Cara Pasang GA4 pada Blogspot Tanpa Menggunakan Google Tag Manager


Per 1 Juli 2023 besok Google Analytics sudah tidak memberlakukan GA-UA (Universal Analytics) sebagai pengukur data-data sebuah website/blog. Dan sebagai gantinya, Google Analytics menerapkan GA4.


cara pasang GA4


Informasi ini sudah disampaikan oleh Google sejak tahun lalu (kalau saya enggak salah ingat). Pokoknya sudah jauh-jauh hari, lah. Tapi saya baru pernah ikut kelas perkenalan GA4 satu kali (online via Zoom) dan itupun saya ngantuk berat lalu akhirnya tertidur. Huhuhu. Sebenarnya ada rekaman acaranya, tapi kok ya saya males menyimak! Wuah, luar biasa jeleknya ini, sih 😖

Lalu makin ke sini jelaslah saya makin butuh ilmu tentang GA4 itu. Ya gimana, sebagai bloger yang sering diminta laporan pageview blog, tentu saja sangat membutuhkan ilmu soal Google Analytics ini. Saya takut cuma bisa plonga-plongo saat nanti diminta pageview yang tentu saja sudah berubah tampilannya mulai 1 Juli, karena enggak pakai GA-UA lagi melainkan pakai GA4.

Karena sudah mendesak kebutuhannya (sebentar lagi sudah 1 Juli 2023!), maka ketika mas Pewe (Punto Wicaksono) dan mbak Monica Anggen dari BRT Network akan membuka kelas blogger dengan tema GA4, saya semangat mendaftar. Alhamdulillah meski kurang memenuhi syarat pendaftaran, tapi saya diizinkan ikut kelas (big thanks to Mas Pewe dan Mbak Monica). 

Kelas BRT Network tersebut dilaksanakan pada tanggal 16 Juni 2023 kemarin melalui Google Meet. Kelasnya dijadwalkan mulai pukul 19.00 sampai pukul 21.00, tapi pada praktiknya dimulai sejak jam 7 kurang (entah kurang berapa, karena saya masuk pukul 19.00) dan selesai pukul 21.25. Hoho.. ada perpanjangan waktu, saudara! Tapi perpanjangan waktu itu terjadi bukan karena molor waktu atau ada gangguan apalah, namun justru karena padat ilmu sejak awal hingga akhir, dan para peserta semangat bertanya ini-itu.

Yes, mas Pewe didampingi mbak Monica membagikan ilmu tentang GA4 ini mulai dari step awal create property hingga GA4 terpasang. Peserta yang berjumlah sekitar 90 orang bisa bertanya langsung baik melalui chat maupun tunjuk tangan dan open mic.

Nah, di kelas pertama kemarin (rencananya akan ada kelas lanjutan), mas Pewe menjelaskan bagaimana memasang GA4 baik untuk blogspot maupun wordpress. Cara yang dijelaskan ada dua macam, yaitu memasang GA4 tanpa Google Tag Manager (GTM) dan memasang GA4 dengan GTM.

Emm... karena saya ini lemot 😐, jadi saya hanya (baru) mengikuti step-step memasang GA4 tanpa menggunakan GTM pada blogspot (karena saya pengguna blogspot). Jadi dalam postingan ini saya akan membagikan bagaimana langkah-langkah memasang GA4 tanpa menggunakan GTM pada blogspot.


Cara Pasang GA4 pada Blogspot Tanpa Menggunakan GTM (Google Tag Manager)

Ya, ternyata cara pasang GA4 itu ada beberapa cara yang berbeda-beda, lo. Ada yang otomatis dari Google Analytics dan kita tinggal meneruskan (tapi saya belum tahu caranya), lalu ada yang menggunakan GTM atau tanpa GTM. Yang menggunakan GTM pun kata mas Pewe ada cara yang berbeda-beda. Ya seperti kata pepatah, ada seribu jalan ke Roma. Hehe. 

Nah, untuk memasang GA4 tentu saja yang dilakukan pertama kali adalah membuka laman Google Analytics. Lalu berikut ini langkah-langkah memasang GA4 tanpa Google Tag Manager pada blogspot*:

1. Create Property

Pertama klik menu Admin di pojok kiri bawah (ada tanda gerigi). Lalu klik Create Property. Silakan diisi Property Details dengan property name (nama blog), reporting time zone (Indonesia GMT+07:00), dan currency (Rupiah). Lalu klik Next.

create property for GA4

2. Isi bagian Business Details

Yaitu mengisi Industry category (saya pilih other business activity) dan business size (saya pilih  Small). Lalu klik Next.

3. Isi bagian Business Objectives

Pilihan ini untuk menentukan kita mau menggunakan GA4 itu untuk keperluan apa? Saya pilih Generate Leads yang akan menampilkan metrik analisa visitor dan perilaku pengunjung blog. Lalu klik Create.

4. Isi Data Collection 

Kita mau pilih platform apa? Saya pilih website.

5. Setup Data Stream

Isi URL blog dan nama blog. Lalu Create Stream. Lau akan muncul Web Stream Details. Klik "View tag instructions". Langkah selanjutnya:

google tag GA4

  • Klik Install manually
  • Copy kode HTML yang ada.
  • Kemudian buka dashboard blogspot. Klik tema (template). Pilih Customize, lalu klik Edit HTML.
  • Ketik Ctrl+F lalu ketik <head>
  • Paste kode HTML dari GA4 tadi di bawah <head> 
  • Save.
edit html pada blogspot

edit html for GA4


Setelah itu, jangan lupa buka Setting pada dashboard blogspot. Ganti ID Pengukuran Google Analytics dengan Measurement ID yang ada pada Web Stream Details pada GA4.

web stream details


Selesai.

Tunggu 48 jam, baru nanti GA4 dapat bekerja mengumpulkan data.

***

Ya, seperti itulah cara memasang GA4 pada blogspot tanpa menggunakan Google Tag Manager. Sedangkan untuk yang menggunakan GTM, insyaa Allah akan segera saya praktikkan juga dan share langkah-langkah pemasangannya di blog ini juga. Semoga lekas kelar, ya 😊

Oh ya, karena saya baru bisa memasang GA4 tanpa GTM, dan mau praktik yang dengan GTM masih tertatih-tatih, sepertinya saya harus belajar lagi sama mas Pewe dan mbak Monic (remidi), deh. Jadi mengulang kelas BRT Network seperti yang kemarin, karena belum begitu paham. Hihi.

Lalu setelah itu baru deh ikut kelas lanjutan yang akan membahas gimana setting GA4 lebih kanjut (yaitu tentang setting event, baca data, melihat pageview (PV) satuan untuk setor PV, dan masih banyak lagi). Semoga nanti saya bisa ikut kelas blogger ini sampai tuntas, ya, dan akan saya bagikan ilmunya di blog ini. Insyaa Allah. Doakan lancar, dan happy blogging 😍

***

*capture-capture gambar pada postingan ini adalah properti GA blog saya yang satunya, yaitu empatef.com


1 comment

  1. Nice inpoh mb. Saya kayaknya udah pernah ngutak ngatik tapi dah lupa sampe mana proses update ke G4 hehe.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.