Bersama ASUS VivoBook 15 A516, Berkarya dan Berdaya dari Rumah dengan Optimal


bersama-asus-vivobook-15-a516


Halo, temans. Apa kabar hari ini? Alhamdulillah jika masih diberi kesehatan, ya. Untuk yang sedang sakit, semoga lekas sehat kembali. Dan untuk yang sedang berduka dikarenakan wabah Covid-19 telah merenggut nyawa orang-orang tercinta, semoga lekas semangat kembali untuk berjuang menjalani hari-hari selanjutnya, ya.

Sudah satu setengah tahun, ya, kita sama-sama dilanda pandemi Covid-19. Tentu yang masih bisa bekerja dari rumah sebaiknya maksimalkan semua aktivitas di rumah saja. Namun jika terpaksa harus WFO (Work From Office), ya bismillah, jalani saja dengan hati-hati, tetap tegakkan prokes (protokol kesehatan) di luar rumah.

Saya termasuk yang harus banyak bersyukur karena sebelum pandemi memang sudah di rumah saja aktivitas hariannya. Karena memang saya adalah ibu rumah tangga. Sehingga saat pandemi melanda, aktivitas saya hanya sedikit mengalami perubahan. Bersyukur karena risiko terpapar virus corona lebih rendah. Meski saya juga sadar, saat ini selalu di rumah pun belum tentu bisa selamat dari virus itu. Namun setidaknya lebih kecil risikonya. 

Saya hanya sesekali keluar rumah untuk membeli kebutuhan penting rumah tangga, atau ke sekolah anak-anak untuk urusan administrasi sekolah atau lainnya. Kemudian aktivitas di rumah yang berubah adalah lebih banyaknya mendampingi anak-anak belajar daring πŸ˜Š. 

Sementara itu aktivitas lainnya masih sama. Yaitu mengurus rumah tangga dan... tentu saja ngeblog! Hehe. Ngeblog (mengisi blog ini dengan berbagai tulisan) enggak bisa terpisahkan dari saya sejak sekitar sembilan tahun yang lalu. Awalnya memang just for happy, namun semakin ke sini ngeblog ternyata bisa menghasilkan (uang). Saya pun semakin bersemangat dalam blogging, selain untuk sarana refreshing juga untuk menambah penghasilan 😊. 

Sehingga serepot apapun dalam mengurus rumah tangga dan mendampingi tiga anak PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) plus mendampingi si bungsu bermain, saya tetap menyempatkan menulis untuk blog ini. Ya, saya ingin terus berkarya dalam tulisan melalui blog ini.

Peralatan Ngeblog Sudah Ada, Tapi...

Sebenarnya kalau mau bersyukur, sudah cukup peralatan ngeblog yang saya miliki untuk saat ini. Saya punya PC (Personal Computer) yang dibelikan suami tahun 2011 lalu, dan sebuah smartphone dengan layar 6.3 inci. Tapi... PC saya tampaknya sudah cukup tua untuk diajak kerja lebih cepat. Ya, saat ini dia sudah lemot sekali loading-nya, sehingga seringkali bikin saya geregetan. Apalagi PC, kan, enggak gampang dipindah-pindah. Padahal saya inginnya ngeblog sambil mengawasi anak-anak bermain atau belajar di ruang lain.

Lalu... ngeblog dengan smartphone itu.. yaa... tentu saja sejujurnya kurang lega. Meskipun saya bisa ngeblog sambil mengawasi anak-anak bahkan sambil rebahan, tapi saya juga merindukan bisa bebas ngeblog dengan layar yang jauh lebih lebar dari sekadar 6.3 inci. Hehe. Makanya salah satu harapan besar saya saat ini adalah memiliki laptop untuk aktivitas ngeblog saya.

