Sunday, 19 November 2017

Merawat Wiper Blade Bersama Bosch Suku Cadang Berkualitas





Merawat Wiper Blade Bersama Bosch Suku Cadang Berkualitas.
Senang rasanya ketika dulu suami melontarkan keinginannya untuk bisa menyetir mobil. Saat itu, baginya keahlian tersebut merupakan kebutuhan yang mendesak. Bagaimana tidak, dia sering meminta bantuan tetangga untuk diantarkan wara-wiri menggunakan mobil pikap untuk urusan pekerjaannya (suami punya usaha sendiri di rumah). Maka kemudian suami "kursus" singkat ke tetangga, dan akhirnya bisa mengemudikan mobil sendiri.


Ternyata, banyak manfaat setelah suami bisa nyetir mobil sendiri. Selain mempermudah urusan pekerjaannya, acara-acara keluarga juga jadi lebih simpel. Seperti, saat acara wisuda adik beberapa waktu yang lalu. 

Berhubung kami hanya mempunyai mobil pikap (yang tentu saja tak bisa memuat seluruh anggota keluarga yang ikut yaitu berjumlah 8 orang termasuk anak-anak 😂), maka kami menyewa mobil di rental mobil milik tetangga. Alhamdulillah, bisa lebih irit biaya sewa karena disetir sendiri 😊.

Nah, ceritanya, setelah duduk beberapa menit di dalam mobil, kami merasa kurang nyaman. Sepertinya... kami mendapatkan mobil "sisa" yang kondisinya pas-pasan. Apa pasal? Pertama, mobil kurang bersih. Ada bekas-bekas sayur di dalam mobil. Kami menduga mobil itu habis dipakai untuk mengangkut sayur-mayur, dan kurang tuntas saat membersihkannya. Kedua, kata suami mobilnya kurang enak dikendarai. Ya, kata suami memang sudah tak ada pilihan lain di rental saat itu, dan hanya tersisa mobil yang kami sewa tersebut.

Namun karena kami sedang berada dalam momen membahagiakan, kami tak banyak mengeluh. Kami nikmati saja perjalanan pagi yang berlangsung sekitar kurang lebih satu setengah jam itu. Dan alhamdulillah akhirnya kami pun sampai di lokasi dengan selamat. Kami juga dapat menikmati acara wisuda adik dengan bahagia.

Tapi, berbeda dengan saat berangkat, perjalanan pulang kami ternyata kurang menyenangkan. Diawali dengan hujan deras saat acara wisuda berakhir, yang membuat pakaian kami basah kuyup karena kami hanya membawa satu payung. Alhasil kami kedinginan di dalam mobil saat perjalanan pulang. Masalah juga dihadapi suami terkait dengan mobil. Ternyata, mobil yang kami sewa kurang bagus kondisi wiper blade-nya.

Teman-teman tahu wiper blade, kan? Itu, lho, yang dalam bahasa Indonesia berarti penyeka kaca, yang biasa ada di kaca depan maupun belakang mobil. Selain di kaca mobil, alat ini juga ada pada kaca kereta api, kapal laut, dan lain-lain. Fungsinya untuk membersihkan kaca-kaca tersebut saat hujan turun atau bila ada debu, lumpur, atau benda lain yang mengotorinya. Dengan adanya wiper blade yang membersihkan kaca, pandangan pengemudi jadi tak terhalang lagi oleh air hujan atau kotoran-kotoran lain.

Nah, jadi ketika perjalanan pulang khususnya saat hujan turun lebat, pandangan suami ke arah depan (jalan) kurang leluasa. Karena wiper blade-nya kurang bersih dalam membersihkan air hujan. Hemm... kami baru sadar ternyata kami kurang teliti dalam menyewa mobil. Seharusnya, kami periksa dulu semua kondisi mobil sebelum melakukan perjalanan. Termasuk bagaimana kondisi wiper blade-nya. Tapi, ya, apa daya, nyewanya juga sudah mepet saat mau berangkat, hehe. Kami percaya saja, sih, pada pemilik mobil. 

Alhasil saya kasihan pada suami. Nyetirnya harus ekstra hati-hati. Alhamdulillah, sih, enggak ada kejadian buruk selama perjalanan. Tapi, ya, itu merupakan salah satu pelajaran berkendara buat kami ke depannya. 



Wiper blade pada pikap kami yang sedang bekerja.


