Menentukan Paket Umroh dan Memilih Travel Umroh yang Aman


Muslim mana sih yang enggak kepingin menunaikan ibadah haji atau setidaknya ibadah umroh? Tentunya setiap muslim punya impian atau cita-cita untuk menunaikan kedua ibadah tersebut, ya. Apalagi seperti saat ini, melihat para jemaah haji yang berangkat ke tanah suci, rasanya ingin segera menyusul ke sana ☺️

kabah di makkah
Source: pixabay.com


Namun karena bagi sebagian umat Islam di Indonesia enggak mudah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima yaitu ibadah haji (terkait biaya dan waktu tunggu), maka umroh menjadi pilihan kedua untuk beribadah ke tanah suci.

Saya yang belum pernah umroh juga pastinya sangat ingin menunaikan ibadah haji kecil itu. Tapi tentunya saya enggak mau dan enggak bisa berangkat sendirian ke tanah suci. Saya penginnya ke sana bersama suami atau bahkan bersama anak-anak juga. Hemm.. bisa enggak, ya, mengajak lima anak sekaligus gitu? Insyaa Allah bisa, ya. Niatin aja dulu. Betul? ☺️

Biasanya di agen travel umroh menyediakan beberapa pilihan paket umroh. Untuk umroh sekeluarga ada paketnya sendiri agar lebih hemat. Menyesuaikan budgetnya juga, sih. Hehe.


Menentukan Paket Umroh

Nah, bicara soal paket umroh, umumnya travel umroh menawarkan jenis paket yang berbeda-beda, tergantung dari fasilitas dan harga yang ditawarkan. Berikut ini beberapa hal yang biasanya menjadi cakupan dalam paket umroh:

  • Jangka waktu perjalanan umroh (biasanya durasi ibadah umroh antara 9-12 hari).
  • Jadwal kegiatan untuk ibadah umroh dan ziarah.
  • Harga tiket pesawat berangkat dan pulang.
  • Biaya penginapan (yang sudah mencakup biaya makan di dalamnya).
  • Rincian tambahan apabila berwisata ke destinasi wisata Islam lainnya.
  • Lain-lain sesuai kebijakan masing-masing penyedia jasa travel umroh.

Mengenai biaya, biaya umroh terbaru di tahun 2023 yang sesuai standar Kemenag RI yaitu berkisar Rp.24.000.000,00 hingga Rp.28.000.000,00 per orang. Sedangkan biaya umroh untuk 1 orang di tahun 2023 dari biro umroh swasta biasanya dipatok sekitar Rp.30.000.000,00 hingga Rp.50.000.000,00 atau lebih sedikit.

Harga tersebut bergantung pada jenis paket umroh dan fasilitas yang didapatkan. Namun semuanya memiliki kesamaan yang sudah jadi standar umroh. Sehingga biaya tersebut sudah termasuk akomodasi seperti hotel, tiket pesawat, transportasi, makanan serta fasilitas penting pendukung ibadah umroh.

Sebagai catatan, biaya-biaya tersebut adalah biaya standar, ya. Maksudnya umroh yang dilakukan di hari-hari biasa. Beda lagi jika kita melaksanakan umroh pada momen khusus seperti pada saat bulan Ramadan, biasanya biayanya akan lebih tinggi lagi.

Nah, biasanya paket umroh yang disediakan oleh travel umroh terbagi dalam 3 jenis yaitu:

❤ Paket Umroh Reguler atau Standar

Paket umroh ini adalah paket yang paling standar yang mencakup biaya tiket penerbangan, menginap di hotel bintang 4, transportasi dan perlengkapan umroh.

❤ Paket Umroh Plus

Paket umroh ini direkomendasikan untuk jemaah yang ingin berangkat secara berkelompok kecil, biasanya untuk satu keluarga. Paket umroh plus memiliki fasilitas sama seperti reguler, hanya bedanya hotelnya lebih bagus atau berlokasi lebih dekat dengan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

❤ Paket Umroh VIP

Paket umroh VIP kerap juga disebut umroh plus city tour karena ada tambahan fasilitas paket liburan. Biasanya ke Turki, Dubai, atau negara-negara yang punya wisata Islam lainnya.

Masjid Nabawi
Masjid Nabawi (Source: pixabay.com)

Tips Memilih Travel Umroh yang Aman

Jika kita sudah merencanakan ingin umroh dengan paket yang mana, saatnya mulai mencari travel umroh yang aman.

