Wednesday, 10 April 2013

Bagiku, Mizan Jaminan Mutu!


Sejak SMP hingga kuliah sebenarnya saya sudah seringkali mendengar nama Mizan, dan membaca buku-buku dengan label Mizan di sampulnya. Saat itu, yang saya tahu Mizan adalah penerbit buku-buku islami. Itu saja. Karena buku-buku yang saya baca itu memang demikianlah isinya. Tentang novel remaja Islam, kumpulan cerpen islami, buku motivasi Islam, dan lain sebagainya yang kesemuanya berwawasan Islam. Ya, mendengar nama Mizan, pasti pikiran saya langsung mengarah kepada buku-buku islami.


Namun beberapa waktu yang lalu saya baru tahu, tenyata Mizan mempunyai beberapa penerbit di bawah naungannya. Ada Mizan Fantasi, Bentang Pustaka, Al-Mizan, Dar Mizan, Kaifa-Qanita, Mizan Publishing, Pelangi Mizan, Noura Books, dan Plotpoint. Dan penerbit-penerbit itu menerbitkan berbagai macam buku, tak melulu tentang buku-buku islami. Dari buku pengetahuan umum, anak-anak, hingga buku-buku fantasi. Mizan ternyata adalah grup penerbit dan pendistribusi buku-buku terbitan penerbit yang ada di dalam grupnya tersebut.

Bahkan saya baru sadar, buku favorit saya “Tetralogi Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka itu ternyata juga didistribusikan oleh Mizan! Wow, berarti Mizan telah menerbitkan dan mendistribusikan buku-buku berkualitas!


Saya Bersama Mizan

Meski belum banyak memiliki buku-buku terbitan Mizan, tetapi setiap kali membaca buku-buku dari Mizan saya selalu merasa puas. Bagaimana tidak? Buku-buku terbitan Mizan semuanya berkualitas. Dilihat dari sampulnya, hampir semuanya menarik. Meski kadang tanpa gambar namun menampilkan desain yang harmonis. Lembar-lembar di dalamnya juga dikemas menarik. Dan yang paling penting, ketika membaca isinya—selama ini—pasti banyak manfaat yang dapat saya ambil dari sana. Sebut saja buku favorit saya yang lain selain “Tetralogi Laskar Pelangi”, yaitu “Positive Parenting” karya Mohammad Fauzil Adhim. Dari sana saya memperoleh manfaat yang besar dalam upaya mendidik anak secara Islam. Saya yang baru dikaruniai seorang anak, merasa mendapat pencerahan untuk dapat menumbuhkan anak saya agar memiliki karakter yang positif. 


Beberapa koleksi buku saya dari Mizan

 

Begitu pula dengan anak saya. Saya mengenalkan padanya buku-buku yang positif, yang dapat merangsang kecerdasan otaknya dengan dasar tauhid. Salah satu buku yang disukai anak saya adalah buku "Halo Balita". Dalam seri buku ini terdapat berbagai macam pendidikan yang positif yang sangat cocok diberikan untuk anak balita. Lengkap untuk memenuhi rangsangan kecerdasan secara intelektual, emosional, maupun spiritual. Meski belum memiliki seri lengkapnya, namun saya sudah tahu kualitas buku-buku tersebut dengan cukup melihat satu contohnya. 

Anak saya bersama salah satu buku favoritnya

 

Hadirnya buku di rumah kita memang sangat penting. Buku-buku itu memberikan manfaat secara intelektual, emosional bahkan spiritual, dan memperluas cakrawala berpikir kita. Buku-buku yang berkualitas tentu yang kita inginkan. Dan sepengetahuan saya, buku-buku Mizan menjamin kualitas itu!


Menjadi Bagian dari Mizan
Beberapa bulan yang lalu, sekitar bulan Oktober tahun 2012 saya ditawari oleh seorang teman untuk menjajal bisnis buku. Awalnya saya ragu, apakah saya bisa? Karena memang selama ini saya belum pernah berhasil dalam usaha “mencoba berbisnis”. Ya, baru tahap awal saya sudah mundur, dikarenakan saya tidak mempunyai keberanian dalam memulai bisnis. Karena saya pemalu, tidak supel, tidak berani mengambil resiko, dan sebagainya.

