RGB dan ASUS ROG Phone 8


“Re, jangan lupa besok pagi.”

Begitu chat dari Bima sebelum aku menutup mata tadi malam. Cukup kubalas dengan GIF “siap” dengan setengah malas. Huh! Dia itu cuma mau pamer ponsel terbarunya. Katanya sih dia baru saja beli ASUS ROG Phone 8. Emangnya sekeren apa, sih?

Sebenarnya aku malas memenuhi ajakannya. Tapi.. sudah sebulan kami enggak ketemuan. Kangen juga!

Maka pagi ini, aku sudah siap ke tempat janjian kami. Enggak cuma berdua, tapi tentu saja Bima juga mengajak Gesi. Kami bertiga memang enggak terpisahkan sejak SMA, karena yaahh rumah kami berdekatan sehingga pergi-pulang sekolah hampir selalu bareng. Namun sekarang rumahku jauh dari mereka dan kami pun sudah bekerja di bidang yang berbeda-beda. Tetapi meski begitu kami masih sering menyempatkan diri untuk hang-out bersama. Bestie forever!

Hah? Forever? Apa iyaa…

coffee and cappuccino
Credit: pixabay.com

Benar saja, rupanya dua sobatku itu sudah asyik mengamati ponsel terbaru Bima saat aku tiba di lokasi. Resto di dalam hotel yang terletak di tengah kota ini memang pas buat nongkrong. Tersedia banyak meja kursi yang ditata rapi baik indoor maupun outdoor. Bima memilih meja outdoor dengan view perkotaan yang memanjakan mata terbentang di hadapan kami. Karena selain ada gedung-gedung pencakar langit juga terdapat deretan pepohonan di sana. 

Tetapi indahnya pemandangan yang terbentang di luar resto itu belum bisa mengalahkan perhatian Bima dan Gesi dari layar ponsel. Hemm.

“Hei!” Aku mengagetkan mereka.

“Oh, hei, Re! Sini sini. Liat, deh. Enak banget nih buat nge-game!”

Wah, rupanya Gesi sudah duluan mencoba ponsel ASUS ROG terbaru itu.

Aku segera duduk di sebelah Bima. Kami jadi duduk setengah melingkar. Tentu saja posisi duduk kami yang seperti itu akan lebih memudahkan kami untuk melihat ponsel baru Bima bersama-sama. Setelah berbasa-basi sejenak dan memesan minuman plus camilan, fokusku tentu saja ke ponsel itu.

Pertama kali aku lihat ponselnya, wow, emang desainnya sekeren itu, sih. Heran, deh, kayaknya ASUS enggak pernah gagal bikin produk.

asus rog phone 8
ASUS ROG Phone 8.


ASUS ROG Phone 8: Bukan Sekadar Ponsel Gaming Biasa

Kata Bima, keistimewaan ROG Phone 8 ini tuh yang pertama karena ponsel ini bukan sekadar ponsel gaming biasa. Maksudnya, di produk terbarunya ini ASUS enggak hanya memenuhi kebutuhan para gamers namun juga menjadikannya bagian dari gaya hidup sehari-hari.

Jadi meskipun ini ponsel ROG yang notabene adalah ponsel gaming, tapi ROG Phone 8 ini beda. Spesifikasinya yang menggunakan teknologi mutakhir bisa membuat banyak pekerjaan jadi dimudahkan olehnya. Bukan cuma andal buat nge-game.

“Kita bahas body-nya dulu. Lihat, deh, desainnya keren banget. Desain premium, gaesss..,” Bima mengawali “review”-nya.


“ROG Phone 8 ini tuh desainnya lebih ramping, lebih ringan, dan bezelnya lebih tipis dari generasi sebelumnya. Didesain lebih tipis hingga 15% dari generasi sebelumnya, tanpa mengorbankan performa. Jadi ponsel ini tuh memberikan penekanan pada desain premium plus daya tahannya yang canggih dan kuat. Ponsel ini menggabungkan estetika dan fungsionalitas sekaligus. Desainnya keren, fungsinya juga sangat bisa diandalkan.

Untuk seri dari ROG Phone 8 ini ada Black, Grey, dan Pro yang warnanya hitam tapi enggak hitam banget gitu, lah. Nih, aku kasih lihat. Keren semua, kan..” Bima menunjukkan foto ketiga seri itu dari browser. Wih, aku kepincut yang Pro!

