Monday, 18 August 2014

[REVIEW] Membangun Rasa Percaya Diri Anak





“Setiap anak bisa percaya diri sebagaimana fitrah mereka diciptakan begitu datang ke dunia ini.”


Lagi-lagi, buku ini saya dapatkan dari penulisnya langsung secara gratis. Alhamdulillah.. Waktu itu mbak Henny sedang mengadakan kuis di Facebook, saya ikutan, dan alhamdulillah menjadi salah satu pemenangnya. Sudah tentu saya senang sekali, apalagi tema buku ini sangat menarik, yaitu tentang bagaimana membangun rasa percaya diri pada anak. Sebenarnya sudah sejak akhir April lalu, sih, buku ini di tangan saya, tapi baru sempat mereview-nya sekarang (lagi-lagi malesnya kumat :D ).

Buku yang berjudul “Membangun Rasa Percaya Diri Anak” ini ditulis oleh mbak Henny Puspitarini yang bekerja sama dengan re! Media Service, yaitu sebuah grup kepenulisan di Facebook, layanan penyedia konten dan media, serta agensi naskah. Saya mengenal dengan baik mbak Henny meski hanya di dunia maya. Kiprahnya sebagai ibu rumah tangga, pemilik sebuah DayCare, trainer matematika khususnya untuk anak-anak, dan mengajar HS untuk buah hati dan teman-temannya membuat saya yakin bahwa isi buku ini bagus. Karena ditulis oleh ahlinya. 

Buku ini berisi faktor-faktor yang menyebabkan menurunnya rasa percaya diri pada anak, peran orang tua dalam membangun rasa percaya diri anak, mengenali tipe anak, gaya belajarnya, kecerdasan majemuknya, serta solusi untuk membangun rasa percaya dirinya. Rasa percaya diri memang sebenarnya telah melekat pada diri seseorang semenjak dia lahir, bahkan ketika masih di dalam rahim. Di dalam bab pertama buku ini penulis mengulas mengenai hal ini. 
“Jangan anggap karena masih janin, dia tak bisa berbuat apa-apa. Janin yang sehat dan percaya diri akan aktif bergerak. Dan orang tua khususnya ibu harus menyadari dan terus mendukungnya. Sejak janin, anak Anda percaya diri tingkat tinggi!” 

Setelah lahir, banyak faktor yang menyebabkan rasa percaya diri anak menurun. Sebagai orang tua kita harus mengenali indikasinya sedini mungkin, agar dapat memberikan stimulasi untuk membangun kembali rasa percaya dirinya. Selain itu untuk menumbuhkan rasa percaya diri kita sangat perlu mengenali tipe anak, bagaimana gaya belajarnya, dan lain-lain. Karena tiap anak memang berbeda, karakteristiknya pun berbeda-beda. 

Buku ini ditulis dengan menampilkan banyak sekali kasus di tiap babnya. Sehingga terasa dekat sekali dengan keseharian dan tampak nyata. Saya suka dengan gaya seperti ini, sehingga pembahasan masalah mengacu pada kasus yang ada. 

Sebagai seorang ibu dengan 2 balita, buku ini sangat cocok untuk saya. Selain itu saya juga merekomendasikan buku ini untuk para orangtua khususnya ibu, bagi mereka yang sedang hamil atau merencanakan kehamilan, guru atau pendidik, dan pemerhati tumbuh kembang anak.


Tentang Buku:
Judul Buku : Membangun Rasa Percaya Diri Anak 
Penulis : Henny Puspitarini 
Penerbit : PT Elex Media Komputindo, Jakarta 
Cetakan : Pertama, Mei 2014 
Tebal : 268 halaman 
ISBN : 978-602-02-3956-9 
Harga : Rp.48.800,00. 





6 comments:

  1. Pengen beli bukunya. Aku butuh banget buku ini. Makasih sharingnya mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bikin kepengen ya, Mbak? hehe.. makasih.. silakan diburu di tobuk atau bisa juga ke penulisnya langsung :)

      Delete
  2. Konten buku ini sgt bagus utamanya bagi buah hati kita..utk membangun karakter positif..

    ReplyDelete
  3. Saya sedang memperjuangkan kembalinya rasa percaya diri pada anak saya, entah kenapa tiba-tiba berubah. Nanti coba hunting buku ini deh..makasih sharingnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Rosita. Semoga ada kemudahan untuk perjuangan mbak menumbuhkan kembali rasa percaya diri ananda. insya Allah buku ini ada di tobuk seluruh Indonesia, atau bisa juga pesan ke penulisnya langsung :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law