Apa Kabar 5 Tahun Dekamuslim.com?


2 Desember 2020. 02-12-2020. Lebih banyak angka 2 di sini. Dan saya suka 😍. Entah mengapa. Kadang, saya memang suka dengan angka-angka tertentu. Hihi. Apapun, hari ini adalah hari lahir saya. Dan juga, hari di mana lima tahun lalu blog ini berubah menjadi blog dengan top level domain (TLD) dot com setelah sebelumnya berakhiran blogspot dot com (alias gratisan) selama tiga tahun. Yeayy! Alhamdulillah.


5 tahun dekamuslim dot com


Teringat sebelum memutuskan blog dekamuslim ini menjadi TLD, saya butuh waktu yang enggak sebentar untuk mempertimbangkan segala sesuatunya. Apakah dengan ganti domain menjadi dot com saya bisa lebih disiplin mengisi blog ini, apakah kontennya akan lebih baik, dan sebagainya. Tapi saya enggak memberikan jaminan atau janji pada diri sendiri. Saya enggak berani. Karena saya tahu kualitas saya seperti apa. Hehe. Saya hanya berharap, setelah momen 2 Desember 2015 itu, saya bisa lebih produktif dan lebih semangat ngeblog. Itu saja.


Menengok Tujuan Awal Ngeblog

Alhamdulillah saya masih ingat tujuan awal ngeblog. Dan hingga kini saya enggak mau (atau belum, ya? Hehe..) mengubahnya. Saya nyaman, dan enggak ingin keluar dari zona nyaman itu. Tujuan awal ngeblog saya adalah sebagai sarana refreshing otak dan hati, atas segala kerempongan urusan rumah tangga. Haha. Tujuan saya ngeblog juga agar otak saya terus bekerja. Saya juga ingin berbagi cerita, dan syukur-syukur bisa memberikan manfaat bagi pembaca blog ini.

Ya, hingga saat ini, tujuan utama saya ngeblog tetap sama seperti itu. Hanya saja, karena sekarang ada "bonus-bonus" ngeblog dari job-job blog, enggak saya sangkal bahwa tujuan ngeblog itu bertambah, yaitu menghasilkan materi (baca: uang). Karena blog ini juga perlu perpanjangan domain setiap tahunnya, saya juga ingin memberikan hadiah-hadiah kecil pada anak-anak saya, dan lain-lain.

Tapi, saya enggak bisa melepaskan kebiasaan curhat di hampir setiap postingan blog ini. Meski saya tahu bahwa blogging 4.0 konon katanya enggak bisa hanya berisi curhatan belaka, tapi saya (kadang) enggak peduli. Saya enggak mau kehilangan kesempatan menuliskan cerita keseharian saya di blog ini.

Karena pada dasarnya saya seorang yang introvert. Saya sulit untuk bercerita pada orang lain secara verbal. Maka menulis menjadi media yang paling tepat buat saya. Saya ingin mencurahkan isi hati melalui tulisan, dan berharap ada orang yang mau membacanya. Selengkapnya tentang tujuan atau alasan saya ngeblog bisa dibaca pada tulisan berjudul "4 Alasan Menulis Blog Versi dekamuslim.com".


Apa yang Telah Dicapai?

Saya baru saja membuka-buka arsip blog, sejak Desember 2015 hingga sekarang (tapi enggak sanggup buka semuanya, terlalu banyak 😁). Dan, masya Allah, salah banget jika saya enggak bisa bersyukur (tiba-tiba terharu banget, nih). Bagaimana tidak? Sudah banyak sekali hal yang saya dapatkan selama 5 tahun ini. Desember 2015 saya ganti domain, kemudian mulai Januari 2016 job blog datang silih berganti. Hingga sekarang. Masya Allah.. Alhamdulillah.

Btw,

Ini, nih, salah satu job yang fee-nya lumayan dan gampang ngerjainnya: 8 Perlengkapan Rumah Tangga Berkualitas Tapi Minim Budget. Berharap next, job-job yang saya terima juga semuanya enggak ribet ngerjainnya seperti ini. Hehehe.


Dan tentu saja bukan hanya job yang saya dapatkan. Karena selain job yang datang via email, media sosial dan lain-lain secara online, saya juga kerap menghadiri event blogger secara offline. Dari acara-acara tersebut, saya bisa mengenal lebih dekat teman-teman bloger yang sebelumnya hanya saling sapa via medsos, blogwalking, atau WA. Lalu "capaian" lainnya lagi adalah beberapa kali memenangi lomba blog dan Giveaway, mendapatkan pengalaman-pengalaman berharga, bermacam ilmu, jaringan perbloggingan semakin luas, dan masih banyak lagi.


kopdar with keb surabaya
Kenangan saat kopdar dengan KEB Surabaya, tahun 2017.