“Trus performanya gimana?” Aku enggak sabar ingin tahu.

“Inti dari seri ROG Phone 8 adalah Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform yang tangguh, didukung oleh RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan penyimpanan UFS 4.0. Dengan “dapur pacu” secanggih itu, kinerjanya udah pasti oke banget. Nge-game jadi lancar jaya, nonton video no ngelag, nge-desain juga oke, browsing juga mulus, dan banyak lagi, deh.

Snapdragon® 8 Gen 3.


Kita juga bisa melakukan sesi gaming maraton tanpa panas berlebih, karena ROG Phone 8 telah didukung oleh desain Rapid-Cooling Conductor revolusioner yang merupakan bagian dari kecanggihan desain termal GameCool 8. Dengan “alat tempur” ini maka akan bisa mengalirkan panas secara langsung dari prosesor ke penutup belakang.

Rapid Cooling.


Trus.. ponsel ini juga didukung oleh pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru yang hadir dengan ukuran 29% lebih kecil, namun menawarkan efisiensi termal 1,2X lebih tinggi, sehingga dapat mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C. Aman banget lah buat aktivitas apapun, baik gaming maupun yang lainnya.

AeroActive Cooler.


Oh ya, ROG Phone 8 ini juga merupakan smartphone gaming pertama di dunia yang memenuhi standar IP68. Itu, lo, yang bisa tahan terhadap debu dan air. So, dengan begitu kita dapat menikmati pengoperasian tanpa rasa khawatir di mana pun kita berada.”

Bima menjelaskan panjang lebar sambil sesekali menyeruput cappuccino hangatnya. Sementara ponsel itu sekarang telah berpindah ke tanganku. Aku mencoba melakukan beberapa aktivitas. Menggeser-geser layar, klik sana-sini.

“ROG Phone 8 Pro ini tuh menampilkan panel terbaru AMOLED fleksibel 6,78 inci (Samsung E6) yang mendukung kecepatan refresh adaptif menggunakan teknologi LTPO. Dengan teknologi ini sistem dapat menyesuaikan kecepatan refresh secara otomatis dari 1 hingga 120 Hz tergantung pada tugas yang sedang dikerjakan untuk mengurangi konsumsi daya.

Kita juga dapat memilih hingga kecepatan refresh 165 Hz untuk bermain game yang lancar, dan kecepatan sampling sentuh hingga 720 Hz untuk respons instan yang menakjubkan.” Bima menjelaskan, kali ini sambil nyomot french fries kesukaannya.

“Coba buka Netflix. Kita nonton film bentar, yuk. Gimana coba display-nya,” Gesi penasaran, plus enggak mau kalah ngambil french fries juga. Dua anak ini emang selera cemal-cemilnya hampir sama.

“Jangan khawatir, pada ROG Phone 8 Pro ini tingkat kecerahan tertinggi sekarang ditingkatkan menjadi 2500 nits, sehingga pengguna dapat bermain game atau menonton film bahkan di bawah sinar matahari tanpa masalah sama sekali. Visual yang luar biasa ini disetel dalam kolaborasi dengan perusahaan pemrosesan visual terkemuka Pixelworks® untuk akurasi warna terbaik.

Lihat, deh, meski kita lagi di alam terbuka gini dan di bawah sinar matahari, tapi enggak silau, kan? Gambarnya tetep jelas.” Bima belum capek ngejelasin. Iya lah, mulutnya juga enggak berhenti memamah biak.

Kami nonton film sebentar. Beneran bagus visual dari ponsel ini. Nonton film jadi lebih asyik, gitu.


Side USB.


Aku percaya sama omongan Bima soal keunggulan dapur pacu dan teknologi mutakhir yang disematkan pada ASUS ROG Phone 8 ini, karena dia memang pekerjaannya di bidang IT. Dia lebih tahu soal itu. Sementara aku yang menekuni dunia content creator ini, sekadar memanfaatkan dan menikmati segala kecanggihan teknologi itu.


Kamera ASUS ROG Phone 8: AI Kamera Tingkat Pro

Aku menikmati kopi hitamku sambil melihat-lihat sekeliling ketika tiba-tiba Bima mengajakku beranjak.

“Re, lu kan content creator. Yuk, jalan-jalan di sini sambil bikin konten. Gw juga bosen duduk-duduk terus.”

“Lesgoo..!! Udah ngincer, sih, dari tadi,” sambutku penuh senyum sembari mengedipkan sebelah mata. 

