[REVIEW] 40 Kisah Pengantar Tidur Islami






Seperti biasa, waktu pak kurir datang, Faiq selalu gembira. Dia juga akan selalu berteriak "Ummi dapat hadiah...!" Hehehe... emangnya mau dapat hadiah terus, Nak? Setelah itu dia akan sibuk membuka bungkus dari bingkisan itu (emaknya ngalah :D ).

Tapi kali ini bukan hadiah, Nak :)
Iya, saya membeli buku ini dari penulisnya langsung, yaitu mbak Ummu Ayesha atau Ayesha El Himah. Soalnya sebelumnya saya kekurangan bahan untuk bercerita bila Faiq hendak tidur. Dan ternyata, buku ini memang sangat cocok untuk pengantar tidur. Faiq senang bukan main waktu saya bilang itu buku untuknya :).

Meski pada kenyataannya, sejauh ini, baru beberapa kisah yang disukai Faiq. Dan lucunya, dia sukanya selalu mengulang-ulang kisah yang pertama yang berjudul "Umar dan Gadis Penjual Susu". Dia selalu bilang, "Mii... bacakan Umar dan Gadis Penjual Susu....". Saya dan mbah utinya sampai bosan karena dia mintanya dibacakan itu terus.... :D.





Kebiasaan membacakan cerita atau dongeng sebelum tidur memang sangat baik untuk anak-anak. Namun tentu saja cerita yang dibacakan harus mengandung nilai-nilai kebaikan. Karena cerita-cerita tersebut akan berpengaruh pada anak nantinya. 

Kisah-kisah islami yang terdapat dalam buku ini merupakan kisah-kisah penuh makna dan mengandung pelajaran dari para Nabi, sahabat dan orang-orang mulia terdahulu. Seperti misalnya kejujuran pada kisah gadis penjual susu pada zaman khalifah Umar (hal. 6), keberanian pada kisah Asma putri Abu Bakar (hal. 66), kisah kesabaran Nabi Ayub (hal. 120), dan masih banyak lagi. Selain dapat menumbuhkan karakter-karakter baik pada anak, buku ini juga dapat menambah pengetahuan anak tentang Islam.

Tapi sayangnya ilustrasi gambarnya kurang ya yang di dalam. Mungkin juga emang dibikin begitu, ya :) soalnya kisah-kisahnya lumayan panjang-panjang. Trus kenapa ya yang buat ilustrasi nggak bikin gambar anak-anak yang senyum, gitu. Semuanya berwajah tegang, hehehe....

Tapi yang pasti, buku ini insya Allah akan awet menemani waktu menjelang tidur Faiq dan nantinya juga adiknya, Fahima. Karena isi buku ini cocok untuk anak usia pra sekolah juga anak SD :)


Tentang Buku:
Judul Buku : 40 KISAH PENGANTAR TIDUR ISLAMI 
Penulis : Ummu Ayesha 
ISBN : 9786020226309 
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo 
Cetakan : Pertama, 20 November 2013 
Format Cover : Soft Cover 
Ukuran : 19 X 23 cm 
Tebal : 192 hlm. 
Harga : Rp.55.000,00. 


6 comments

  1. Senangnya bisa menemani dan membacakan cerita buat si kecil.
    bagaimanapun cerita sebelum tidur menjadi saat yg tepat untuk caracter building pada anak.
    cuma sekedar reverensi mbak, jika kekurangan buku untuk bahan cerita buat si kecil " Rasulullah teladan ku " cocok lhoo sepertinya. #iklan yg tak dibayar, hanya terinspirasi dr beberapa teman yg bacakan tu buku pada buah hatinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, setuju, Mbak. Memang sebenernya manfaatnya besar, ya, asal kita bisa rajin membacakannya untuk si kecil.
      Btw, itu buku terbitan Mizan, ya? hehe.. belum mampu beli, Mbak :)

      Delete
    2. yg aku tahu sygma daya insani, soalnya saya pernah ikut seminarnya.
      iya mbak, emang agak mihiiilll :D

      Delete
    3. hihi... ya insya Allah lain kali belinya :)

      Delete
  2. Sepertinya bukunya bagus ya mak, tapi kaka dan sean udh gak mau didongengin lg skg :( *udah besar kali ya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, Mak, bagus kok. nambah pengetahuan juga pesan moral yg bagus dan islami.
      hihi... kaka dan Sean udah besar-besar... pasti udah pinter baca-baca sendiri :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.