Saturday, 10 October 2015

Tempat Wisata di Bandung yang Cocok untuk Wisata Edukasi



Taman Makam Pahlawan Bandung (credit)


Setelah postingan saya sebelumnya nyindir-nyindir dikit soal tempat wisata di Bogor, kali ini saya pengen ngomongin tempat wisata di Bandung, ah…. Kenapa Bandung? Karena Bandung deket dengan Bogor. Kenapa Bogor dan Bandung? Yaa, pengen aja :D. 

Tapi seperti sebelumnya juga, saya hanya berandai-andai saja, nih. Hanya pengen nulis saja. Soalnya belum tahu juga kapan akan ke Bandung dan berwisata di sana. Jadi tulisan ini memang murni dari hasil membaca referensi di internet. Hehe…. 

Ngomongin tempat wisata di Bandung, wah… banyak sekali tempat wisata di kota yang terbilang sejuk ini. Dari Bandung Pusat sampai wilayah Bandung yang lain, hampir semuanya punya tempat wisata yang banyak dan asyik. Tapi di sini saya ingin menuliskan tempat-tempat wisata di Bandung yang cocok untuk berwisata edukatif. Memang, sih, semua tempat wisata bisa aja kita jadikan tempat belajar. Belajar tentang alam, sejarah, bangunan, dan lain-lain. Tapi maksud saya di sini tempat wisata yang lebih spesifik, yang bisa dijadikan tempat yang asyik bagi anak-anak untuk belajar sesuatu. Oke, berikut beberapa tempat wisata di Bandung yang cocok untuk wisata edukasi: 


Bandung Pusat 
  • Monumen Bandung Lautan Api. Monumen ini dibangun untuk mengenang perjuangan Muhammad Thoha dan kawan-kawan saat Bandung Selatan dijadikan lautan api oleh penjajah Belanda. 
  • Taman Makam Pahlawan. Di tempat ini para pahlawan (pejuang dan tentara tanah air) dimakamkan. Kita dapat melihat siapa saja pahlawan yang dimakamkan di sana. Hal ini untuk mengenang jasa para pahlawan khususnya di Bandung. 
  • Museum Geologi. Di museum ini kita dapat melihat peta geografis Indonesia, melihat koleksi tentang bumi, tata surya, dan fosil-fosil sejarah, juga mendapatkan pengetahuan-pengetahuan tentang sejarah pertumbuhan makhluk hidup. 
  • Kebun Binatang Bandung. Seperti kebun binatang lain, Kebun Binatang Bandung juga bisa dijadikan alternatif tempat wisata edukatif terutama bagi anak-anak prasekolah ataupun usia Sekolah Dasar. Dengan pemandangan yang sejuk, anak-anak dapat melihat berbagai satwa sambil belajar tentang makhluk hidup tersebut. 
  • Museum Konferensi Asia Afrika. Sesuai dengan namanya, museum ini berisi sejarah tentang Konferensi Asia Afrika (KAA) yang terselenggara pada 18-24 April 1955 di Bandung. Kita ataupun anak-anak dapat mempelajari segala sesuatu tentang KAA sambil berwisata. 
  • Museum Sri Baduga. Di museum ini, kita dapat mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan sejarah maupun perkembangan adat dan budaya masyarakat Jawa Barat. 
  • Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani. Jika kita ingin belajar berlalu-lintas dengan cara yang asyik, kita dapat mengunjungi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani. Di sana, kita terutama anak-anak dapat belajar berkendara sambil latihan membaca berbagai rambu-rambu lalu-lintas. 


Bandung Utara 
  • Kebun Bunga Cihideung. Anak-anak pasti suka jika berwisata di Kebun Bunga Cihideung ini. Sambil menimati keindahan bunga-bunga, anak-anak dapat mempelajari berbagai jenis bunga yang ada di sana. 
  • De’Ranch. Wisata alam ini memberikan tantangan untuk menguji keberanian anak-anak di alam. Sangat cocok untuk acara outbound anak-anak prasekolah. Anak-anak juga dapat menikmati sensasi menunggang kuda, naik delman, mengayuh perahu, memanah, dan lain-lain. 


Bandung Selatan 
Bumi Perkemahan Ranca Upas. Terletak di Ciwidey, tempat ini sangat cocok untuk berkemah dan melakukan berbagai kegiatan outdoor seperti outbound. Tempatnya yang asri dan sejuk pasti akan membuat betah anak-anak saat belajar bersama alam. 

Itulah beberapa tempat wisata di Bandung yang cocok untuk wisata edukasi. Pengen, deh, suatu saat ke Bandung bareng anak-anak, terus kami berkeliling-keliling di sana, berwisata sambil belajar tentang apa saja secara asyik tentunya :).


10 comments:

  1. pengen deh ke De'Ranch bawa anak2, pasti menyenangkan :)

    ReplyDelete
  2. Aku kalau ke Bandung pengennya ke alun-alun yang ada masjidnya itu, Mbak. Hihihi. Moga kesampaian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, saya belum pernah liat juga yang itu, Mbak Tarie. Hahaha.. lha wong ke Bandung aja belum pernah :D
      Iya, semoga kesampaian ya, Mbak :)

      Delete
  3. banyak yak :D saya tinggal di bandung, belum smeua saya datengin ituh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. iya ya Mak, saking banyaknya tuh :D

      Delete
  4. Duh, masih banyak ternyata yg belum saya kunjungi pas di Bandung. Hatur nuhun inpohna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya buanyakk ya destinasi wisatanya. Sama-sama, Mas :)

      Delete
  5. asyiiik dapet kamus wisata lagi di kota kembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiiikkk.. menambah perbendaharaan nama tempat wisata di Bandung buat mbak Nita :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law