Pages

Wisuda Drive Thru Anak TK di Masa Pandemi Covid-19


Baru di tahun 2020 ini saya mendengar istilah wisuda drive thru. Mungkin teman-teman juga sama dengan saya? Hehe. Kalau di waktu sebelumnya kita mendengar sebutan drive thru di gerai makanan siap saji, pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor, atau pelayanan publik lainnya, di masa pandemi ini frasa itu masuk pula di lingkungan pendidikan. Nah, gimana proses wisuda semacam itu khususnya untuk anak TK (Taman Kanak-kanak) seperti yang dialami anak saya? Simak ceritanya, yuk!

wisuda drive thru anak tk di masa pandemi covid 19

Kemarin adalah hari yang istimewa buat si nomor dua kami. Pasalnya, hari Sabtu tanggal 20 Juni 2020 kemarin dia mengikuti wisuda drive thru TK. Acara wisuda yang spesial karena diadakan di masa pandemi Covid-19.

Sebelumnya tak terbayangkan di benak kami semua, para orang tua murid, akan adanya acara wisuda semacam itu di masa pandemi ini. Saat libur sekolah karena pandemi diperpanjang dan diperpanjang lagi (hingga beberapa kali perubahan perpanjangan jadwal libur), kami maklum jika tahun ini tak ada wisuda bagi anak-anak kami. Kami paham jika wisuda ditiadakan, demi kebaikan dan keselamatan bersama.

Tapi kurang dari seminggu dari pelaksanaan wisuda, ternyata tiba-tiba ada pengumuman bahwa wisuda anak-anak Play Group dan TK di yayasan sekolah kami akan diadakan pada hari Sabtu tanggal 20 Juni 2020. Diberitahukan bahwa acara wisuda tersebut dilaksanakan secara drive thru, yang intinya hanya berupa pemotretan anak-anak dengan memakai baju toga, dan pengambilan raport.

Para orang tua/wali murid pun bersiap-siap. Dua hari sebelum pelaksanaan wisuda kami mengambil baju toga ke sekolah. Karena nantinya baju toga itu akan dipakai siswa dari rumah masing-masing. Selain itu kami harus mencetak foto siswa hitam putih ukuran 3x4 sebanyak 5 lembar untuk keperluan ijazah.

Baca juga: Enjoy Mengerjakan Tugas Sekolah Anak-anak di Tengah Pandemi Covid-19.

Mengapa Harus Wisuda Drive Thru?

Ada beberapa alasan mengapa wisuda tahun ini diadakan secara drive thru. Seperti kita ketahui bersama, drive thru adalah layanan tanpa turun (lantatur). Seperti yang sudah ada di restoran-restoran cepat saji seperti McD, KFC, atau Starbucks. Kita tinggal pesan makanan dari dalam mobil atau dari sepeda motor (tanpa turun dari kendaraan), dan kemudian pesanan pun langsung bisa kita ambil setelah membayarnya.

Model wisuda drive thru ini pun dirancang demikian. Orang tua/wali murid diharapkan tak perlu turun dari kendaraan hingga siswa sampai di tempat prosesi wisuda. Kemudian siswa langsung melaksanakan prosesi wisuda plus foto, kemudian kembali ke orang tua/wali murid untuk pulang ke rumah. Diharapkan prosesnya mengalir dan cepat, sehingga tak ada kerumunan atau penumpukan massa di acara ini.

Hal ini tentu saja bertujuan untuk tetap saling menjaga keselamatan bersama di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda juga hingga saat ini. Pihak sekolah mengatakan bahwa acara wisuda dengan model drive thru ini untuk mengakomodir keinginan sebagian orang tua/wali murid yang menginginkan tetap diadakannya wisuda. Di pihak lain sekolah juga tak ingin membuat masalah dengan lingkungan di sekitar sekolah. Karena selama masa pandemi ini, masyarakat di sekitar sekolah telah berusaha menjaga kawasan tersebut dari penyebaran Covid-19.

Maka wisuda secara drive thru adalah pilihannya. Dengan model ini, pihak-pihak yang berkepentingan di acara ini diharapkan bisa saling jaga jarak dan menghindarkan kerumunan orang. Dimana hal ini merupakan salah satu protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Baca juga: Deteksi Dini Covid-19 dengan Cek Kesehatan Mandiri.

fahima wisuda tk secara drive thru
Foto di rumah dulu sebelum berangkat ke sekolah. Buat kenang-kenangan 🤗.

Tata Cara Wisuda Drive Thru di TK

Wisuda drive thru di TK ini prosesnya tentu saja unik, sangat berbeda dengan wisuda pada umumnya. Semuanya berlangsung ringkas dan cepat. Jadi dari rumah siswa sudah siap memakai baju toga lengkap. Orang tua/wali murid dan siswa juga diharuskan memakai masker. Bahkan anak saya selain memakai masker juga memakai face shield (meski sampai sekolah face shield-nya dilepas karena untuk keperluan foto). Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini tata cara wisuda drive thru di TK anak saya.