Merawat Wiper Blade
Saat ini kami memang baru mempunyai mobil pikap, mobil yang lebih bermanfaat untuk urusan pekerjaan suami. Tapi meskipun hanya sering untuk mengangkut barang, kemanan berkendara sama saja, kan, dengan mobil penumpang? Sama-sama harus diperhatikan keamanan dan kenyamanannya. Apalagi, kami juga kadang menggunakannya untuk bepergian jarak dekat. Kebetulan mobil pikap tersebut tipenya berbadan lebar, dengan tempat duduk untuk 3 orang (termasuk sopir). 

Dari pengalaman kurang menyenangkan di atas, sudah seharusnya kami juga merawat semua komponen mobil termasuk wiper blade. Karena bagaimanapun, komponen yang kita anggap kecil atau sepele ternyata juga akan sangat berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan berkendara. Dan ternyata, kalau kita mau merawatnya secara rutin dan optimal, akan bisa memperpanjang usia penggunaannya, lho. Ya, lebih baik merawatnya secara rutin daripada lekas aus dan membuat pemborosan, bukan?

Nah, berikut ini beberapa cara merawat wiper blade yang saya peroleh infonya dari berbagai sumber (termasuk dari suami 😉):

👉 Gunakan cairan khusus pembersih wiper, yang biasanya dijual di toko-toko atau bengkel sepeda motor/mobil. Baca cara penggunaannya, ya, agar tidak salah langkah yang mengakibatkan kerusakan pada wiper.
👉 Jangan mengelap pada bagian pinggir karet, karena di situ terdapat komponen lapisan kimia penjaga elastisitas karet wiper.
👉 Saat membersihkan, pasang stand agar karet tidak menempel pada kaca mobil.
👉 Periksa berkala pada bagian poros wiper. Jika terlihat mulai berkarat, semprotkan pelumas khusus untuk menjaga agar wiper kembali lancar bergerak.
👉 Cek karet wiper, jika mulai keras (tidak elastis) atau bahkan terlihat retakan/lapuk, sebaiknya wiper lekas diganti. Karena karet wiper yang keras akan bisa menggores kaca dan meninggalkan bekas-bekas goresan yang akan mengganggu pandangan pengemudi.
  
Tanda-tanda kerusakan wiper blade bisa dilihat dari fungsinya. Seperti, apakah sudah tidak mampu menyapu air dengan baik? Apakah seret? Apakah bergetar saat bergerak? Sehingga hasil sapuannya kurang bersih maksimal. Atau, kita akan mendengar suara-suara yang berlebihan dan dari pergerakan wiper mulai meninggalkan bekas (goresan atau kotoran yang tertinggal).

Kerusakan wiper blade selain pada bagian karetnya, juga bisa dari komponen penunjang lainnya, seperti dari sistem mekanik wiper, dinamo, gigi, atau sistem kelistrikannya. Jika wiper tidak dapat bergerak maksimal, biasanya hal itu terkait dengan masalah mekaniknya, sehingga harus segera dibawa ke bengkel untuk mendapatkan servis. 

Mengapa wiper blade yang sudah mulai rusak harus segera diganti? Seperti cerita saya di atas, kinerja wiper yang buruk akan sangat berpengaruh pada pengemudi. Kaca yang kotor dan berair akan menghalangi pandangan pengemudi, karena memberikan visibilitas (kejelasan pandangan) yang terbatas. Hal ini tentu tidak aman untuk berkendara, dan bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan. Selain itu, kaca mobil akan lekas rusak karena tergores, yang mengakibatkan biaya perawatan justru akan semakin besar. Hemm...


Bosch Suku Cadang Berkualitas
Ketika wiper blade sudah waktunya diganti, kita bisa memilih untuk membawanya ke bengkel servis mobil agar sekaligus dipasangkan di sana. Atau, kita bisa juga membeli suku cadang mobil tersebut di toko spare part, atau supermarket otomotif, lalu memasangnya sendiri. Biasanya, untuk model-model tertentu umummya sederhana dan mudah untuk menginstalnya sendiri. 

Nah, kalau kita hendak membeli wiper sendiri, pilihlah wiper yang berkualitas. Karena dengan membeli suku cadang mobil yang berkualitas, tentu akan banyak keuntungannya. Wiper blade yang berkualitas selain akan dapat membersihkan kaca dengan baik, juga batas waktu pemakaian biasanya lebih lama. Dengan demikian akan membuat kita lebih irit juga, kan? Hehe.

