Monday, 31 August 2015

Samsung Galaxy Note 5, Generasi Baru yang Makin Manjakan Penggunanya



Samsung Galaxy Unpacked 2015 Livestream



Teman-teman sudah lihat video di atas? Megah dan hebat, ya. Sebuah peluncuran produk yang memukau. Ya, itulah perhelatan besar yang diadakan oleh produsen gadget asal Korea Selatan, Samsung Electronics. Acara yang bertajuk “Samsung Unpacked 2015” ini diadakan di Lincoln Center, New York City, Amerika Serikat pada tanggal 13 Agustus 2015 yang lalu.

Lalu, apa yang membuat acara ini istimewa? Seperti yang kita lihat bersama pada video di atas, Samsung meluncurkan dua produk terbarunya yaitu Samsung Galaxy S6 Edge Plus dan Samsung Galaxy Note 5. Keduanya merupakan generasi terbaru dari masing-masing phablet, yaitu Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy Note. Samsung Galaxy Note 5 meneruskan generasi Note yang telah mucul setiap tahun sejak tahun 2011 lalu, yaitu Note 1 pada 2011, Note 2 pada 2012, Note 3 pada 2013, dan Note 4 pada 2014. 




Melihat video di atas, saya terkagum-kagum pada hasil inovasi Samsung. Terutama yang mereka lakukan pada Samsung Galaxy Note 5, yang sangat menonjol pada tampilan S Pen-nya. Hemm… benar-benar luar biasa teknologi yang mereka kembangkan. Nah, secara garis besar, inilah terobosan terbaru yang disematkan pada Samsung Galaxy Note 5


  • S Pen. Seperti para pendahulunya, S Pen merupakan ciri khas yang ada pada generasi Samsung Galaxy Note (seperti namanya: Note, jadi ada pulpennya :) ). S Pen pada Note 5 ini lebih hebat dari pada sebelumnya, yang mana dia bisa menulis seperti pulpen sesungguhnya, lebih presisi dan lebih enak digunakan karena respons-nya lebih baik. Sehingga saat digoyangkan dengan tangan pengguna bisa menghasilkan tulisan yang lebih baik. 



  • Design. Sekilas memang desain luarnya tampak sama dengan para pendahulunya, tapi ternyata Samsung Galaxy Note 5 memiliki desain yang lebih indah. Note 5 dikemas Samsung dengan bezel (pembatas layar dan casing) yang lebih tipis, sehingga membuat lebar perangkat secara keseluruhan lebih minimalis. Kemudian di bagian belakang terdapat ukiran lengkungan (curved) di setiap sisinya, sehingga lebih terlihat tegas, elegan, dan mewah. Galaxy Note 5 yang memiliki dimensi ukuran 153,2 x 76,1 x 7,6 mm dan bobot 171 gram ini juga memiliki ukuran layar yang sama dengan pendahulunya, yakni 5,7 inci Super AMOLED dengan resolusi 2560 x 1440. Dengan trim logam dan kaca pada kedua permukaannya sehingga rentan terhadap goresan dan terasa licin saat dipegang. 



  • Camera. Kamera pada Samsung Galaxy Note 5 ini dapat menghasilkan foto-foto yang sangat berkualitas, karena kamera belakangnya berkekuatan 16 Megapixel (MP) sedangkan kamera depan 5 MP. Waw! 




  • Battery. Samsung Galaxy Note 5 yang dibekali dengan baterai 3.000 mAh ini memiliki keunggulan dengan kemampuan men-charge 33% lebih cepat dari sebelumnya. 


Kemudian mari kita melihat lebih lanjut ke bagian fitur, inilah fitur-fitur yang melengkapi Samsung Galaxy Note 5:

S Pen 
"When ideas come flowing, simply pull out The S Pen & write them down even when the screen is off." 




Ciri khas yang ada pada generasi Note ini memang luar biasa. Pada Note 5 ini, untuk mengambil S Pen dari tempatnya cukup meng-klik dari atas stylus ini maka S Pen akan keluar dengan mudah. Yang paling menarik dari Note 5 adalah adanya fitur Screen Off Memo, yang mana pengguna bisa menulis memo dalam keadaan layar mati (off screen). Caranya, kita enggak perlu unlock (membuka kunci ponsel), tapi kita tinggal mengeluarkan S-Pen dan langsung menulis di layar. Aktivitas ini kemudian akan langsung terhubung ke memo dan bisa disimpan (save). Waw! 

S Pen di Samsung Galaxy Note 5 ini juga bisa berfungsi untuk melakukan editing pada dokumen PDF. Jika kita harus menandatangani sebuah file dokumen berformat PDF, kita hanya perlu membuka file PDF tersebut lalu membubuhkan tanda tangan atau memberikan catatan langsung di file tersebut, kemudian disimpan. Hebat banget, ya? 