Alasan lain mengapa saya sangat menginginkan laptop juga karena ingin memberikan fasilitas yang lebih baik untuk anak-anak saya yang saat ini akan naik ke kelas 5 dan kelas 2 SD. Sudah beberapa kali si sulung jika ujian English (dia masuk kelas ICP - International Class Program) ujiannya secara online. Saya kasihan kalau melihat dia sedang ujian menggunakan smartphone, karena tulisan di layar kecil-kecil, sehingga membaca soal-soalnya enggak bisa lega. 

Begitu pula dengan adiknya, beberapa kali juga sudah latihan soal secara online menggunakan smartphone. Sebenarnya bisa, sih, menggunakan PC, tapi ya itu tadi, kerja PC-nya sudah lemot. Hemm.. saya takut anak-anak malah jadi emosi saat mengerjakan soal-soal kalau menggunakan PC. Hahaha.

contoh-soal-ujian-online
Contoh soal ujian online SD (kelas 4 dan 1). Terlihat sangat kecil di layar smartphone.


Maka saya merasa kebutuhan akan laptop ini sebenarnya sudah masuk dalam bagian "kebutuhan penting" bagi kami. Jika sudah punya laptop yang mumpuni, saya bisa bergantian dengan anak-anak menggunakannya. Toh, untuk saat ini mereka hanya kadang-kadang saja butuh. Jadi masih bisa, lah, satu laptop untuk bersama-sama. Hehe.


Kriteria Laptop Idaman Saya Saat Ini

Dari kesibukan sehari-hari kami (saya dan anak-anak) seperti yang tergambar di atas, saya mengidamkan sebuah laptop yang mampu memenuhi kebutuhan kami saat ini. Kriteria laptop idaman saya setidaknya dapat memenuhi kebutuhan berikut:

πŸ’› Bisa mendukung aktivitas blogging dengan lebih lega.

Untuk bisa memenuhi kriteria itu setidaknya layar gadget harus lebih lebar, punya ruang penyimpanan data yang besar, dan bisa membaca data dengan lebih cepat jadi enggak lemot loading-nya.   

Menulis di depan layar yang lebar tentu lebih enak bagi mata dibanding layar kecil. Kerja mata enggak berat jadinya karena enggak perlu memicing-micingkannya. Hehe. Selain menulis, aktivitas blogging lainnya antara lain mengedit foto dan video, blogwalking, hingga belajar banyak hal terkait blogging yang saat ini banyak menggunakan aplikasi meeting online seperti Zoom, Google Meet, dan lain-lain.

πŸ’› Bisa untuk mendampingi anak-anak belajar online dengan lebih leluasa.

Layar yang lega juga sangat dibutuhkan untuk mendampingi anak-anak belajar online. Karena saya bisa ikut menyimak langsung materi yang disampaikan guru. Kalau pakai smartphone, kami harus gantian memegangnya karena layarnya kecil. Selain itu anak-anak juga membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar karena tugas-tugas PJJ mereka banyak menggunakan foto dan video. 

Sebelumnya foto-foto dan video-video mereka banyak yang sudah saya hapus karena memori smartphone sudah penuh. Begitu juga memori PC, sudah hampir penuh. Sebenarnya eman dihapus-hapus, sih. Tapi ya mau bagaimana lagi. Hehe.


Cukup simpel ya sebenarnya kriteria laptop idaman saya saat ini. Namun laptop untuk memenuhi kebutuhan tersebut tentu juga bukan laptop yang biasa. Karena kami ingin dapat berkarya dan berdaya dari rumah dengan optimal melalui laptop yang mumpuni, yang mampu membantu aktivitas kami secara berkualitas dan lebih produktif.