Tahap 1

Siswa diantar orang tua/wali murid dari rumah ke sekolah, sudah memakai baju toga lengkap.

Tahap 2

Siswa dan orangtua/wali murid sampai di tempat daftar hadir. Tempatnya disediakan di pinggir jalan yang dijaga oleh seorang ustadzah. Tempat ini letaknya berada di luar lingkungan sekolah, namun tidak begitu jauh. Di sini orang tua/wali murid mengisi daftar hadir (tanda tangan).
Mengapa tempatnya di luar sekolah? Karena untuk menghindari kerumunan di dalam lingkungan sekolah. Jikapun terjadi penumpukan, semua harus antri di jalan dengan saling menjaga jarak.

Tahap 3

Siswa disambut ustadzah di pintu gerbang samping sekolah. Di sini siswa dipersilakan untuk mencuci tangan tangan dengan hand sanitizer. Di sini juga ada satu ustadzah yang mengarahkan siswa harus ke arah mana setelah membersihkan tangannya.
Sementara itu orang tua/wali murid mengisi daftar hadir untuk kedua kalinya. Kemudian dipersilakan untuk menunggu siswa di pintu gerbang utama (depan sekolah).

Tahap 4

Siswa didampingi ustadzah menuju lokasi acara prosesi kelulusan (wisuda).

Baca juga: Daftar Syukur Ketika Harus #DiRumahAja Saat Covid-19 Melanda.

Tahap 5

Siswa melakukan prosesi wisuda dan secara simbolik menerima ijazah (ijazahnya belum jadi, karena belum diserahkan dari Depag). Prosesi ini dilakukan oleh Kepala TK dan wakilnya.

Tahap 6

Siswa menuju tempat pemotretan untuk difoto. Setelah selesai pemotretan, baju toga langsung dilepas (untuk efisiensi waktu, agar bisa langsung dikembalikan ke tempat sewa).

Tahap 7

Siswa mencuci tangan dengan hand sanitizer dan menerima konsumsi plus raport.

Tahap 8

Siswa menuju ke orang tua/wali murid kemudian kembali pulang ke rumah masing-masing.

***

Itulah tata cara wisuda drive thru di TK anak saya. Begitu spesial, begitu istimewa. Sungguh unik model wisudanya. Hehe. Dan alhamdulillah acara wisuda kemarin berjalan lancar. Para orang tua/wali murid tampak mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh pihak sekolah.
Oh ya, saya tidak punya foto-foto saat anak-anak sedang diwisuda, karena orang tua/wali murid memang tidak diizinkan memasuki area prosesi wisuda, untuk menghindari kerumunan. Foto anak saya selepas prosesi wisuda juga belum punya, karena memang belum diberikan oleh pihak sekolah 😊.

Nah, demikianlah sekelumit cerita saya mengenai wisuda drive thru anak TK di masa pandemi Covid-19. Bagaimana dengan acara wisuda yang ada di lingkungan teman-teman? Share ceritanya juga, yuk! 😊


Diah Kusumastuti

Saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Faiq, Fahima, Fauzia, dan Fahri. Asli Solo tapi sekarang berdomisili di Sidoarjo. Suka menulis tentang apa saja selama itu positif dan sebisa mungkin memberi manfaat bagi yang membaca. Menulis bagi saya adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :) Email: d3kusumastuti@gmail.com

26 comments:

  1. Selamat Mba anaknya diwisuda. Meskipun wisudanya nggak regular kayak sebelum ada pandemi corona :)

    ReplyDelete
  2. Fahimaaaa MasyaAllah TabarokAllah
    Selamaaat ya
    Semoga setelah ini bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi dgn lancaaarr, asik dan menyenangkan
    Aamiin aamiin ya robbal alamiiin

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah jika para orangtua mematuhi aturan yang ditetapkan sekolah ya mba. Sekolah sudah berupaya mengakomodasi keinginan orangtua, jadi sebaliknya pun orangtua murid juga bisa memahami kondisi wisuda yang terasa spesial ini.

    ReplyDelete
  4. kelulusan tahun ini bakal bersejarah bangett bagi anak2 ya, Mbak. Dan bener, aku baru denger istilah wisuda ini. Dan aku jdi ngebayangin, foto wisuda pada pakai face shield. Hahaha.

    ReplyDelete
  5. Betul mba aku baru tahu ada drive thru wisuda. Alhamdulillah lancar, dan bisa meminimalisir penularan Covid-19. Happy banget nih pasti udah Wisuda.

