Saturday, 31 December 2016

Resolusi Ngeblog 2017: Bangun Konten Blog dan Attitude yang Baik



http://www.dekamuslim.com/2016/12/resolusi-ngeblog-2017-bangun-konten.html

Setiap akhir tahun seperti ini memang lagi ramai orang-orang bikin resolusi untuk tahun depan. Kalau saya sendiri, banyak banget rencana atau angan-angan atau mimpi untuk tahun depan. Hehe. Ada resolusi untuk diri sendiri, untuk anak-anak, pengin punya ini-itu, bla bla bla. Jadinya malah bingung, mana resolusi yang paling ingin diwujudkan. Tapi di sini, saya ingin menuliskan #Resolusiku2017 secara lebih fokus saja, yaitu resolusi ngeblog 2017. Nah, penginnya, di tahun 2017 nanti saya bisa membangun konten blog dan attitude yang baik. Lhah, selama ini jelek? Yah, akui saja, memang masih jelek! Hiks. 


Bangun Konten Blog Lebih Baik 
Mungkin teman-teman yang sering (((SERING))) mampir ke blog ini tahu lah, bagaimana konten blog saya. Standar banget, kan, ya. Atau malah di bawah rata-rata? Ya, selama ini memang fokus saya ke tulisan saja, yang penting isinya bagus. Saya berusaha menyertakan manfaat dalam tulisan-tulisan saya. Saya penginnya pembaca bisa dapet manfaat meski sedikit setelah membaca tulisan saya. Itu saja. Entah tercapai atau belum. Tapi saya pikir, kalau 50% sudah tercapai lah, ya. 

Lalu semakin hari saya semakin sadar, bahwa isi tulisan saja masih sangat kurang kalau untuk postingan blog. Dari melihat blog teman-teman, saya mulai ikut menambahkan gambar-gambar pendukung yang sedikit menarik dalam tiap blogpost. Edit-edit dikit lah melalui PhotoCollage, PicsArt, atau PhotoScape. Lumayan juga, sih, daripada foto polosan biasa. 

Nah, perkembangan blog kian melaju rupanya. Kembali melihat blog teman-teman, saya ngiri abis kalau ada blogpost yang ada infografis, video atau vlog, atau bahkan komik. Hiks. Saya belum bisa bikin seperti itu! Selama ini pengin utak-atik, tapi selaluuu saja belum sempat. Soalnya punya 3 orang anak yang masih kecil-kecil itu waktunya sangat terbatas buat ngeblog. Bisanya ngadep PC pas di malam hari saja, itu pun hanya 2 hingga 3 jam. 
*halahhhhh banyak alesan! :D 



Ini coret-coretan saya selama tahun 2016. Saya menyebutnya sebagai: Jadwal Ngeblog! :D


So? Saya mau juga, dong, belajar bikin itu semua. Yap, tahun 2017, saya harus membangun konten blog yang baik, dengan belajar bikin infografis dan vlog! Dan kalau ada perkembangan blogging lainnya, saya juga harus mau mempelajarinya. Harus bener-bener diniatin! Harus, ya. Harus! 

Hihihih. Menggertak diri sendiri. 





Maka, saat ini persiapan saya adalah membuat jadwal ngeblog yang lebih teratur. Kalau sebelumnya isi "jadwal"-nya cuma bikin blogpost terus, tahun 2017 harus lebih serius belajar blogging! Jadi misalnya hari Senin buat bikin blogpost, hari Selasa buat belajar vlog, hari Rabu bikin blogpost lagi, dan seterusnya. Seperti dalam gambar di atas itu. 

Itu baru rencana sederhana. Karena biasanya, kan, selalu ada perkembangan dalam dunia blogging. Jadi kalau misalnya saya sudah bisa bikin infografis dan vlog, ya, move on ke materi yang lain :). Yang jelas, saya meniatkan diri untuk rajin nulis, juga rajin belajar tentang blogging, terutama infografis dan vlog. Karena dua hal itu konon sangat penting untuk mendukung hasil blogpost yang lebih baik.

Tapi tentu saja, isi tulisan tetap yang paling utama. Saya harus terus berusaha menulis hal-hal yang bermanfaat bagi diri saya sendiri dan pembaca blog ini.