Salah satu merek yang dapat membantu merawat kendaraan dengan suku cadang berkualitas adalah BOSCH. Perusahaan yang bermarkas di Jerman yang bergerak di bidang teknologi dan layanan ini sudah terkenal dan teruji kualitasnya. Diantaranya, Bosch dianugerahi "Best Brand 2017" untuk 6 kategori yaitu Aki, Filter, Busi, Wiper, Peralatan dan Workshop oleh Majalah Jerman "Auto Motor un Sports". Bosch juga dinobatkan sebagai supplier suku cadang kendaraan No. 1 oleh Fortune. Selain itu, masih banyak penghargaan-penghargaan yang diraih Bosch selama ini.


Pilihan wiper Bosch (sumber gambar: https://az.bosch-automotive.com/in/wipers).


Untuk urusan wiper blade, kita bisa melihat dan memilih wiper blade dari Bosch di website Bosch Automotive Aftermarket di www.startwithbosch.com/id. Bosch Automotive Aftermasrket ini merupakan supplier original equipment yang berhubungan erat dengan produksi kendaraan sampai memproduksi dan menyalurkan spare parts yang berkualitas tinggi ke pasar global. Di sana kita bisa melihat spesifikasi wiper sesuai kebutuhan kita. 

Semua wiper Bosch berkualitas tinggi. Wiper Bosch dapat dipercaya untuk kemampuan penyapuan yang sempurna meskipun dalam kondisi cuaca yang ekstrim. Keunggulan wiper Bosch antara lain mudah dipasang, performa penyapuan yang sempurna, struktur rangka yang bebas karat, tahan lama, menggunakan karet alami dengan Graphic Treatment untuk kendaraan di negara tropis, dan, sebagian besar cocok untuk kendaraan Asia. Ya, Bosch memang teknologi Jerman untuk kendaraan Asia.

Selain wiper blade, ada banyak produk suku cadang lain yang tentunya semua berkualitas tinggi. Ada aki, sistem pengereman, filter, klakson, lampu, busi, pelumas, dan ada juga servisnya. Dari kepercayaan masyarakat dengan diraihnya penghargaan-penghargaan seperti di atas, pantaslah jika disebut Bosch solusi berkendara aman.  

Suku cadang berkualitas memang dapat membantu meningkatkan keamanan mobilitas. Tapi selain suku cadang berkualitas, kita juga harus rajin merawatnya, dong. Merawat  juga termasuk ketika suku cadang mulai aus, kita harus segera menggantinya. Jadi, mari lebih peduli untuk rajin merawat kendaraan kita masing-masing. Jangan hanya memakai dan memakainya terus, tapi abai untuk merawatnya 😉. Termasuk juga untuk urusan wiper blade. Mari, Merawat Wiper Blade Bersama Bosch Suku Cadang Berkualitas.




Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Competition Bosch yang diselenggarakan oleh Warung Blogger


25 comments:

  1. informasinya bagus kak, karena keamanan berkendara harus dijaga dari hal yang paling kecil dan simpel.


    ka yuk mampir ke blog http://nuvaderma.com/blog

    ReplyDelete
  2. Wah bener banget ini
    Wiper Blade mobil kami juga sempat agak bermasalah, katanya sih jamuran gitu deh makanya pas bersihin kaca jadi kurang kinclong
    Paling berasa sih memang pas hujan dalam perjalanan, jarak pandang yang memang sudah pendek ditambah lagi dengan buramnya kaca, harus ekstra hati2 jadinya

    Makasi artikelnya mbak
    Aku kasi ke Pak suami ah

    ReplyDelete
  3. Keinget zaman dulu banget bapakku jg punya mobil pick up mbak. Jadi kami berempat kruntelan gtu naik pick up kalau pergi2 hehe.

    Wiper ini bagian mobil yg kadang suka disepelekan ya, pdhl klo gk ada itu saat musim ujan gini repot hehe
    TFS tipsnya :D

    ReplyDelete
  4. sukses ya mbak lombanya.. smoga berhasil.

    ReplyDelete
  5. Suamiku kapan hari sempat lalai ama karet wiper ini. Ternyata karetnya udah keras, jadi pas dipake ninggalin bekas di kaca mobil.. Emang udah waktunya diganti nih. Makasih infonya, mbak..