"Huuuu... kesempatannn...," Gesi meninju lenganku.

Kami pun beranjak. Dan tanpa ragu Bima menyodorkan ROG Phone 8 itu kepadaku. Dengan sukarela dia menyuruhku membuat foto atau video menggunakan ponsel itu. Yesss!!

Aku mulai mencobanya. Hemm.. enak banget digunakan. Ternyata ROG Phone 8 ini punya tri-camera system. Ada juga teknologi OZO Audio yang memberi pengguna pilihan untuk menghilangkan suara angin untuk rekaman luar ruangan yang jernih, atau menangkap 3D Surround spatial audio dengan ketepatan tinggi.

Sambil berjalan, Bima tetap memberikan penjelasan demi penjelasan. Best, lah!

Lensa makro ROG Phone 8.


Kamera utama ROG Phone 8 ini menggunakan sensor gambar Sony 50 MP terbaru untuk menghasilkan gambar yang jernih. Lensa sudut lebar 24 mm sangat cocok untuk pengambilan gambar di jalanan yang dinamis, sementara mode zoom 2X mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna, ideal untuk fotografi potret dan fotografi makanan.

Aku mencoba mengambil foto makanan di resto itu. Wah, hasilnya jernih banget. Detail dan tampak nyata. Gambarnya bisa menggugah selera gitu, lo.


Fotografi dan videografi dapat mencapai tingkat yang lebih tinggi dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, yang memastikan video yang lebih mulus dan foto yang bebas guncangan saat bepergian. Perkembangan stabilisasinya sekarang mendukung mode pemotretan standar dan potret, sehingga ideal untuk fotografi rendah cahaya.

Stabilitas video terjamin dengan perangkat keras anti-guncangan OIS dan algoritme perangkat lunak EIS yang telah ditingkatkan yang menggunakan data giroskopis untuk mendeteksi gerakan. Penyesuaian dinamis bidang pandang ini memastikan video tetap stabil.

Gimbal Stabilizer.

Untuk pertama kalinya, seri ROG Phone 8 menyertakan lensa telefoto 3X yang memungkinkan pengambilan gambar objek yang jauh. Lensa yang dilengkapi dengan OIS internal ini memberikan hasil yang jernih dan tajam, bahkan dalam kondisi minim cahaya dengan mode Night Photography.

Teknologi ASUS HyperClarity, menggunakan file yang belum diproses (RAW), mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X. Selama perekaman video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk menghasilkan hasil yang stabil hingga zoom 10X.

Aku mencoba memotret gedung-gedung di luar resto, yang jauh di sana. Hasilnya, fotonya jernih dan tajam. Ketika aku memotret dengan mode zoom, hasil fotonya juga masih jelas dan detail. Bagus banget!


Sementara itu kamera ultrawide 13 MP memiliki lensa free-form dan algoritme canggih untuk mengurangi distorsi lensa, sehingga menghasilkan gambar yang memukau namun tetap natural. Seri ROG Phone 8 memberikan kualitas dan kejernihan yang luar biasa dalam setiap pemotretan dan perekaman.

Aku terus mengambil foto dan video. Sesekali kami pun berfoto selfie/wefie.

Nah, kamera selfie atau swafoto pada ROG Phone 8 ini adalah ultrawide 32 MP di bagian depan memiliki Field of View (FoV; bidang pandang) yang telah ditingkatkan dari 73° menjadi 90° untuk membuatnya sempurna untuk swafoto grup. Lensa ini memiliki sensor RGBW yang memastikan gambar yang bersih dengan noise yang lebih sedikit, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

Puas banget mencoba menggunakan ROG Phone 8 ini buat mengambil foto dan video. Dengan segala kecanggihannya, ponsel ini bisa banget membantu para kreator konten sepertiku dalam bekerja.

Battery ASUS ROG Phone 8.


Ada Fitur-Fitur yang Disempurnakan AI!

Kami menghentikan langkah dan kembali duduk-duduk. Bima masih terus mengoceh tanpa kami minta. Katanya, masih ada lagi keunggulan-keunggulan lain dari ROG Phone 8 ini.

Seperti, ada empat fitur AI yang ramah untuk bermain game di seri ROG Phone 8 ini. Fitur-fitur ini meningkatkan pengalaman bermain game ke tingkat yang lebih tinggi. Gamer dapat dengan mudah mengalihkan game ke latar belakang dengan Background Mode atau menangkap momen penting dengan X Capture, menjadikan perangkat ini sangat diperlukan oleh para gamer yang cerdas.

