Corn Dog, Camilan Enak Berbahan Tepung Jagung Maizena


Siapa nih yang suka olahan jagung? Atau olahan tepung jagung? Saya suka semuanya. Olahan dari jagung tuh kebanyakan merupakan hidangan sehat dan camilan enak. Betul?


corn dog
Corn dog (dokpri).


Sebut saja dadar jagung, jasuke (jagung susu keju), puding jagung, corn dog, berbagai kue dengan campuran tepung jagung, hingga tepung jagung untuk campuran es krim. Semua nikmat dan sehat.

Nah, teman-teman sudah tahu belum, sih, apa itu tepung jagung? Dan apakah sama tepung jagung dengan tepung maizena? Ternyata, tepung jagung tuh enggak sama dengan tepung maizena, lo. Tepung jagung dibuat dari jagung utuh kering yang digiling atau ditumbuk hingga menjadi butiran halus seperti pasir.

Sedangkan tepung maizena dibuat dari endosperma biji jagung yang digiling hingga berwarna putih yang disebut pati. Ada beberapa perbedaan lagi diantara keduanya. Misalnya dari segi warna, tepung jagung bisa berwarna kuning, putih, atau biru, sesuai dengan warna jagung yang digiling. Sedangkan tepung maizena warnanya putih seperti kapur.


Kandungan Gizi dan Manfaat Tepung Jagung Maizena

Tepung jagung dan tepung maizena mempunyai banyak manfaat dalam pembuatan masakan. Misalnya saja untuk menambah rasa jagung dalam makanan. Tepung jagung juga bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu.

Sedangkan tepung maizena biasanya digunakan sebagai pengental masakan, mencegah gumpalan, dan penambah tekstur renyah pada gorengan.

tepung jagung maizena
Maizenaku, tepung pati jagung.


Tepung jagung karena terbuat dari jagung utuh, maka nilai gizinya tak jauh berbeda dari jagung utuh. Tepung jagung memiliki kandungan serat yang tinggi, karbohirat, pati, protein, kalsium, vitamin, dan mineral. Selain itu, tepung jagung juga memiliki kandungan zeaxanthin dan lutein yang tinggi untuk mencegah degenerasi macula dan katarak.

Sehingga tepung jagung bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mengendalikan hipoglekimia, meningkatkan kesehatan jantung dan tulang, mencegah penyakit divertikular, hingga mampu memperkuat imunitas.

Sedangkan kandungan gizi maizena juga tak kalah bagus dari tepung jagung. Karena tepung maizena juga memiliki segudang nutrisi yang baik untuk tubuh kita, diantaranya tepung ini mengandung Vitamin B komplex, Vitamin D, Vitamin C, dan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, dan lain-lain.


Cara Membuat Corn Dog, Camilan Enak Berbahan Tepung Jagung Maizena

Salah satu camilan enak berbahan tepung maizena adalah Corn dog, yaitu sate sosis dan keju yang dibalur tepung maizena dan tepung terigu lalu dilapisi tepung roti. Anak-anak saya suka sekali dengan camilan yang satu ini. Selain enak, corn dog juga bisa menjadi hidangan sehat jika bahan-bahannya menggunakan bahan-bahan berkualitas.

Nah, di sini saya ingin berbagi resep Corn dog yang biasa saya buat. Insyaa Allah enak dan sehat 😊. Berikut ini resepnya:

bahan corn dog
Bahan untuk membuat Corn dog.

Bahan:

  • 4 sdm tepung terigu
  • 4 sdm tepung maizena
  • 3 sosis (dibagi jadi 6)
  • 6 potong keju melt (ukuran menyesuaikan sosis)
  • 1 butir telur
  • 8 sdm tepung roti
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt lada bubuk
  • 1 sdt baking powder
  • ½ sdt gula pasir
  • 150 ml air dingin
  • 6 tusuk sate
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, telur, garam, lada bubuk, gula pasir, dan air. Aduk sampai rata, lalu tuangkan ke wadah agak tinggi (agar gampang untuk mencelup).
  2. Tusuk sosis dan keju seperti sate (sosis dulu baru keju, atau terserah).
  3. Celupkan sate sosis keju ke dalam adonan tepung.
  4. Gulung-gulungkan ke dalam tepung roti.
  5. Goreng dalam api sedang kurang lebih 3-5 menit. Angkat.
  6. Sajikan hangat dengan cocolan saus tomat/pedas atau sesuai selera.

corn dog dengan maizenaku


Gampang banget ya bikinnya. Dan yang bikin bahagia karena anak-anak sudah pasti suka! Jadi baru masak beberapa menit, sudah ludes deh corn dog-nya. Hihi.

