Tuesday, 13 October 2015

Go For It: Berbagi Cerita?



Foto yang diedit dengan aplikasi PhotoCollage dan menu edit di hape.



Apa kabar pertengahan Oktober? Apa kabar blog? Hehe… daripada blog ini semakin lumutan, saya pengen bercerita tentang kegiatan blogging, ah. Itu tuh, seperti yang dilakukan teman-teman blogger untuk mengikuti Blog Competiton-nya Emak Gaoel :). Kompetisi blog nan keren ini memberikan pertanyaan: “apa yang sedang kamu kejar dalam kegiatan bloggingmu?”

Wew, pertanyaan yang menantang buat saya. Karena, apakah saya akan menjawabnya dengan membuat sebuah rencana hebat untuk memotivasi diri sendiri lalu berusaha mewujudkannya? Ataukah saya akan bercerita apa adanya yang terjadi sekarang ini pada saya dengan resiko akan membuka aib sendiri? Hahaha…. Segitunya, sih :D. 

Dan setelah merenung beberapa saat (halah), saya memutuskan untuk bercerita apa adanya! Yeayyy…. I feel free…!! Saya akan bebas bercerita apa adanya tanpa harus jaim! So, tulisan di bawah ini 100% curhat pribadi tentang kegiatan blogging saya saat ini. Hehehe…  

*** 

Di era yang semakin maju ini, di mana para blogger saling berpacu dalam meningkatkan mutu blognya, lalu bagaimanakah dengan saya? Apakah saya juga ingin memiliki blog dengan domain pribadi? Agar berpeluang untuk mendapatkan banyak job review? Atau ikut mendaftar Google Adsense? Atau yang lebih utama dulu: mendandani blog secantik mungkin agar lebih enak dilihat? Atau, usaha-usaha lain agar blog bisa mendatangkan pundi-pundi uang? 

Oke, ketahuilah temans, ternyata masih ada blogger kuno seperti saya! Saya pengen banget bisa melakukan semua itu, tapi ternyata hingga saat ini saya hanya bisa DIAM. 

Ya, saya mungkin satu di antara sedikit blogger yang sulit berkembang. Sejak ngeblog 3 tahun lalu, mulai akhir tahun 2012 hingga saat ini, penampilan blog ini tak pernah berubah. Warnanya yang sejak awal bernuansa hijau-kuning seakan benar-benar menjelma menjadi lumutan dari waktu ke waktu. Hahaha…. Sebenarnya pernah juga, sih, pengen mengubah penampilan blog. Tapi secuil pengalaman membuat saya malas untuk melakukannya. 

Waktu itu saya ingin membenahi ukuran font yang enggak seragam. Antara postingan satu dengan yang lain enggak seragam, ada yang besar ada yang kecil, padahal settingannya di menu edit sama. Waktu saya tanyakan ke seseorang, katanya biar dia saja yang memperbaiki, dengan minta password email saya. Terus katanya nanti ada sedikit biaya. Saya pikir, wah, gitu aja ada biayanya, gimana kalau mengubah tampilan blog secara keseluruhan?? Ya sudah, saya males untuk mengutak-atik blog lagi, karena saya emang enggak punya modal untuk itu. Hiks! 

Mengubah domain menjadi domain pribadi agar peluang mendapat job review lebih terbuka? Wah, kalau domainnya sudah punya sendiri, bukannya juga perlu menjalin silaturahim yang bagus dengan sesama blogger agar job review lancar? Sedangkan saya, kopdar aja jarang banget. Kopdar dengan sesama blogger KEB (Kumpulan Emak Blogger) baru sekali dan saat itu anak saya rewel. Jadi ngobrol lama juga enggak. 



Kopdar bareng KEB Surabaya


Pengennya tiap ada acara di deket-deket rumah ada teman blogger yang nyolek. Tapi nyatanya enggak. Ya iyalah, saya bukan blogger yang terkenal :D. Lagian saya sadar diri, selain gak terkenal, 2 anak saya masih kecil-kecil. Kalau ada acara temu blogger atau dapat undangan pasti rempong bawa 2 anak gitu. Dan dari foto-foto kopdaran, saya tahu, blogger yang biasanya hadir di acara-acara keren gitu, ya, enggak ada yang bawa krucils :(. 

Sudah, ya, curhatnya :).
Intinya, saya emang blogger kuno. Belum berani diajak maju. Lha terus, apa dong, yang saya kejar dalam kegiatan blogging saat ini? Hemm… rasanya enggak ada target khusus untuk itu. Sama seperti sebelum-sebelumnya (dan seperti judul blog saya ini), saya hanya ingin berbagi cerita lewat blog. Saya hanya berusaha berbagi cerita positif, dan kalau bisa yang bermanfaat buat pembaca. Itu aja. So, go for it!

By the way, sekalian nih mau sedikit cerita tentang aplikasi yang sering saya pakai dalam kegiatan ngeblog. 

Untuk menulis, sejak punya smartphone beberapa bulan yang lalu, saya suka banget bikin draft tulisan memakai aplikasi Evernote. Biasalah emak-emak yang punya batita, waktu untuk menghadap komputer sangat terbatas. Jadi Evernote sangat membantu saya bikin draft tulisan. Di sana saya juga bisa nambahin foto sekalian. Jadi waktu buka komputer, tinggal mindahin tulisan plus foto-foto itu ke blog, trus publish, deh. 

Untuk edit foto, saya suka pakai aplikasi PhotoCollage dan PicsArt. Tapi saya juga enggak begitu sering, sih, ngedit-ngedit foto. Lebih sering nampilin foto apa adanya :). Oiya, kalau browsing, sih,  saya biasanya pakai Google Chrome. 

Oke, itulah curhatan tentang kegiatan blogging saya saat ini. Semoga next time bisa berubah ke arah yang lebih baik. Aamiin….