Dan, saya harus taat pada jadwal yang telah saya tulis sendiri. Waktunya nulis, ya, nulis. Waktunya utak-atik belajar bikin infografis, ya, belajar. Selama ini, kan, susahnya berkomitmen sama niat. Waktu 2-3 jam di malam hari itu pun kadang melayang karena dibawa terbang oleh rasa malas dan kantuk. Hahaha. Dan memang, salah satu sebab "tingkah semau gue" itu adalah jadwal ngeblog saya yang kurang ketat dan terperinci. 

Ya Allah, semoga terkabul keinginan belajar sebagai #Resolusiku2017 tersebut. Tolong “aamiin”-kan, ya, teman-teman :). 


Bangun Attitude yang Baik 
Masalah "besar" yang melanda aktivitas blogging saya di tahun ini salah satunya adalah attitude. Hemm...?? 
Yap, yang pertama, saya jarang sekali blogwalking. Saya sangat jarang sambang ke blog teman-teman. Kalaupun main, kadang hanya membaca saja, tanpa berkomentar.
Yang kedua, saya malas membalas komentar teman-teman di tiap postingan saya.

Wuahhh... nyebelin banget enggak, tuh? 
Bagi sebagian teman, saya tahu itu menyebalkan. Tapi... saya belum bisa mengatasinya. Seperti yang saya tulis di atas, waktu saya di depan PC hanya 2 hingga 3 jam di malam hari. Waktu itu biasanya lebih saya habiskan untuk menulis. Kalau siang, aktivitas saya sebagai IRT dengan 3 orang anak kecil seringkali telah menyita waktu. Soal hape, saya bergantian dengan anak-anak yang ingin main game atau lihat video di Youtube. Alhasil, kami sering berebut hape. Hahaha. 

Jadi saya enggak pernah tenang kalau mau membalas komen atau blogwalking. Baru baca setengah, anak sudah merengek pengin lihat video. Baru mau komen, anak minta diantar BAB. Haha. Pokoknya siang hari bukan waktu yang tepat untuk berasyik masyuk membaca! :D
Maka dari itu, siang hari lebih saya manfaatkan untuk bersosmed-ria; buka Facebook, Twitter, Instagram, email, WhatsApp, dan lain-lain. Karena untuk mengakses semua itu bisa dilakukan "sambil jalan".

Nah, untuk tahun 2017, saya ingin mengubah hal tersebut. Saya tahu, saya harus bekerja lebih keras. Tapi insya Allah dengan niat, saya akan bisa. Karena bagaimanapun, attitude itu penting. Menjaga sikap atau etika dengan pembaca atau teman-teman blogger juga harus diperhatikan. Apalagi, kalau mau lebih dilirik oleh agensi atau brands, konon kita harus menjaga engagement dengan pembaca atau followers :). Memberikan perhatian kepada mereka, entah itu memberikan jawaban yang dibutuhkan atau menerima masukan, saran, dan kritik. Tentu pembaca dan teman-teman blogger akan merasa senang dan dihargai jika mereka ikut dilibatkan dalam "pekerjaan" kita. Semoga saya bisa, ya :). 

Usaha yang sudah saya persiapkan untuk hal tersebut, seperti terlihat dalam jadwal ngeblog saya di atas. Dalam seminggu, saya sisihkan satu hingga dua hari khusus untuk blogwalking. Ditambah waktu di siang hari, di sela-sela kesibukan mengurus rumah tangga, harus saya usahakan untuk blogwalking.
Semoga keinginan ini juga bisa terwujud, ya, teman-teman. Aamiin.


Oke, itulah salah satu #Resolusiku2017 yaitu di bidang blogging. Meski bagi sebagian teman hal-hal di atas sangat mudah dilakukan dan telah banyak pula yang merealisasikan, tapi bagi saya ini butuh perjuangan keras. Hehe. Dan saya sangat ingin mencapainya. Hanya komitmen atau azzam yang kuat yang bisa mewujudkannya.
Bismillah...



Tulisan ini diikutkan dalam 


33 comments:

  1. semoga ngeblog nya bisa semakin lancar ya, Mba Deka. Sukses juga buat giveawaynya.