AI Grabber yang intuitif untuk menangkap teks dan X Sense meningkatkan pengalaman bermain game dengan memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan. AI Grabber kini juga dapat mengambil teks langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition, dan X Capture serta X Sense 2.0 kini mendukung lebih banyak game terbaru berkat teknologi AI Pattern Recognition.

Fitur-fitur lain yang didukung AI termasuk Semantic Search menggunakan bahasa alami di Galeri, Launcher, dan Pengaturan. AI Wallpaper dapat membuat wallpaper yang tampak menakjubkan menggunakan teknologi Stable Diffusion, dan teknologi AI noise-cancellation dapat meredam kebisingan dari dua arah untuk suara sejernih kristal dalam panggilan suara, panggilan video, dan komunikasi dalam game.


Ada AniMe Vision!

Seri ROG Phone 8 terbaru memiliki elemen unik yang dapat disesuaikan, termasuk logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layar Mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro / Pro Edition), yang memungkinkan pemiliknya untuk mengekspresikan individualitas dan kreativitas mereka.

AniMe Vision adalah layar 341 elemen yang dapat menampilkan animasi yang telah diatur sebelumnya atau yang dibuat oleh pengguna. Dengan fitur ini kita bisa punya experience yang unik. Misalnya, nih, layar ponsel ini bisa disetting untuk memunculkan kata-kata, menampilkan ikon saat melakukan panggilan, merekam, hingga memunculkan angka timer.

Selain itu, sesama pengguna ROG Phone 8 Pro / Pro Edition juga dapat membuka kunci animasi rahasia dengan menempelkan punggung kedua ponsel satu sama lain.

AniMe Vision.

Hemm.. rasanya sudah lengkap "review" dari Bima soal ASUS ROG Phone 8. Intinya ponsel ini memenuhi kebutuhan beragam pengguna, baik para gamers yang haus performa, content creator, streamer, dan lain-lain yang menginginkan keunggulan desain dan kualitas kamera. Solusi all in one yang tangguh begitu, deh. Dan, ponsel ini mewujudkan transformasi dari smartphone gaming untuk hardcore gamers menuju lifestyle mainstream smartphone gaming. Pas banget untuk menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari.

“Enggak kepingin punya juga, nih, Re? Ntar kita bertiga kembaran. Eh, beda warna, ding. Gimana gimana?"

Yah, Bima. Sudah tau aku kesengsem berat sama ponsel itu.

“Nunggu invoice cair, lah,” sahutku seraya menyesap sisa-sisa kopi hitamku.

Pas banget ponsel lamaku memang sudah kepingin diistirahatkan. Dengan ROG Phone 8 itu, nantinya bisa kubuat kerja sekaligus refreshing. Hemm.. enggak sabar memilikinya!

“Eh, gw duluan, ya. Gw tadi udah janjian sama Ben. Setengah jam lagi gw kudu nyampe sana. Bye!” Gesi yang tadi pamit ke toilet tiba-tiba nongol dan beneran pamitan pulang.

“Yahh…” Aku dan Bima hanya bisa mendesah.

"Bisa-bisa ntar RGB jadi RB aja. G-nya udah diambil Ben mulu!" sungut Bima.

Hahaha. Udah keren singkatan kami bertiga: RGB. Layaknya warna-warna nan indah itu. Kalau ditinggal Gesi jadi gimana, dong?? 😜


Menurutmu, aku yang mana? (Sssttt.. ini saat kami sudah punya ROG Phone 8 semua!)


****

Note:

Cerita ini hanyalah fiktif belaka. Namun peluncuran ROG Phone 8 nyata adanya. ROG Phone 8 telah resmi diluncurkan secara global di Taipei, Taiwan, pada 9 Januari 2024 lalu. 

Nah, untuk ketersediaan, harga, dan info promo ROG Phone 8 di Indonesia akan diungkapkan pada hari peluncurannya, ya, temans. Kapan itu? Nantikan saja infonya di blog ini atau pantengin terus medsos @asusrog.id. Insyaa Allah segera, kok. Beberapa hari lagi! 😀

****

Update:

ROG Phone 8 Series akan diluncurkan secara offline tanggal 20 Maret 2024, di FX Sudirman. Setelah peluncuran, para penggemar ROG Phone 8 dapat mengunjungi booth yang tersedia untuk menjadi salah satu yang pertama merasakan pengalaman menggunakan ROG Phone 8 Series.

