Monday, 9 July 2018

Menyelami Budaya Tiongkok dengan Mengunjungi 5 Situs Sejarah di Cina



Halo, temans. Begitu sulitnya, sih, bagi saya memiliki konsistensi menulis? Hehehe. Setelah libur lebaran sempat memposting dua tulisan, eh, mandeg lagi nulisnya di awal bulan ini. Tapi baiklah, untuk memulai semangat baru, kali ini saya akan menulis tentang Menyelami Budaya Tiongkok dengan Mengunjungi 5 Situs Sejarah di Cina. Semoga setelah ini saya akan rajin nulis lagi! Oke, baca tulisan ini sampai selesai, ya, bacaaa... 😉.



Budaya, memiliki lingkup yang sangat luas dan bersinggungan dengan banyak elemen. Budaya dapat meramu masyarakat untuk menuju ke dalam sebuah peradaban yang lebih baik dan melahirkan tatanan hidup baru dengan tingkat kompleksitas yang lebih tinggi. Selain itu, budaya juga memberikan pandangan-pandangan yang sangat bijak dalam menerima sebuah hal baru ataupun masalah yang ada di dalam kehidupan.

Berbicara mengenai budaya tentu sangatlah kompleks bila hanya memahami dari sumber tertulis. Memahami budaya harus lebih dari sekadar mempelajari secara literal, dan alangkah baiknya bila kita memahami langsung dengan pergi mengunjungi tempat sejarah dan budaya itu berasal. Salah satu negara yang memiliki sejarah panjang adalah Cina. Negeri Tirai Bambu tersebut telah berdiri sejak ribuan tahun lalu, bahkan mereka melahirkan banyak pemikir dan filsuf untuk membuat Cina menjadi lebih baik di setiap perkembangan sejarahnya.

Bagi teman-teman yang gemar akan kisah-kisah sejarah dan kebudayaan Cina, mungkin dengan mengunjungi beberapa situs sejarah di Cina ini akan menambah dan memperkuat pengetahuan kita. Hanya dengan mencari dan memesan tiket pesawat ke Cina, kita akan mendapatkan pengalaman lebih dengan mengunjungi situs-situs bersejarah yang ada di Cina. Tiket pesawat tersebut akan menambah pengetahuan kita tentang budaya dan sejarah negeri yang terkenal dengan Tembok Besar-nya ini.

Nah, ini dia 5 situs di Cina yang merupakan tempat-tempat sarat akan sejarah dan budaya Cina:

1. Forbidden City
Kota Terlarang ini berhasil “dipulihkan” dalam beberapa dekade terakhir dan menjadi pusat perhatian pengunjung untuk mengabadikan momennya di sana. Forbidden City menjadi sangat penting dalam perkembangan sejarah dan kebudayaan Cina. Pasalnya, bangunan yang berdiri kokoh hingga saat ini tersebut merupakan istana kekaisaraan yang menduduki pemerintahan Cina dari awal hingga tahun 1912 dan dianggap sebagai contoh utama arsitektur dan desain Cina. Kita dapat membayangkan apa saja yang terjadi di dalam istana yang menyimpan sejuta kisah tersebut.


2. Gua Mogao
Gua Mogao merupakan salah satu seri dari kuil yang dibangun dalam bentuk gua. Situs yang berada di provinsi Gansu ini adalah saksi bisu terciptanya jalur sutra. Situs Mogao telah berada di bawah kendali berbagai kelompok, termasuk orang Tibet, dan merupakan titik pertahanan dan perdagangan utama di Jalur Sutra. Jalur tersebut merupakan sebuah jalur yang menghubungkan Eropa dan Cina beberapa waktu yang lalu sehingga butuh lebih dari setahun untuk bepergian.


3. Nanjing Massacre Memorial Hall
Situs ini merupakan salah satu situs yang akan melahirkan kesan-kesan tertentu di benak kita. Pasalnya situs ini merupakan bekas pembantaian yang terjadi di akhir tahun 1930-an dan mengakibatkan kematian massal sekitar 300 ribu jiwa. Pembantaian Nanjing, nán jīng dà tú shā (南京 大 屠杀) adalah invasi dan kampanye pembunuhan massal yang dilakukan oleh tentara Jepang.


4. Terracotta Army
Jika teman-teman merupakan penggemar dari film The Mummy, mungkin situs ini sudah tidak asing lagi bagi teman-teman. Tidak jauh dari kota Xi'an yang besar dan modern, Mausoleum Kaisar Qin Pertama dimakamkan dengan penjagaan lebih dari 8.000 patung terracota yang memenuhi kawasan pemakaman tersebut. Pemakaman itu berlangsung sekitar 2.200 tahun yang lalu.





Ini merupakan situs yang luar biasa untuk disambangi karena makam itu hampir satu setengah mil panjangnya dan berisi ratusan kuda dan ribuan prajurit yang menungganginya.

Menariknya, kuburan tersebut telah terbengkalai selama berabad-abad sampai akhirnya sekelompok arkeolog tersandung di atasnya pada tahun 1974 dan menemukan ribuan tentara terakota yang masih setia berdiri dan menjaga makam Kaisar Qin yang telah meninggal ribuan tahun lalu tersebut. Destinasi ini menjadi sangat menarik dan memiliki nilai sejarah yang amat tinggi.


5. Tembok Besar
Yang paling terkahir adalah Tembok Besar Cina yang telah berdiri ribuan tahun untuk memisahkan Cina dari Mongolia Utara. Situs ini mungkin memang menjadi situs yang paling populer dan berhasil mencuri perhatian jutaan pengunjung yang sedang bertandang ke Cina. Pasalnya, situs ini memang menawarkan pemandangan yang sangat indah sekaligus tempat untuk mengenal sejarah hubungan antara Cina dengan Mongol pada saat dibangunnya tembok tersebut. Kita akan merasa seperti dibawa oleh mesin waktu untuk mengunjungi Cina ketika sedang bersitegang dengan Mongol akan wilayah kekuasaan.


