Bermain dan Refreshing di Wisata Sawah Sumber Gempong

 

"Ayo ke taman bermain, Bi.."

"Iya, Bi. Ayo.. kemarin dah janji, lo.."

"Besok lo ya pokoknya!"

Tempo hari anak-anak merengek ke ayahnya, minta jalan-jalan ke taman bermain. Taman bermain yang gimana? Pokoknya yang bisa buat main-main sepuasnya! Hihi.

Ketiga anak itu pengin jalan-jalan gara-garanya si kakak (si sulung) ada acara outing class ke Yogyakarta hari Jumat kemarin. Pikir mereka, wah enak mas Faiq jalan-jalan ke Jogja, jalan-jalan jauh sama temen-temennya. Seru banget..!!

Padahal selain jalan-jalan, si kakak juga ada tugas wawancara turis asing, bikin video, dan lain-lain. Tapi ya memang seru, sih, ke tempat-tempat wisata bareng teman-temannya 😁


sumber gempong


Rumahnya Dekat Sawah, Pikniknya Ke Sawah Juga!

Akhirnya pagi tadi suami memenuhi janjinya, mengajak tiga (eh, empat sih sama si baby kecil 😄) anak jalan-jalan, cari taman bermain. Sementara si sulung yang barusan pulang outing class istirahat saja di rumah. 

Kami menuju arah selatan. Ya, pilihan kami memang cenderung cocok ke selatan untuk urusan jalan-jalan. Apalagi kali ini mau cari taman bermain, tentu kami pilih ke arah selatan.

Arah selatan yang saya maksud adalah arah ke Pacet, Trawas, dan sekitarnya. Karena daerah sana lebih sejuk dibandingkan daerah utara seperti Surabaya, misalnya. Jadi, ya, untuk jalan-jalan outdoor favorit kami memang masih di daerah Pacet, Trawas, dan sekitarnya.

Saya tanya ke suami, mau ke mana, nih? Katanya mau ke Wisata Sawah Sumber Gempong. Karena suami pernah melihat foto tempat wisata itu dari temannya. Tampaknya menarik sekali, kata suami.

Ha? Wisata sawah? Apa bagusnya? Di belakang rumah kami sebelum jadi kebun tebu juga berupa sawah. Kami tiap hari lihat sawah. Jadi enggak ada istimewanya, dong. Ngapain ke sawah? 

Kata suami, Sumber Gempong ini beda lah pastinya. Tempatnya dibuat semenarik mungkin, bukan sekadar sawah biasa. Dan yang pasti ada wahana bermain buat anak-anak. Jadi anak-anak sepertinya bakal suka. Oh gitu.. ya sudah saya ngikut saja. Hehe.

Kami pun meluncur ke destinasi wisata yang dimaksud, yaitu di daerah Trawas, Mojokerto.


Ada Apa Saja di Wisata Sawah Sumber Gempong?

Kurang lebih satu setengah jam perjalanan (santai), sampailah kami di destinasi wisata itu. Beralamat di Sukorame, Desa Ketapanrame, Trawas, Mojokerto, rupanya tempatnya agak masuk ke dalam dari jalan raya. Letaknya di bawah, gitu. Berupa sawah dengan dilengkapi berbagai wahana dan fasilitas.

Di dekat pintu masuk, kami membeli tiket masuk. Tiketnya masih murah meriah, yaitu 5.000 rupiah per orang. Sedangkan biaya parkir mobil 6.000 rupiah.

Sayangnya kami datang kurang pagi, yaitu kira-kira pukul sepuluh pagi. Saat kami datang, pengunjung sudah ramai. Ya, karena Sumber Gempong ini rupanya merupakan destinasi wisata yang masih cukup baru. Sehingga banyak masyarakat yang datang ke sana karena melihat video-videonya di Tiktok dan Instagram 😁

Karena di dekat pintu masuk sudah tersaji kolam renang dan pemandian, juga ada sungai kecil, jadilah anak-anak main air di sungai kecil itu. Mereka seneng banget, terutama si nomor empat. Enggak peduli bajunya basah kuyup. Hehe. Untung saya bawa baju ganti.

Kemudian lanjut naik kuda. Wuah, senang sekali mereka. Meski sebelumnya sudah pernah naik, tapi tetap saja naik kuda menjadi hal yang menarik bagi anak-anak. Untuk naik kuda tiketnya 30.000 rupiah per kuda yang dinaiki. Emm.. naiknya sekitar 5-10 menit berkeliling area sawah. Mahal gak, sih?



Anak-anak hepi banget naik kuda 😍


Selanjutnya mereka naik ayunan jantran. Entahlah namanya seperti itu, saya belum tahu jantran artinya apa. Lucu, si nomor empat ternyata masih takut naik ayunan ini. Jadi sebelum putarannya berakhir, saya minta petugas untuk menurunkan dia. Hihi. Oiya tiket naik ayunan ini 10.000 rupiah per kursi.



Setelah naik ayunan, kami istirahat sebentar, sebelum lanjut naik kereta. Nah, kalau sebelumnya saya cuma jadi penonton, kali ini saya diajak suami untuk ikut naik sama si kecil. Haha. Harga tiketnya 10.000 rupiah per kursi.



Jadi kereta kecil ini jalannya mengelilingi sawah, dengan rel kecil di atas sawah. Saya yang agak takut ketinggian jadi lumayan grogi juga waktu naik kereta ini. Apalagi relnya ada yang berkelok-kelok gitu, wah, saya pegangan erat ke kursi. Hahaha. Tapi seru, sih.

Nah, selain wahana-wahana yang kami coba seperti di atas, ada juga wahana perahu kecil, sepeda gantung, ada kolam ikan juga, pojok dolanan, dan sepertinya ada yang lain lagi. 

Mengenai fasilitas, di Sumber Gempong ini ada toilet, musala, resto, juga ada tempat oleh-oleh jajanan khas daerah Trawas. Tempat parkirnya lumayan luas, tapi karena tadi pagi pengunjungnya ramai sekali, jadi parkiran penuh.

Oh iya, kalau menurut saya (yang bawa bayi pas ke sana), Sumber Gempong ini kurang banyak tempat berteduhnya. Jadi saya tadi agak kesulitan cari tempat buat beristirahat. Atau karena pengunjungnya pas lagi banyak, ya? Hehe. 

Tapi menurut saya (lagi), Wisata Sawah Sumber Gempong ini cukup menarik sebagai destinasi wisata daerah. Ramah anak dan bisa dijadikan obyek wisata edukasi. Coba ke sana pas musim panen atau musim tandur, pasti bisa melihat para petani menanam atau menuai padi. Anak-anak bisa belajar tentang pertanian juga alam pada umumnya, kan?

Oke, cukup sekian cerita saya tentang Wisata Sawah Sumber Gempong. Semoga ada manfaatnya, ya. Selamat jalan-jalan and happy blogging! 🥰



No comments

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.