Sunday, 31 December 2017

Bersama Mobil123.com, Sebagai Momblogger Saya Tak Ragu Lagi Menulis tentang Otomotif



Menulis tentang otomotif tidak melulu dari sisi kendaraan itu sendiri. Tentang segala detail mesin, body kendaraan, atau model terbaru kendaraan di pasaran. Tapi, ada banyak sisi lain tentang otomotif yang layak ditulis dan dikonsumsi oleh semua kalangan. Termasuk, oleh ibu-ibu seperti saya. Hal ini yang benar-benar saya rasakan ketika pertama kali mengikuti event blogger bersama Mobil123.com kurang lebih satu tahun yang lalu.

Ketika itu, saya langsung mendaftarkan diri untuk mengikuti blogger gathering bersama Mobil123.com di Surabaya yang ditawarkan oleh teh Ani Berta, salah seorang blogger senior yang saya kagumi. Meski temanya otomotif yang secara logis kurang sesuai dengan niche blog saya ini (blog ini ber-niche lifestyle yang kebanyakan mengulas tentang family, parenting, mom and kids), saya memberanikan diri untuk ikut. Saya pikir, apa salahnya menulis tentang otomotif yang nantinya bisa dikaitkan dengan aktivitas keluarga.

Dan benar saja, selama acara hingga perjalanan pulang, saya mendapatkan insight baru bahwa pengetahuan tentang otomotif itu bukan hanya konsumsi kaum Adam. Bahkan ibu-ibu pun harus tahu sisi lain dari otomotif agar lebih memahami bagaimana berkendara yang baik. Beruntung sekali saat itu tema yang diangkat adalah tentang "Eco Driving", yang memberikan banyak sekali pengetahuan baru bagi saya tentang berkendara cerdas, yaitu berkendara yang aman dan ekonomis.



Blogger gathering bersama Mobil123.com di Surabaya pada tanggal 10 November 2016.


Sekilas tentang Mobil123.com
Mobil123.com adalah Portal Otomotif No. 1 di Indonesia yang juga mempunyai jaringan di luar negeri seperti di Malaysia, Thailand, dan Australia. Portal ini mempertemukan antara pembeli dan penjual yang terpercaya di satu platform yang terdiri dari listing yang berkualitas dan melalui riset, juga review kendaraan. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan sebuah pengalaman jual beli yang baik.

Mobil123.com memiliki jumlah listing terbesar di Indonesia dengan lebih dari 200.000 listing kendaraan yang tersedia dalam databasenya. Portal ini dikunjungi oleh para pembeli dan pencari kendaraan yang berjumlah 1.5 juta orang yang melihat lebih dari 13 juta halaman per bulannya. Demikian informasi yang saya kutip dari website Mobil123.com.

Halaman depan website Mobil123.com.


Saya masih ingat dengan apa yang dijelaskan oleh mas Indra Prabowo, Managing Editor dari Mobil123.com, bahwa situs ini berani mengklaim dirinya sebagai portal otomotif yang terpercaya karena penjual yang ada di sana telah terverifikasi dan telah melalui proses survey dari para surveyor Mobil123.com. Jadi enggak sembarang penjual bisa menjual mobil atau motornya di situs tersebut. Dan sebagai penghargaan bagi dealer mobil yang telah terdaftar plus bersedia menyertakan dokumen pendaftaran bisnisnya, juga bagi mereka yang dapat memastikan bahwa semua iklan mereka di-upload dan dikelola sesuai standar Mobil123.com, maka Mobil123 mengapresiasi dengan memberikan badge trusted/terpercaya untuk penjual.

Selain itu, untuk keamanan bertransaksi baik bagi pembeli maupun penjual, ada pula peringatan kehati-hatian atau semacam tips jual beli mobil maupun motor yang disediakan oleh Mobil123 agar kedua pihak tidak tertipu dalam bertransaksi. Misalnya peringatan untuk jangan melakukan pembayaran sebelum bertemu muka dengan penjual dan fisik kendaraan, atau penjual yang harus hati-hati jika calon pembeli membayar lebih dari harga seharusnya dengan alasan sebagai "biaya pengiriman", "biaya agen", dan lain-lain.  Maka tak heran jika situs ini disebut sebagai portal otomotif terbesar dan terpercaya di Indonesia.

Nah, selain melayani jual beli mobil dan motor baik baru maupun bekas, Mobil123.com juga menyajikan berbagai berita otomotif yang meliputi berita tentang mobil baru, berita otomotif secara umum, review kendaraan, panduan pembeli, juga berbagai foto dan video tentang mobil dan motor. Ini tentu sangat dibutuhkan oleh para calon pembeli dan atau pengunjung web yang butuh berita seputar otomotif. 

Halaman berita. Ada panduan pembeli juga.


Review mobil atau motor tentu sangat dibutuhkan calon pembeli sebelum mereka memutuskan untuk membeli kendaraan yang mana. Informasi mengenai mobil keluaran terbaru juga sangat menarik tentunya, terutama bagi mereka yang tak ingin ketinggalan untuk memiliki model mobil terkini. Yang menarik lagi adalah panduan pembeli dan berita otomotif. Artikel seperti ini tentu berguna bagi calon pembeli atau pengunjung web secara umum.


