Pages

Berwisata ke Sabang, Titik Paling Barat Indonesia





Dulu, saya enggak suka berwisata ke pantai. Saya enggak suka berbasah-basah. Baju basah, badan basah, dan biasanya keduanya juga ikut kotor. Saya lebih suka jalan-jalan ke pegunungan, yang adem, sejuk, penuh dengan warna hijau. Tapi, sejak punya anak, tampaknya kesukaan tempat refreshing itu mulai bergeser. Karena ternyata, anak-anak suka main di pantai atau ke kolam renang. Dan enggak jarang mereka merengek minta piknik ke pantai. Hemm..

Sayangnya, untuk sementara ini saya dan suami belum bisa memenuhi semua keinginan mereka untuk pergi ke pantai A, B, C, dan seterusnya. Masih merasa rempong membawa empat anak kecil itu (si kakak kelas 2 SD dan si bungsu masih satu tahun). Ya, gara-gara suka nonton YouTube, anak-anak jadi tahu nama-nama pantai mulai yang dekat dengan rumah hingga yang jauh di luar Pulau Jawa. Haha. Kami baru bisa membawa mereka ke kolam renang dan pantai-pantai dekat rumah.


Seperti beberapa hari yang lalu, kami main ke Pantai Bentar yang ada di Probolinggo. Sayang saat itu cuaca kurang bersahabat. Sedikit gerimis, dan kalau kami nekat berlama-lama di sana mungkin akan terjebak hujan deras. Jadi kami hanya bisa sebentar di Pantai Bentar. Haha.. (sesuai benar dengan namanya 😄).

Anak-anak di Pantai Bentar.

Yap, ternyata sekarang saya mulai bisa mengikuti kesenangan anak-anak. Main ke kolam renang atau ke pantai, hayuk aja. Tapi alangkah senangnya jika sekali bepergian, bisa main ke pantai tapi juga menikmati hijaunya alam. Hemm... Saya jadi browsing pantai-pantai yang punya view menarik dan "adem" di sisi lainnya. Ternyata salah satunya ada di Sabang! Ada banyak pantai dengan view menarik di sana 🤩.

Baca juga: Mimpi ke Belitung, Mimpi ke "Rumah" Andrea Hirata.


Berwisata ke Sabang

Teman-teman pasti tahu, kan, ya, Sabang itu ada di mana? Pasti langsung terngiang-ngiang lagu Dari Sabang Sampai Merauke, nih. Hehehe. Iyap, Sabang itu ada di posisi paling Barat (ujung Barat) di Indonesia. Dan Sabang itu sebuah kota, lho. Tepatnya salah satu kota di Provinsi Aceh, Sumatera. Kota Sabang ini terdiri dari banyak pulau, salah satunya Pulau Weh yang terkenal itu. Dan memang, Pulau Weh ini adalah pulau terbesar di Sabang.

Sabang menawarkan keindahan alam yang masih alami, yaitu daratan yang berupa hutan penuh pepohonan, dan lautan yang dihiasi terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang berwarna-warni. Pesona alam memang menjadi andalan wilayah ini untuk menjadi daerah destinasi wisata. (sumber: kompas).

Nah, sudah terbayang, dong, kondisi Sabang ini seperti apa? Banyak pulau, banyak laut, banyak pantai! Wuih... Saya membayangkannya saja sudah terasa indah banget. Dan setelah saya lihat-lihat infonya lebih jauh di dunia maya dari berbagai sumber, memang pemandangan di Sabang ini banyak banget yang keren! Coba kita simak beberapa obyek wisata di sana, yuk!


Tugu 0 Kilometer (Sumber: Traveloka).


Tugu 0 Kilometer

Obyek wisata yang satu ini tentu saja enggak boleh terlewatkan jika kita ke Sabang, ya. Bukan hanya sebuah tanda bahwa inilah ujung Barat Indonesia, namun disamping itu pemandangan yang tersaji di sekitarnya juga begitu indah! Hamparan laut biru plus hijaunya pepohonan. Indah sekali!


Pantai Iboih (Sumber: Traveloka).


Pantai Iboih

Pantai yang menjadi ikon wisata kota Sabang ini menjadi salah satu pantai yang wajib dikunjungi di Sabang terutama untuk snorkeling dan menyelam. Pemandangan pantainya indah banget baik di permukaan maupun di dalamnya. Panorama pantai yang dihiasi terumbu karang yang cantik tampak bahkan dari tepi pantainya saja. Cukup waktu sekitar 30 menit untuk menjangkau tempat ini dari tengah kota.


Pantai Tapak Gajah (Sumber: wisatalengkap.com).


Pantai Tapak Gajah

Pantai ini hanya berjarak sekitar 5 menit dari pusat kota Sabang. Biasanya para wisatawan ke pantai ini untuk melakukan snorkeling. Menikmati keindahan biota laut di dalamnya. Dari jauh saja sudah tampak keindahannya, ya. Bagaimana jika kita menginjakkan kaki di sana?


Pulau Rubiah (Sumber: gosumatra.com).


Pulau Rubiah

Pulau ini letaknya lumayan dekat dengan Pantai Iboih, yaitu sekitar 250 meter menyeberang laut. Pantai di pulau ini yang dinamai Taman Laut Rubiah terkenal dengan kecantikan bawah lautnya. Beragam terumbu karang dan ikan-ikan yang unik nan cantik dapat kita jumpai di sini.