Hanya mungkin, karena akhir-akhir ini (sebulan terakhir sepertinya) saya sedang sepi job (halah kok curhat 😂) saya jadi merasa kurang beruntung. Astaghfirullah. Ya, buruk sekali pikiran saya, ya. Padahal, rezeki kan bukan hanya dari blog melulu. Lebih lanjut, rezeki dari blog pun juga enggak mesti berupa materi. Dapat ilmu-ilmu blogging baru, nambah teman bloger, makin akrab dengan teman bloger, dan masih banyak lagi. Alhamdulillah, dengan menuliskan ini saya jadi lebih bersyukur atas segala pencapaian blogging saya khususnya selama 5 tahun terakhir 🥰.


Sudah Cukupkah Bekalnya?

Sejak awal memutuskan mengganti domain blog ini, saya sudah punya keinginan kuat untuk mempelajari teknik-teknik blogging yang lebih baik. Jika sebelumnya saya hanya bisa menulis, menambahkan foto-foto, lalu publish artikel di blog ini, saya ingin bisa lebih dari itu ketika blog ini ber-TLD. Karena saya ingin tulisan-tulisan saya di sini (meski sebagian besar berisi curhatan) dapat menjangkau pembaca yang lebih luas.

Saya selalu berusaha memberikan manfaat pada tulisan-tulisan saya, entah itu berbagi pengalaman, hikmah, dan syukur-syukur ilmu. Tapi jika hanya sedikit yang membacanya, ya, tentunya enggak ada manfaatnya buat orang lain. Makanya saya belajar SEO, agar blog ini bisa lebih banyak pembacanya.

Saya juga ingin konten blog ini lebih bagus dari sebelum-sebelumnya. Itulah mengapa saya selalu tertarik jika ada kesempatan belajar desain blog, fotografi sederhana, dan semacamnya. Sharing-sharing kepenulisan juga sering saya simak, agar tulisan saya menjadi lebih baik.

Intinya, saya berusaha membekali diri dengan ilmu-ilmu baru agar blog ini bisa berkembang lebih baik, sehingga tujuan memberikan manfaat bagi pembaca dapat tercapai. Namun kalau ditanya sudah cukupkah bekal itu hingga saat ini? Hemm.. tentu saja belum. Karena masih banyak sekali ilmu-ilmu blogging dan kepenulisan yang belum saya kuasai. Dan insyaa Allah saya akan terus berusaha belajar untuk lebih baik lagi.

Baca juga: Belajar SEO di Kelas Growth Blogger: Unik dan Bergizi.


Masih Akan Terus Melangkah?

Saya pernah menulis di blog ini dengan judul "Ngeblog Terus Hingga Sang Maha Kuasa yang Menghentikannya". Ketika saya membacanya kembali, jelaslah bahwa di tahun kelima perjalanan blog ini ber-TLD, saya masih mengiyakan isi tulisan itu. Ya, saya ingin mengisi blog ini sampai kapanpun selama masih bisa menulis dan masih ada kesempatan blog ini hidup (semoga media blog akan terus ada). 

Meskipun saat ini sepi job (halah kok curhat lagi 😂), toh tujuan utama saya ngeblog bukan untuk mencari materi, tapi lebih pada kepuasan batin. So, insyaa Allah saya akan terus melangkah di dunia blogging, menjadi salah satu narablog Indonesia meskipun mungkin enggak ada yang mengakuinya. Hahaha.

Oh ya, dulu saya beli domainnya di Rumahweb, dan terus melakukan perpanjangan selama 5 tahun ini. So far enggak ada kendala, sih, soal domain. Pelayanan mereka pun bagus. Jadi, ya, betah-betah aja saya menggunakan jasa mereka. Alhamdulillah mereka telah menemani perjalanan blog Dekamuslim ini dengan baik. Kalau ada pihak Rumahweb yang baca ini, saya mau bilang terima kasih, deh 🤗🙏


Yap, demikianlah catatan ringan saya pada kesempatan dua desember dua ribu dua puluh ini. Hehe. Saya menuliskannya dengan gembira. Meskipun harus saya akui, aslinya tulisan ini selesai ditulis pada tanggal 3 Desember (karena enggak bisa selesai dalam sekali duduk oleh sebab berbagai kerempongan rumah tangga, haha..) tapi saya setting publish tanggal 2 Desember. Huahahaha. Semoga ke depannya blog dekamuslim.com ini menjadi lebih baik dan membawa berkah. Aamiin.



No comments

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.