Karena seperti kita ketahui, kehadiran travel umroh memang memudahkan kita untuk memilih paket umroh yang sesuai dengan keinginan. Namun, akhir-akhir ini ada saja penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang merugikan para jemaah yang ingin melaksanakan ibadah umroh atau haji. Maka kita perlu lebih cermat dalam memilih travel umroh yang tepat dan aman.

Untuk dapat memilih travel umroh yang aman, kita harus tahu mengenai pedoman 5 PASTI dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Apa saja itu?

πŸ‘‰ Pastikan Izin Travel Umroh

Saat ini memang sudah banyak travel umroh yang menawarkan berbagai layanan dengan harga yang bersaing. Namun sebaiknya kita tidak tergiur dengan harga yang ditawarkan karena tak sedikit pula oknum travel umroh yang justru melakukan penipuan.

Cara agar kita bisa membedakan mana saja travel umroh yang terpercaya dan tidak, kita bisa memeriksa perizinan travel umroh melalui laman resmi simpu.kemenag.go.id yang telah disediakan oleh Kemenag RI untuk bebas diakses. Kita bisa mencari tahu izin PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh), serta bisa mengadukan travel umroh yang dianggap telah merugikan kita maupun pihak lain.

πŸ‘‰ Pastikan Jadwal Keberangkatan Jelas

Setelah riset dan memeriksa izin travel umroh yang bersangkutan, langkah selanjutnya yaitu memastikan jadwal keberangkatannya. Jadwal ini bukan sekadar tanggal dan jam keberangkatan saja, tetapi juga jadwal aktivitas atau itinerary saat di tanah suci. Biasanya pihak travel umroh telah menyiapkannya sejak jauh-jauh hari. Kita perlu waspada jika terjadi penundaan keberangkatan lebih dari satu bulan dan itinerary yang disiapkan justru berubah-ubah.

πŸ‘‰ Pastikan Maskapainya

Jika mengalami penundaan keberangkatan dari pihak travel umroh, kita perlu mengetahui alasan dan kendala yang terjadi. Untuk memastikan tidak terjadi penundaan, kita harus memastikan tiket pesawat yang dipesan oleh pihak travel umroh apakah memang sudah dipesan atau justru mereka baru melakukan booking saja.

Kita juga harus melakukan pengecekan mengenai maskapai yang akan digunakan, apakah sesuai dengan paket atau program yang dijanjikan pihak travel umroh atau tidak. Bila terjadi pergantian maskapai, kita harus memastikan apakah pesawat penggantinya setara dengan pesawat sebelumnya. 

πŸ‘‰ Pastikan Hotel di Tanah Suci

Langkah selanjutnya yaitu memastikan hotel yang menjadi tempat istirahat kita saat di tanah suci. Umumnya hotel yang ideal untuk dijadikan tempat menginap selama ibadah umroh minimal hotel bintang 3.

Kita harus mengetahui nama hotel saat pihak travel umroh menawarkan berbagai paket ibadah dan wisata yang ada. Biasanya pihak travel umroh memperlihatkan nama hotel saat kita memilih paket umroh. Jika ada pergantian hotel, idealnya kita harus mendapatkan hotel pengganti yang setara atau bahkan lebih baik dari sebelumnya. 

πŸ‘‰ Pastikan Visa dan Persyaratan Lainnya

Selain paspor, kita juga harus memiliki visa sebagai dokumen penting untuk masuk ke Saudi Arabia. Jika kita tidak memiliki visa umroh, maka dipastikan kita tidak dapat berangkat menunaikan ibadah umroh meski kita sudah memiliki tiket pesawat.

Itulah pedoman 5 PASTI yang sesuai dengan Kemenag RI. Kita harus mempersiapkan segala sesuatunya saat merencanakan ibadah umroh, agar umroh berjalan dengan aman dan nyaman.


Umroh Bersama Shafwah Holidays

Nah, dalam memilih agen travel umroh yang aman, kita bisa memilih Shafwah Holidays. Teman-teman sudah tahu agen travel umroh yang satu ini belum?

Shafwah Holidays merupakan bagian dari Shafwah Group yang bergerak di bidang jasa Halal/Muslim Tour, Umrah, dan Haji. Shafwah Holidays mengusung konsep syariah untuk wisatawan dari Indonesia ke seluruh dunia. Perusahaan ini menjamin perjalanan yang aman, nyaman, cepat dan ramah.