Beberapa destinasi di Sabang yang saya sebutkan di atas hanya sebagian kecilnya saja. Masih banyak obyek wisata lain yang tak kalah menarik di wilayah itu. Jika di beberapa tahun sebelumnya infrastruktur di sana masih minim, sekarang sudah lebih baik, dong, ya. Ya gimana, semakin banyak obyek wisata yang menarik dan tertata dengan baik, tentunya semakin lengkap dan maju pula infrastruktur yang ada. Bahkan sekarang sudah ada paket wisata ke Sabang yang bisa kita pesan di Traveloka, lho.

Itu artinya Sabang memang telah menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Indonesia. Yang digarap dengan serius untuk memajukan pariwisata Indonesia pada umumnya.

Baca juga: Trik Mendapat Harga Murah Saat Booking Hotel.

Nah, jika teman-teman tertarik untuk berwisata ke Sabang, bisa mulai direncanakan dari sekarang. Untuk urusan pesan tiket, bisa buka web-nya Traveloka, ya (atau mungkin sudah instal apps-nya? Hehe..). Kalau saya sendiri, untuk saat ini baru bisa bermimpi dulu untuk ke sana. Seperti yang saya tulis di atas, masih rempong, euy! Hehe. Oke, semoga tulisan ini ada manfaatnya, ya, temans 😊.




Diah Kusumastuti

Saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Faiq, Fahima, Fauzia, dan Fahri. Asli Solo tapi sekarang berdomisili di Sidoarjo. Suka menulis tentang apa saja selama itu positif dan sebisa mungkin memberi manfaat bagi yang membaca. Menulis bagi saya adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :) Email: d3kusumastuti@gmail.com

14 comments:

  1. Hahaha.. siwer aku, aku baca Sabang kok jadi Subang.. tapi kok ada pantai seindah itu pikirku. Pantai di Sabang emang terkenal sih ya, banyak temen-temen rekomendasiin tempat wisatanya. Sayangnya jauh banget dr Bandung..hehehe

    ReplyDelete
  2. Yang di Pantai Bentar Probolinggo, walau lumayan deket sama Jember aja belum pernah ke jamah mbak,
    Etapi nggapapa ya make a wish,s emoga bisa berkunjung ke Sabang, titik paling barat wilayah Indonesia
    Aminnn

    ReplyDelete
  3. Aku udah 2 kali ke Sabang mbak, dan memang luar biasa indahnya. mbak Deka dan keluarga harus coba sesekali berkunjung kesana, nggak bakal nyesel deh pokoknya.

    ReplyDelete
  4. Cantik ya lokasinya, sayang jauh banget dari tempatku
    agak susah ke sananya

    ReplyDelete
  5. suatu hari, aku jga target pasti akan tuntaskan sabang sampau merauke aamiiin!

    ReplyDelete
  6. Ah, jadi kangen Sabang neh ... hayooo tanggung jawab, hehehe.
    Salah satu yang paling berkesan selain pantai iboih dan pulau rubiahnya buat saya Gua Sarangnya Mbak Deka ... ke sana yuk

    ReplyDelete
  7. abang sepupu udah pernah ke sabang mba dan seperti yang ditulis mba Deka kalo emang pantainya buagus banget.. saya lihat foto punya abang juga langsung masukkan wishlist semoga bs ke sabang untuk menikmati pantai dan foto di tugu 0 Kilometer...

    ReplyDelete
  8. Wah bangga bgt ya pasti bisa ke sabang kalo domisili kt di indonesia timur atau tengah. Aku sendiri blm pernh ke sabang.

    ReplyDelete
  9. Sabang walau paling ujung Indonesia tapi keindahan di sana tuh wow banget! Aku juga walau anak pantai tapi penasaran bagaimana suasana di sana

    ReplyDelete
  10. yaampuunnn tempat wisata di sabang begitu indah ya, air airnya masih jernih dan belum tercemar pingin rasanya aku kesana untuk menikmati alam terbuka disana

    ReplyDelete
  11. Sabang selalu indah. Saya kesini 6 tahun lalu. Banyak sarana yang belum terbangun. Tapi sekarang semua sudah indah. Akses kesana juga mudah sekarang. Pariwisata semakin maju

    ReplyDelete
  12. Pengen jg ke Sabang. AKu ada kakak senior tinggal di sana dan ngajarin diving, kyknya lautnya bagus jg di sana. Ah penegn jg liat tugu 0 kilometernya.
    Indonesia tanpa Sabang gak akan jadi lagu yaaa hehe

    ReplyDelete
  13. Kaget yaa...
    Dari anak-anak yang suka ke Pantai, terus ke Pantai di Pulau Sabang yang kecenya kebangetan.

    Keindahan alam Indonesia itu..mashaAllah~
    Tak tertandingi.

    ReplyDelete
  14. penyesalanku itu yaaa, 18 thn di aceh utara, 2 thn di banda aceh, dan sekalipun ga pernha singgah ke sabang -_-. itu nyeseeeel banget. krn pas masih tinggal di sana aku blm suka traveling mba. skr udh di jkt, ga sempet2 mau ke aceh apalagi tiket domestik udh mahal :D. hahahaha nasiib banget dah ah...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.