Tuesday, 23 May 2017

PRUprime Healthcare Syariah, Asuransi Jiwa Syariah untuk Semua



PRUprime Healthcare Syariah, Asuransi Jiwa Syariah untuk Semua
Always Listening. Always Understanding. Teman-teman pasti sudah akrab dengan tagline ini, kan? Pastinya, ya, karena di berbagai media massa slogan ini telah sering muncul. Yap, itulah tagline dari PT. Prudential Life Assurance, salah satu penyedia jasa asuransi jiwa di Indonesia. Prudential Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1995 ini, ternyata telah genap 10 tahun berkiprah dalam pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia. Dan, dalam rangka perayaan 10 tahunnya ini, Prudential Syariah memperkenalkan PRUprime healthcare syariah.

Apa itu PRUprime healthcare syariah
Sebelum lanjut, banyak dari kita khususnya yang muslim, masih ragu dengan yang namanya asuransi. Bener, gak? Hehehe. Soalnya gambling atau untung-untungan, gitu :). Nah, sebenarnya gimana, sih, asuransi itu? Lalu, asuransi syariah, apa bedanya dengan asuransi biasa (konvensional)? Kita boleh nggak, sih, ikut asuransi? Hehe. Yuk, kita cari tahu sama-sama :).

Pada dasarnya asuransi syariah menggunakan prinsip tolong-menolong (takafuli), yaitu nasabah satu dengan nasabah yang lain berusaha saling menolong. Maksudnya, klaim nasabah akan dibayarkan dengan menggunakan dana yang terdapat di dalam rekening tabarru' (dana sosial). Rekening ini adalah kumpulan dana seluruh peserta asuransi syariah, yang digunakan untuk membantu nasabah lain yang mengalami musibah.



Dalam asuransi syariah, para nasabah dan perusahaan berbagi risiko (risk sharing), bukan risk transfer seperti dalam asuransi konvensional. Demikian pula sebaliknya, asuransi syariah membagi hasil keuntungan investasi ke seluruh peserta dan perusahaan (surplus sharing). Satu lagi perbedaan yang mencolok, asuransi syariah diawasi dengan ketat oleh Dewan Syariah Nasional (DSN).

Prudential Indonesia sebagai salah satu perusahaan penyedia jasa asuransi jiwa juga memiliki unit asuransi jiwa syariah. Selaras dengan prinsip-prinsip asuransi syariah tersebut, prinsip takafuli juga diterapkan di sini. Sehingga dalam pelaksanaannya ada dua akad, yaitu akad antara nasabah dengan pihak Prudential sebagai pengelola dana tabarru', dan akad antara sesama nasabah. Di Prudential Syariah, pengawasan dilakukan oleh Dewan Pengawas Syariah yang berada di bawah DSN. 


Apa itu PRUprime healthcare syariah? 
Seperti dalam tagline-nya, Prudential selalu berusaha mendengarkan kebutuhan dan memahami solusi bagi masyarakat, khususnya nasabah. “Listening to your needs, understanding your solutions”. Dengan pengalamannya selama 20 tahun sebagai penyedia jasa asuransi jiwa yang terdepan di Indonesia dan 10 tahun memimpin pasar asuransi jiwa syariah di Indonesia, Prudential dengan percaya diri meluncurkan PRUprime healthcare syariah (PPH Syariah). PPH Syariah ini merupakan produk tambahan yang dapat ditambahkan pada produk asuransi dasar, yaitu manfaat tambahan dari produk PRUlink Syariah Assurance


Pengenalan PRUprime healthcare syariah di hadapan para awak media dan bloggers. (credit: Budiono, blogger)


Pengenalan PPH Syariah kepada masyarakat Surabaya dilakukan pihak Prudential dalam event perayaan Prudential Syariah 10th Anniversary pada tanggal 16 Mei 2017 kemarin, di Pakuwon Center Tunjungan Plaza 5, Surabaya. Dalam event press conference tersebut hadir beberapa narasumber, yaitu Nini Sumohandoyo (Corporate Marketing, Communications and Sharia Director Prudential Indonesia), Rinaldi Mudahar (Country CEO, Prudential Indonesia), Ahmad Nuryadi (Sharia Supervisor Broad Prudential Indonesia), dan Paradikma Subawa (Product Planning and Development, Prudential Indonesia).

Dalam kesempatan bersama para awak media dan bloggers tersebut ibu Nini Sumohandoyo menjelaskan, bahwa PPH Syariah dimunculkan bagi nasabah yang menginginkan perlindungan berdasarkan prinsip dan nilai-nilai universal syariah.
“PRUprime healthcare syariah merupakan produk asuransi rawat inap berbasis syariah yang membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan, dengan jangkauan global dan manfaat yang dapat berkembang. Produk ini diluncurkan karena Prudential senantiasa mendengarkan dan memahami kebutuhan masyarakat Indonesia yang menginginkan perlindungan berdasarkan prinsip dan nilai-nilai universal syariah.” 