Saat ini, Shafwah Holidays hadir di empat Provinsi yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Selatan dan Jawa Timur.

Paket umroh dari Shafwah Holidays biayanya cukup terjangkau. Misalnya saja paket umroh standar yaitu 9 hari di bulan Agustus 2023 nanti (bulan Muharram) biayanya mulai dari Rp.28.950.000,00 per orang. Sedangkan paket umroh premium atau VIP biayanya sekitar 50 hingga 60 jutaan Rupiah per orang.

Selain itu travel umroh ini memberikan kepastian dengan garansi PASTI BERANGKAT! Tak perlu khawatir karena Shafwah Holidays sudah memiliki izin PPIU No. 74 Tahun 2020. 

Nah, demikianlah sekilas mengenai paket umroh dan bagaimana memilih travel umroh yang aman. Semoga saya dan teman-teman yang belum pernah umroh suatu saat bisa menunaikan ibadah haji kecil tersebut, ya. Yang jelas, harus rajin menabung, nih, agar kita bisa umroh bareng keluarga. Aamiin ☺️


26 comments

  1. Jaman sekarang kudu cerdas dalam memilih travel umroh ya, Mba. Soalnya banyak berita penipuan dari travel umroh. Sebel banget emang sama oknum2 yang memanfaatkan ibadah utk hal2 menyesatkan.

    ReplyDelete
  2. Sekarang banyak banget travel umroh yang menawarkan paketnya murah banget, biar nggak kepancing travel abal-abal seringnya lihat berapa lama beroperasi dan ijinnya, cek legalitasnya.

    ReplyDelete
  3. akutuh agak insecure ketika melihat banyak video jamaah umroh dan jamaah haji yang ditipu oleh travel umroh dan haji, makanya perlu pintar2 ya mba sebagai calon jamaah mah

    ReplyDelete
  4. nah iya bener banget nih mba, banyak sekali travel umroh yang menawarkan paket umroh murah namun akhirnya tertipu deh calon jamaah

    ReplyDelete
  5. Suka takut ya, takut memilih travel umroh yang kredibel, keingetan kasus beberapa tahun lalu soalnya. Jadi emang harus hati-hati banget memilih travel umroh sih, betul betul harus dicek legalitas, ijin, dan keberangkatan jelas.

    ReplyDelete
  6. Oh ternyata yang resmi bisa dicek di situs simpu.kemenag.go.id ya? Info ini mesti banyak2 disharing pastinya. Jadi bisa mengurangi resiko penipuan. Memanf mesti rajin mencari informasi yang banyak ya agar terbindar dari penipuan

    ReplyDelete
  7. Setuju!
    Sebelum memutuskan umroh, sebaiknya memang harus mencari informasi yang sumbernya ofisial/resmi agar terhindar dari situasi yang merugikan.

    ReplyDelete
  8. Makasih mba tulisannya memilih travel umroh. Sedih deh kalau ada yg tertipu karena travel yg nakal. Apalagi udah nabung lama gitu😭. Naudzubillah
    Smoga kita bisa berhaji ke tanah suci amiin

    ReplyDelete
  9. Bener banget, sebelum memilih travel umroh harus cek dan ricek dulu karena banyak kasus yang membuat sedih padahal banyak dari mereka yang tertipu telah susah payah mengumpulkan uang untuk impian menunaikan ibadah umroh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah. Di media cetak dan televisi banyak berita penipuan berkedok memberangkatkan umroh ini. Kasihan korbannya loh sudah susah payah menabung demi impiannya bisa ke tanah suci.

      Delete
  10. paket umroh begini untuk anak-anak apa dihitung 1 orang seperti dewasa atau ada harga khusus?
    aku masih menimbang antara ikut travel atau umroh mandiri

    ReplyDelete
  11. Benar, karena berangkat haji bisa lebih lama, dana jg lebih banyak, jadi ada yang memilih untuk umroh dulu. Nanti di sana berdoa agar bisa berhaji.

    Ortu waktu itu sempat dibiayai umroh. Setelah umroh, travelnya tutup karena bermasalah.

    Masih ingat dulu saya ikut forum bisnis, pematerinya yang seorang pengamat bisnis bilang kalau nanti ada travel umroh bermasalah yang bakalan viral sambil disebutin inisialnya. Setahun kemudian beneran dong, travel umroh yang dispill si pengamat ini viral karena penipuan.

