Thursday, 18 May 2017

Suka Begadang? Hati-hati dengan Hatimu!



Suka Begadang? Hati-hati dengan Hatimu! 
Bulan Juni tahun 2013 lalu saya menderita sakit yang belum pernah saya alami sebelumnya. Badan saya panas sekali dan kepala terasa pusing. Saya pikir saya sedang sakit flu seperti biasanya. Tetapi semakin hari bukan badan panas dan kepala pusing saja yang saya rasakan, tetapi badan saya juga terasa lemas, perut mual-mual, dan beberapa kali muntah. Bahkan air seni saya berwarna kuning kecoklatan seperti air teh. Setelah memeriksakan diri ke dokter, ternyata saya divonis terkena penyakit Hepatitis A. 

Hasil tes darah yang saya lakukan di laboratorium menunjukkan bahwa SGOT saya 710 U/I dan SGPT 1082 U/I (SGOT dan SGPT adalah enzim yang berkaitan dengan fungsi hati*), dengan nilai normal masing-masing SGOT dan SGPT adalah < 31 U/I. Dengan hasil tes seperti itu, berarti nilai enzim hati saya berpuluh-puluh kali lipat di atas nilai normal. Saya terkena Hepatitis A (alhamdulillah bukan Hepatitis B, yang lebih berat). Saya pun akhirnya diopname di rumah sakit karena kondisi tubuh yang terlalu lemah.


Hasil tes SGOT dan SGPT pada tanggal 5 Juni 2013.


Sakit Hepatitis Bisa Disebabkan Karena Kelelahan
Dari keterangan dokter saya jadi tahu, bahwa Hepatitis merupakan penyakit peradangan pada bagian hati karena toxin. Penyakit Hepatitis (A, B, C, D, atau E) penyebabnya antara lain karena terinveksi virus, mengonsumsi alkohol, terekspose bahan kimia berbahaya, perlemakan hati, atau karena kelelahan (banyak begadang, merokok, dll). Untuk kasus banyak begadang, bisa mengakibatkan tubuh kelelahan, sehingga daya tahannya menurun. Kemudian, virus pun dengan mudah akan masuk ke dalam tubuh.

Jleb! Saya kemudian tersadar, bahwa akhir-akhir itu saya kurang memperhatikan kesehatan. Ya, saya sering keasyikan menulis atau ngeblog (sebagai hobi saya) hingga larut malam. Saya sering begadang, tidur larut malam, sehingga istirahat sangat kurang karena di siang hari pun hanya sesekali tidur. Hal itu diperparah dengan keabaian saya akan asupan makanan. Lalu apa kabar olahraga? Bye, deh!

Saya dan suami pun baru menyadari akan hal itu. Ternyata, sering begadang bisa menyebabkan fungsi hati terganggu jika tak diimbangi dengan pola hidup yang sehat. Karena begadang adalah aktivitas di malam hari yang memaksa tubuh bekerja pada saat dia seharusnya beristirahat. Jika sering dilakukan, maka bisa mengganggu kesehatan hati, karena hati adalah organ metabolisme. Hati akan dipaksa bekerja untuk menghasilkan energi dalam bermetabolisme, sementara asupan nutrisi dan hak-hak lain bagi tubuh terabaikan. Metabolisme tubuh pun menjadi kacau.


Dokter kemudian memberikan beberapa macam obat untuk mengatasi keluhan-keluhan saya, juga untuk menurunkan nilai SGOT dan SGPT saya. Dan saya sedikit terkejut ketika dokter juga menganjurkan kepada saya untuk banyak mengonsumsi temulawak, agar SGOT dan SGPT saya dapat turun dengan lebih cepat. Oh, begitu, ya?


Temulawak yang (dulu) rutin saya konsumsi selama sakit Hepatitis dan dalam masa pemulihan.


Sebelumnya saya berpikir kalau dokter selalu identik dengan obat kimia, sedangkan temulawak yang termasuk jamu adalah obat tradisional yang tak pernah disentuh oleh dokter. Ternyata saya salah. Hihihi. Saya dianjurkannya (bahkan semacam diperintahkan) untuk meminum air seduhan temulawak 3 gelas sehari sejak awal saya opname. 

