Tips Beli Batik Pria Agar Mendapatkan Kualitas Terbaik



Halo, temans. Bicara soal pakaian batik, sekarang ini batik pria yang bisa digunakan untuk acara-acara formal sangat mudah ditemukan. Apabila dahulu pakaian batik hanya dikenal sebagai pakaian yang digunakan untuk orang tua saja, tetapi sekarang ini juga banyak anak muda yang menggunakannya. Sehingga wajar ketika anak muda bahkan juga anak kecil menggunakan pakaian dengan motif batik.

tips beli batik pria


Iya, sekarang tuh kalau mau cari baju batik untuk keperluan mendadak, ya mudah saja. Kita bisa membelinya baik secara offline maupun online. Seperti tempo hari, ketika suami bingung mau ke acara nikahan saudara tetapi merasa bajunya kok itu-itu saja. Suami ingin memakai pakaian batik. Ya sudah, suami langsung meluncur ke toko pakaian dekat rumah, dan terbelilah baju batik yang cukup bagus (sesuai seleranya) untuk acara nikahan 😊


Pertimbangan Saat Akan Membeli Pakaian Batik

Nah, ketika akan membeli batik, jangan memilihnya secara sembarangan, ya. Sehingga batik yang kita pilih akan sesuai dengan umur dan tempat. Beberapa pertimbangan mudah yang bisa digunakan untuk mendapatkan batik tersebut adalah sebagai berikut:

Bahan pembuatannya

Langkah pertama untuk membeli batik pria adalah dari bahan pembuatannya. Sama seperti pakaian lainnya, batik juga mempunyai banyak bahan yang digunakan sehingga dapat menentukan kenyamanan ketika digunakan. Seperti untuk pilihan bahan yang terbaik dan nyaman digunakan adalah bahan katun. Bahan ini memberikan kenyamanan terbaik karena dapat menyerap keringat dan bisa nyaman digunakan dalam waktu lama. 

Selain itu juga ada sutra yang merupakan bahan dengan tampilan batik yang mewah. Sedangkan untuk bahan dobby merupakan bahan yang lebih mahal. Bahan ini mempunyai keunggulan karena bahannya yang licin dan halus, sehingga cocok untuk menghadiri acara formal.

Motif batik

Cara selanjutnya untuk membeli batik agar bisa mendapatkan pakaian yang terbaik adalah dengan memilih motifnya. Untuk batik klasik yang sudah lama dikenal misalnya bisa digunakan untuk menghadiri acara yang formal dan untuk kondangan. Seperti motif klasik yang mempunyai warna cokelat, putih, hitam, dan juga motif dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Biasanya batik tersebut cocok untuk kebutuhan formal sehingga akan terlihat rapi.

Sedangkan untuk motif batik yang modern dan mempunyai warna lebih menonjol yang colorful seperti warna biru, hijau, merah, dan lainnya bisa untuk dipadukan sebagai pakaian kerja bahkan juga agar terlihat lebih rapi di tempat nongkrong.

Baca juga: Reuni dan Batik.

Sesuaikan dengan warna kulit

Pertimbangan ketika akan memilih batik selanjutnya adalah dengan menyesuaikan dengan warna kulit. Hal ini tidak hanya perlu untuk membeli batik saja tetapi juga untuk pakaian lainnya agar ketika dipakai tidak terlihat tacky

Misalnya bagi yang mempunyai warna kulit gelap sebaiknya hindari untuk memilih warna batik yang terang atau pastel. Pilih warna hitam, abu, dan juga warna-warna cerah biru dan kuning. Sedangkan bagi yang mempunyai warna kulit cerah bisa memilihnya dengan mudah karena lebih cocok untuk menggunakan warna apapun. Tetapi lebih baik menggunakan warna kalem, putih, dan juga pastel agar bisa terlihat lebih fresh.

Teknik pembuatan

Tips terakhir untuk memilih batik agar mendapatkan produk terbaik adalah dengan memilih teknik pembuatannya. Untuk teknik pembuatan yang banyak digunakan di pasaran adalah batik print. Hal ini membuat batik tersebut mempunyai harga yang lebih murah. Sedangkan untuk batik cap asli atau batik tulis akan mempunyai harga yang lebih mahal dengan kualitas yang tentunya juga bagus.

Baca juga: Nitip Oleh-Oleh Khas Solo.


Seperti yang saya katakan di atas, kita bisa membeli pakaian batik pria baik secara offline maupun online. Untuk pembelian secara online kita bisa membelinya di ZALORA. Tempat belanja ini menawarkan banyak pilihan batik dari batik print, cap, merek, dan juga harga berbeda. Bagi yang mencari merek batik tertentu juga mudah mendapatkannya di tempat ini yang menawarkan produk dijamin orisinal. 

Selain itu juga banyak diskon yang ditawarkan seperti batik Rianty, Praja, Talenta, Arjuna Weda, dan Mayung yang bisa dibeli dengan harga diskon. Produk yang dibeli juga mempunyai garansi dengan 30 hari gratis pengembalian hingga pembelian dengan mudah lewat aplikasi ZALORA.

Nah, tunggu apa lagi? Jika teman-teman membutuhkan pakaian batik pria, tentunya saat ini akan lebih praktis jika membelinya secara online. Apalagi di masa pandemi sekarang, belanja secara online akan lebih aman. Dan, ZALORA bisa jadi pilihan tepat kita untuk berbelanja 😊



1 comment

  1. yes betul, kadang ada yang lupa menyesuaikan warna kulit. jadi agak kontras ya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.