Pages

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami


Jerawat merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh minyak dan kotoran yang menempel di permukaan kulit. Jerawat biasanya timbul di area wajah, tapi ada juga jerawat yang timbul di bagian leher dan punggung. Timbulnya jerawat tentu akan membuat penampilan kita menjadi kurang menarik, terutama jika jerawat tersebut timbul pada bagian wajah. Untuk itu, kita harus harus mencari cara untuk menghilangkan jerawat. Nah, kali ini saya akan membagikan cara menghilangkan jerawat secara alami 😊.

cara menghilangkan jerawat secara alami

Penyebab Timbulnya Jerawat

Sebelum membahas cara menghilangkan jerawat secara alami, kita akan membahas penyebab timbulnya jerawat terlebih dahulu. Selain minyak dan kotoran yang menempel di kulit, ada beberapa faktor lain yang dapat memicu timbulnya jerawat. Beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya jerawat antara lain:

1. Penggunaan make up yang berlebihan

Peralatan make up merupakan peralatan wajib yang harus dimiliki oleh setiap wanita agar terlihat lebih cantik dan menarik. Akan tetapi, kita tidak boleh berlebihan dalam menggunakannya. Penggunaan make up yang berlebihan justru dapat memicu masalah pada kulit, teutama jika kita tidak membersihkan sisa-sisa make up dengan benar. Oleh karenanya, gunakanlah pembersih wajah khusus untuk membersihkannya.

2. Terlalu sering mengkonsumsi produk olahan

Selain faktor kebersihan kulit wajah, kebiasan mengkonsumsi makanan olahan juga dapat memicu timbulnya jerawat. Oleh karena itu, kurangi konsumsi produk-produk kemasan atau instan, terutama yang mengandung bahan-bahan pengawet.

3. Merokok

Selain berbahaya bagi paru-paru, asap rokok juga sangat berbahay bagi kesehatan kulit. Berdasarkan penelitian, asap rokok dapat menyebabkan kerusakan pada kolagen dan iritasi pada kulit. Jika kulit kita mengalami iritasi, maka resiko timbulnya jerawat di wajah juga akan semakin meningkat.

4. Meningkatnya kadar Androgen

Androgen adalah hormon yang menyebabkan tumbuhnya kelenjar minyak di bawah permukaan kulit. Semakin tinggi kadar androgen seseorang, maka akan semakin tinggi pula sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak ini. Sebum inilah yang berpotensi memecah dinding pori-pori dan memberi kesempatan bagi bakteri untuk tumbuh.

Baca juga: Bedak Wardah, Bedak Favorit yang Menenangkan Hati.

bahan alami untuk menghilangkan jerawat

Menghilangkan jerawat secara alami

Cara menghilangkan jerawat secara alami adalah dengan mengaplikasikan bahan alami tertentu pada permukaan kulit. Karena menggunakan bahan-bahan alami, tentu risiko terkena alergi atau efek samping lainnya akan sangat kecil. Berbeda dengan bahan kimia buatan, bahan-bahan alami biasanya cocok untuk segala jenis kulit. Berikut beberapa cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa kita coba.

1. Menghilangkan jerawat dengan cuka apel

Cuka apel memiliki kandungan asam yang dapat membunuh bakteri dan mengurangi minyak sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Cara mengaplikasikannya adalah sebagai berikut:
  • Campurkan satu sendok makan cuka apel dan lima sendok makan air bersih (lebih baik jika menggunakan air galon).
  • Cuci wajah dengan air bersih atau air galon
  • Basahi kapas dengan cuka apel yang sudah dicampr dengan air
  • Oleskan secara merata ke seluruh permukaan wajah
  • Diamkan selama 5 hingga 10 detik
  • Bilas dengan air bersih dan keringkan

Ulangi metode ini 2 kali sehari agar hasilnya lebih maksimal. Khusus untuk kulit sensitif, kita harus menambahkan lebih banyak air agar terhindar dari iritasi. Hentikan pemakain jika dirasa muncul efek negatif terhadap kulit.

2. Menghilangkan jerawat dengan bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan zat anti bakteri dan antioksidan. Kandungan zat ini akan membunuh bakteri penyebab jerawat dan melindungi kita dari efek radikal bebas. Cara mengaplikasikannya juga sangat mudah, kita cukup mengoleskan irisan bawang putih ke permukaan wajah secara merata.

Baca juga: Manfaat Memakai Masker Motor Bagi Perempuan.

3. Menghilangkan jerawat dengan kulit jeruk

Sama seperti buahnya, kulit jeruk juga mengandung vitamin C dan zat antioksidan yang dapat menutrisi kulit dan mengurangi jerawat. Langkah-langkah untuk mengaplikasikannya adalah sebagai berikut:
  • Haluskan kulit jeruk yang masih segar
  • Tambahkan beberapa sendok air dan aduk hingga merata
  • Oleskan secara merata ke suluruh permukaan wajah
  • Diamkan selama 5 hingga 10 menit dan bilas hingga bersih

Lakukan perawatan ini setiap hari, minimal 1 kali sehari sebelum tidur. Dengan begitu, hasilnya akan lebih maksimal dan jerawat di wajah akan lebih cepat berkurang.