Btw, penggunaan tepung maizena untuk memasak corn dog itu tidak lain adalah untuk menghasilkan corn dog yang lebih renyah dan enak. Dan memang beda, kok, hasilnya. Dulu saya pernah membuat corn dog enggak pakai tepung maizena, ternyata hasilnya kurang renyah.

 

Tepung Maizena dari egafood

Oh ya, kemarin saya bikin Corn dog dengan menggunakan tepung Maizenaku, lo. Ada yang belum tahu Maizenaku? Untuk teman-teman yang suka masak sudah pasti tahu lah ya merek yang satu ini. Tepung jagung Maizenaku adalah tepung pati jagung dari egafood yang sudah populer banget di Indonesia.

tepung maizenaku


Tepung jagung Maizenaku mempunyai keunggulan sebagai berikut:

  • Mempunyai kekuatan mengentalkan 2x (dua kali) lebih kuat dari merek lain, 
  • Warna sauce yang clear dan NON-GMO (Gentically Modified Organism), yaitu organisme yang gen-gen-nya telah diubah sehingga dapat bermutasi dan berdampak negatif bagi ekosistem kita.
  • Teksturnya halus, berwarna putih bersih, dan tidak berbau.
  • Tekstur Maizenaku saat diaplikasikan untuk pelapis makanan adalah crispy, permukaan halus, warna lebih cerah, dan lebih kental.
  • Kue yang dihasilkan dengan menggunakan Maizenaku adalah bertekstur lembut, warnanya kuning cerah, bentuknya bagus/kokoh, rasanya renyah, dan aromanya harum.

Saya suka sama tepung maizena dari egafood ini karena memang sesuai dengan klaim produknya. Kentalnya memang lebih kental dari merek lain, dan teksturnya juga halus, gorengan juga lebih renyah, dan lain-lain. Pokoknya hasil masakan bagus, lah.

Oh ya, Maizenaku juga sudah Halal MUI, lo. Jadi selain kualitasnya sudah terbukti bagus, juga sudah terjamin kehalalannya. So, kalau mau memasak hidangan sehat atau camilan enak berbahan tepung jagung maizena, saya rekomendasikan banget pakai Maizenaku, deh. Oke, selamat memasak temans! 😊

 

24 comments

  1. Stock Maizena habis jadi mager di rumah mau bikin cemilan buat anak-anak, baca resep corndog jadi pengen coba bikin apalagi anak2 tuh doyan pisan yang beginian :p

    ReplyDelete
  2. Suka banget deh segala camilan berbahan maizena. Karena legit gitu. Corndog ini favorit anak-anakku

    ReplyDelete
  3. udah langganan pakai tepung maizena ini mba, aku juga kalau goreng2 suka campur ini, kriuuukk. Resepnya bisa dicoba deh, enak sekali corn dognya mupeeeeeng, anak2 pasti demen ya mba. Yummyyy

    ReplyDelete
  4. endosperma biji jagung tu bukan biji jagungnya ya. Saya suka juga pakai maizenaku buat mengentalkan masakan. Bagus dong kalau non-gmo, lebih merasa aman.
    Corn dog ni kesukaannya bocah-bocah dah, belum pernah bikin sendiri sih.

    ReplyDelete
  5. Mba Dina, ini tepung maizena kesukaan aku. Dan corn dog ini juga anakku suka. Kalau makan ini, lahap sekali. Apalagi pas keju lelehnya. Mmhh makasih resepnya mbaa

    ReplyDelete
  6. sukka banget sama corn dog, makan satu aja udah kenyang banget lho, trus toppingnya chili sauce, bulgogi dan mustard ah jadi pengen makan siang ini

    ReplyDelete
  7. Terima kasih resepnya mak, boleh ih dcoba di rumah dan ukurannya ini gak gede banget ya kayak yang di pasar malam

    ReplyDelete
  8. Maizena ku ini bagus banget digunakan untuk pengental masakan maupun untuk membuat adonan kue, apalagi untuk gorengan yang bertepung sangat crunchy jika menggunakan maizena ini.