ASUS VivoBook 15 A516, Impian untuk Berkarya dan Berdaya dari Rumah

Beberapa waktu yang lalu saya melihat sebuah laptop yang sepertinya pas untuk kebutuhan kami tersebut di atas. Foto laptop yang menawan hati tersebut saya lihat di akun Instagram @asusid
Ya, rupanya di kuartal kedua 2021 ini, ASUS menghadirkan beberapa lini produk laptop consumer terbarunya, diantaranya dari lini VivoBook. Nama lengkap produk yang saya lirik adalah ASUS VivoBook 15 A516.

asus-vivobook-15-a516

Saya tertarik dengan laptop ini karena pertama kali melihat tampilannya kok tampak simpel tapi elegan. Sekilas melihat laptop ini, layarnya terlihat lebih lebar dari laptop kebanyakan. Kemudian sepertinya tidak terlalu tebal, jadi mungkin cukup ringan. Tapi seberapa lebar sebenarnya ukuran layar laptop ini? Bagaimana dengan bobotnya, performanya, dan lain-lain? Saya pun kepo di Instagram ASUS Indonesia dan juga meluncur ke website ASUS. 
Dan, seperti di bawah inilah gambaran dari laptop ASUS VivoBook 15 A516.

Laptop ini ditujukan untuk segmen mainstream dan juga premium untuk kebutuhan bekerja dan hiburan. Untuk kebutuhan bekerja atau bermain, ASUS VivoBook 15 A516 adalah laptop level entri yang memberikan kinerja bertenaga dan visual yang imersif. Lalu apa saja keistimewaan yang ditawarkan pada ASUS VivoBook 15 A516 ini? Berikut ulasannya:

πŸ’š Desain Memikat

Dihadirkan dengan layar lebih lebar dan luas yaitu 15.6 inci karena untuk memenuhi tren kebutuhan pasar saat ini. FYI, di pasar global termasuk Asia Pacific dan juga negara-negara Asia Tenggara, tren penggunaan laptop untuk kebutuhan sehari-hari sudah mulai bergeser dari layar 14 inci ke layar yang lebih besar, yaitu 15 inci ke atas. Bahkan laptop berukuran layar 16 inci pun akan segera marak digunakan.

Kemudian laptop ini punya layar NanoEdge yang menawarkan sudut pandang lebar 178° (178 degree wide viewing angle) dan lapisan anti-silau matte pada panel Full HD (FHD)-nya. Lapisan anti-silau ini bermanfaat untuk mengurangi gangguan yang tidak diinginkan dari silau dan pantulan yang mengganggu, sehingga kita dapat benar-benar fokus pada apa yang ada di depan kita. Dengan layar yang lebar, pandangan kita juga menjadi lebih luas. Ini penting banget untuk pengalaman menonton yang imersif baik untuk bekerja maupun bermain (hiburan).

wider-screen-vivobook-15-a516

Dengan desain yang memikat seperti itu, insyaa Allah kita bisa lebih semangat berkarya dan merasa nyaman, ya. Kebayang kalau kami benar-benar memilikinya, kami tentu betah di depan layar untuk ngeblog maupun belajar online 😊

πŸ’œ Bergaya & Portabel

Laptop ini punya bobot yang cukup ringan, yaitu hanya 1,8 kg saja! Ringan dan simpel, ya? Dengan bobot itu, laptop ini sangat portabel dan mudah dibawa ke mana-mana. Kalau di rumah, enggak males juga gotong-gotong laptop untuk menulis di ruang manapun. Saya bisa menulis sambil mengawasi anak-anak di ruang manapun dengan mudah!

Jika sesekali bepergian, laptop ini tentu juga enggak memberatkan pundak. Jadi saya bisa membawanya ke mana-mana semisal menginap di rumah saudara, tetap bisa sambil menulis. So, laptop ini juga pas banget untuk gaya hidup dinamis kita. Untuk warnanya, seri VivoBook 15 A516 ini ada pilihan warna Transparent Silver dan Slate Grey yang semuanya cantik. 

transparent-silver-vivobook-15-a516
Transparent Silver.

slate-grey-vivobook-15-a516
Slate Grey.

Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.