Tentu saja saya langsung menuruti perintah dokter tersebut. Selama saya masih opname di rumah sakit, suami yang rajin membuat air seduhan temulawak di rumah lalu dibawanya ke rumah sakit untuk saya minum 3 gelas sehari. Dan ternyata benar, baru sehari saya mengonsumsi minuman temulawak, nilai SGOT dan SGPT saya langsung turun. Beberapa hari kemudian ketika saya kembali melakukan tes darah, SGOT dan SGPT saya bahkan sudah mendekati nilai normal! Alhamdulillah. 


Hasil tes SGOT dan SGPT pada tanggal 14 Juni 2013, setelah mengonsumsi temulawak.


Kondisi kesehatan saya pun berangsur membaik. Ketika sudah pulang dari rumah sakit, saya pun tetap mengonsumsi minuman temulawak. Bahkan beberapa minggu setelah itu, saya masih minum temulawak 2 gelas sehari dalam masa pemulihanTernyata, temulawak memang bermanfaat untuk mengatasi penyakit hepatitis dan memelihara kesehatan hati. 

Ehm, jadi sebenarnya, apa saja, sih, khasiat temulawak selain kehebatannya dalam memelihara kesehatan hati? Yuk, simak tulisan saya selanjutnya :).


Khasiat Temulawak
Temulawak atau dalam bahasa Latinnya Curcuma xanthorrhiza Roxb adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (family Zingiberaceae). Tanaman ini merupakan tanaman asli Indonesia dan juga Malaysia. Di Indonesia, tanaman ini banyak tumbuh di Jawa, Bali dan Maluku, dengan sebagian besar budidayanya berada di Jawa. Sedangkan di luar negeri ada di Malaysia, Thailand, Filipina dan beberapa di India.

Tanaman yang dapat tumbuh pada ketinggian 5 m hingga 1500 m di atas permukaan laut ini pada umumnya yang dimanfaatkan adalah rimpangnya. Ya, karena rimpang temulawak mengandung beberapa senyawa kimia, antara lain: minyak atsiri (ar-kurkumen, xanthorrhizol, beta-kurkumen dan germakren) dan kurkuminoid (kurkumin dan desmetoksikurkumin). Nah, kandungan dari temulawak tersebut mempunyai khasiat yang banyak, lho.

Sumber gambar: http://herbadrinknatural.com/saritemulawak/


Seperti pada gambar di atas, khasiat temulawak antara lain adalah sebagai berikut:
  • Memelihara kesehatan hati. Temulawak bermanfaat untuk memelihara kesehatan organ hati, karena mengandung kurkumin yang memiliki khasiat alami sebagai antiinflamasi (antiradang) dan antihepatotoksik, yang sangat berguna untuk melindungi kesehatan hati (liver). Tanaman ini juga mengandung zat kolagoga, yang membantu hati untuk memproduksi empedu dan memberikan rangsangan agar mengosongkan empedu.
  • Mengurangi radang sendi. Kurkumin pada temulawak dapat menghambat pembentukan dan transportasi mediator radang yang disebut prostaglandin (PGE2). Daya antiinflamasi dari kurkumin dapat mengurangi rasa sakit akibat radang sendi atau arthritis tanpa efek samping yang berarti.
  • Menjaga fungsi lambung. Temulawak juga dapat melancarkan proses pencernaan. Kandungan zat-zat dalam temulawak mampu membantu mengatasi berbagai gangguan pencernaan, termasuk kembung, gas dan dispepsia.
  • Menurunkan lemak darah. Fraksi kurkuminoid atau ekstrak temulawak berkhasiat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol atau lemak darah total. Khasiat tersebut berdampak baik untuk kesehatan jantung serta sistem kardiovaskuler dalam tubuh.

Nah, jadi jelas, ya, temulawak memang terbukti mampu mengatasi penyakit Hepatitis karena kandungan zat yang ada didalamnya dapat mencegah penyakit liver (hati). Dan sebagai obat penyakit Hepatitis, temulawak merupakan pilihan terbaik dibandingkan dengan obat lain, karena tidak menimbulkan efek samping.


Tips Jaga Kesehatan untuk yang Suka Begadang
Apakah teman-teman sama seperti saya, suka begadang untuk menulis (ngeblog) atau mengerjakan apa pun sesuai passion? Beraktivitas di malam hari biasanya lebih asyik, ya, karena lebih tenang :). Tapi saya pikir, kita memang harus benar-benar memperhatikan kesehatan terkait hal itu.