    *sepertinya harus bikin jadwal juga nih buat ngeblog. Biar istiqomah apdatenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... makasih, Mbak Ahliah. sukses juga untukmu.. ayooo bikin jadwal jugaa.. hihihi..

      Delete
  2. Wahhh tak doain 2017 terwujud semuabya mba,,amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... makasih Mbak Ruli.. semoga resolusi mb Ruli di tahun ini juga terwujud :)

      Delete
  3. Attitude yang baik itu emang penting banget ya mbak terutama untuk blogger baru seperti aku. Kayaknya ini juga akan jadi resolusiku di tahun 2017.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa... mbak Riska blogger baru? Masa sih? udah keren gitu?
      hihihi.. kalo urusan attitude, ayolah mbak kita belajar sama-sama :)

      Delete
  4. semoga semua harapan Mba Diah terwujud yaa, amiin.. kalo resolusiku tahun 2017 ini adalah pengen hamil lagi, amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. makasih mbak Ira..
      Wuahhh... semoga terwujud ya, Mbak. Biar Wahyu punya temen main :)

      Delete
  5. resolusinya keren mba... semoga 2017 dan tahun-tahun berikutnya memberikan kisah manis ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagi butuh banget penyemangat dan cambuk pribadi nih, Mbak. Hihi..
      Aamiin... untuk doanya :)

      Delete
  6. Dulu aku jg mls kunjungan balik blogwalking ke yg coment trus ngerasa kok blogpostku selalu sepi ya. Akhrnya rjn bw & tgln komen jd berasa manfaatnya silaturahim ke sesama blogger. Sekalian jg jd nambah2 ilmu jg. Keep writing yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, manfaat blogwalking emang banyak ya sebenernya. Cuma yaa... itu tadi. Hihihi. Semoga resolusiku terwujud :)

      Delete
  7. Semoga sukses resolusi 2017 ya. Wah...saya belum bikin jadwal ngeblog...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. makasih Mbak Hani.. ayoo bikin..bikin... hihihi..

      Delete
  8. mantep mba semoga konsisten dengan yang sudah dituliskan godaannya emang berat tpi klo sdh niat pasti bisa :) semangatt mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ya Mbak, bisa konsisten.
      Makasih semangatnya, Mbak Herva :)

      Delete
  9. Belajar blogging memang keharusan ya mbak. Mau gak mau kita di tuntut itu untuk bisa menghadirkan blog yg nyaman buat pengunjunh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih Mbak sebenernya, harus mau belajar kalo mau maju. Makasih Mbak Anis, sudah mampir :)

      Delete
  10. Semoga terlaksana di tahun ini, Bunda ^^

    ReplyDelete
  11. All the best for 2017 ya mbaaa.. semoga makin berkah dan lancaaar ngeblognya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak Indah.. doa yang sama buat mbak Indah :)
      Aamiin...

      Delete
  12. Semangat, Mba Dekaaaa untuk resolusi ngeblognya. Pasti bisaaaa! Ganbatte yaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. makasih mbak Gessi semangatnya :)

      Delete
  13. Sama mba, pegang laptop cuma malam setelah anak tidur. Begitu online, niat mau ngeblog malah jadi buka online shop. Hahah...
    Semoga resolusinya terkabul yaa

    ReplyDelete
  14. Saya juga pengen belajar infografis Mbak, selama ini mupeng lihat orang2 dgn postingan kece itu. Klo utk Vlog kayaknya gak dulu saya, blm pede nampang live gtu, wkwkwkk.

    Saya jg jarang balas2 komen Mbak. Paling langsung balas BW ke pemberi komen, heheheh

    Moga resolusinya semua terwujud ya Mbak, Aamiin. Semaaangaaat ;)

    ReplyDelete
  15. Kakak hebat, meski statusnya ibu dari 3 orang anak namun masih tetap sempat untuk ngeblog. 4 jempol buat Kakak, tetap semangat yach...

    ReplyDelete
  16. Semoga resolusinya terwujud ya, dan makin sukses dari blogging. Makasih juga udah ikutan GA aku, semoga beruntung :)

    ReplyDelete
  17. Keren mbak tulisan nya ngalir banget :D Makasih atas informasi nya

    ReplyDelete
  18. Wah keren mba...saya juga lagi bangun web berbasis konten
    Semoga kita semua sukses ya mba ..Aamiin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law