Pages

SPOTS, Mesin EDC Gopay yang Makin Pintar


Sudah lumayan lama saya membaca tentang SPOTS. Mungkin teman-teman juga sudah pernah membacanya atau bahkan sudah menggunakannya? Hehe. Jadi saya penasaran, dong, seperti apa, sih, SPOTS itu? Katanya itu semacam kasir online dengan mesin EDC Gopay gitu. Nah, beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan untuk tahu lebih dekat dengan SPOTS ini. Oke, berikut ini pengalaman saya..



Liburan sekolah akhir tahun kemarin saya dan suami mengajak anak-anak ke Transmart Studio di Sidoarjo. Teman-teman tahu, kan, ini tempat apa? Yap, Transmart ini merupakan tempat belanja segala macam kebutuhan, tempat refreshing, tempat bermain buat anak-anak (dewasa juga bisa 😁), dan tentu saja tempat yang asyik juga buat menikmati berbagai kuliner alias buat makan-makan. Hehe. Kalau kami sendiri, tujuan utama kami ke sana tentu saja untuk memuaskan anak-anak bermain. Dan alhamdulillah anak-anak seneng banget main-main di sana 😁.

Baca juga: Bermain dan Refreshing di BDI (Bukit Dhoho Indah) Kediri.

Cari makanan dan minuman di foodcourt 😁.

Nah, setelah main-main sepuasnya, kami capek dan lapar, dong. Maka meluncurlah kami ke foodcourt di lantai dasar. Kami membeli beberapa makanan dan minuman. Eits, saat melirik ke bagian kasir di sebuah gerai, saya lihat ada sebuah alat yang bertuliskan "SPOTS". Batin saya, "Oh, itu yang dinamakan SPOTS...". Saya pun jadi kepo ke mbak kasirnya. Hehe. Jadi seperti inilah SPOTS..



Apa itu SPOTS?

Jadi SPOTS adalah aplikasi kasir online (sistem Point of Sale) untuk mengelola pesanan. SPOTS ini merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK, atau powered by Gojek, gitu. SPOTS merupakan aplikasinya, sedangkan dalam pengoperasiannya dia menggunakan mesin EDC Gopay. Jadi bisa dibilang SPOTS adalah mesin kasir punyanya Gojek.
Udah kebayang, belum? Hehe. Penampakan SPOTS, ya, seperti dalam foto ini..



Ukurannya hampir sama dengan smartphone, ya. Segenggaman tangan. Nah, SPOTS ini ditujukan untuk UMKM hingga pemilik franchise untuk memudahkan transaksi mereka. Saat ini, SPOTS sudah digunakan oleh lebih dari 15.000 outlet di seluruh Indonesia.


Fitur-fitur SPOTS

SPOTS itu bisa digunakan untuk apa saja, sih? Agar lebih jelas, mari kita lihat fitur-fitur SPOTS berikut ini:

☕ Mengatur Menu
SPOTS bisa diisi manual atau dengan mengimpor data menu GoFood, lalu kita atur jumlah, foto, harga, serta kategori menu sesuai kebutuhan.

☕ Menerima Pesanan GoFood
Kita bisa mendapatkan notifikasi real-time setiap menerima pesanan dari GoFood. Hal ini tentu saja hanya berlaku bagi para partner yang sudah terdaftar, ya.

☕ Menerima Pembayaran GoPay dan Kartu Debit
Pelanggan bisa membayar dengan berbagai macam metode pembayaran non tunai, baik dengan GoPay maupun kartu debit. Bahkan dalam beberapa bulan ke depan pelanggan juga bisa membayar dengan kartu kredit.


Pembayaran dengan GoPay.

☕ Mencatat Ragam Tipe Pembayaran
Kita bisa mencatat dan mengetahui tipe pembayaran yang sering digunakan pelanggan.

☕ Mencetak Resi Instan
Perangkat SPOTS ini dilengkapi dengan printer. Jadi tidak perlu mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi.

☕ Mendapatkan Laporan Harian
SPOTS dapat memonitor perkembangan omzet melalui rekap yang dapat dipantau melalui aplikasi atau email yang dikirim setiap hari.

Melihat fitur-fitur tersebut di atas, SPOTS merupakan sebuah POS + EDC + Printer: All in One Device. Dan, dengan berbagai fitur yang integratif dan berkualitas tersebut, pemilik SPOTS hanya perlu membayar biaya Rp.4.900,00 per hari. Sedangkan biaya pendaftarannya sebesar Rp.490.000,00. Cukup terjangkau, ya?

Cara Menggunakan Mesin EDC Gopay

Oh, ya...
By the way, mesin EDC Gopay seperti yang telah disebutkan di atas itu maksudnya gimana, ya? Dan apa itu sistem Point of Sale (POS)? Hehe. Yuk, kita pahami dulu apa itu mesin EDC dan sistem POS 😊.