Sebagai orang yang hobi nulis atau ngeblog, tentu saja fitur ini sangat bermanfaat jika saya memiliki Note 5 ini :). Ketika ide-ide berseliweran di kepala lalu ingin segera menuliskannya, saya akan bisa langsung menuliskannya tanpa harus unlock Note 5 dulu atau bahkan bingung nyari kertas untuk nulis :D. Sesimpel itu! Karena kalau ide tidak segera dicatat, kadang cepat hilang. Sayang sekali, kan, kalau ada ide bagus tapi tidak sempat tereksekusi.

Smart Multitasking 
"Need some power of multitasking? The Galaxy Note 5 helps you become a master of multitasking." 

Phablet premium ini dipersenjatai dengan layar Super AMOLED 5,7 inci (resolusi 2560 x 1440 piksel) dengan kepadatan pixel 518 ppi. Spesifikasi lainnya termasuk prosesor Exynos octa core 2.1 Ghz Quad + 1.5 Ghz Quad 64 bit berteknologi 14 nm, RAM 4GB LPDDR4, kamera utama 16 megapixel (MP), kamera depan 5 MP, baterai 3.000mAh dan berbasis sistem operasi (OS) Android 5.1.1 Lollipop. 

Dari data di atas kita bisa melihat, dengan RAM 4G maka Note 5 bisa digunakan dengan berbagai aktivitas dan aplikasi oleh penggunanya tanpa takut ngelag. Apalagi jika pengguna sangat sering menggunakan aplikasi yang harus running di belakang layar setiap waktu seperti aplikasi media sosial dimana secara otomatis ini akan memakan RAM. Dengan kekuatan RAM tersebut ditambah adanya prosesor Exynos dan sistem operasi Android 5.1.1 Lollipop mestinya pengguna tak perlu khawatir dengan urusan performa dan multitasking-nya phablet ini. 

Ruang memori internal menggunakan standar UFS 2.0, yang dapat bekerja lebih cepat. Kapasitas yang disediakan adalah 32GB, 64GB dan 128GB. Itu pun tanpa dukungan dari slot microSD. Waw!

Dengan kekuatan "dahsyat" itu cocok sekali buat yang sering menggunakan sosmed dan berbagai aplikasi pada smartphone seperti saya. Saya bisa enjoy berselancar di dunia maya maupun melakukan aktivitas apapun di Note 5 tanpa takut akan ngelag, tanpa khawatir loading lama yang kadang bikin esmosi :D.





Phablet ini juga smart banget karena bisa memanjakan pengguna untuk mengambil screenshot sebuah halaman web secara keseluruhan dengan mudah. Terdapat fitur Scroll Capture, yang dengan mengaktifkan fitur ini, lalu scroll halaman web sampai ke bawah, maka dalam seketika screenshot halaman web secara keseluruhan sudah terekam. Luar biasa! 

Nah, ini nih yang nggak kalah penting. Saya suka banget men-screenshot halaman web yang berisi tentang resep masakan ataupun referensi-referensi untuk tulisan saya. Dengan fitur ini, maka saya akan mudah membuat scrapbook tentang resep masakan atau apa saja sesuai keinginan saya. Saya bisa men-screenshot-nya dengan mudah, dan menyimpannya sesuai tema yang saya butuhkan. Hemm.. seandainya punya Note 5! ;)

Fitur Air Command juga dibuat lebih simpel. Pengguna bisa mengatur tombol shortcut untuk aplikasi-aplikasi yang sering digunakan dengan mudah. Benar-benar multitasking dalam memanjakan pengguna! 


Hasil foto dari Note 5 yang jernih dan tajam.

Refined Camera 
Dengan bekal kamera utama sebesar 16 Megapixel (MP) dan kamera depan 5 MP, dengan masing-masing aperture lebar f/1.9, kamera Note 5 sejatinya sudah teruji. Hasil foto yang halus dan tajam, dan dapat diandalkan baik dalam kondisi outdoor maupun indoor, juga dalam suasana temaram (low light) serta dapat menyorot obyek yang jauh di depan mata. 

Kamera di Note 5 juga sudah dilengkapi dengan fitur Steady Video yang menyediakan Video Digital Image Stabilization pada kamera depan dan belakang untuk video yang tajam dan hebat serta Video Collage Mode, dimana membuat pengguna dapat merekam dan mengedit video pendek dengan mudah dalam beberapa frame dan menggunakan pilihan efek. 

Ada juga sistem advanced camera Samsung, termasuk Quick Launch (mengklik dua kali pada tombol home untuk menggunakan kamera dalam waktu kurang dari 1 detik), Auto Real-Time High Dynamic Range (HDR), dan Smart Optical Image Stabilization (OIS) dengan filter terbaru. 