    ReplyDelete
  6. Selama ini hanya tahu duduk manis di mobil tanpa tahu suku cadang Bosch,makasih infonya ya mba

    ReplyDelete
  7. sukses lombanya, jarang merhatiin suku cadang, tapi memang suku cadang yang berkualitas akan membuat berkendaraan lebih nyaman

    ReplyDelete
  8. Makasih informasinya mbak, meski belum punya mobil, bisa jadi pertimbangan kalau pas sewa mobil utk memperhatikan juga bagian wiper blade-nya

    ReplyDelete
  9. bener mba, aku selama ini juga gitu merawat mobil. Merawat mobil itu kaya punya dua kelg karena harus ekstra perhatian supaya mobil tetep awet

    ReplyDelete
  10. wiper blade ini kesannya sepele ya, tapi kalau nggak berkualitas bakal mengganggu kenyamanan mengemudi.
    aku baru dengan kali ini merk Bosch, tapi melihat asal negaranya kayaknya nggak diragukan sih, secara Jerman emang gudangnya orang-orang dan perusahaan yang kece dalam hal teknologi :)

    ReplyDelete
  11. Aku uda lama tau merk ini, tp baru tau kalo brand ini performa nya keren ya dalam hal keselamatan berkendara.penting banget ni

    ReplyDelete
  12. Betul juga nih pembahasananya, sekiranya wiper itu urusan kecil, tapi jika tak dirawat wiper itu bisa mempengaruhi kinerja mobil, dan mengganggu pengemudi dlm berkendara, khususnya mobil.

    Keselamatan dalam berkendara itu harus diperhatikan, bahkan harus diperhatikan dari. Elemen sekecil apapun, seperti wiper tadi

    ReplyDelete
  13. Wuah bener tuh ka, keliatannya sepele tp penting apalagi wiper blade buat liat jarak pandang kalo ujan. Semoga sukses lombanya jg ya mba

    ReplyDelete
  14. Wah iya ya...kalau rental mobil gak pernah sampai detail ngeceknya.


    Pak suami kalau rental mobil, cuma ngeh sama mesin dan ukuran ban plus tutup bensin, wiper blase gak pernah diperhatiin.



    Makasih sudah mengingatkan, mbak

    ReplyDelete
  15. Untuk urusan suku cadang begini saya kurang paham karena masih sekolah dan sekolah gak menggunakan kendaraan sendiri tapi nebeng temen. Kayaknya bosch bagus, ya, suku cadangnya. Btw, semoga menang lombanya, ya! :)

    ReplyDelete
  16. Karena belum kesampaian punya mobil, beli suku cadangnya dulu. 😅 Ternyata wipet blade bermanfaat sekali ya, perlu diperhatikan juga. Baru tahu ada merk Bosch yang bagus kualitasnya.

    ReplyDelete
  17. Jadi ingat, dulu lagi ngebolang, nyater mobil. Eiper bladenya enggak berfungsi maksimal, kaca jadi kotor banget dan enggak bisa lihat ke depan. Kami terpaksa berhenti dulu daripada menerjang hujan dengan kondisi yang embuh.

    Kedinginan di mobil. Hiks.

    Wiper blade kecil tapi enggak bisa disepelekan ya.

    ReplyDelete
  18. Wah wiper ku juga bosch jadi ternyata memang bermanfaat ya tipsnya

    ReplyDelete
  19. Baru tahu istilah2 wiper blade nih. Maklum gak begitu paham soal mobil.

    Tapi bermanfaat banyak informasinya mbk. Saya jadi tahu istilah2 permobilan.

    ReplyDelete
  20. pilih wiper emang kudu cari yang bagus...kalo nggak kaca mobil bisa kurang bersih..bahkan gores2..

    ReplyDelete
  21. Ternyata sepintas urusan penyeka kaca ini tampak remeh temeh ya mbak. Tp kalau tidak dirawat, lumayan juga dampaknya.. Untung ada info ini. Semoga bisa saya terapkan suatu hari nanti

    ReplyDelete
  22. Suku casang dari bosch ini setara dengan kualitas barang ori engga sih ? Dan masalah harga kira kira ramah ga ya

    ReplyDelete
  23. Ya ampun wiper tuh ternyata penting banget ya. Apalagi kalo memasuki musim hujan. Informasinya lengkap dan bermanfaat banget nih. Perawatan mobil emang harus lengkap dan teliti ya mbak

    ReplyDelete
  24. Wiper kl kurang oke emang takutnya bikin kaca baret sih hiks. Dan tentunya saat menyapu air saat hujan jd kurang oke, ya.

    Btw, kl beli sendiri dan mudah masangnya, oke jg nih :)

    ReplyDelete
  25. Bahaya juga kalau wiper rusak. Terutama kalau kena lumpur tuh kacanya. Apalagi sekarang sedang musim hujan deras-derasnya. Mempersiapkan wiper sejak dini bisa jadi keputusan yang bijak sebagai upaya pencegahan hal yang tak diinginkan. Btw dapat sewa mobilnya kok ya kondisinya gitu banget yaa.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law