Sunday, 3 November 2013

Mereguk Ilmu Ngeblog di Serunya M&B Fair 2013



 

Pertama kali mendengar kabar dari mbak Nunu El-fasa tentang event Mother&Baby Fair 2013 di Surabaya (M&B Fair), saya langsung tertarik untuk bisa hadir di event itu. Tentu saja, karena saya seorang ibu rumah tangga yang memiliki seorang putra balita. Jadi saya pikir event ini menarik dan pas untuk saya kunjungi. Karena event ini merupakan salah satu pameran terbesar untuk ibu dan bayi di Indonesia. Apalagi rumah saya di Sidoarjo, jadi tidak terlalu jauh dari lokasi acara yang berada di Grand City Mall Surabaya.

Mother&Baby Fair adalah signature event Majalah Mother&Baby Indonesia dan merupakan acara pameran terbesar yang menyediakan berbagai kebutuhan bayi, ibu hamil, anak-anak dan keluarga. Berbagai talkshow edukatif, games dan hiburan untuk anak, ibu dan keluarga juga tersedia di acara ini. Event ini telah diadakan 6 kali di Jakarta, dan baru pertama kali ini diadakan di Surabaya.

Dan, kabar yang diberikan mbak Nunu bukan hanya kabar biasa, karena pemberitahuan itu ditujukan khusus bagi anggota komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis-Interaktif (IIDN) yang berada di Jawa Timur. Ya, kami diundang untuk menghadiri event tersebut, untuk turut serta mengisi salah satu rangkaian acaranya. Melalui mbak Nunu yang merupakan koordinator IIDN wilayah Jawa Timur, Majalah Mother&Baby Indonesia sebagai penyelenggara event memberikan kesempatan kepada komunitas IIDN untuk mengisi salah satu sesi dalam rangkaian acara yang digelar selama 3 hari itu.

Saya sebagai anggota IIDN tentu saja merasa senang menerima kabar itu. Bagaimana tidak, kami diberikan kesempatan untuk ikut bergabung di event keren tersebut. Kami merasa terhormat karena dilibatkan secara langsung dalam memeriahkan event tersebut. Sebenarnya event ini diselenggarakan mulai tanggal 1 hingga 3 November 2013, namun kami dari IIDN diberikan waktu pada tanggal 2 November pukul 16.30 hingga 17.30 WIB untuk mengisi dan atau mengikuti talkshow tentang “Blogging for Working Moms”. 


Mari ikuti saya ^_^ 

Saya ini termasuk orang yang jarang nge-mall. Grand City Mall? Ah, saya hanya baru beberapa kali saja lewat di depannya :) Maka bisa ditebak, betapa saya dan suami beserta anak sedikit bingung ketika telah tiba di Grand City. Eits, kami salah masuk ke gedung Grand City Convention Hall! Dan daripada capek ke sana-ke mari, kami pun langsung bertanya kepada security, di mana lokasi acara M&B Fair berada. Setelah memperoleh informasi, kami segera menuju Grand City Mall yang ternyata terletak bersebelahan dengan Grand City Convention Hall.

Dan.... taraaa..... pink..pink..pink..! Kami disambut dengan nuansa pink tepat di main atrium Grand City Mall Surabaya, di depan pintu utama hingga masuk dengan beberapa stan yang semuanya berbalut warna pink. Dengan desain yang menarik dan menyolok di main atrium mall seperti itu tentu saja sangat strategis untuk menggaet para pengunjung mall. Saya pun kemudian langsung bertemu dengan beberapa anggota IIDN, termasuk mbak Rahmah yang akan menjadi pengisi talkshow. Leganya... :)


credit

Karena saya datang sebelum waktu talkshow dimulai, maka saya buru-buru menanyakan kepada mbak Rahmah jadwal acara sebelumnya, yaitu pijat ibu hamil (yah, saya hamil muda :) ). Tapi ternyata saya sudah terlambat beberapa menit! Ya sudah, saya pun kemudian jalan-jalan mengelilingi beberapa booth yang tergabung dalam event ini. Lengkap. Mereka menyediakan berbagai kebutuhan mulai dari perlengkapan bayi, mainan edukatif untuk bayi dan anak, hingga perlengkapan untuk ibu hamil. Beberapa booth yang berpartisipasi dalam event ini antara lain Nestle MOM&me, Bambi, Sleek, Dacco, Sorella, Lineage, Madre, dan masih banyak lagi.

Ini dia talkshow-nya....  

Akhirnya, pukul 16.30 talkshow “Blogging for Working Moms” dimulai. Acara ini diadakan di main stage yang lumayan luas. Para anggota IIDN yang hadir sudah duduk manis di deretan kursi yang tersedia. Selain anggota IIDN yang lumayan banyak, ada juga beberapa Moms pengunjung yang ikut menyimak talkshow ini, bahkan termasuk para Dads :) Oiya, sementara saya bersiap menyimak talkshow, anak saya bisa bebas bermain di mall bersama ayahnya. Sebenarnya ada playground yang disediakan oleh pihak M&B Fair, tapi anak saya tidak mau bermain di sana :)

Mbak Rahmah sebagai narasumber memberikan ilmunya seputar ngeblog yang ternyata banyak membawa manfaat. Ngeblog yang merupakan salah satu cara mengaktualisasikan diri ini dapat memperluas wawasan kita, mendapatkan banyak teman sesama blogger, bahkan bila diinginkan bisa "menghasilkan" dalam artian mendapatkan uang dari aktivitas ngeblog. Hebat, ya.