    Kasus travel umroh bermasalah ini banyak. Harus pintar-pintar jeli memilih. Selain itu berdoa, berharap agar kita juga gak kena tipu.
    Mudahan kita bisa segera umroh ya. Aamiin.

    ReplyDelete
  12. Benar, karena berangkat haji bisa lebih lama, dana jg lebih banyak, jadi ada yang memilih untuk umroh dulu. Nanti di sana berdoa agar bisa berhaji.

    Ortu waktu itu sempat dibiayai umroh. Setelah umroh, travelnya tutup karena bermasalah.

    Masih ingat dulu saya ikut forum bisnis, pematerinya yang seorang pengamat bisnis bilang kalau nanti ada travel umroh bermasalah yang bakalan viral sambil disebutin inisialnya. Setahun kemudian beneran dong, travel umroh yang dispill si pengamat ini viral karena penipuan.

    Kasus travel umroh bermasalah ini banyak. Harus pintar-pintar jeli memilih. Selain itu berdoa,berharap agar kita juga gak kena tipu.
    Mudahan kita bisa segera umroh ya. Aamiin.

    ReplyDelete
  13. Masya Allah, terima kasih atas ulasannya. Ini bermanfaat sekali. Apalagi sekarang sejak dibuka kembali kunjungan untuk umroh banyak banget agen travel ya. Harus bisa memilih yang gak bikin masalah di kelak pas udah pelaksanaan

    ReplyDelete
  14. Setuju sih.. travel omroh gak boleh sembarangan.. banyak kasus kena tipu juga. Bukan soal murah tapi tetep kredibilitas perlu diperiksa jg ya. Semoga yang belum bisa diselesaikan beribadah ke tanah suci. Aamiin

    ReplyDelete
  15. Sedih kalau baca berita korban penipuan sm travel umroh. Yg heran ada travel agan nakal udah pernah ketahuan menipu bbrp tahun berikutnya buka lagi dan menipu lagi. Artinya pengawasan kurang. Jd kita benar-benar harus teliti dan jeli pilih travel umroh

    ReplyDelete
  16. Masya Allah bukan sebuah kebetulan ya abis WA ama teman tentang umroh, kini baca persyaratan ini semoga Allah mudahkan rezeki kita semua, ya.

    ReplyDelete
  17. Ternyata biaya umroh yang standar itu terjangkau ya, cuma 24-28 juta. Kalau swasta sampai 40 jutaan gitu lhoo.. Tapi mungkin tergantung fasilitas juga di sana ya biasanya ada yang minta hotel bagus dekat bisa mahal pastinya.

    ReplyDelete
  18. Masha Allah, lengkap banget panduan umrohnya, Mak. Aku juga sebelum memutuskan untuk ambil layanan umroh bener harus teliti dalam memilih travel umroh yang terpercaya. Insha Allah Shafwah Holidays bisa jadi referensi nih

    ReplyDelete
  19. memilih travel umroh ini memang harus hati-hati bener, pilih yang terpercaya. karena saat ini udah banyak travel bodong. tante saya pernah dibawa lari uang dp umrohnya. sedih banget, mau ibadah malah kena tipu.

    ReplyDelete
  20. Noted Mbak. Informasinya sangat penting buat saya yang belum pernah umroh, dan ingin memberangkatkan umroh Mamak dan Bapak saya.

    ReplyDelete
  21. Memilih travel umroh ini langkah awal semoga ibadah umroh bisa lancar dan kembali dengan ibadah mabrur.
    Umroh Bersama Shafwah Holidays menjadi referensi semoga dimudahkan untuk ke Baitullah bersama keluarga. Aaammiin~

    ReplyDelete
  22. Kalau mau berangkat Umroh memang harus hati-hati pilih travelnya. Karena dulu banyak kasus penipuan mengatasnamakan travel umroh.

    ReplyDelete
  23. Bener banget nih, mau umroh mah kudu jeli dan teliti milih paket dan agen travelnya. Soalnya banyak juga yang gak amanah. Aamiin, semoga aku dan keluarga juga bisa umrah secepatnya. :D

    ReplyDelete
  24. Perbedaan paket umroh standar dengan paket umroh premium itu apa yah?
    Apakah hotelnya yg jauh atau dekat? Penting juga diketahui soal jarak ini, terutama para lansia seperti saya hahaha

    ReplyDelete
  25. Travel umroh yang kredibel biasanya menawarkan paket umroh yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget jama'ah ya mak. Sehingga kita nyaman dan sama-sama enak juga untuk beribadah

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.