Setelah sakit Hepatitis itu, saya mulai memperbaiki pola hidup sehat saya. Tapi, saya memang enggak bisa meninggalkan kebiasaan begadang. Karena memang menulis dan ngeblog adalah passion saya, saya bisa bahagia dengan menulis :). Dan, waktu untuk menulis yang paling memungkinkan bagi saya adalah di malam hari, karena saat ini saya adalah ibu rumah tangga dengan 3 anak kecil. Menulis di siang hari berarti "perang" dengan anak-anak :D.

Jadi, ini dia tips jaga kesehatan untuk yang suka begadang ala saya:
  • Istirahat yang cukup. Ini penting sekali. Kita harus mengganti jatah istirahat malam dengan beristirahat di siang hari. Waktu tidur yang normal untuk orang dewasa adalah 7  hingga 8 jam per hari. Penuhi hak tidur kita. 
  • Makan gizi seimbang (jaga pola makan). Penuhi kebutuhan nutrisi yang bergizi. Makan yang cukup, usahakan jangan telat makan. Konsumsi sayur dan buah-buahan juga sangat penting untuk meningkatkan antioksidan dalam darah. 
  • Hindari stress. Begadang seringkali bisa menimbulkan stress karena kita kurang tidur. Jadi kembali lagi, atur waktu istirahat kita. Karena kalau kita sering stess, efeknya juga mempengaruhi kinerja hati. 
  • Olahraga teratur. Untuk menjaga pola hidup sehat, usahakan olahraga secara teratur. Buat IRT seperti saya, senam ringan di pagi hari juga bisa dilakukan. 
  • Minum temulawak.  Seperti yang telah ditulis di atas, temulawak penting untuk memelihara kesehatan hati. Maka, jangan malas untuk minum temulawak, ya. Kalau dulu saya bersama suami rajin membuat seduhan temulawak dari rimpang temulawak langsung, dari mengupas kulitnya, mengiris-iris tipis, lalu merebusnya baru kemudian diminum, sekarang ada cara mudah untuk mengonsumsi temulawak. Ada produk yang praktis dari PT. KONIMEX untuk kita semua, namanya Herbadrink. Ada beberapa macam varian Herbadrink. Nah, Herbadrink Sari Temulawak cocok sekali buat kita yang suka begadang.




Herbadrink Sari Temulawak adalah minuman herbal yang dikemas secara praktis dan higienis. Untuk mengonsumsinya tinggal diseduh (bisa dengan air hangat ataupun dingin). Tuang ke dalam gelas berisi air lalu aduk, enggak sampai semenit, sudah siap diminum. Asyiknya lagi, minuman herbal ini bersih dan tanpa endapan karena diproduksi dengan teknologi tinggi. Juga tanpa pengawet. Siippp.

Saya suka meminumnya dengan air dingin. Segar dan nikmat banget, rasa agak "langu" (bahasa Jawa, artinya pengar) dari temulawak sudah hilang. Rasa manisnya juga pas banget. So, saya rasa Herbadrink Sari Temulawak ini memang bagus untuk menjadi minuman herba-break kita setiap hari. 

Oiya, Herbadrink Sari Temulawak yang terbuat dari Curcuma xanthorrhiza Rhizoma 2,2 g yang setara dengan 800 mg rimpang segar serta gula dan bahan lain ini cocok untuk semua kalangan, lho.

Kondisi tiap orang memang berbeda, ada yang kuat dan sehat-sehat saja meski sering begadang. Tapi ada pula yang sebaliknya. Maka tak ada salahnya melakukan upaya preventif untuk menjaga kesehatan diri, termasuk menjaga kesehatan hati. Sebab, keluhan penyakit Hepatitis baru muncul ketika fungsi hati sudah sangat rendah. Sehingga ketika diketahui ada gangguan, tahapnya sudah pada tahap yang parah. So, teman-teman suka begadang? Hati-hati dengan hatimu! Tapi tenang, kan ada Herbadrink Sari Temulawak yang siap membantu jaga kesehatan hati kita :). Herbadrink, Be Herba, Be Healthy!



Tulisan ini diikutsertakan dalam "Herbadrink Blog Competition"

Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak



* SGOT: Serum Glutamic-oxaloacetictransaminase.
   SGPT: Serum Glutamic-pyruvic transaminase.