Ngeblog bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja bagi mereka yang menginginkan. Bahkan bagi ibu bekerja yang relatif sibuk dalam kesehariannya. Semua bisa diatur waktunya bila kita memang berkemauan. Dan apa saja bisa menjadi bahan tulisan di blog apabila kita mau menggalinya. Termasuk, misalnya cerita keseharian dari rumah ke kantor dan kembali lagi ke rumah. Seperti yang dikutip mbak Rahmah dari seorang blogger senior, kunci untuk ngeblog antara lain dengan 3M, yaitu Mulai dari sekitar kita, Mulai dari hal-hal kecil, dan Mulai dari sekarang.

Mbak Rahmah menuturkan, meskipun kita bercerita tentang kisah sehari-hari di blog, sebisa mungkin hal-hal yang terlalu pribadi kita “skip” dulu. Karena ketika tulisan sudah kita publish di blog, maka tulisan itu sudah menjadi milik publik. Sehingga orang mungkin akan enggan balik ke blog kita lagi kalau yang kita suguhkan adalah hal-hal yang terlalu bersifat pribadi.

Ada banyak hal yang dibagikan mbak Rahmah dalam talkshow yang hanya berdurasi satu jam ini. Banyak ilmu yang saya dapatkan. Termasuk dari kisah manisnya bepergian ke Manila secara gratis karena hasil dari ngeblog. Seru deh pokoknya :)


Setelah pemberian materi dari mbak Rahmah, ada sesi tanya jawab dengan pengunjung dan pertanyaan dari panitia penyelenggara. Sesi ini juga seru, karena ternyata peserta sangat antusias memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar ngeblog kepada mbak Rahmah. Selain itu, beberapa penanya juga berkesempatan mendapatkan voucher senilai Rp. 100.000,- dari Mom n Jo. Termasuk saya. Alhamdulillah....


Akhirnya, talkshow ditutup dengan acara foto bersama. Kami berfoto dengan panitia penyelenggara, karena kabarnya talkshow ini juga akan dimuat dalam majalah Mother&Baby Indonesia bulan depan. Yeayy!!

Sebelum pulang, kami diberi goodie bag berupa 2 majalah Mother&Baby Indonesia. Wah senangnya. Seandainya waktunya tidak mepet maghrib, tentu saya dan keluarga akan lebih lama di acara tersebut. Saya hanya berharap, semoga tahun depan akan ada lagi event ini, dengan booth yang lebih banyak lagi dan di tempat yang lebih dekat dengan rumah saya (hehe...). Karena selain merupakan pameran bagi kebutuhan ibu dan bayi, ternyata banyak sekali acara-acara keren lainnya, seperti talkshow-talkshow edukatif bagi ibu, bayi, dan keluarga. Pokoknya M&B Fair keren!






NB: karena saya tak punya dokumen foto pribadi, maka beberapa foto ini saya ambil dari web Majalah Mother&Baby Indonesia dan dari teman-teman. Dan, foto yang jelek pun jadilah untuk dipajang :D 

Terima kasih semua... ^^


14 comments:

  1. Saya sholatnya di mall waktu itu mbak :-)

    Oya, jangan lupa cantumkan 3M itu sumbernya drmana krn bukan sy yg ,emgeluarkan pertama kali :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya terburu-buru pulang selain udah maghrib juga di rumah lagi kosong mbak, hehe...

      oke mbak, nanti saya edit, deh.. makasih diingatkan :)

      Delete
  2. Bagus ilmunya. Seandainya dekat aku ikut gabung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah mbak, emang bagus. wah seneng dong seandainya bisa ketemu sama mbak Arin :)

      Delete
  3. mudah-mudahan bisa ketemu lagi ya..
    eh, hamil muda ya.. nggak kliatan mbak, dirimu langsing bergitu.. Barakallah ya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.... selalu seneng bisa kopdaran seperti kemarin ya mbak :)
      iya mbak, alhamdulillah.. mohon doanya ya...

      Delete
  4. banyak hadiahnya ya? senangnya..

    Salam Kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya meski ke sana gratis tapi kami malah dapat hadiah, hehe.. alhamdulillah...

      salam kenal kembali :)

      Delete
  5. Seandainya disini jg diadain, mupeng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh mbak Rini domisili di mana ya? lupa. hehe...
      iya semoga lain waktu ada acara-acara seru di tempat mbak Rini. jangan lupa diposting ya ceritanya, nanti gantian saya yang mupeng :D

      Delete
  6. wuih seru banget ya...semoga lain kali di jogja juga ada...:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Nunung, seru banget deh. sayangnya cuma sebentar waktunya...
      iya deh, semoga lain waktu di Jogja juga diadain.. eh tapi pasti juga seru tuh acara yang bareng chef Arnold kapan hari. mupeng juga euy :)

      Delete
  7. Knp ga ada yg ngajakin aku si?? Sedih deh jdnya... Apa krn daku blm resmi sbg anggota IIDN jatim ya?? Tp aku kn... Hiks... Pengen gabung :(
    Btw mbdk kita tenggang lho... Aku di buduran lo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah dicolek sama mbak Nunu, Mbak.. mbak Muna aja yang ga kerasa, hihihi... (lah nyoleknya ga sampai biru-biru sih :D )

      bukan karena apa-apa mbak, yang udah join di IIDN ya namanya udah resmi jadi anggotanya.. iya mbak.. pengen banget ketemuan sama tetangga.. next time insya Allah yaa :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law