34 comments:

  1. Blogger kuno :D istilahnya lucu deh. Hehehe. Blog emang buat ditulis sih ya, malah ada yg gambar doang tulisannya dikit. ngiklan atau sejenisnya itu mah pilihan XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... kemarin pernah denger aja istilah itu, Mas. Jadi ya ikut aja, blogger kuno :D
      iya, terserah yang punya blog lah, maunya gimana :)

      Delete
  2. Hihii aku ketawa ketiwi ni bacanya mak...yg analogi warna ijo kuning dihubungkan sama lumutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak. Blog ku kan rasa hutan dan lumut :D

      Delete
  3. gk pa2 mak, niat ngeblognya udh kece koq, insyaallah nnti yg lainnya mengekor, amiinn
    semangat berbagi, go for it :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... mudah-mudahan bisa kayak mak Inda :)

      Delete
  4. Replies
    1. Iya, seru. Plus suara tangisan anak saya. Tambah seru, deh :D

      Delete
  5. Replies
    1. Makasih Mak Irma... Sukses juga untukmu :)

      Delete
  6. penting niat dl mak, lain2nya sambi jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho oh, Jiah. Niatnya berbagi dulu. Trus belajar nyari peluang lain *halah* :D

      Delete
  7. Udah bagus mbak blog nya, malahan saya nih baru pemula...hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Makasih, Mbak Murni. Punya Mbak Murni baru pemula tapi udah bagus, udah domain pribadi pula. Jempol :)

      Delete
  8. Wah sudah lama nggak mampir di blog ini.
    Aku juga blogger kuno kok mbak hihihi, nggak pernah kopdar blogger dan menghadiri event2, lha banyakan acara kan di Jakarta.
    Isi blog juga nggak jelas hehe, yg penting nulisnya dari hati, syukur2 bisa bermanfaat buat pembaca :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo Mbak Lianny mah udah keren blognya, udah domain pribadi lagi. Bisa rajin update tulisan juga. Jempol, lah :)

      Delete
  9. aaamiiin, hehee iya kalau ada balita kadang suka enggak pas ya waktu nyaa...aku sekarang malah suka edit foto..hehee, kapan ngeblognya kalau gini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bagus tuh mbak ngedit2 foto, buat mempercantik blog juga. Kan seiring sejalan image sama tulisan di blog? hehe..

      Delete
  10. cerita itu memang penting untuk mengungkapkan apa yang ada dalam benak kita hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener sih kata saya. Penting untuk ngeluarin uneg-uneg :D

      Delete
  11. hai mbak, kangen banget menyambangi blog ini . Betewei saya juga jarang kopdar lo, blog saya terkesannya juga gado-gado. Tapi tetep pede ajah, tabrak sana sini demi dapet ilmu dan kesempatan maju. Hayuuk mbak semangat ngeblog. Sukses juga untuk kontesnya ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iyakah, Mbak Tanty? Jarang kopdar juga, ya? Tapi blognya keren... udah banyak dapet job juga kayaknya :)
      iyaa semangat lah kalo update tulisan di blog gitu :)
      Btw aku juga kangen sama omahantik, makanya tadi maen ke sana :D

      Delete
  12. Pundi-pundi uang.... Aku kok ngebayanginnya kayak karung2 berisi uang koin seperti milik paman gober ya? Hehehee... Btw aku melakukan semua kegiatan ngeblog di laptop, sama sekali nggak bisa di gadget lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... iya ya Mak kok jadi pundi-pundi uang gitu sih istilahnya *bingung sendiri*
      Saya nulis di hape ya draftnya aja Mak, nanti mindahin di blognya ya pake kompi :)

      Delete
  13. Replies
    1. Makasih semangatnya ya, Mbak Liswanti :)

      Delete
  14. seringkali kalau tentang undangan, bloggernya juga yang harus aktif 'mengejar' undangan. Maksudnya, banyak komunitas yang menyebarkan undangan secara terbuka. Silaturahim atau kopdar dengan blogger memang bisa menambah networking yang bisa berujung dengan mendapatkan job review. Tapi, itu gak mutlak, kok. Banyak cara untuk mendapatkan job review. Kalau kata saya, sih, yang utama itu konten, konsisten menulis, dan buat blog kita banyak pengunjung.

    Saya bisa katakan seperti itu karena dulu termasuk yang nyaris gak pernah kopdar juga. Alasannya sama, masih terikat sama anak. Saya selalu tanya ke pengundang boleh atau tidak bawa anak. Kalau gak boleh, ya saya memilih untuk tidak datang. Atau lihat kondisi anaknya juga, kira-kira anak akan betah gak diajak ke acara tersebut. Kalau enggak, dengan halus saya akan tolak undangan. Baru-baru sekarang aja saya mulai datang ke berbagai acara. Itu karena anak-anak mulai bisa ditinggal sebentar. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waw... komennya Mak Myra panjangggg...
      Makasih banget, Mak, sudah sudi memberi pencerahan buat saya. Bagi saya semua masukan atau kritik dan saran itu bermanfaat. Seperti yang Mak Myra sampaikan ini, memberikan pelajaran bagi saya soal pentingnya konten blog. Juga memberikan semangat baru buat saya. Selain itu saya juga tambah wawasan gimana menghadapi acara-acara atau undangan blogger di luar sana.
      Senang sekali, Mak, dengan semua masukan ini. Sekali lagi makasih banget :) *sungkem*

      Delete
  15. Hmmm alasan ngeblognya sama seperti saya mak, berbagi cerita. Kalau saya pengen banget bisa seperti pendiri wikipedia, dia tanpa bayaran sepeserpun bisa membangun website nomor 5 dunia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... semoga keinginannya tercapai ya, Mas :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law