Menu Favorit Buka Puasa Sekeluarga


Beberapa sore terakhir ini, si sulung kerap nyeletuk, "Suasananya udah kayak Ramadan. Kayak mau buka puasa." Emm.. memang kalau sore dia sering disuruh ayahnya bikin teh anget manis, sih.. hehe.


kurma manis

Jadi dia bikin teh sambil lihat suasana di luar dapur dan jam dinding. Suasana menjelang Maghrib yang khas, sambil nyiapin teh, sambil lihat jam dinding. Wah, memang seperti suasana mau berbuka puasa. Dan jadwal salat Maghrib semakin mendekati Ramadan semakin maju, ya. Jadi dia teringat Ramadan tahun lalu. Bahwa kalau jam segini, biasanya sudah siap semua makanan di meja makan. Sudah siap buka puasa!

Adik-adiknya jadi ikut tertular vibes Ramadan. Apalagi mereka juga sudah dikasih tahu gurunya masing-masing, bahwa sebentar lagi insyaa Allah bulan Ramadan tiba. Wah.. jadi ramai, deh. Si nomor tiga dan nomor empat langsung nyeletuk, "Aku besok ikut buka puasa, ya, Mii." Hihi.


Menu Favorit Buka Puasa

Kami jadi ingat menu-menu buka puasa yang paling favorit di keluarga kami. Ada minuman favorit, makanan berat favorit, juga cemilan favorit. Apa saja, tuh?

Yang paling berkesan tentu saja minuman favorit. Karena biasanya, begitu adzan Maghrib berkumandang, kami semua langsung membatalkan puasa dengan minum air putih sedikit, makan kurma sebiji, lalu minum minuman segar.

Yes, minuman segar ini yang paling ditunggu. Tahun kemarin dan juga beberapa tahun sebelumnya, kami paling sering bikin minuman es garbis (blewah). Kadang isinya garbis saja, kadang juga ditambah cincau hitam (janggelan). Kadang dibikin es, kadang juga cukup pakai air dingin saja tanpa es.

Wuah, segar sekali lo es garbis ini. Bikinnya juga gampang. Garbis diserut, lalu dicampur dengan air plus sirup kesukaan plus gula pasir secukupnya, lalu ditambah es. Jadi, deh. Semua anggota keluarga suka!

Kalau makanan berat, favoritnya anak-anak enggak lain enggak bukan teteppp ayam krispi. Hehehe. Kalau saya dan suami sukanya sayur pedes apapun itu, plus gorengan entah mendoan, telur dadar, atau tahu tempe digoreng biasa. Tapi sayur berkuah seperti sup atau sayur asem juga suka, sih. Hehe. Pokoknya kalau saya, masaknya enggak mau ribet! Haha.

Kemudian untuk camilan, saya paling sering memasak pisang goreng atau kolak dengan isian seadanya, kadang singkong, ketela, pisang, dan atau tape singkong.

Oh ya, kalau lagi malas atau capek buat masak, biasanya suami akan mengajak anak-anak beli menu buka puasa di luar. Atau, sekadar beli es saja. Dan paling sering mereka beli es cincau yang enak dan murah!

Wah.. jadi pengen lekas-lekas puasa. Hehe.

Yap, puasa sebenarnya memang ibadah untuk menahan hawa nafsu. Baik nafsu makan minum, nafsu berbuat dosa, atau nafsu amarah dan emosi-emosi negatif lainnya. Tapi, agar anak-anak bersuka cita dan semangat dalam menjalankan ibadah puasa, enggak masalah, kan, jika kita memberikan menu-menu kesukaan mereka saat berbuka puasa atau sahur?

Asalkan enggak berlebihan dan enggak memaksakan keadaan, setahu saya enggak masalah. Tapi pemahaman akan tujuan puasa harus selalu disampaikan kepada anak. Agar mereka memahaminya dan kelak bisa menjalankan ibadah puasa dengan lebih baik seiring bertambahnya usia.

Jadi, apa menu favorit buka puasa di rumahmu?



No comments

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.