Jadi.. Electronic Data Capture atau EDC adalah sebuah alat penerima pembayaran yang dapat menghubungkan antar rekening bank. Mesin ini diterbitkan oleh perbankan dan dapat terkoneksikan dengan server perbankan. Biasanya bentuk mesin EDC ini seperti telepon genggam model lama dengan layar yang kecil. (tapi kalau mesin EDC Gopay layarnya sudah enggak kecil lagi, ya. Kurang lebih ukurannya 6 inchi.).

Lalu bagaimana cara menggunakan mesin EDC Gopay tersebut?
  • Jika pelanggan membayar menggunakan GoPay, pelanggan hanya perlu scan kode QR lalu dana akan langsung masuk ke akun GoPay pemilik (penjual).
  • Jika pelanggan membayar menggunakan kartu debit, kasir terlebih dahulu menggesek kartu debit milik konsumen dan menunggu hingga proses transmisi selesai. Kemudian kasir memasukkan jumlah nominal pembelanjaan pelanggan ke dalam mesin EDC ini. Setelah itu pelanggan memasukkan PIN kartu untuk menyetujui nominal pembayaran.

Jika transaksi berhasil, maka akan keluar struk bukti transaksi dari mesin EDC. Jika menggunakan kartu debit, maka saldo rekening pelanggan akan langsung terpotong. Demikian juga jika menggunakan GoPay, saldo akan terpotong otomatis.

Baca juga: Cara Mudah Memulai Bisnis Online Tanpa Modal.


Pembayaran dengan menggunakan kartu debit.

Sementara itu, sistem POS (Point of Sale) adalah suatu sistem yang digunakan oleh berbagai macam usaha ritel untuk menyelesaikan transaksi jual beli. Sistem POS ini melengkapi penggunaan mesin EDC. Karena POS bisa menghindarkan kesalahan operator/kasir dalam melakukan input data baik ke komputer ataupun ke mesin EDC. POS bisa merevisi kesalahan input data, sehingga kesalahan input tidak akan berakibat fatal dan menyulitkan berbagai pihak. Maka dari itu mesin EDC dan sistem POS perlu dihubungkan. 

Nah, SPOTS dengan mesin EDC Gopay, sesuai namanya bisa menerima pembayaran dengan dompet digital Go-Pay. Tapi tunggu dulu, kalau sebelumnya hanya mengandalkan Go-Pay, kini SPOTS sudah bisa mendukung pembayaran dengan kartu debit. Yap, SPOTS juga memfasilitasi mesin EDC dengan kartu debit. Dan rencananya, dalam beberapa bulan ke depan sudah bisa menggunakan kartu kredit juga. Dengan demikian, SPOTS merupakan mesin EDC pertama yang memiliki opsi melakukan pembayaran dengan 3 macam cara ini.
Wah, makin pintar saja, ya, kasir online punyanya Gojek ini 😊.

Oh ya, untuk saat ini, SPOTS dengan mesin EDC Gopay menerima pembayaran dari semua kartu debit yang diterbitkan di Indonesia, dengan teknologi chip terbaru.



Itulah pengetahuan tentang SPOTS dengan mesin EDC Gopay. Untuk teman-teman yang sedang atau akan berbisnis, mungkin bisa mempertimbangkan menggunakan SPOTS dengan mesin EDC Gopay tersebut untuk kasirnya. Tentunya pekerjaan keuangan akan lebih mudah dan terbantu banget dengan SPOTS ini. Dan bagi pelanggan, menguntungkan sekali jika kita berbelanja di merchant-merchant yang menggunakan SPOTS. Belanja jadi lebih praktis. Enggak perlu bingung jika kita sedang kehabisan uang cash, kita bisa membayar dengan Gopay atau menggunakan kartu debit. Beres, kan? Hehe.

Begitu pula yang saya lakukan saat jalan-jalan di Transmart seperti yang saya ceritakan di awal tulisan ini. Saat itu saya memang bawa uang tunai, sih, selain ada saldo Gopay dan bawa kartu debit juga. Tapi lain waktu, saya enggak akan merasa khawatir, lah, jika enggak bawa uang tunai. Bisa bayar pakai Gopay, atau gunakan kartu debit. Asyikkk! 😁 

Saya di depan sebuah merchant yang menggunakan SPOTS untuk kasirnya 😊.