    ReplyDelete
  6. Selamat ya buat sang buah hati yang diwisuda. Sama dong kedua anakku juga mode begini tapi buka drive thru sih. Ada yg secara simbolis via zoom, trus ada acara di sekolah dengan sesi2 tertentu per jam misalnya 8 anak saja. Kudu tetap jaga jarak dan protokol kesehatan jangan lupa. Kenangan yg ga akan dilupakan buat kita semua lulus2an anak2 di era corona :D

    ReplyDelete
  7. Sebenarnya istilah wisuda Itu kan khusus buat mahasiswa yang udah lulus l.
    Tapi sekarang buat anak TK sepertinya wisuda jadi sebuah kelaziman, makanya di masa pandemi seperti ini wisudanya di modifikasi deh ya.
    Padahal menurut saya gak diadain pun sebenarnya gak masalah. Heheh..

    ReplyDelete
  8. wisuda drive thru sampai besar nanti pasti gak akan terlupakan. Ya mari kita patuhi protokol kesehatan yang ada buat kebaikan bersama

    ReplyDelete
  9. Aduh lagi ada2 aja deh ortu murid minta diadain wisuda. Untung tetap terjaga yaa.. tapi lucu juga istilahnya wisuda drive thru.

    ReplyDelete
  10. Selamat wisuda buat kakak...


    Ini konsepnya pas ya mbak, mengutamakan keamanan biar nggak ada kerumunan. Sehat selalu yaaa

    ReplyDelete
  11. barakallah ya adik manis, semoga masa depanmu juga sukses, jadi anak yang shaliha , aamiin. Kmai belum ada aktivitas sekolah nih, bagi raport juga belum

    ReplyDelete
  12. wah selamat ya dah lulus TK
    TK aja tetap jalan ya acaranya...syukur dengan sistem drive thru
    mengingat keselamatan karean lokasi di Jakarta maka anakku yang lulus SMP tahun ini tidak ada cara pelepasan siswa- istilahnya bukan wisuda dan memang ga pakai toga.
    Jadi nanti ada acara zoom meeting bareng seluruh orangtua dan pihak sekolah

    ReplyDelete
  13. Syukurlah anak-anak tetap bisa menikmati momen wisuda dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ya. Semoga semuanya sehat-sehat selalu..

    ReplyDelete
  14. Wah, baru tau ada wisuda Drive thru. Taunya wisuda virtual aja pakai zoom. Tahun ini benar-benar istimewa ya mbk. Alhamdulillah ananda sudah wisuda.. Semoga ilmunya berkah

    ReplyDelete
  15. Wisuda Corona serba singkat namun semoga jadi kenangan buat anak ya Mbak, anakku lulusan SD nih Sabtu juga wisuda..acaranya kilat..

    ReplyDelete
  16. Selamat mbak anaknya sudah lulus TK. Wisuda begini memang paling aman saat pandemi begini. Selamat masuk SD yaa :)

    ReplyDelete
  17. Serba cepat ya mbak..untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga tetap berkesan, dan anak-anak selalu sehat ya mb...

    ReplyDelete
  18. Seru yah acara wisudanya, lumayanlah bikin hati terharu juga.

    Daripada murid saya, kasihan mbak tidak ada acara wisudanya

    ReplyDelete
  19. baru tahu kalau anak TK sekarang udah ada wisudanya ya soalnya cuman aku dulu itu nggak ada dan apalagi di tengah kondisi saat ini jadi wisudanya lucu juga

    ReplyDelete
  20. MashaAllah~
    Selamat yaa, kaka...sudah berhasil menyelesaikan sekolah tahap awal.
    Semoga lancar dan wisuda berikutnya gak drive thru lagi.
    Aamiin~

    Barakallahu fiikum.

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah, meski acara wisudanya berbeda, drive thru, bisa tetap berjalan dengan lancar ya... Kenangan yang enggak mungkin dilupakan nih...

    ReplyDelete
  22. Wah.. Keren deh ada wisuda drive thrue gini. Terakhir tau kemarin ada yg nikah drive thru.. Haha.

    Sukses terus mba buat si kecil. Smg pandemi sgr reda spy bs kembali sekolah normal. Anak aku udah rindu banget sm temen2nya

    ReplyDelete
  23. lagi seru dan hebih nih kayaknya wisuda model seperti ini ya mba...aku lihat videonya yang di salah satu college di US. Keren bangeet memang yang aku tonton dan unik

    ReplyDelete
  24. Entah siapa sih yang memulai wisuda2an anak TK ini hahaha.
    Meski suasananya kyk gini alhamdulillah ya ada kenang2annya.Maxy msh bingung mau wisuda bimba atau gak haha
    Tapi selamat yaaa alhamdulillah abis ini naik tingkat ke jenjang pendidikan yg lbh tinggi :D

    ReplyDelete
  25. Wisuda drive thru seperti kayak mau beli makanan cepat saji aja rasanya
    Tapi lebih baik begini daripada ada apa apa kelak

    ReplyDelete
  26. walaupun agak sedih karena ga seperti biasa wisudanya, tapi daam kondisi ini kayaknya ini yg lebih baik

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.