Pages

Jaga Kesehatan Saat Musim Hujan, Agar Berbagai Penyakit Tak Menghampiri


Januari, hujan sehari-hari. Begitu yang sering dikatakan ibu dan juga mendiang nenek dahulu. Hehe. Dan memang benar, setiap bulan Januari hujan hampir setiap hari turun ke bumi. Yap, saat ini kita sedang berada di bulan Januari. Dimana musim hujan sedang berlangsung.


Sumber gambar: pixabay.com.

Hujan bisa mendatangkan berkah, tapi di sisi lain juga bisa mendatangkan malapetaka. Selain banjir seperti yang terjadi di ibukota Jakarta dan sekitarnya beberapa hari yang lalu, hujan juga bisa mendatangkan berbagai penyakit jika kita tak pandai menjaga kesehatan. Ada beberapa penyakit yang harus kita waspadai saat musim hujan datang, yaitu:

  • Panas dan demam. Jika daya tahan tubuh kita sedang enggak bagus, terkena gerimis saja badan bisa langsung panas dan demam beberapa saat setelahnya. Atau jika anak-anak bermain air hujan terlalu lama, bisa terserang sakit panas dan demam.
  • Diare. Jika kita kurang bisa menjaga kebersihan makanan, diri, dan lingkungan saat musim hujan, diare bisa dengan mudah menghampiri kita melalui makanan yang kita konsumsi.
  • Demam Berdarah atau DBD. Genangan-genangan air atau air yang diam di kaleng-kaleng yang terbuka akibat hujan, bisa menjadi sarang nyamuk aedes aegypti penyebab DBD.
  • Demam tifoid atau tipes. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh faktor kebersihan makanan yang tidak dijaga dengan baik. Saat hujan, makanan mudah tercemar kotoran baik dari binatang lalat atau kuman-kuman.
  • Leptospirosis. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit zoonosis yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang ditularkan melalui kotoran atau air kencing tikus. Saat musim hujan, kotoran atau air kencing tikus mudah tercemarkan oleh air.
  • ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut. ISPA disebabkan oleh bakteri, virus, dan berbagai mikroba lainnya. Gejala utama dari penyakit tersebut dapat berupa batuk, demam, dapat disertai sesak napas, dan nyeri dada.

Baca juga: Tips yang Harus Dilakukan Saat Banjir Melanda.


Sumber gambar: pixabay.com.

Tentunya kita enggak ingin terserang berbagai penyakit seperti tersebut di atas. Enggak kebayang betapa repotnya saat musim hujan kita harus wara-wiri ke rumah sakit gara-gara ada anggota keluarga yang sakit. Selain merawat si sakit, kita juga harus ekstra ketat menjaga kesehatan agar enggak ikut sakit. Jadinya kerja dobel, dong. Huhu. Maka upaya preventif harus kita lakukan agar kita beserta keluarga tetap sehat saat musim hujan.

Beberapa hal yang harus kita lakukan saat musim hujan untuk menjaga kesehatan antara lain sebagai berikut:
  • Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Bila perlu konsumsi juga vitamin secara teratur.
  • Berhati-hati dalam mengolah makanan. Jaga kebersihan bahan makanan, jaga kebersihannya saat memasak, hingga makanan siap dikonsumsi, usahakan semua harus bersih.
  • Minum air putih yang cukup, minimal dua liter per hari.
  • Pastikan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir sebelum makan atau memegang makanan dan sesudahnya.
  • Selalu siap sedia obat-obatan penting keluarga, seperti obat panas, pusing, batuk, minyak kayu putih, obat merah, dan sebagainya.
  • Jangan lupa selalu bawa jas hujan dan atau payung saat bepergian.
  • Buang kaleng-kaleng bekas atau menguburnya di tanah agar tidak menjadi sarang nyamuk untuk bertelur.
  • Kuras tempat penampungan air secara teratur, minimal tiga hari sekali.
  • Tutup tempat penyimpanan air dengan rapat.
  • Buang sampah secara teratur, dan jangan sampai menumpuk terlalu banyak. Karena pasti akan banyak lalat atau bahkan ulat/belatung sebagai sumber penyakit.

Baca juga: Waspadai Diare Mulai dari Lingkungan Keluarga.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan saat musim hujan, agar berbagai penyakit tak menghampiri. Teman-teman punya tips lain? Share di kolom komentar, dong! 😊



Referensi:
https://m.kumparan.com/kumparanmom/5-jenis-penyakit-yang-harus-diwaspadai-keluarga-saat-banjir-1sZ9Gc0cbMJ



Diah Kusumastuti

Saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Faiq, Fahima, Fauzia, dan Fahri. Asli Solo tapi sekarang berdomisili di Sidoarjo. Suka menulis tentang apa saja selama itu positif dan sebisa mungkin memberi manfaat bagi yang membaca. Menulis bagi saya adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :) Email: d3kusumastuti@gmail.com

2 comments:

  1. Syukurnya kalau musim hujan kan dingin, nafsu makan bertambah.
    Jeleknya, makan lebih banyak, gorengan pula, dan malas gerak alhasil jadi sumber penyakit.
    Terima kasih sharingnya, Mbak sangat membantu untuk menjaga kesehatan keluarga di musim hujan.

    ReplyDelete
  2. harus lebih waspada deh yah mba kalo udah musim hujan begini, penyakit - penyakit nya serem - serem banget. Semoga semua nya sehat - sehat yah dan dijauhkan dari berbgai macam penyakit.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.