Saturday, 26 November 2016

Jadi Ibu Dituntut Up-to-date!





*SPONSORED POST

Hai, temans. Ada yang belum menikah? Ada yang belum lama jadi ibu baru? Gimana rasanya? Kalau saya, seperti juga yang banyak dirasakan oleh para ibu lainnya, jadi ibu itu berjuta rasanya :). Apalagi untuk ibu yang punya anak-anak kecil dan sehari-harinya full di rumah seperti saya (stay at home mom), rasanya harus menjadi orang yang benar-benar multitasking

Harus bisa memasak sambil bolak-balik nemenin anak main di ruang tengah, cuci piring sekalian mengajari anak tentang kebersihan dan mengasah motoriknya, makan sambil menemani anak belajar membaca dan menulis, dan sebagainya. Oiya, ternyata, jadi ibu juga dituntut up-to-date! Harus tahu info-info terbaru atau berita-berita terkini. Seperti kisah saya, nih, ketika si sulung saya yang duduk di bangku Taman Kanak-Kanak suka menceritakan kembali tentang obrolan-obrolannya dengan teman-temannya di TK. 

“Itu lho, Mi, beli kartunya dulu, trus nanti download game-nya di hape, trus nanti bisa dimainin kartunya… Gitu kata mas Esa…” 
Sejenak mikir, ohhh… ini anak mau main Augmented Reality rupanya. 

Di lain waktu… 
“Ini namanya Lego Chima…” kata si sulung sambil terus menggambar dan mewarnai gambar lego di depannya. 
“Oh… yang seperti di YouTube itu, ya…” sahut saya sok tau. Padahal diam-diam saya mulai mengetikkan keyword di hape, nyari tau seperti apa yang namanya Lego Chima itu :D.

Itu masih TK, ya. Saya jadi ngebayangin, beberapa tahun ke depan seperti apa pertanyaan-pertanyaannya, seperti apa diskusi kami. Mungkin kalau si sulung saat ini sudah SD, dia akan banyak bertanya soal berita-berita ter-update saat ini. Bayangin kalau misalnya dia baca berita di internet (karena kami memang tak punya televisi, jadi segala berita dan entertainment didapat dari internet), “Donald Trump Presiden Amerika Sindonews.” Trus dia akan tanya ke saya tentang pemilihan presiden, asal-usul presiden terpilih tersebut, dan seterusnya. Kalau saya enggak up-to-date, gimana, dong? 

Nah, gimana caranya biar bisa selalu up-to-date? Ada beberapa cara, nih, menurut pengalaman pribadi saya. Jadi seperti ini: 
  • Sering-sering saja baca berita terkini. Bisa melalui koran jika memang berlangganan koran, atau menyimak berita-berita di televisi (jangan hanya infotainment dan drakor aja, ya, yang ditonton. Haha…) dan radio. Bisa juga seperti saya, baca berita di internet. Zaman sekarang eranya digital, cari berita terkini tinggal klik-klik dari hape :). 
  • Ikut komunitas yang mendukung dan simak diskusi-diskusi di dalamnya, bisa online atau offline. Misalnya sebagai blogger saya ikut komunitas blogger. Di sana saya bisa banyak tahu tentang berita-berita terkini, apa-apa yang lagi hits saat ini, dan semacamnya. Jadi ikut komunitas biar wawasan kita enggak tertinggal. 
  • Sesekali ngobrol dengan orang lain (khususnya sesama ibu-ibu) baik tetangga atau wali murid tentang perkembangan terkini di sekitar atau perkembangan anak-anak. Jadi jangan ngegosip saja, ya. Hihi. Sehingga kita bisa tahu informasi-informasi tersebut. 
  • Banyak ngobrol dengan anak. Ajak anak untuk menceritakan kembali kegiatannya di sekolah, interaksinya dengan teman-temannya, atau dengan pengajarnya. Biasanya dari sana kita bisa tahu hal-hal ter-update dari anak-anak. 

Itu saja, sih, kalau tips dari saya. Tampaknya sederhana, ya. Tapi di sela kesibukan sebagai ibu rumah tangga, kadang hal-hal yang terlihat sederhana itu tak bisa dijalankan dengan mulus. Kalau saya, seringkali kalah dengan keasyikan menulis. Hehe. Maka yang perlu diperbaiki kembali adalah manajemen waktu. Luangkan sedikit waktu untuk membaca dan berinteraksi dengan sekitar! 


Laman Sindonews.com.


Nah, jadi, kalau misalnya anak saya nanti tanya-tanya tentang judul berita terkini yang dibaca seperti, “Donald Trump Presiden Amerika Sindonews,” saya sudah siap dengan jawabannya. Setidaknya, saya sudah tahu garis besar beritanya. Kalau kurang lengkap, tinggal browsing lagi di internet. Sindonews.com memang bisa menjadi salah satu pilihan sumber bacaan berita terkini. Berita internasionalnya juga termasuk lengkap. Dari Amerika, Timur Tengah, Asia Pasifik, Eropa, hingga berita dari Afrika. 

Maka selain harus bisa  multitasking, seorang ibu itu dituntut untuk selalu up-to-date! Biar enggak melongo aja kalau diajak anak ngobrol :D. Dan pastinya, tantangan di masa depan akan lebih banyak. Ketika anak beranjak remaja, kita juga harus tahu bahasa-bahasa mereka yang alay itu, tempat-tempat nongkrong yang nge-hits, dan sebagainya. So, sudah siapkah kalian adik-adik perempuan untuk menjadi ibu? Lalu bagaimana dengan teman-teman yang sudah menjadi ibu? Sharing, yuk!



7 comments:

  1. benar banget Mba Diah, selain multitasking para ibu juga harus apdet, kan malu bila gak bisa menjawab pertanyaan anaknya, hehe

    duh, udah berapa lama saya gak main ke sini yah? rasanya udah lama banget euy!

    ReplyDelete
  2. penting banget buat selalu update buat semua orang... apa lagi seorang ibu :d

    ReplyDelete
  3. Betul banget nih, ibu harus bisa mengimbangi obrolan anak2.

    ReplyDelete
  4. Kalau anakku lagi pada masa-masa banyak tanya yang dak berkesudahan Mba', untungnya dia masih balita, kalo nanti sudah besaran dikit ya kudu nyuri-nyuri waktu liat google, haha

    ReplyDelete
  5. setuju banget jadi ibu harus up to date...jadi bisa nyambung kalau diajak ngomong anak2 he3...harus nambah ilmu terus ya mbak

    ReplyDelete
  6. Anak2ku sudah remaja mbak, tapi aku malah lebih update dari mereka kalau soal berita2 hahahaaa... karena mereka sibuk belajar & kegiatan sekolah. Kalau pegang gadget juga di group teman2 kelasnya aja. Nggak sempat IG-an, bahkan ngggak mau punya akun FB. Paling2 ngeyoutube sebentar cari lagu atau film.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law