Terakhir, info selengkapnya mengenai SPOTS bisa mengunjungi websitenya di:
https://spots.co.id

Atau juga bisa main-main ke akun Instagram SPOTS di: https://www.instagram.com/spots.id/


*****
Referensi:
https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/mesin-edc/
https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/apa-itu-point-of-sale-pos/



Diah Kusumastuti

Saya seorang ibu rumah tangga dengan 4 orang anak, Faiq, Fahima, Fauzia, dan Fahri. Asli Solo tapi sekarang berdomisili di Sidoarjo. Suka menulis tentang apa saja selama itu positif dan sebisa mungkin memberi manfaat bagi yang membaca. Menulis bagi saya adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :) Email: d3kusumastuti@gmail.com

18 comments:

  1. Mesin EDC SPOTS Gopay membantu sekali ya ini baik bagi pelaku usaha maupun pembeli. Salut buat inovasinya. Bikin pengelolaan keuangan usaha jadi lebib baik lagi dan pembeli lebih mudah jadinya

    ReplyDelete
  2. Ada kerabat yang punya usaha Rawon Lombok dan pakai SPOTS ini di tempat usahanya. Akhirnya kapan hari saya tanyakan, apa sih bagusnya pakai SPOTS? Katanya jadi lebih praktis, kalau ada orderan Go-Food pun langsung masuk ke sistem, sedetail-detailnya, jadi mereka bisa langsung siapkan apa yang dipesan. Saat driver datang, ya tinggal bayar, dan ambil pesanannya. Gak perlu nunggu lama lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah bagus banget ini. Jadi driver ga usah nunggu kelamaan ya karena sudah disiapkan pesanannya, waktu mereka juga lebih efektif kejar poin lagi. Soalnya pengalaman di daerah teman gofood suka ga mau nerima orderan, mungkin biayanya ga sebanding sama effort mereka antri dan antar

      Delete
  3. Makin canggih ya perkembangan SPOTS. Terakhir tahu, baru bisa bayar pake Go-Pay. Rupanya sekarang dah bisa.kartu debit. Sayang banget kalo UMKM tak memiliki SPOTS dan tidak terdaftar di Go-Food.

    ReplyDelete
  4. Asik ya mba ada spots ini aku baru tahu nih jadi lebih memudahkan banget ya mba baru tahu banget tentang SPOTS ini

    ReplyDelete
  5. Aku uda makin sering liat org pake spots ini. BerRarti byk yg pake dan cocok ya

    ReplyDelete
  6. waaah makin lengkap aja nih GOjek...
    udah punya EDC sendiri juga
    kreatif dan ninovatif banget
    Gojek nih emang gila2 yaa investasinya

    ReplyDelete
  7. Keren ya inovasi Gojek, bikin mesin EDC tapi untuk pengusaha kecil dan menengah, jadi lebih praktis dan rapi pencatatan transaksi para pedagang..

    ReplyDelete
  8. Dangan sistem point of sales begini jadi praktis dan mempermudah pelanggan juga ya mva

    ReplyDelete
  9. Selain bermanfaat untuk penjualnya, SPOTS ini juga memudahkan pembeli ya. Kadang kan pusing tuh kalau harus bayar jumlah tertentu dan entar ga ada kembalian. Yaah... kita yang beli kok malah jadi pusing gitu kan ya soal kembalian sehingga harus nyiapin uang pas. Dengan SPOTS ini, kita bisa leluasa membayar, mau pake Gopay ataupun kartu debit sama-sama mudah deh.

    ReplyDelete
  10. Wah.. transaksi keuangannya makin mudah ya sekarang. Dulu kalau ada tempat makan yang pakai SPOTS, masih hanya support bayar pakai Go-Pay kalau enggak bayar cash, eh, sekarang udah bisa pakai kartu debitnya juga. Benar-benar kemajuan ini. Mempermudah bikin laporan baik harian, mingguan, atau bulanan. Mantap nih mesin SPOTSnya.

    ReplyDelete
  11. Untuk anak cashless kayak saya gini, seneng banget pasti kalau jajan ditempat yang sudah pakai SPOT karena tinggal scan QR code saja. Tapi memang beberapa tempat makan UMKM yang saya jumpai sudah menggunakan SPOT.

    ReplyDelete
  12. Mesin EDC SPOT ini memudahkn penjual dan pembelinya ya, Mba. Buat pembeli jadi ga perlu bawa2 uang tunai banyak2. Buat penjualnya, ga perlu mesin kasir yang besar. Mesin kasirnya bisa dibawa2 samperin customer ya.. ^_^

    ReplyDelete
  13. mesin EDC SPOTS ini makin memudahkan kita ya, cashless, lupa bawa uang gpp asal jagna lupa bawa hp & kartu debit ya hihi
    seemoga semakin banyak umkm yang pakai, sehingga bisa menaikkan omset umkm

    ReplyDelete
  14. Inovasi dari GOJEK ini membantu pelaku UMKM dalam pengelolaan keuangan ya, membantu pelanggan juga mempermudah pembayaran cashless

    ReplyDelete
  15. Mesin ini lebih simple ya kayanya. Kalau punya usaha kayanya worth juga kalau punya ini.

    ReplyDelete
  16. Menyenangkan sekali ya kalau stand makanan kecil di foodcourt sekarang sudah bisa cashless semua, bisa bayar pakai gopay atau kartu debit.

    ReplyDelete
  17. EDC Spots ini makin simpel dan mempermudah yang doyan jajan kayak aku juga ga ribet

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.