Waw, lagi, dan lagi :).
Akhir-akhir ini saya suka sekali ikut belajar tentang fotografi di Instagram. Kadang mupeng melihat hasil foto teman-teman yang bagus-bagus. Memang, sih, hasil foto yang bagus tidak selalu tergantung kamera yang bagus. Tapi kamera yang bagus tentu memberikan kontribusi yang tidak sedikit pula untuk hasil yang bagus. Setuju, nggak? Hehe.. Makanya jika saya punya Note 5 ini, pasti semangat belajar fotografi saya akan semakin meningkat ;).

Battery 
Baterai pada Samsung Galaxy Note 5 berkekuatan 3.000 mAh dibekali dengan teknologi fast charging wired and wireless, dan Android 5.1.1 Lollipop. Sehingga Note 5 ini memiliki keunggulan dengan kemampuan men-charge 33% lebih cepat dari sebelumnya. Bayangkan, dengan men-charge selama kurang lebih 120 menit, dengan pemakaian normah bisa bertahan hingga 9 jam lebih! 
Sudah pasti ini sangat bermanfaat bagi penggunanya. Karena waktu men-charge akan lebih singkat, lebih efisien waktu, dan daya tahan pun lebih lama.

Video Live Broadcast 
Live Broadcast merupakan hasil kolaborasi Samsung dengan YouTube untuk memfasilitasi pengguna melakukan live stream Full HD Video langsung dari telepon seluler ke kontak perorangan atau kelompok, atau bahkan kepada publik melalui YouTube Live. Sehingga pengguna bisa melakukan video sharing secara real time dengan smartphone, tablet, PC atau Smart TV dengan merek apapun dengan jaringan YouTube. 
So, tak perlu repot-repot berbagi video saat itu juga dengan teman-teman lewat YouTube. Mengasyikkan sekali, ya :).

SideSync (PC-Phone Connection) 
Fitur ini memudahkan pengguna dalam menghubungkan data antara PC dan perangkat mobile. Layaknya sebuah cermin, pengguna dapat mengendalikan ponsel saat tersambung ke PC, baik melalui USB atau melalui Wi-Fi. Pengguna dapat menggunakan berbagai fitur ponsel di komputer. Ini bisa berguna untuk mengakses aplikasi yang tidak tersedia pada komputer (seperti WhatsApp) atau untuk mengelola semua komunikasi dari satu jendela. Dan, Samsung Galaxy Note 5 dapat melakukannya!

Jadi kita bisa fokus menulis atau melakukan kegiatan apapun di PC saat ada pesan masuk atau alarm dan sebagainya. Karena kita dapat meresponnya langsung dari PC kita.


Wahh.. Saya yang ibu rumah tangga saja ngiler menyimak berbagai fitur keren dari Samsung Galaxy Note 5 ini. Apalagi orang-orang kantoran yang notabene selalu mobile seharian, ya. Pasti Samsung Galaxy Note 5 ini akan sangat membantu mobilitas mereka yang tinggi. Tertarik? Saya sih tertarik :). Maka mari menabung dulu :D. Atau syukur-syukur ada yang mau memberi hadiah saya gadget keren ini ;)

By the way, Samsung Galaxy Note 5 tersedia dalam pilihan warna Black Sapphire, White Pearl, Gold Platinum dan Silver Titanium. Beredar mulai 21 Agustus ini, dimulai dari pasar di Amerika Serikat. Banderol harganya yakni sekitar Rp11,3 jutaan (32GB) atau Rp12,3 jutaan (64GB) (asumsi USD $1 = Rp13.500,-). Hehe.. untuk phablet yang "waw", harganya pun tak kalah "waw" dong, ya ;).

Nah, untuk info lebih lengkap mengenai Samsung Galaxy Note 5 ini, teman-teman bisa mengunjungi www.GalaxyLaunchPark.com dan subscibe untuk mendapatkan informasi paling update tentang gadget keren ini.


Referensi:
  • http://www.samsung.com/id/galaxylaunchpack/
  • https://twitter.com/Samsung_ID
  • http://inet.detik.com/read/2015/08/14/140011/2992163/406/2/galaxy-note-5-lebih-sakti-dari-sekadar-sihir-s-pen
  • http://android-indonesia.com/news/item/2207-samsung-galaxy-note5-fitur-gahar-berbalut-logam-dan-kaca




4 comments:

  1. kekiniannya canggih ya ..
    huhu mupeng*
    goodluck yaaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Canggih banget ya, Mak.. Saya juga mupeng, hehe..
      Makasih, Mak :)

      Delete
  2. mupeng juga, nunggu turun harga dulu deh, mungkin tahun-tahun depan belinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli tahun ini aja, Mbak.. Tahun depan udah ganti generasi kayaknya. Hehehe...

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law