    ReplyDelete
  9. Di rumah kayaknya ada tepung maizena Maizenaku, coba bikin corn dog juga ah... Supaya anak-anak gak perlu jajan corn dog lagi.

    ReplyDelete
  10. Mba aku selalu pakai maizenaku juga nih untuk urusan masak memasak yang pakai tepung maizena. bikin corn dog di rumah bakalan diserbu duluan sebelum masaknya kelar nih kayaknya

    ReplyDelete
  11. Anakku tuh suka banget dengan corndog, tapi selama ini belum pernah coba bikin sendiri. Jadi lebih sering beli via online atau di supermarket ada yang jual jadi tinggal goreng. Nanti mau ah dicoba bikin sendiri di rumah, padahal bahannya ada semua ini, termasuk tepung Maizena.

    ReplyDelete
  12. Aku juga kalo tepung maizena pakenya merk nlmaizenaku mak. Resepnya aku simpen ya anakku suka banget corn dog jd mau nyobain bikin sendiri ga perlu beli lagi

    ReplyDelete
  13. Maizena selalu ada di rumah saya. Memang jadi salah satu bahan yang wajib ada di rumah. Karena lumayan sering penggunaannya. Tapi, belum pernah bikin corn dog. Malah anak saya yang udah pernah bikin.

    ReplyDelete
  14. Selama ini bikin corn dog mletot ke sana sini, mau coba ah resepnya pakai tepung maizena untuk memasak corn dog untuk menghasilkan corn dog yang lebih renyah dan enak

    ReplyDelete
  15. Mumpung di rumah ada tepung jagung Maizenaku, mau deh cobain bikin corn dog. Anak saya suka ngemil ini. Pas besok hari libur juga.

    ReplyDelete
  16. Anakku suka banget corn dog ini ternyata bikinnya mudah ya pakai tepung maizena, mau praktek ah biar lebih irit nggak jajan di luar

    ReplyDelete
  17. Ahaaay, Tepung Maizena ini selalu nongki di dapur, buat segala jenis makanan/masakan/cemilan kalo lagi mau bikin. Eh ternyata ada resep corn dog, cemilan fav anakku ituuh.
    Aku pun sukaaa, mau bikin ahh

    ReplyDelete
  18. malah jd penasaran dg cara bikin maizena. Semula saya pikir sama dg pati singkong (tapioka), yakni seluruh bagian singkong digiling dg air, lalu endapan putihnya dikeringkan. kalau maizena, seperti itu juga atau dipisahkan dulu endospermnya ya? (ini jg mikir, gimana misahin endosperm-nya...hahaha, begini kalau jiwa curious-nya sdg aktip) :D.

    Btw, saya sering pakai maizena merk ini. Kalau bikin saus2 tuh, sering pake buat pengentalnya. Kalau bikin corndog malah blm pernah coba ditambah maizena. Makasih tipsnya mbaa...

    ReplyDelete
  19. Yeaaay... bikin Corn dog sendiri.
    Uda gaya euuii... gak perlu beli-beli lagi, tinggal siapin bahan dan niru caranya di blog kak DK, mantul!
    Bisa bikin yang isiannya sesuai mood. Jangan lupa pakai bahan tepung Maizenaku, supaya adonan makin empuk.

    ReplyDelete
  20. Maizena nih emang bikin makanan tepung jadi crunchy atau kriuk banget pas digigit. Tapi kalau kebanyakan bikin keras. Saya juga stock maizena yaa buat bikin yang kriukr2 itu.. xixixi..

    ReplyDelete
  21. Wah, corn dog adalah camilan favorit anak anakku, emang enak dan bergizi apalagi klo buatnya pakai tepung maizena

    ReplyDelete
  22. Aku diajarin ibuku waktu masih kecil, kalo buat kue mochi tuh dicampur tepung maizena - biar ada sensasi kesetnya ... dan kalau buat capcay gitu gitu pasti dikasih tepug maizena dikit

    ReplyDelete
  23. Cemilan favorite anak di rumah nih corndog ini, dan btw tepung maizena ini tuh memang bisa dipakai apa saja yah, serbaguna

    ReplyDelete
  24. Wah mudah ya mba.. kebetulan ada tepung maizena dirumah. Aku coba ah buat bekal anak juga bisa yaa

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.