Friday, 26 May 2017

Tips Mengisi Ramadhan yang Seru untuk Anak Usia Balita Hingga SD



http://www.dekamuslim.com/2017/05/tips-mengisi-ramadhan-yang-seru-untuk.html



Tips Mengisi Ramadhan yang Seru untuk Anak Usia Balita Hingga SD
Alhamdulillah, insya Allah Ramadhan tinggal sehari lagi. Semoga kita semua para muslimin dan muslimat benar-benar dipertemukan dengan bulan yang mulia itu, ya. Bertemu yang bukan sekadar bertemu, tapi bertemu dengan kondisi fisik dan mental yang sehat. Sehingga kita dapat mengisi bulan suci Ramadhan dengan ibadah-ibadah terbaik. Aamiin. 

Saya akui, selama ini saya masih minim kreasi dalam mengisi Ramadhan bersama anak. Nah, makanya sejak beberapa hari terakhir ini saya sudah memikirkan untuk mengisi Ramadhan besok dengan hal-hal yang lebih seru. Agar si kakak (usia 7 tahun, mau SD) tetap semangat berpuasa. Si adik (usia 3 tahun) pun saya harapkan bisa mengenal Ramadhan dan puasa secara lebih dekat. 

Jadi, di sini saya akan menuliskan rencana saya atau semacam tips mengisi Ramadhan yang seru untuk anak usia balita hingga SD ala saya. Ini dia tipsnya:


Membuat Checklist Ibadah
Sejak beberapa hari yang lalu saya mendapatkan Guidebook Ramadhan for Kids dari grup-grup chatting di WhatsApp. Buku panduan yang dibuat oleh Ragwan M Al-Aydrus itu selain kontennya bagus, perpaduan warna serta gambar-gambarnya juga lucu dan manis. Karena anak-anak biasanya suka pernak-pernik yang lucu dan berwarna-warni, jadi saya sudah mencetak guidebook yang tadinya masih dalam format PDF tersebut menjadi buku fisik.  


Lucu, ya, lembar checklist ibadahnya.


Di dalam buku singkat tersebut ada lembar checklist ibadah yang berfungsi untuk memotivasi anak beribadah selama Ramadhan. Misal hari ini sahur apa enggak, puasa apa bolong, shalatnya full atau cuma sebagian, baca Al-Qur'an atau mengajinya gimana, tarawih enggak, sampai apa saja amal baik yang dilakukan anak. Nanti anak-anak tinggal kasih tanda centang atau lebih menarik lagi kasih tempelan bintang atau yang lainnya di kolom yang dimaksud. 

Untuk si adik yang masih belajar angka dan huruf, ada juga lembar penanda harian. Jadi, dia bisa ikut menghitung hari selama Ramadhan sekaligus belajar huruf dan angka.


Belajar Sekaligus Diskusi Bersama Anak dengan Topik-topik Pilihan
Memilih topik-topik tertentu sebagai bahan belajar bersama anak telah saya siapkan. Diantaranya juga saya ambil dari guidebook di atas. Misalnya topik shalat tarawih, sahur, berbuka, dan lain-lain. Tapi, untuk keperluan belajar dan diskusi ini saya harus menyiapkan "bahan cerita" yang seasyik mungkin agar anak-anak enggak bosan mendengarkan. 

Mungkin nanti saya juga akan mencari sumber-sumber belajar di internet bersama anak-anak. Misal menonton video di Youtube bersama anak-anak. Itu semua bertujuan agar mereka mengenal dan memahami hal-hal yang berkaitan dengan bulan Ramadhan dan puasa.


Membuat Aktifitas-aktivitas Spesial
Mungkin ini aktivitas yang paling menarik untuk anak-anak. Karena anak-anak biasanya lebih suka gerak daripada hanya duduk mendengarkan cerita (terutama anak-anak saya). Aktivitas-aktivitas yang dimaksud adalah seperti membuat berbagai kerajinan tangan, ikut menyiapkan (membuat) takjil, hingga bersih-bersih rumah untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri.


Gambar dari pexels.com.


Ada banyak sekali ide membuat kerajinan tangan (craft) dari internet. Aktivitas-aktivitas tersebut bertujuan untuk mengalihkan rasa lapar dan bosan anak-anak selama berpuasa.


Memberikan Reward untuk Anak di Akhir Ramadhan
Nanti, di akhir Ramadhan insya Allah saya akan memberikan reward kepada anak-anak. Jadi penghargaan itu buat kejutan saja. Agar anak-anak dalam beribadah tidak mengharapkan imbalan dari orangtuanya. Hal ini untuk mendidik mereka dengan benar, bahwa ibadah itu semata-mata untuk Allah ta'ala. Dan hadiah dari orangtua semata-mata rezeki dari-Nya.

Insya Allah saya ingin menghadiahi mereka pakaian untuk beribadah. Ya, mukena dan baju koko yang baru untuk shalat. Meskipun memberikan alat untuk beribadah itu sudah kewajiban kami sebagai orangtuanya, tapi semoga dengan cara memberikannya sebagai hadiah surprise, anak-anak akan lebih senang.

Untuk membeli mukena anak dan baju koko anak tersebut, saya mungkin akan membelinya secara online. Karena saya ibu rumah tangga yang mempunyai 3 anak yang masih kecil-kecil. Kalau mau belanja-belanja di luar rumah, pasti anak-anak ikut semua. Belanja secara offline di mall atau di toko-toko pakaian muslim dengan 3 anak, duh... kebayang panas dan capeknya.


Baju koko dan mukena anak yang saya incar :).


Saya juga sudah melihat-lihat mukena anak dan baju koko anak di beberapa toko online. Diantaranya di Shopee.co.id. Di sana banyak pilihan mukena anak dan baju koko anak dengan harga yang relatif murah. 

Itulah tips mengisi Ramadhan yang seru untuk anak usia balita hingga SD ala saya. Semoga, anak-anak bisa senantiasa semangat dalam menjalani ibadah puasa. Dan, momen Ramadhan akan menjadi momen istimewa di hati mereka, yang akan selalu mereka rindukan di tiap tahunnya. Aamiin.





3 comments:

  1. trimakasih tipsnya ni mbak

    ReplyDelete
  2. tips bermanfaat, utk lbh kreatif mengisi ramadan buat anak2.... met berpuasa ramadan :D

    ReplyDelete
  3. Tipsnya keren banget mbak Diah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Herbadrink Blog Competition

Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak

Priceza


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law