Lewat kolaborasi bersama dengan PUBG Mobile, ROG menyelenggarakan event launching ROG Phone 8 bersamaan dengan 6th Anniversary atau perayaan ulang tahun ke-6 dari PUBG Mobile yang juga bertepatan dengan peluncuran update terbaru PUBG Mobile Versi 3.1: Skyhigh Spectacle

Akan ada banyak acara menarik dalam peluncuran ini antara lain: PMIC (PUBG Mobile Influencer Championship), Jawara Tournament By Tangerang Community, WOW Tournament, Cosplay Competition, kehadiran guest star spesial BTR Ryzen, BTR7 dan Coach Justin, juga terdapat Giveaway berhadiah ROG Phone 8 dan banyak quiz lainnya!


Harga dan Promo ASUS ROG Phone 8

Berikut ini harga dan ketersediaan ASUS ROG Phone 8 beserta promonya:

Harga & Ketersediaan ROG Phone 8:

- ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000.

- ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000.

- ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000.

- ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000.


Promo ROG Phone 8:

First Sale Promo:

Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.

Online: Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store.

Offline: Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.


Consumer Launch Sales Promo:

Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.

Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Mar hingga 23 Mar 2024.





Spesifikasi ASUS ROG Phone 8

Dimensions / Weight

163.8 x 76.8 x 8.9mm / 225g

Color

ROG Phone 8 Pro Edition & Pro: Phantom Black

ROG Phone 8: Rebel Grey & Phantom Black

Rear Camera

Main: 50 MP 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, 1/1.56, f/1.9

Wide: 13 MP, f/2.2, Free-form Lens

Tele: 32 MP, f/2.4, OIS, 3X optical zoom, pixel binning 1.4μmActual output photo: 8 MP

Front Camera

32 MP RGBWpixel binning 1.4 μmActual output photo: 8 MP

Screen

6.78 flexible AMOLED, FHD+, up to 165 Hz refresh rate, LTPO 1~1 20 Hz, peak brightness 2500 nits

Battery / Charging

5,500 mAh (typical), Wired 65 W HyperCharge, Wireless 15 W Qi-certified charging

Memory

12 GB + 256 GB / 16 GB +512 GB / 24 GB +1 TB

Frequency

5G SA&NSA: n1 / n2 / n3 / n5 / n7 / n8 / n12 / n18 / n20 / n25 / n26 / n28 / n38 / n40 / n41 / n48 / n66 / n77 / n78 / n79

4G FDD-LTE: B1 / B2 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B12 / B17 / B18 / B19 / B20 / B25 / B26 / B28 / B32 / B66

4G TDD-LTE: B34 / B38 / B39 / B40 / B41 / B42 / B43 / B48

WCDMA: 850 / 900 / 1700 / 1800 / 1900 / 2100MHz

GSM: 850 / 900 / 1800 / 1900MHz

Others

Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor, Fingerprint on Display, Gyro (supports ARCore), AirTrigger, WiFi 7 ready, Bluetooth® 5.3, GPS / GNSS / GLONASS / Galileo / Beidou / QZSS / NavIC, 3.5 mm headset, NFC                                                                 






20 comments

  1. Yang bikin aku ngiler sama ROG Phone 8 itu gimbal dan kemampuan kameranya... apalagi sekarang sdh ada AI nya ya... wih makun pengen punya...

    ReplyDelete
  2. Kamu yang tengah lah hihihi...
    wah keren banget ya, bisa membuat tingkat kecerahan tertinggi ditingkatkan menjadi 2500 nits, sehingga pengguna dapat bermain game atau menonton film bahkan di bawah sinar matahari tanpa masalah sama sekali.

    dan aku kagum sama foto donat donatmu itu

    ReplyDelete
  3. Wahh keren bgt ya ASUS ROG Phone 8 ini. Spesifikasinya mantap pisan. Mmg cucok bgt buat para gamers

    ReplyDelete
  4. Memotret menggunakan smartphone sekarang ini tuh jadi pilihan karena lebih mudah dan praktis. Apalagi smartphone sekarang juga fitur dan spesifikasi kameranya sudah keren-keren banget ya mak, apalagi lihat gambar yang dihasilkan oleh Asus ini.