Bagaimana? Tertarik untuk melihat secara langsung situs-situs penuh sejarah dan budaya di Cina alias Tiongkok? Menyelami Budaya Tiongkok dengan Mengunjungi 5 Situs Sejarah di Cina seperti tersebut di atas bisa menjadi pilihan. Semoga tulisan di atas bermanfaat, ya, buat teman-teman yang tertarik untuk traveling ke Cina 😊.





20 comments:

  1. Banyak hal yang bisa diambil dari sejarah Tiongkok sih, mba. Akupun lagi coba mempelajari beberapa sejarah negara lainnya :)

    ReplyDelete
  2. Yg prnh aku datangib cuma forbidden city dan temnok besar china :). Itu memorable bangeeettt. Krn pas kesana aku sedang hamil 1 bulan, lg winter minus 7, tapi nekad naik ke tembok besar pake gondola terbuka, dan turunnya pake toboggan ato kereta luncur hahahaha.. Tp si baby baik budi banget. Selama di sana ga sekalipun aku mual dan capek. Malah makin semangat jalan. Terbukti si baby skr malah penyuka jalan2 kayak emaknya :D

    Mau banget sih ke china lg. Msh banyaaak kota2 lainnya yg lbh cakep dan menarik :). Semoga nanti bisa ksana lagi

    ReplyDelete
  3. suka membaca sejarah peradaban suatu bangsa , selalu bikin wawasan tambah luas

    ReplyDelete
  4. Kalau ke Tiongkok aku paling penasaran dengan forbiden kingdom mbak, merasa unik aja ada sebuah kota dalam kota. Kotanya penuh misteri dan mistik pula, berasa ada di dunia dongeng

    ReplyDelete
  5. Yang no. 4 kok bisa gitu ya mba. Banyak banget dan rapiii banget. Keren.

    ReplyDelete
  6. Kalau lagi nonton film mandarin suka mupeng pengen ke China, budaya Tiongkok memang sangat kuat dan tua, bahkan kata dosenku saat negara-negara di eropa belum terlacak peta dengan jelas, masih bersatu atau berpisah, budaya tiongkok sudah solid

    ReplyDelete
  7. teracotta army itu misteri banget ya mbak...aku juga penasaran ma situs ini

    ReplyDelete
  8. Saya suka melihat-lihat tempat bersejarah. Saya juga sudah lama ingin pergi ke Cina, cuma teman saya tidak mau ke sana. Kalau saya sendiran tak berani. Saya penasaran dengan forbidden city, teracotta army dan tembok besar nya.

    ReplyDelete
  9. Tembok Besar Cina memang paling menarik perhatian, pemandangan yang bisa terlihat cukup indah. Banyak tempat bersejarah di Cina yang memberikan pembelajaran saat mengunjunginya.

    ReplyDelete
  10. Terracota army itu kayanya pernah liat di film apa gt ya. Ternyata beneran di film the mummy ya. Kirain buat keperluan film aja. Aku serem merinding gimana gt

    ReplyDelete
  11. Forbidden city sudah membuat saya penasaran sejak dulu. Ada apa gerang di dalamnya, hingga disebut sebagai kota terlarang? Patung terakota juga membuat saya agak ngeri2 sedap krna bentuk dan rupanya yg mirip dg manusia sungguhan. Intinya saya pengen bgt traveling ke Tiongkok. Hihi

    ReplyDelete
  12. Aku taunya tembok Besar China ajaaa
    Udah bayangin bagaimana kita harus jalan kaki sejauh itu. Gak ada ojek kan yaa

    ReplyDelete
  13. Aku suka dengan teracota army ini. Wajahnya beda satu sama lain. Keren banget setiap pahatan bisa berbeda. Pasti tukang ukirnya kerja keras banget

    ReplyDelete
  14. Mau banget traveling ke Tiongkok sambil belajar budayanya. Ke forbiden city yang asli. Bukan cuma yang cibubur. ehehehe

    ReplyDelete
  15. Kalau ada yang bilang China, aku langsung membayangkan hadits Nabi "Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri China".

    MashaAllah,
    Allah saja memerintahkan hambaNya menuntut ilmu walau jaraknya jauh hingga negeri China.

    Jadi pingin ke China yaa...
    Belajar bahasanya dulu deeh...hihi...xie xie.

    ReplyDelete
  16. Kalau sehari aja ga cukup ya jelajah bahkan cuma satu aja, hmm pengin laaah ke sini suatu saat dan semoga dibayarin juga. Plak, ngarep banget. Kupaling penasaran ya great wall itu sih

    ReplyDelete
  17. Tiongkok ini emang ga cuma luas wilayahnya aja, kebudayaannya juga tinggi, wisata sejarah seperti gak ada habisnya...

    ReplyDelete
  18. Kalau ke Cina gak sampai Tembok Besar Cina pasti nangis2 hihihi...
    Aku yang takjub sama Terracota Army itu kok bisa pahatannya bisa awet selama bertahun2? Pasti bahan yang digunakan bagus banget... Moga ada kesempatan ke Cina ya mbak aamiin

    ReplyDelete
  19. kalo udah bahasa budaya ini gak abis abis yaaa kak, ada aja yg msh tersimpan heheh jadi nambah ilmu baru deh.

    ReplyDelete
  20. aku suka banget film Xianxia dan Wu xia dari Cina. negeri ini memang sangat indah. dari situ belajardikit2 tentang sejarah dan budaya Cina.
    OK, 5 saran di atas kusimpan tuk bekal ke sana kelak

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law