Referensi:
http://herbadrinknatural.com/saritemulawak/
http://www.alodokter.com/komunitas/topic/sgot-dan-sgpt-2
http://www.academia.edu/7152949/Materi_SGPT-SGOT





23 comments:

  1. Alhamdulillah sekarang sudah sehat ya mbaa...
    Mendingan dicegah apalagi caranya jg praktis yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, alhamdullilah Mbak Ophi.. cara pencegahannya juga praktis dan enak :)

      Delete
  2. Wah bunda terima kasih ya sudah mengingatkan lewat tulisannya. Saya juga suka begadang nulis belum lagi anak batitaku suka kebngun tengah malam. Mkin aja kurg istrhat. Aduh harus dibnerin lg nih polanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Bunda Erysha :)
      Yuk, kita sama-sama memperbaiki pola hidup sehat, Bun :)

      Delete
  3. Mba kalau mengonsumsi air seduh temulawak setiap hari ada efek sampingnya ndak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau selama ini, sih, saya baik-baik saja, Mbak. Entahlah kalau menurut dokter :)

      Delete
  4. Temulawak emang joss banget untuk menjaga fungsi hati.
    Sehat2 selalu ya mbak Deka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, alhamdullilah. Nyari barangnya pun mudah :)

      Aamiin... Semoga demikian juga dengan mbak Liza.

      Delete
  5. Alhamdulillah sudah sembuh ya Mba', sukses lombanya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Julia. Alhamdulillah.
      Makasih, Mbak :)

      Delete
  6. Kalo saya sekarang mending tidur lebih cepat, bangun lebih cepat. Jadi ngetik buat artikelnya jam 3 dini hari abis sholat tahajut. Lebih fresh mbak, kalo begadang kadang mata & pikiran susah diajak kompromi.
    Herbadrink ga ada pahit2 nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu pas anak pertama sama kedua di atas 1 tahun ya gitu, Mbak. Ngetiknya dini hari.
      Tapi sayangnya sekarang gak bisa. Si kecil kalo jam segitu sering bangun dan tentu saja gak mau ditinggal. Lengkettt terus :D
      Herbadrink yang Sari Temulawak ini gak ada pahit-pahitnya, Mbak. Asli segerrr dan manisnya pas :)

      Delete
  7. Alhamdulilah aku udah ga mau begadang lagi mba dan uda coba juga herbadrink :) gudluck mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya apalagi mbak Herva kerja di kantor, ya. Bisa berabe kalo suka begadang :)

      Gudlak juga baut mb Herva :)

      Delete
  8. saya juga suka begadang Mbaa, harus rajin minum herbadrink nih untuk menjaga stamina hati :)

    goodluck buat lombanya yaa Mbaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa mb Ira mesti lebih aware, nih. Hihi.. secara kerja kantoran gitu...

      Gudlak juga buat mb Ira :)

      Delete
  9. Saya jg suka begadang mba.
    Kenapa juga inspirasi n kreativitas sy kebiasaan keluarnya dimalem hari.. Hihi.
    Next time mau coba herbadrink jg. Makasih infonya mba..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo saya begadang karena pilihan waktunya cuma itu, Mbak. Hehe.
      Iya mesti coba. Praktis dan enak pokoknya :)

      Delete
  10. baru tau kalo begadang bisa bikin hepatitis!!! etapi saya juga jarang begadang sih. saya termasuk yang tidurnya cepet (jam 7-8 udah mapan) tapi ntar bangunnya pagi buta. itu dihitung begadang gak? soalnya kalo ga sambil nunggu sunrise inspirasi suka nggak muncul e..
    btw baru tau kalo herbadrink ini bisa buat menjaga kesehatan hati. itu kalo dirumah saya minum aja soalnya rasanya enak, gatau khasiatnya apa *ngok*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngokk juga. Hihihi.
      Masa gak dibaca-baca bungkusnya, sih? Khasiatnya bagus buat memelihara kesehatan hati.

      Btw, begadang menyebabkan kelelahan, dan mempermudah masuknya virus hepatitis :)

      Delete
  11. Wah, padahal aku juga kadang suka begadang mba, mesti dicegah ya penyakitnya pakai herbadrink ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tosss, Mbakkk :)
      Iya rajin-rajin aja minum temulawak. Kalo gak mau ribet ya minum Herbadrink Sari Temulawak itu :)

      Delete
  12. aku suka begadang.... cocok lah ni

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law