Para narasumber dalam press conference 10 tahun Prudential Syariah. (credit: Budiono, blogger)


Dari penjelasan tersebut dapat kita lihat bahwa PRUprime healthcare syariah ini merupakan produk asuransi jiwa syariah untuk rawat inap yang komprehensif, ya. Ada beberapa keunggulan inovatif dari PPH Syariah yang bisa dijabarkan dari kalimat ibu Nini tersebut, yaitu:
  • Adanya fitur yang akan membayar biaya rumah sakit sesuai tagihan, sehingga nasabah bisa lebih fokus terhadap pemulihannya. Produk ini dirancang khusus dengan berbagai manfaat pembayaran biaya rawat inap, rawat jalan, tindakan bedah, dan manfaat lainnya. Tersedia 6 pilihan santunan (plan) yang dapat diambil dengan menyesuaikan kebutuhan besarnya perlindungan kita, termasuk biaya kunjungan dokter spesialis yang dihitung berdasarkan per tipe spesialis.
  • Menawarkan manfaat yang terus berkembang (no claim bonus). Yaitu Prudential Indonesia akan memberikan penambahan sebesar 10% dari batas manfaat tahunan awal jika tidak ada klaim yang dilakukan selama satu tahun polis berjalan. Penambahan tersebut bisa diberikan hingga maksimal 50% dari batas manfaat awal, sehingga perlindungan dapat terus terjaga di tengah biaya pengobatan yang terus meningkat setiap tahunnya. Fitur ini merupakan yang pertama di industri asuransi jiwa syariah.
  • Adanya fasilitas PRUprime saver, yaitu fasilitas pilihan yang memungkinkan kita untuk mendapatkan biaya asuransi yang lebih murah, jika kita memilih untuk menanggung sendiri sejumlah biaya rawat inap hingga batas tertentu, sesuai plan yang kita pilih. 
  • Adanya PRUprime limit booster, yaitu sejumlah dana tambahan yang dapat digunakan apabila seluruh batas manfaat tahunan telah terpakai. PRUprime limit booster dapat menambah Batas Manfaat Tahunan sesuai plan yang dipilih, yaitu sebesar selisih biaya kamar rawat inap apabila peserta menjalani rawat inap di kamar yang lebih rendah dari pilihan plan. Apabila digabungkan dengan batas manfaat tahunan, maka fitur ini dapat memberikan dana tambahan hingga Rp 35 miliar, yang merupakan nilai perlindungan rawat inap tertinggi di Indonesia. 
  • Menawarkan perlindungan global (global coverage), yaitu perlindungan yang lebih luas sampai ke seluruh dunia (termasuk nasabah bisa melakukan perawatan inap dalam kondisi darurat di Amerika Serikat). Produk ini pun memberikan fasilitas perawatan secara cashless di jaringan rumah sakit yang luas di Indonesia, Singapura dan Malaysia, di mana nasabah cukup menunjukkan kartu PPH Syariah tanpa harus mengeluarkan uang sendiri. 
  • Terdapat manfaat Santunan Dana Marhamah, atau santunan kasih sayang. Santunan ini akan diberikan jika peserta yang diasuransikan meninggal dunia.   

Sejak masuk di segmen asuransi jiwa syariah pada tahun 2007, Prudential Indonesia bisa menempati posisi pemimpin pasar, dengan kontribusi bruto dana tabarru' per akhir tahun 2016 sebesar Rp 2,2 triliun. Prudential Indonesia juga mencatat lebih dari 510,000 polis syariah yang aktif, serta aset sebesar Rp 3,4 triliun. Berbagai prestasi atau penghargaan pun telah berhasil diraih oleh Prudential dalam bidang asuransi jiwa syariah, sebagai tanda keberadaannya di posisi atas asuransi jiwa syariah di Indonesia.


Beberapa penghargaan yang diperoleh Prudential Indonesia. (credit: www.prudential.co.id)






Beberapa penghargaan terbaru (tahun 2016) yang diraih adalah "The Best Islamic Life Insurance, Sharia Unit - Asset > IDR 250 Billion", "1st Rank The Most Provitable Investment Islamic Life Insurance, Sharia Unit - Asset > IDR 250 Billion", dan "1st Rank The Best Islamic Life Insurance, Sharia Unit - Asset > IDR 150 Billion". 
Wow.
"Setelah satu dekade beroperasi di industri asuransi jiwa Syariah, Prudential akan terus memegang teguh komitmennya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya perlindungan keuangan, dalam hal ini yang berbasis syariah, dan juga komitmen kami untuk berkontribusi pada pertumbuhan perekonomian syariah negara serta memberi kembali kepada masyarakat,” demikian dijelaskan oleh ibu Nini
Oh iya, perlu digarisbawahi kembali bahwa PPH Syariah ini meskipun namanya ada kata "Syariah" tapi bukan untuk umat Islam saja, lho. Kalau di Indonesia biasanya istilah-istilah bahasa Arab identik dengan Islam, ya? Hihihi. Tapi, PRUprime Healthcare Syariah, Asuransi Jiwa Syariah untuk Semua. Ya, untuk muslim maupun non muslim. Karena memang asuransi ini berdasarkan prinsip dan nilai-nilai universal syariah, yang seperti kita tahu adalah "rahmatan lil 'alamin", untuk semua. Makanya, dalam perayaan 10 tahun Prudential Syariah ini mengusung tema "10 Tahun PRUsyariah untuk Semua"#PRUsyariahuntuksemua




6 comments:

  1. Ini insurance yg sangat bisa diandalkan mba
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  2. luar biasa. thank you prudential syariah

    ReplyDelete
  3. Penghargaanya banyak berarti memang bisa dipercaya nih prudential. Ntar deh coba

    ReplyDelete
  4. Sudah 10 tahun dan penghargaannya sudah banyak. layak dipercaya nih.

    ReplyDelete
  5. Dari dahulu kala, Prudential sudah terpercaya. Kalau ada yang syariah kayak gini jadi makin hebat

    ReplyDelete
  6. emang prudential layak untuk jadi pilihan nomer 1

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Herbadrink Blog Competition

Herbadrink Blog Compeition: Life Style Story with Sari Temulawak

Priceza


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law