Ibu-ibu Nulis dan Baca tentang Otomotif? Why Not!
Dalam blogger gathering bersama Mobil123.com yang saya ikuti tahun lalu, saya mendapatkan ilmu baru dalam dunia otomotif. Jujur saat itu saya masih asing dengan istilah eco driving. Tapi setelah menyimak materi yang diberikan oleh tim Mobil123.com, saya jadi paham dan berpikir bahwa pengetahuan seperti itu (cara berkendara cerdas, dalam hal ini berkendara mobil) sangat penting bagi semua kalangan. Bukan saja laki-laki yang biasa bergelut dengan dunia otomotif, tetapi juga kaum perempuan termasuk ibu-ibu seperti saya.

Apa sebab? Tak disangkal lagi bahwa di era sekarang ini pengemudi mobil tidak saja didominasi kaum laki-laki, tapi perempuan juga tak kalah banyaknya. Maka kaum perempuan juga harus tahu tentang bagaimana berkendara yang baik dan benar, dan lebih baik lagi jika mengetahui tips-tips berkendara secara cerdas. Ibu-ibu juga perlu mengetahui hal-hal tersebut untuk saling mengingatkan terhadap suami mereka yang notabene biasanya lebih sering di belakang kemudi mobil. So, pengetahuan semacam itu merupakan pengetahuan umum, dan sangat bisa dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga.

Menyadari akan hal tersebut, saya menjadi tak ragu lagi untuk menulis hal-hal yang berhubungan dengan otomotif secara umum. Seperti materi eco driving tersebut. Dan tentu masih banyak materi otomotif lain yang patut di-share oleh ibu-ibu (momblogger) seperti saya. Tentang cara merawat mobil secara umum, merawat bagian-bagian mobil, cara membeli mobil bekas agar tak salah langkah, dan lain-lain. Dan rupanya, Mobil123.com juga telah beberapa kali memberikan edukasi mengenai otomotif kepada masyarakat luas melalui event-event bersama para jurnalis dan blogger (sebagai penyampai informasi ataupun berita kepada masyarakat luas).

Ya, acara blogger gathering seperti yang pernah saya ikuti di Surabaya juga telah beberapa kali digelar oleh Mobil123.com di kota-kota lain seperti di Jakarta dan Bandung. Tema-tema otomotif yang diangkat dalam event-event tersebut tentu saja berguna bagi masyarakat luas. Seperti cara membeli mobil secara online, cara memilih mobil yang cocok untuk anak muda, cara merawat mobil secara baik dan benar, tentang mengemudi yang aman, hingga soal asuransi mobil. 

Nah... informasi-informasi seperti itu sangat perlu, kan, disebarluaskan kepada masyarakat umum? Dan sebagai blogger dengan niche blog lifestyle, saya pikir melalui blog ini saya juga perlu turut mengedukasi pembaca (saya) tentang pengetahuan-pengetahuan seperti di atas, tanpa perlu khawatir kehilangan "jati diri" sebagai momblogger dengan niche blog tersebut. So, menurut saya, ibu-ibu menulis dan membaca tentang otomotif? Why not! 😊.
Jadi dari cerita saya di atas, bisa saya simpulkan bahwa bersama Mobil123.com, sebagai momblogger saya tak ragu lagi menulis tentang otomotif 💚.

(Beberapa tulisan saya di blog ini tentang otomotif, dapat dibaca di label "otomotif").

Oh ya, mengenai jual beli mobil di Mobil123.com, teman-teman juga bisa melihat review mobil-mobil atau sepeda motor dari Mobil123.com dalam bentuk video di channel YouTube Mobil123. Silakan berkunjung ke sana, ya, untuk menyimak berbagai review kendaraan tersebut. Tentu saja review-reviewnya berkualitas dan terpercaya, karena diunggah oleh tim editor Mobil123.com sendiri.


Video tentang Mobil123.com di YouTube.


Salah satu review mobil dari Mobil123 di YouTube.



Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition 
"Aku dan Mobil123.com"




9 comments:

  1. Aku setuju kalok wanita harus tau jugak tentang otomotif. Gak perlu sampek ahli lah. Yg penting tau. Biar kalok ada apa-apa bisa ngandelin diri sendiri. 😂

    Semoga menang, Mbak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, go go go kaum wanita :D

      Aamiin... makasih doanya, Mbak :)

      Delete
  2. wah otomatif aq masih buta nih. tapi kalau ada momblogger nulis otomotif bakal kece

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sama sih, Mbak. Cuma tau dikit-dikit, yang umum-umum.
      Hehe.. kalau kontennya cocok dikonsumsi oleh keluarga, saya sih oke aja Mbak menuliskannya :)

      Delete
  3. Wah kece juga ya,,

    Mom blogger nulis otomotif

    Good job mbak

    ReplyDelete
  4. bikin bahagia!
    Curhat ya, saya udah beberapa kali dapat undangan ttg otomotif, rada bingung menuliskan di blog karena gak sesuai deh kayanya. Baca ini jadi senang deh, kok gak kepikiran ya nulis dengan cara seperti ini? Harusnya kalau gak nyambung ya disambung2in lah Lid :D
    --curhat selesai.
    So. Makasih mbak, selain itu juga buka pikiran banget tuk lebih banyak baca otomotif, suwer deh nggak ngerti blas. Padahal siapa tahu aja ada rezeki dapat kendaraan ya ngga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. ini beneran ataukah hanya menghibur diriku? Soalnya mbak Lidha gitu loh. Biasanya kan kreatif banget mengolah konten blog ;)
      btw makasih yaa atas apresiasinya.
      Hahaha.. saya juga mau banget lah dapet kendaraan gratisan.
      (aamiin...)

      Delete
  5. Wanita juga bagus ngerti otomotif mbaa :D klo ada apa2 lagi sendiri jadi bisaaa. Good luck ya mba..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

HALO BALITA


Mom Blogger Community


Followers

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law