Saturday, 11 January 2014

Happy Cooking: Masak Sate Ayam, Yuk!





Entah kenapa, tiba-tiba kemarin, tanggal 01 Januari 2014, suami pengin banget bikin sate ayam. Mungkin karena kami sedang tak ada acara keluar rumah di tanggal merah itu. Selain itu, memang sudah lama kami tak masak sate. Dulu sudah pernah sih beberapa kali bikin, baik sate ayam ataupun sate kambing. Ya sudah, saya sih oke-oke saja :)

Jadilah, pagi itu, setelah shalat shubuh, saya, suami dan si kecil jalan-jalan ke pasar. Kebetulan juga nih si kecil lagi bisa bangun pagi meski sedang libur sekolah, jadinya dia semangat banget waktu kami ajak ke pasar (dia emang paling seneng kalau diajak jalan-jalan :) ). Yeay, kami bersepeda motor ke pasar sambil menikmati udara pagi yang sejuk.

Kami pun hanya berbelanja seperlunya saja, untuk bahan memasak sate ayam plus soto ayam (siapa tahu ada yang butuh kuah buat seger-seger :) ). Dan ternyata, suasana pasar di tahun baru tidak begitu ramai, sehingga kami pun dengan mudah dan relatif cepat mendapatkan bahan-bahan yang diinginkan.

Oke, pukul 06.30, acara masak-masak dimulai :)
Kami berbagi tugas. Saya yang masak soto, suami dan si kecil yang masak sate. Dan, mulailah keramaian di dapur. Ya, siapa lagi yang bikin rame kalau bukan si kecil Faiq, hehehe.... Dia memang suka gabung kalo abinya juga ikut gabung di dapur. Apalagi ini masak sate, dia paling nggak sabar nunggu momen kipas-kipas satenya :D Lalu dapur pun jadi gaduh dengan segala polah dan celotehannya. Pengen ikut nusuk-nusuk sate lah, pengen ikutan kipas-kipas, komen ini-itu. Hadeuhhhh.... tapi jelas dong kami happy banget :)

Nah, karena ini judulnya memasak sate, di sini akan saya bagikan resep memasak sate ayam versi kami (nyontek di google, sih, tapi dengan sedikit eksplorasi ala suami :) ). Oke, berikut bahan-bahan dan cara pembuatan sate ayam dengan bumbu kacang.


Bahan:
  • Beberapa tusukan sate
  • 1 kg daging ayam (pilih dagingnya saja, potong dadu. Tulangnya bisa buat soto, hehe..)
  • kecap manis secukupnya
  • margarin secukupnya

Bumbu Halus:
  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri 
  • 1 buah jeruk limau

Bumbu Kacang:
  • 250 gram kacang tanah goreng, haluskan
  • 5 butir bawang merah
  • 4 butir bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 400 ml air
  • 1 butir gula merah (kira-kira 1 ons), iris tipis
  • 2 lembar daun jeruk 
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang kecil serai
  • garam secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Bahan Pelengkap:
  • Irisan lontong
  • Bawang merah yang diiris tipis
  • Sambal cabe rawit 
  • Kecap manis

Proses Pembuatan Bumbu Kacang:
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, dan kemiri.
  • Panaskan sedikit minyak goreng, tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama daun jeruk, daun salam, dan serai hingga harum.
  • Masukkan kacang yang dihaluskan, air, gula merah dan garam. Masak hingga bumbu kacang matang dan berminyak.
  • Angkat, tuang dalam wadah.

Proses Pembuatan Sate Ayam Bumbu Kacang:
  • Tusuk potongan-potongan ayam pada tusukan sate. Rendam dalam bumbu halus, sisihkan.
  • Campur kecap manis dan margarin, aduk hingga margarin hancur dan tercampur rata.
  • Oles ayam dengan campuran kecap dan margarin hingga rata.
  • Panggang di atas arang atau bara api, bolak balik hingga matang merata.
Sajikan sate ayam dengan bumbu kacang yang sudah diberi perasan air jeruk limau sesuai selera. 
Hidangkan bersama potongan lontong, irisan bawang merah, sambal cabe rawit, dan kecap manis.

Nah, begitulah proses pembuatan sate ayam ala kami. Alhamdulillah, rasanya maknyus, lho. Meski itu fotonya kelihatan agak gosong-gosong gitu, tapi itu hanya penampakannya aja kok, sebenernya nggak gosong (halah, pembelaan, hehe...). Faiq aja habis banyak banget, selera makannya jadi meningkat tajam dengan menyantap sate ini. Bahkan belum selesai bakar-bakar aja dia sudah mencicipi beberapa tusuk sate :)

Oke, sekian dulu yah cerita saya tentang masak-memasak sate. Semoga bermanfaat :)


Suami dan Faiq yang bakar-bakar, soalnya saya lagi hamil nih, agak pegel juga kalo duduk di bawah terus :)


Faiq, ya begitu deh.... Jadi tukang incip :D



4 comments:

  1. nyem nyemmm....enakkkkk....mau dong mak,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.... sini makkkk... tapi udah abis dong yaa sekarang :D

      Delete
  2. Waaah anaknya sama banget sama anak saya mak,,, Apalagi kalau ada ayahnya yang terjun ke dapur,,, dia heboh bantuin plus heboh wawancarain ayahnya *nanya2... Ini untuk apa, itu untuk apa,,, lucuya anak2...

    Btw, enak tuuh mak satenya,,,, *suka banget sama sate Ayam, apalagi kalau bumbu kacangnya yang banyak heeuumm uenaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. anak-anak sama aja ya, sukanya bikin heboooohhhh :D tapi seneng ya mak kita punya anak yang ga bisa diem gitu, daripada kalem terus malah sedih deh saya :)

      alhamdulillah, kami sekeluarga suka satenya. yang paling lahap ya si kecil, sate dicampur sambal kacang plus kecap manis. hemmm... nyam nyammm :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law