Sunday, 13 April 2014

Semangat Kartini di Dada "Emak Rempong"


“Ada Kartini di Dadamu”. Wah, membaca judul Giveaway yang diselenggarakan oleh Pakdhe Cholik ini saya jadi membayangkan semangat Ibu Kartini yang menggelora beberapa puluh tahun yang lalu. Dulu, ketika Ibu Kartini berjuang mengangkat derajat kaum perempuan pada zamannya, agar mampu bersaing dengan kaum laki-laki. 

Tahun berlalu dan berganti dengan cepat, kini sampailah kita di zaman ini. Sebuah zaman yang mungkin menjadi impian Kartini, ketika telah banyak kaum perempuan yang “sejajar” dengan kaum laki-laki. Telah banyak perempuan yang berprestasi, pun yang telah menorehkan sejarah indah bagi bangsa dan negaranya. 

Tapi, apakah prestasi kaum perempuan yang dicita-citakan Kartini harus berupa jabatan yang tinggi dalam pemerintahan, kesuksesan di tempat kerja, menjadi orang terkenal hingga pelosok negeri, dan sejenisnya? Saya pikir tidak. Perempuan hebat yang berbalut semangat Kartini adalah mereka yang sukses menjaga fitrahnya sebagai perempuan dan berprestasi untuk lingkungannya (orang-orang di sekitarnya). Mereka tetap bersemangat untuk meraih berbagai prestasi, tanpa meninggalkan fitrahnya sebagai istri bagi suaminya dan ibu bagi anak-anaknya. 

Saya menemukan semangat itu pada salah satu tulisan di blog pribadi sahabat saya, Mbak Nunung Nurlaela. Meski tulisan itu ditujukan untuk sebuah kontes blog, namun tulisan itu memberikan semangat yang luar biasa terutama untuk saya pribadi sebagai ibu rumah tangga, yang notabene kesibukannya hampir sama dengannya. 

Dalam tulisan itu dia memaparkan tentang arti sebuah mimpi. Dan sejak di awal tulisannya saya telah tertular oleh semangatnya;

“Mimpi adalah suatu yang bebas dimiliki oleh siapa saja. Bermimpilah walau setinggi langit di angkasa. Jangan takut bermimpi, dan jangan ragu untuk memulai wujudkan mimpimu itu. Ingatkah kita kisah seorang Neil Amstrong dicibir banyak orang lantaran mimpinya ingin ke bulan. Namun cibiran itu berubah menjadi kekaguman yang luar biasa. Dan, dia adalah orang pertama yang berhasil menginjakkan kakinya di satelit bumi tersebut. Namanya tertoreh dalam sejarah antariksa dan dikenang hingga saat ini.”

Dan, katanya:

“Emak rempong pun boleh bermimpi, Because everyone may have dream”.


Beragam aktivitas sehari-hari mbak Nunung


Kemudian dia memaparkan mimpi-mimpinya, di tengah segala kesibukannya sebagai ibu rumah tangga yang dia sebut sebagai "emak rempong" :). Dia yang kini telah mempunyai 4 orang anak, dia yang masih berstatus sebagai seorang mahasiswa S2 yang sedang menyelesaikan tesisnya, menjadi dosen, seorang penulis buku juga penulis lepas, juga seorang blogger, masih BERMIMPI untuk menjadi hebat di semua bidang yang telah dijalaninya itu. 

Meski dirasakannya banyak kendala yang menghalang di depan mata, tetapi dia telah bertekad untuk terus menjaga mimpinya. Karena dia yakin, selama kita berusaha pasti akan ada jalannya. 
“Hei, bukankah jadi penulis, blogger dan juga dosen yang handal dan profesional itu tak mudah? Yap, tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa kan? Selama ada usaha pasti ada jalan. Sudah banyak yang membuktikannya.” 

Semangat di dadanya itu layaknya semangat Kartini yang ingin melakukan perubahan pada nasib "sosok perempuan". Bahwa perempuan tak selalu hanya berkutat di dapur, sumur, dan kasur. Perempuan harus bisa keluar dari zona itu dan membangun mimpi mengejar segala prestasi. Perempuan harus bisa membuktikan jika dia bisa berprestasi seperti halnya kaum laki-laki. 

Saya terinspirasi. Dan saya berusaha ikut membangun mimpi dan mewujudkannya. Meski saya belum seberani dia dalam mengemukakan mimpi-mimpi saya, namun setidaknya saya mengerti bahwa saya tak boleh diam. Saya harus terus beraksi dan berprestasi. Sekecil apapun itu. Semampu saya. Saya harus bersyukur telah ada di zaman yang mungkin diimpikan Ibu Kartini, dimana segala fasilitas dan kesempatan untuk maju sebagai seorang perempuan telah terbuka lebar. Tanpa belenggu yang berarti seperti pada zaman Ibu Kartini dahulu. 

Ya, perempuan, BISA!
:)





8 comments:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Giveaway Ada Kartini di Dadamu di BlogCamp.
    Segera didaftar
    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya, Pakdhe..
      salam kembali dari Sidoarjo :)

      Delete
  2. semoga sukses dgn GA kerennya pakde ya mak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih, Mbak Irma Senja.. sukses juga untuk mbak Irma :)

      Delete
  3. Sukses ya dengan GA nya...Salam kenal dari Adelays,
    Sekalian memberikan informasi kalau berminat ikut lomba ngeblog berhadiah Rp. 12.500.000, saya share disini :
    http://adelays.com/2014/05/02/lomba-nge-blog-berhadiah/

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih.. salam kenal kembali :)
      maaf lagi gak sempet ikutan nih :)

      Delete
  4. Eh ini ga kan udah lama ya? Hadeuh kok diriku belum baca tulusan ini ya? Dasar emak rempong :p btw, aku Terharuuu...tapi lebih banyak malunya mbak secara diriku belum bisa wujudkan semua mimpi. Belum apa-apa. Tapi, Alhamdulilah kalau salah satu tulisanku bisa menginspirasimu...ah rasanya sangat senang. Makasih ya mbak ..hugs

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah lamaaa... hehehe.. maaf yah baru sempat izin ;)
      ah, seperti biasa dirimu selalu merendah.. makasih ya, Mbak, udah menginspirasi :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law