WomanMarketer: Sentuhan Wanita di Dunia Marketing



credit


Marketing merupakan bagian terpenting dari sebuah usaha atau bisnis, sebagai garda terdepan untuk kelangsungan hidup sebuah usaha. Untuk itu, posisi marketing dalam sebuah bisnis mutlak harus dipegang oleh orang yang luwes dalam berinteraksi, baik dalam soal bisnis maupun hubungan sosial.

Berbicara mengenai keluwesan, sebenarnya wanita mempunyai peluang yang bagus di bidang marketing ini. Namun pada kenyataannya, ahli marketing di Indonesia sebagian besar masih didominasi oleh pria. Jarang terlihat marketer wanita yang menonjol dan diperhitungkan kiprahnya. Padahal sebenarnya, kebanyakan wanita yang lebih mendominasi dalam dunia marketing. Ahli marketing wanita biasanya memiliki kepekaan membaca peluang pasar, keluwesan berinteraksi secara sosial, serta memiliki kemampuan dalam menentukan sebuah strategi pemasaran yang tepat untuk sebuah produk. Hal inilah yang membuat wanita memiliki peluang besar untuk tampil ke permukaan sebagai ahli marketing. 

Veronica Ratna Ningrum adalah salah seorang WomanMarketer yang berhasil membuktikan, bahwa sentuhan kreatif wanita mampu memberi warna lain dalam pemasaran produk. Kepiawaiannya merancang suatu konsep strategi pemasaran dan mengeksekusi strategi pemasaran, mengantarnya menjadi seorang WomanMarketer Indonesia yang mulai diperhitungkan. 

Menurut Veronica, sentuhan seorang WomanMarketer akan memberikan nuansa yang khas, sebab biasanya wanita lebih tekun dan detil, serta lebih luwes dalam memperkenalkan produk yang dijual. Sementara bagi Veronica sendiri, selain diuntungkan oleh keluwesannya dalam berinteraksi dengan klien maupun orang lain, dia juga diuntungkan oleh dedikasinya saat menggarap strategi pemasaran sebuah produk. Tidak ada istilah setengah-setengah bagi Veronica, ketika dia mengerjakan sebuah proyek bagi kliennya. Veronica menempatkan kepuasan konsumen di atas segalanya. Baginya, konsumen harus diperlakukan sebagai raja. Dan sebagaimana layaknya seorang raja, mereka harus mendapatkan perlakuan istimewa. 

Menurut Veronica lagi, layanan terbaik bagi klien tidak saja menyangkut soal kualitas produk, namun juga sikap. Seorang marketer perlu memahami cara memperlakukan orang lain dengan baik dan membuat mereka merasa nyaman. Marketer yang baik juga bertindak sebagai problem-solver, yang mampu membuat keputusan serta menyediakan solusi jika terjadi masalah di lapangan. 

Demikianlah sentuhan Midas ala Veronica, dalam menyediakan solusi bagi strategi marketing bagi setiap kliennya. Sentuhannya sebagai WomenMarketer yang handal inilah yang membuat dia dibranding oleh Indscript Creative untuk program Personal Branding Agency-nya. Veronica memang beda.



No comments

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.