    ReplyDelete
  5. Ya ampuunnn ASUS
    Super duper lovelyyy
    selalu memproduksi gadget yg mengerti kebutuhan netizen jaman now

    ReplyDelete
  6. donatnya ngilerin kak.. wkwk. asus rog phone 8 ini canggih banget ya. bisa untuk foto zoom dan bokeh juga gak ya? mauu banget punya hp ini

    ReplyDelete
  7. Penasaran nunggu harganya mba, aku jg ada niatan mau ganti hp. Mau lungsurin yg sekarang buat si adek yg hpnya udah gak maksimal. Spec ASUS ROG Phone 8 ini emang luar biasa kece sih... hasil poto kameranya bikin makin kesengsem

    ReplyDelete
  8. Ini sih inovasi ASUS selalu bikin geleng2 kagum.. keren banget sihba biarpun hp gaming aku kepingin punya..speknya itu gak main2

    ReplyDelete
  9. Seperti kata Bima, ASUS ROG Phone 8 ini memang keren banget yaa..
    Memang beda banget kalau uda merasakan sendiri experience menggunakan ASUS ROG Phone 8. Langsung satset gercep memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia sehingga semuanya bisa optimal. Ya gaming, ya bikin konten. Sungguh puas di setiap kebutuhan genzi.

    ReplyDelete
  10. Kalau dikasih sebiji auto bikin konten tiap hari
    Apalagi kalau diminta selalu me-review Asus kalau launching
    Saya mah auto seneng banget pastinya
    Nah ROG Phone 8 ini bikin mupeng to the max

    ReplyDelete
  11. Spesifikasi HP ASUS ROG Phone 8 beneran bikin "Amazing, takjub" Banget deh dan langsung masuk wish list bismillah tahun ini ganti hp ke ASUS ROG Phone 8, aamiin. Secara fitur gimbal nya sangat ciamik buat aku yang suka take video 🥰 Tampilan secara desain nya pun sangat elegan, spek gamers mah pastinya tahan banting banget..ciamik nih

    ReplyDelete
  12. Aku bukan gamers tapi naksir HP ini juga buat ngonten soalnya kyknya HP-nya bisa dipaksa beekrja keras terutama buat ambil gambar atau video yaa.
    Kameranya cakep buat pengambilan gambar di tempatyang cahayanya redup jg yaa.
    Keren banget fitur anime vision-nya yaa. Membedakannya dengan HP lain yang membuatnya lebih wah banget :D

    ReplyDelete
  13. Wow... semakin keren ya peralatan buat ngonten sekarang. Kemunculan asus ROG phoen 8 pasti akan semakin memudahkan.

    ReplyDelete
  14. Asus memang nggak pernah gagal bikin produk ya kak, dari mulai laptopnya juga handphonenya. berbagai seri termasuk yang RGB dan asus rog phone 8 ini, konon banyak pecintanya ya kak, karena fiturnya lengkap dan super keren.

    ReplyDelete
  15. Aku juga baru ngerti lho Mak kalau ternyata ponsel ini nggak cuma bagus buat para gamers, tapi juga cocok buat para content creator juga. Kualitas kameranya sih yang bikin yakin. Pengen punya juga jadinyaaa!

    ReplyDelete
  16. ASUS memang terdepanya, selalu mengeluarkan produk yang keren dan tangguh. Seperti ASUS ROG Phone 8 yang cocok untuk gamer dan konten kreator

    ReplyDelete
  17. Bima sukses bikin aku terpesona juga pada ROG 8. Ga sekadar ponsel gaming aja yaaa.. banyak fitur lainnya yang mendukung keleluasaan berkarya. Hasil foto2nya juga cakep banget nih

    ReplyDelete
  18. Omg asli nggak kaleng kaleng ASUS ROG 8 ini
    Pas buat gamer dan conten creator

    ReplyDelete
  19. Asus ROG phone 8 ini memang performanya bikin takjub yaa rasa ingin memilikinya jadi begitu kuat hehe semoga ada rezekinya aamiin

    ReplyDelete
  20. Ponsel gaming yang selalu bikin mupeng. Walopun aku bukan gamers. Abisnya spek dan tampilannya memang kece berat. Apalagi ROG Phone 8 ini yang memang stylish ya. Makin tipis, makin ringan, dan makin canggih teknologi dan juga fitur-fitur yang digunakannya. Kudu nabung banyak nih biar kebeli ya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.