πŸ’™ Menyimpan Lebih Banyak Data, Efisien dan Cepat


Nah, sekarang kita lihat performa dari laptop ini. Soal data dan penyimpanan, ASUS VivoBook 15 A516 ini memiliki desain ruang penyimpanan ganda. Wah.. terdengar keren, ya?
Yap, artinya memang kapasitas penyimpanan bisa lebih besar dari kinerja laptop biasanya.

Laptop ini didukung oleh prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-10 dengan RAM 8GB, dan grafis diskrit NVIDIA® MX330. Desain penyimpanan ganda dengan pilihan Solid State Drive (SSD) PCIe® hingga 256GB dan HDD hingga 1TB memberikan kombinasi sempurna antara kapasitas penyimpanan besar dan kecepatan baca/tulis data yang cepat.

Prosesor Intel® Core i5 dan grafis terintegrasi Intel Iris® Plus membuat laptop ini dapat membantu kita menyelesaikan berbagai hal dengan cepat dan efisien.

Dengan spesifikasi seperti itu, laptop ini cocok banget untuk kami karena kami memang butuh storage yang cukup luas. Foto-foto dan video-video pembelajaran daring, file-file materi pelajaran maupun materi blogging, dan lain-lain membutuhkan storage yang enggak sedikit. 

Kecepatan membaca data yang dimiliki oleh laptop ini juga sangat cocok untuk kita yang suka membuat video di Youtube atau channel video apapun itu. Enggak lemot deh jadinya πŸ₯°

πŸ’› Keyboard Ergonomis

Laptop ini didukung dengan backlit keyboard, yaitu dengan lampu latar ukuran penuh. Ini sangat cocok untuk bekerja di lingkungan yang redup. Keyboardnya dirancang secara ergonomis, dengan konstruksi one-piece yang kokoh, dan key travel 1,4 mm memberikan pengalaman mengetik yang nyaman.

backlit-keyboard


Jadi selain layarnya yang lega, keyboardnya juga didesain lega dan disertai lampu latar yang menjadikan kita nyaman mengetik. Hemm.. bikin makin betah ngetik, nih πŸ˜„.

πŸ’› Konektivitas Cepat

Laptop ini dilengkapi dengan port USB-C® 3.2 yang dapat dibalik, menampilkan desain yang memungkinkan menghubungkan perangkat semudah mungkin. Perangkat ini juga memberikan kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat4 daripada koneksi USB 2.0 yang lebih lama. Selain itu juga mencakup port USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan pembaca kartu microSD. Sehingga kita dapat dengan mudah menghubungkan semua periferal, layar, dan proyektor dengan lebih mudah.

input-output-vivobook

Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.


πŸ’› Akses MyASUS dan original software Office Pre-Install

MyASUS adalah cara mudah untuk mengakses aplikasi ASUS praktis yang membantu kita memaksimalkan laptop atau PC desktop kita. Dengan MyASUS laptop ini multitasking dalam menggunakan ponsel iOS atau Android dengan PC kita, juga telah terdapat sejumlah besar unduhan aplikasi populer dan penawaran eksklusif untuk pengguna.

myasus-features

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.

Ya, jadi setiap pembelian laptop ini, kita akan langsung mendapatkan original software Office Pre-Install "Office Home & Student 2019". Tentunya akan sangat membantu kinerja laptop ini untuk memenuhi kebutuhan kita. Terutama untuk anak-anak sekolah dan kuliah, nih. Cocok banget laptop ini buat mereka (termasuk anak-anak saya).

Saya sih mupeng berat sama laptop ini. Membayangkan punya laptop ini di rumah, lalu bisa ngeblog dengan lebih lega, sehingga dapat lebih produktif berkarya. Anak-anak pun dapat menggunakannya saat pembelajaran daring, dan saya dapat mendampingi mereka dengan lebih leluasa di depan layar. Hemm.. asyiknya 😍 


Spesifikasi ASUS VivoBook 15 A516

Nah, berikut ini spesifikasi lengkap dari ASUS VivoBook 15 A516:

Main Spec

ASUS VivoBook 15 A516

Processor

Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Celeron® N4020 Processor 1.1 GHz (4M Cache, up to 2.8 GHz)

