Tuesday, 2 May 2017

10 Wish List Pengembangan Diri dalam Dunia Blogging


http://www.dekamuslim.com/2017/05/10-wish-list-pengembangan-diri-dalam.html



10 Wish List Pengembangan Diri dalam Dunia Blogging.
Ada banyak hal yang mesti saya lakukan dan atau pelajari selama menjadi seorang blogger. Mulai dari memperbaiki konten blog, memperbaiki tampilan (template) blog, hingga bagaimana menjaga attitude sebagai seorang blogger. Itu semua tentu saja agar saya merasa nyaman dan puas pada diri sendiri atas sebutan sebagai blogger :).

Akhir tahun lalu saya telah menuliskan resolusi ngeblog 2017. Beberapa harapan saya tuliskan di sana. Namun, sampai detik ini pe-er itu masih terbengkalai. Jadi, seperti kemarin saya telah membuat beberapa wish list sampai akhir tahun, kali ini saya mencoba membuat wish list pula dalam bidang blogging. Lebih tepatnya, wish list pengembangan diri dalam dunia blogging. Ya, karena ngeblog juga butuh pengembangan diri, agar ngeblog tak sekadar curhat tanpa arah. Tapi blog menjadi berkualitas, sang pemiliknya pun demikian juga adanya. Hehehe. 

Oke, langsung saja, ini dia 10 daftar keinginan atau harapan saya saat ini untuk pengembangan diri dalam dunia blogging: 

1. Update blogpost minimal 2 kali seminggu. 
Saat ini saya ikut program One Day One Post (ODOP) yang diadakan oleh Indonesian Social Blogpreneur (ISB). Ini salah satu usaha saya agar lebih rajin update blog. Ya, setelah ODOP usai nanti, harapan saya bisa posting 2 hingga 4 kali dalam seminggu.

2. Lebih rajin blogwalking. 
Ya, saya enggak berani memberikan angka berapa kali untuk blogwalking (BW). Ini sungguh pekerjaan yang tidak mudah buat saya untuk saat ini. Hihihi. Sebagai IRT dengan 3 anak, waktu luang terasa sangat berharga. Jadi biasanya kalau ada waktu luang saya manfaatkan untuk nulis blogpost. Dan akhirnya BW tersisihkan. Nah, ini tantangan banget buat saya. Maka saya ingin lebih rajin BW agar silaturahim dengan teman-teman blogger terjaga, membaca tulisan-tulisan bermanfaat, dan menjaga engagement dengan pembaca blog saya.

3. Lebih rajin berinteraksi dengan pembaca. 
Sama seperti BW, membalas komentar-komentar di tiap postingan sepertinya menjadi hal yang terabaikan akhir-akhir ini. Saya ingin seperti dulu lagi, yang rajin balas komentar pembaca. Maka ini harus benar-benar saya usahakan. Sama seperti BW, ini juga untuk menjaga engagement dengan pembaca :).

4. Belajar bikin vlog. 
Nah, beberapa bulan lalu saya sudah mengikuti Arisan Ilmu dari Kumpulan Emak2 Blogger dengan tema membuat Vlog. Eh tapi eh tapi... pas acara saya enggak bawa laptop (karena enggak punya, hahaha... punyanya PC). Jadinya saya enggak bisa mengikuti dengan baik cara-caranya. Alhasil, saya gagal belajar bikin vlog. Mau bikin via hape, hape juga belum mumpuni. Tiap mau instal apps-nya, memori tidak cukup. Hemm... semoga kebuntuan ini segera berakhir. Saya ingin bisa bikin vlog yang bagus!

5. Belajar bikin infografis. 
Ini masih sangat sulit buat saya. Pernah browsing cara bikin infografis, tapi belum ada yang bisa dipraktikkan. Barangkali ada teman-teman yang mau mengajari saya? Hihihi.

6. Menulis untuk web lain. 
Saya mupeng lihat teman-teman blogger yang tulisan-tulisannya nangkring di Rocking Mama, Zilzarlife, UC Browser, de el el. Saya pengin juga, dong, seperti itu. Punya blog sendiri, tapi bisa nulis juga untuk web lain, web yang sudah kondang dan mendatangkan view ribuan pula. Selain bisa buat portofolio tulisan, bagus juga, kan, untuk nge-branding nama kita? Hehe.




7. Semangat ikut lomba blog.
Akhir-akhir ini saya lagi males banget ikut lomba blog. Lha gimana, kalah terusss... hihihi. Tapi saya mau semangat lagi, ah, biar mental kompetitif-nya tumbuh lagi. Dan, buat ngisi blog juga :D.

8. Lebih selektif menerima job review. 
Selama ini saya akui saya memang kurang selektif dalam menerima job review. Dalam artian, fee-nya tidak sesuai dengan rate saya. Kadang tema content placement juga kurang pas ditaruh di blog ini. Nah, salah satu wish list saya, nih, ingin job review yang sesuai niche blog ini saja, yaitu lifestyle. Ya tentang keluarga, mom and kids, parenting, dan lain-lain. Intinya gado-gado tapi enggak jauh-jauh sama posisi saya sebagai seorang emak :).

9. Memperbaiki pageviews blog dan nilai DA/PA. 
Sudah satu tahun lebih blog ini ber-TLD, tapi nilai DA masih kisaran 20-25 dan PA 30-an. Saya pengin juga, dong, DA nya 30-an gitu. Hehehe. Pageviews juga masih dikit bangetttt. Duh, saya memnag harus usaha keras untuk memperbaiki statistik blog ini.

10. Belajar SEO sedikit demi sedikit.
Ya, ini tentu berkaitan dengan poin nomer 9 di atas. Makanya, saya pengin banget belajar SEO sedikit demi sedikit. Biar statistik blog lebih enak dilihat :)


Itulah 10 wish list pengembangan diri dalam dunia blogging untuk saya saat ini. Intinya, sih, saya ingin lebih baik dari waktu ke waktu dalam dunia blogging. Memberikan manfaat bagi pembaca, juga bagi diri saya sendiri. Dan ingat, tanpa harus menjadi beban hidup. Hihihi. Karena bagi saya, ngeblog adalah sarana refreshing dan agar otak terus bekerja :).



7 comments:

  1. nah iyaa... update blog....spt ikutan ODOP ini yaa...penting memotivasi

    sekalian mo lbh rajin ngeblog :D

    ReplyDelete
  2. Poin 8-9 bikin kepo.. bagi tipsnya dong biar bisa dapet DA-PA yg tinggi nilainya karena kan itu menentukan Fee jobnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal klien-klien yang bayar mahal itu nggak pernah lihat DA dalam merekrut blogger.
      Mereka lebih memperhatikan branding dari sang blogger. Kalau branding-nya cocok dengan image kliennya, ya direkrut.
      Kalau nggak cocok, nggak direkrut biarpun DA-nya 40 juga.

      Delete
  3. Hihi daku sekarang tiap blog apdetnya 2-3 artikel sebulan..blogwalking mau dirutinkan lagi..pengen nulis buku lagii

    ReplyDelete
  4. point 10 ini mbak saya jug amusti banyak belajar...hee...keren mbak

    ReplyDelete
  5. bikin vlog n infografis.... nyeraah.... hehehe....

    ReplyDelete
  6. Semangat buat mewujudkan wishlist-nya, Mak! Baca postingan ini bikin inget sama resolusi blog sendiri, hehee

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law