Tuesday, 9 May 2017

Keuntungan "One Day One Post (ODOP)" dalam Blogging


http://www.dekamuslim.com/2017/05/keuntungan-one-day-one-post-odop-dalam.html



Keuntungan "One Day One Post (ODOP)" dalam Blogging
Selama dua minggu kemarin (tanggal 23 April sampai 6 Mei 2017), saya mengikuti program One Day One Post (ODOP) yang diadakan oleh grup Facebook Indonesian Social Blogpreneur (ISB). Program yang digagas oleh teh Ani Berta selaku founder ISB tersebut diikuti oleh beberapa blogger membernya. Mungkin ada 10-20 blogger. Saya enggak menghitungnya. 

ODOP sendiri adalah program menulis satu hari satu artikel, yang dalam hal ini tulisan diposting di blog. Dengan mengikuti program ini, blogger harus memposting satu artikel dalam satu hari, sesuai tema-tema yang telah ditentukan. Di ISB ini kami dimudahkan dengan tema-tema yang telah dibuat, sehingga enggak usah mikir atau mencari tema sendiri.

Tema yang disodorkan kepada blogger sangat beragam, dari mulai sinetron era 80-90an, makna Isra' Mi'raj, wish list dalam blogging, dan lain-lain bahkan hingga cerita tentang teman sebangku saat sekolah atau kuliah. Dan sepertinya teh Ani membuat jadwal ODOP dengan menyesuaikan kalender. Karena ada beberapa tema yang pas sesuai dengan peringatan hari tertentu. Seperti tema Isra' Mi'raj, dipaskan tanggal 24 April karena memang hari itu adalah peringatan Isra' Mi'raj. Atau, tema menyambut puasa, yang sebentar lagi memang akan dilaksanakan oleh muslim sedunia.

Artikel lengkap ODOP yang telah saya tulis bisa dibaca di label #onedayonepost.

Saya yang sudah semangat sejak sebelum ODOP dimulai, alhamdulillah bisa menyelesaikannya sampai tuntas. Hari demi hari tema ODOP terselesaikan, hingga genap 14 hari. Saya senang sekali. Selain hepi dan ada kepuasan tersendiri, menurut saya ada beberapa keuntungan saya mengikuti ODOP ini. Diantaranya sebagai berikut:

Semangat Nulis
ODOP "memaksa" saya untuk menulis setiap hari. Anehnya, karena sudah bersemangat sejak awal, saya enjoy saja menulisnya. Dan, bisa selesai juga tiap hari satu artikel. Kemudian kebiasaan ini memberikan efek positif setelah ODOP usai. Semangat nulis saya masih ada hingga saat ini :).

Terlatih Menemukan Ide dan Mengeksekusinya dengan Cepat
Karena dituntut satu hari satu tulisan harus dipublish, otomatis kami harus cepat dalam mencari ide tulisan (meski sudah ditentukan temanya). Kemudian mengolah ide tersebut menjadi satu tulisan lengkap. Kalau sudah terbiasa berpikir cepat, ternyata enggak begitu susah juga, ya :).


Gambar dari pixabay.com


Semangat Blogwalking
Karena peserta ODOP ada beberapa orang, kami pun biasanya saling blogwalking (BW). Saling berkunjung ke tulisan blogger lain dengan tema sama ini memang kadang menarik, karena ada sudut pandang lain (berbeda) dari masing-masing blogger. Hal ini memberikan wawasan bahwa satu tema bisa ditulis dengan bermacam-macam sudut pandang. Oiya, karena semangat BW ini pula, saya jadi nambah teman juga :).

Menambah Pageviews
Konsistensi posting selama beberapa hari di awal ODOP ternyata memberikan dampak pada pageviews (PV) blog ini. Dan hal itu berlangsung hingga hari ini, PV masih stabil di kisaran tersebut (jumlahnya rahasia, ya, soalnya sedikit dibanding blog-blog lain :D). Meski jumlahnya tidak banyak, tapi untuk ukuran blog ini sudah naik hampir 100% setiap harinya. Alhamdulillah.

Mungkin pengunjung/pembaca lebih senang dengan blog yang sering update tulisan, ya. Jadi kalau pembaca membuka blog ini, enggak akan kecewa karena ada tulisan baru. Kalau blog sering update, pembaca juga enggak males buka sebuah blog. Sehingga otomatis sering enggaknya update postingan sepertinya juga mempengaruhi pageviews.

Semangat untuk Rajin Ngeblog Setelahnya
Setelah rajin menulis setiap harinya, kemarin absen 2 hari, tuh, serasa ada sesuatu yang hilang. Serasa punya utang. Jadi secara otomatis ODOP ini mendorong saya untuk lebih rajin menulis lagi. Semangat itu secara otomatis ada.


Sebenarnya memang ODOP ini bermanfaat sekali untuk melatih kekonsistenan dalam menulis. Dalam blogging, ternyata manfaatnya terasa sekali, seperti yang telah saya tulis dalam poin-poin di atas. Kalau kata teh Ani, keuntungan mengikuti ODOP ini memang tak ada dalam bentuk materi (ISB tidak memberikan benefit berupa fee). Tapi, dengan manfaat-manfaat secara otomatis seperti di atas, saya sudah sangat berterima kasih karena telah bisa menjadi bagian dari ODOP tersebut. Keuntungan "One Day One Post (ODOP)" dalam Blogging memang sangat terasa bagi saya. Terima kasih, ISB :).



12 comments:

  1. Wah keren, Mbak. Salut deh. Saya baru tahap pengin belum tahap eksekusi :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, semoga saya bisa konsisten minimal seminggu 2 kali update :)
      Ayo Mbak, semangat jugaaa :)

      Delete
  2. Salam kenal mbak.. wah mbak istiqomah ya ngejalanin blognya, kalo saya ngepost suka nunggu mood dulu nih ehehe

    www.khhrnisa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk 2 minggu kemarin alhamdulillah bisa istiqomah :D
      ayo Mbak, gak usah nunggu mas moodnya datang duluan :D

      Delete
  3. ide ODOP ini kereeeen banget mbak, tapi aku angkat tangan deh, seminggu sekali aja belum bisa istiqomah posting padahal banyak ide dan bahan. salut deh buat yang sudah bisa istiqomah dengan program ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Reni juga udah kereeeeennn kok, secara kesibukannya sebagai pendidik dan seorang ibu juga luar biasa :)

      Delete
  4. ODOP adalah sarana untuk mendisiplinkan diri pribadi

    Ini sangat berguna untuk tetap menjaga semangat menulis yang tinggi. Semua tergantung pada kita.
    Kalaupun ada pengaruh dari luar, itu biasanya dari kawan sesama pengikut ODOP ... Kita akan tertantang. Dia bisa saya juga seharusnya bisa

    Dan ini sangat baik

    Salam saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, setuju banget Om. Untuk mendisiplinkan diri sendiri. Dan iya, adanya teman-teman juga mendorong untuk tetap konsisten :)
      Makasih Om sudah silaturahim ke sini :)

      Delete
  5. Mantap. Lanjut lagi gak nih ODOP nya? :)

    ReplyDelete
  6. Saya belum konsisten satu hari satu postingan, banyak hal yang menghalangi salah satunya sinyal internet yang lemot, maklum di desa

    ReplyDelete
  7. HIhiii...aku belum kuat nih mba ODOP. kebanyakan alesan niiyy :))

    ReplyDelete
  8. Wah ... patut dicoba juga ni tipsnya... yerbyata dengan mnrbitkan minimal 1 post stiap harinya... bnyak mnfaat yg didapat

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law