Operating System

Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Memory

4GB DDR3 on board
4GB DDR3 on board,4GB DDR4 SO-DIMM
8GB DDR3 on board
4GB DDR4 SO-DIMM,Memory Max Up to:12GB

Storage

1TB SATA 5400RPM 2.5" HDD,256GB M.2 NVMePCIe® 3.0 SSD
256GB M.2 NVMePCIe® 3.0 SSD
512GB M.2 NVMePCIe® 3.0 SSD

Display

15.6-inch,HD (1366 x 768) 16:9,Anti-glare display
15.6-inch,HD (1920 x 1080) 16:9,Anti-glare display
15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,Anti-glare display
15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,IPS-level Panel,Anti-glare display

Graphics

NVIDIA® GeForce® MX330,2GB GDDR5
Intel® UHD Graphics 600

Input/Output Ports

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 1 Type-C, 2x USB 2.0 Type-A, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x DC-in,
Micro SD card reader (on selected model)

Camera

VGA camera

Network and Communication

Wi-Fi 5(802.11ac)+Bluetooth 4.1 (Dual band) 1*1

Audio

SonicMaster, Audio by ICEpower®, Built-in speaker, Built-in microphone with Cortana support

Battery

37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion

Security

BIOS Booting User Password Protection
Trusted Platform Module (Firmware TPM)
McAfee LiveSafe™ 30-day trial
Fingerprint sensor intergrated with Touchpad
Security Lock

Dimensions (W x D x H)

36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm (14.18" x 9.25" x 0.78" ~ 0.78")

Weight

1.80 kg (3.97 lbs)

Color

 

Slate Grey
Transparent Silver

Expansion Slots (includes used)

1x DDR4 SO-DIMM slot
1x M.2 2280 PCIe 3.0x2
1x STD 2.5” SATA HDD

Keyboard & Touchpad

Backlit Chiclet Keyboard with Num-key

Power Supply

ΓΈ4.0, 45W AC Adapter, Output: 19V DC, 2.37A, 45W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
ΓΈ4.0, 65W AC Adapter, Output: 19V DC, 3.42A, 65W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
ΓΈ4.0, 33W AC Adapter, Output: 19V DC, 1.75A, 33W, Input: 100-240V AC 50/60Hz universal

Built-in Apps

McAfee
MyASUS

MyASUS Features

AppDeals, System diagnosis, Battery health charging, Splendid, Tru2Life, Function key lock, Smart WiFi, Link to MyASUS

Microsoft Office

Office Home and Student 2019 included

Regulatory Compliance

Energy star

Included in the Box

Backpack

Price

Rp 5.299.000 (Celeron® N4020/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD)

Rp 5.399.000 (Celeron® N4020/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD)

Rp 7.599.000 (Core™ i3/HD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Rp 7.899.000 (Core™ i3/FHD/Intel UHD Graphics/4GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Rp 7.799.000 (Core™ i3/FHD/GeForce MX330/4GB/256GB SSD)

Rp 8.199.000 (Core™ i3/FHD/GeForce MX330/4GB/512GB SSD)

Rp 10.999.000 (Core™ i5/FHD/GeForce MX330/4+4GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Rp 11.099.000 (Core™ i5/FHD/GeForce MX330/8GB/256GB SSD + 1TB HDD)

Warranty

2 years global warranty



Semoga kami dapat memiliki laptop impian tersebut. Saya berharap, bersama ASUS VivoBook 15 A516, berkarya dan berdaya dari rumah dengan optimal dapat kami wujudkan. Dengan layar yang lebih lebar, kami bisa lebih produktif dan impian kami pun bisa lebih besar. Aamiin.

***


Artikel ini diikutsertakan dalam "ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition" bersama dewirieka.com.




1 comment

  1. Semoga wabah ini cepat berlalu dan bisa kembali normal. Keren mbak tulisannya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.