Namun setelah melihat buku-buku yang tersaji dalam blog teman saya tersebut--yang memuat buku-buku terbitan Pelangi Mizan--saya jadi tertarik. Saya melihat buku-buku itu adalah buku-buku eksklusif dan sangat edukatif. Saya pikir, saya akan menjadi bagian dari orang-orang yang mendistribusikan buku-buku “bergizi” tersebut. Ya, saya akan menyebarkan ilmu melalui kapasitas saya. Akhirnya saya bersedia menjadi salah seorang Book Advisor dari Pelangi Mizan.

Setelah bergabung, saya dikirimi beberapa buku contoh sebagai modal menjadi Book Advisor. Dan memang benar, buku-buku dari Pelangi Mizan sangat eksklusif dan edukatif. Misalnya buku "Halo Balita", karena diperuntukkan pada anak balita, maka buku tersebut didesain secara pas untuk balita. Dengan kertas hardpaper sehingga sangat sulit untuk disobek anak balita, gambar ilustrasi yang sangat menarik dengan bentuk dan warna-warna harmonis (nyaman dilihat), serta tulisan yang mudah dibaca. Tak ketinggalan muatan moralnya sangat bagus. Begitu pula dengan buku "Ensiklopedi Bocah Muslim", didesain sangat bagus untuk anak-anak usia Sekolah Dasar, penuh dengan pengetahuan yang lengkap mulai dari pengetahuan Islam hingga pengetahuan umum (tetap dalam kerangka tauhid). 






Beberapa buku terbitan Pelangi Mizan


Meski peran saya sebagai Book Advisor belum menghasilkan keuntungan secara finansial, namun saya senang bisa menjadi bagian dari Mizan. Dari peran saya tersebut, saya menjadi lebih dekat dengan buku, dengan sumber ilmu. Saya senang dapat turut serta menyebarkan buku-buku penuh “gizi” dari Pelangi Mizan tersebut. Dan dari situlah, saya bisa lebih dekat dengan Mizan. Itulah pengalaman saya yang paling berkesan bersama Mizan. Saya bangga menjadi bagian dari Mizan.


Saya tahu, saya sangat terlambat mengenal Mizan lebih dekat. Padahal usia Mizan sudah seusia saya. Ya, Mizan sudah tidak muda lagi, 30 tahun. Sudah banyak karya yang dipersembahkan kepada masyarakat, risalah cinta kepada semesta telah dibentangkan. Saya sangat terlambat menyambut uluran tangan penuh ilmu. Tetapi, saya pikir lebih baik terlambat daripada tak mengenal Mizan sama sekali. Rugi. Karena, Mizan itu jaminan mutu!



Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Sayembara #MizanAndMe


10 comments:

  1. kereeenn mb :D
    semoga terpilih menjadi pemenang ya. maju terus bersama mizan biar lebih deket lagi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak.. sama-sama.. punya mbak Lita juga keren, aku udah mampir tapi belum ninggalin jejak, hehhe..
      yup, aku pengen terus menjadi bagian dari Mizan, insya Allah. Soalnya, keren! :)

      Delete
  2. semangat terus menulisnya mbak DK, semoga menang ya...............salam bwt si kecil yg lucu n udah pinter baca

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak Tini.. insya Allah. Selalu tersuntik semangat saya bila terus bersua dengan teman-teman yang rajin nulis, meski itu hanya di dunia maya :)
      aamiin... salam kembali buat keluarga, terutama putra putri mbak Tini :)

      Delete
  3. Keren ya, aku malah belum engeh sampai segitunya tentang Mizan *kemana saja akuuh? Makasih ya Mba Diah, infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Astin, keren. Saya juga baru ngeh baru-baru ini kok :)
      makasih juga mbak, udah mampir :)

      Delete
  4. Replies
    1. makasih mbak Hana :) sukses juga buat apa pun aktivitas mbak Hana :)

      Delete
  5. SETUJU............!!!
    itu yang langsung ane ucapin waktu pertamakali liat judulnya ^_^
    emang buku-buku mizan itu level mutunya tinggi.
    artikelnya bagus bunda, udah dari awal ngenalin mizan ke putra-putrinya, semoga mereka bisa mengambil banyak manfaat dari mizan amin amin
    salam sukses bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Bang :) (bener kan?)
      iya emang jaminan mutu. Aamiin... manfaatnya pasti banyak. Eh ntar kalo dah punya anak juga pasti dikenalin sama Mizan dong yaa...
      makasih udah mampir, sukses juga buat firstwinner :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law