺



15 comments

  1. Yeayy,aku juga suka mobil MPV gini mba
    Walopun anakqu baru satu, tapi kami kalo roadtrip suka ngajak sodara/temennya sidqi dan ibu mertua.
    sooo, butuh mobil yg lapang uga sihhh

    ReplyDelete
  2. Kalau untuk perkotaan bensin, sedangkan utk pedesaan diesel, nah kalau misalnya untuk pulang kampung, sebaiknya pilih mana ya?

    Yang pasti kalau untuk keluarga, kenyamanan dan keamanan dalam mobil tersebut plg menjadi penting yg utama ya

    ReplyDelete
  3. Perihal soal mobil, banyak sekali hal hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya jenis mobil dan harganya.

    Tapi untuk kebutuhan keluarga, mobil yang bisa dipilih tentu yang memiliki kapasitas yang banyak. Semisal Avanza.

    ReplyDelete
  4. Tips nya amat sangat bermanfaat ka, save tips nya dulu aja ya ka, nexy beli mobilnya aamiin yang kenceng

    ReplyDelete
  5. Paling nohok yang terakhir ya, jangan sampe besar pasak drpd tiang, apa gunanya mobil bagus dan keren kalo dana kita gak sesuai. Harus seimbang ya

    ReplyDelete
  6. Seneng sekali..
    Pilihan mobil keluarga yaa...Toyota Innova.
    Semua muat dan bandel juga hemat banget jatuhnya.

    ReplyDelete
  7. Mobil idaman banget ini toyota, bisa muat seluruh keluarga karena kapasitas besar ya. Nyaman pula gitu, semoga ada rejeki beli. Aamiin

    ReplyDelete
  8. Bismillah.... semogaaa ada rejeki bisa beli mobil MPV di thn ini atau tahun depan :D
    Aamiiin aamiin ya robbal alamiin

    ReplyDelete
  9. Hraus benar2 dipilih dg bijak sih ya kalau mobil untuk keluarga ini biar bisa mengakomodir semua kebutuhan anggota keluarga.

    ReplyDelete
  10. kalau jumlah eluarga besar harus memilih mobil dengan kapasitas besar biar tertampung semuanya dan tentu dengan tenaga powerfull biar siap kemana mana hehehe

    ReplyDelete
  11. Mungkin perlu ditambah lagi, mobil yang sesuai kondisi alam setempat ya. Hehehe. Kalo daerah banjir kudu tinggi grou d clearence nya, atau kalo daerah gunung atau perkotaan harus gimana gitu ya mobilnya, cmiiw hehehe

    ReplyDelete
  12. Kalau ingat mobil keluarga, saya juga ingat Inova. Cukup terjangkau dan semua anggota keluarga terangkut kalau pakai ini

    ReplyDelete
  13. Sama neh Mbak, kami juga memilih mobil jenis MPV karena selain keluarga inti kami juga mempertimbangkan keluarga besar. Misal mau ngajak keluar bareng tidak bingung lagi apalagi sekarang musim hujan.

    ReplyDelete
  14. Kalau kayak aku harus mobil super lega dan besar nih soalnya pergi kemana-mana itu harus sama keluarga semua. Mantap nih informasinya Mba.

    ReplyDelete
  15. Mobil MVP emamng pas banget ya untuk keluarga apalagi kalau perjalanan jauh gitu soale muatnya banyak.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.