4. Menghilangkan jerawat dengan lidah buaya

Kandungan zat sulfur dan asam salisilat dalam tanaman lidah buaya dapat mengurangi peradangan pada kulit dan mengurangi jerawat. Caranya adalah dengan mengambil gel (daging) dari tanaman lidah buaya, lalu mengaplikasikannya langsung pada permukaan kulit. Setelah itu, diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Dengan perawatn rutin, wajah akan segera bersih dari jerawat. Akan tetapi, kita harus segera menghentikan perawatan jika terjadi iritasi pada kulit.

Selain cara-cara yang telah disebutkan di atas, masih ada lagi cara untuk menghilangkan jerawat secara alami. Caranya adalah dengan rutin mencuci wajah, menghindari stress, dan perbanyak minum air putih serta mengonsumsi makanan berkolagen seperti sarang walet. Berdasarkan penelitian salah satu khasiat sarang burung walet adalah membantu proses regenerasi kulit. Nah, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman, ya 😊.


Diah Kusumastuti

Saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Faiq, Fahima, Fauzia, dan Fahri. Asli Solo tapi sekarang berdomisili di Sidoarjo. Suka menulis tentang apa saja selama itu positif dan sebisa mungkin memberi manfaat bagi yang membaca. Menulis bagi saya adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :) Email: d3kusumastuti@gmail.com

14 comments:

  1. suami ku nih yang jerawatan banget..
    malah sekarang aku beliin skincare buat ngilangin jerawatnya.. wkwk..

    ternyata banyak cara alaminya juga ya.. auto nyoba ah..

    ReplyDelete
  2. klo scr pribadi aku gak jerawatan,paling bruntusan krn alergi makan ikan yg gak seger. Tapi klo period atau menjalani masa datang bulan, kdg suka timbul ya. Hmm, biasanya pke cara alami dgn byk minum air putih dan istirahat yg cukup

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah saya nggak pernah jerawatan, tapi memang jerawat kerap mengganggu sih ya. Sering banget dengar teman mengeluh jerawat gak ilang-ilang padahal sudah diobati sana sini. Dan saya baru ngerti harga paket perawatan jerawat itu mahal, bahkan konon untuk konsultasi dokter aja bayarnya sampe 250ribu. Ckck.. 😁

    ReplyDelete
  4. kalo aku paling cocok pakai jeruk nipis, digosok ke area wajah atau jerawatnya aja, langsung ampuh jerawat kabur hehe

    ReplyDelete
  5. Kalau pakai bawang putih rasanya perih gak, Mbak? Saya pernah pengen cobain karena bawang putih termasuk yang selalu ada di rumah. Tetapi, takut sendiri karena takut perih :D

    ReplyDelete
  6. Dulu pernah mbak buat menghilangkan jerawat dengan cuka apel dan ampuh juga buat kulit bersih dan jauh dari bekas jerawat.

    ReplyDelete
  7. Wah baca tulisan mba serasa ditujukan untuk diriku. Bahagia banget bacanya. Secara aku lagi hamil dan muncul banyak jerawat padahal sebenarnya gak pernah. Langsungau praktek besok dengan kulit jeruk akh.

    ReplyDelete
  8. Ya ampun pas ada dua jerawat nongrong sok manis di wajahku mba. Hahha. Muncul tiba2. Apa karnea pakai masker terus jadi lembab ya jadi mudah jerawatan gitu

    ReplyDelete
  9. Aku pernah ngobatin jerawat pakai lemon, rada pedih sih tapi cepat kering 😊

    ReplyDelete
  10. Wah informatif banget nih mbak artikelnya. Banyak orang yang nyari artikel kayak gini

    ReplyDelete
  11. Yang belum pernah saya coba menggunakan bawang putih nih. Terimakasih informasinya. Mau coba juga dengan menggunakan bawang putih

    ReplyDelete
  12. Boleh juga nih kucobain mba, ini anak gadisku udah mulai jerawatan kalau menjelang mens. Dioles bawang putih aja ya, mudah banget deh caranya.

    ReplyDelete
  13. lidah buaya bisa juga ya mba? memang banyak yaaa cara tradisional yang bisa dipakai. Tapi aku ngga tau nih mau coba bawang putih or ngga. baunya hehehe

    ReplyDelete
  14. tipsnya bermanfaat sekali. aku punya kulit kering jadi jarang sekali berjerawat. tapi kalau tiba2 muncul bekasnya malah bikin hitam dan susah hilannya. semoga tips disini bisa aku pakai ketika jerawat itu muncul

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.