Tuesday, 20 December 2016

Alasan-alasan Logis Mengapa Blog Saya Menggunakan Top Level Domain DotCom



http://www.dekamuslim.com/2016/12/alasan-alasan-logis-mengapa-blog-saya.html



Tahun 2015 kemarin, saya baru menyadari bahwa blog saya ini butuh untuk menyandang gelar blog ber-TLD (Top Level Domain). Mengapa? Karena jujur, saya juga ingin mendapatkan penghasilan (baca: uang) dari hobi saya ngeblog. Kalau hobi bisa mendatangkan uang, mengapa tidak? Sedangkan saya sering baper kalau lihat blog lain yang mendapatkan job, ternyata mereka menggunakan TLD. Ternyata banyak keunggulan menggunakan Top Level Domain .com/.net. So, tanggal 02 Desember 2015, blog ini resmi ber-TLD dengan domain dotcom: dekamuslim.com.

Lho, bukankah pendapatan dari ngeblog bisa diusahakan dengan jalan lain? Tidak harus blog dengan TLD, bukan? Bisa dengan mendaftarkan blog di Google Adsense, mengikuti lomba-lomba blog, dan lain-lain? Ya, menggunakan TLD memang hanya salah satu pilihan untuk mendapatkan uang dari blog. Tapi, memang pilihan itulah yang saya rasa paling cocok untuk saya. Berikut sedikit sharing pengalaman saya saat memutuskan untuk menggunakan TLD dotcom. 


Gagal Google Adsense dan Lomba Blog 
Hai, saya sudah pernah gagal mendaftar di Google Adsense :). Dan saya merasa kesulitan untuk berusaha “lulus” kembali. Saya tidak tahu apa yang harus saya kerjakan untuk bisa lulus di Google Adsense. Dan kata teman-teman blogger yang saya kenal, jika sudah lulus mendaftar, untuk mendapatkan uang dari Adsense harus ekstra sabar. Saya yang gaptek ini merasa tak mendapatkan arah yang jelas untuk mencapai hal tersebut. Maka, goodbye Google Adsense :). 

Lalu, ikut lomba-lomba blog? Saya memang sangat suka berkompetisi. Saya senang mengikuti berbagai lomba blog atau giveaway yang digelar oleh teman-teman blogger. Tapi… berdasarkan pengalaman, saya sangat jarang menang lomba blog! Hihihi. Apalagi, semakin ke sini persaingan dalam lomba blog kian menantang. Banyak blogger yang piawai membuat infografis, vlog, atau bahkan komik keren untuk melengkapi artikel mereka yang juga tak kalah berbobot. So, saya bisa apa? Saya hanya bisa berperan sebagai penggembira! Ya, kalau menang, alhamdulillah. Mungkin jurinya terpikat dengan isi tulisan saya, mungkin mereka termasuk juri yang hanya melihat bobot tulisan, bukan yang lain. Tapi juri yang demikian sepertinya kian langka di masa sekarang ini :). 

Nah, kemudian saya melihat banyak job bertebaran di medsos tetapi mensyaratkan blog ber-TLD. Saya hanya bisa gigit jari, tapi mulai berpikir, mungkin saya juga bisa melakukannya! Maka setelah sharing dengan salah seorang senior blogger, bulatlah tekad saya untuk menggunakan TLD. Alasan saya pada saat itu memilih dotcom simpel saja, karena domain ini sangat populer :D. 


Peluang untuk mendapatkan uang dari blog dengan TLD lebih besar.
Oke, mungkin teman-teman ada yang senasib dengan saya: jarang menang lomba blog ;). 
Let me show you pemikiran sederhana saya, sehingga saya harus cari jalan lain kalau ingin bisa menikmati sedikit rupiah dari hobi menulis khususnya ngeblog ini. Hehehe. Kalau lomba blog, saingannya banyak dan pemenang yang diambil hanya sedikit. Kita harus bersaing ketat dengan peserta yang lain. Kalau saya sendiri, peluang untuk menang dalam lomba blog sangat kecil. 

Berbeda jika saya berharap mendapatkan rezeki dari job/paid review, peluangnya lebih besar. Karena setahu saya, para agensi yang akan memberikan job membutuhkan banyak blogger untuk keperluan promosi atau campaign produk/jasa mereka. Sedangkan agensi yang butuh blogger tersebut tidaklah sedikit. So, agensi banyak plus kebutuhan dari tiap agensi akan jumlah blogger juga banyak. Maka saya pikir peluang para blogger dari job/paid review ini cukup besar. 

Selanjutnya mari kita lihat. 
Teman-teman yang telah tergabung dalam komunitas-komunitas blogger pasti sudah sangat sering membaca peluang job/paid review. Misalnya dalam sekali tawaran yang di-launching, agensi membutuhkan sekian puluh blogger. Peluangnya besar, bukan? Kita tinggal bersaing dengan dengan teman-teman blogger yang lain yang memiliki blog ber-TLD. Karena sependek pengetahuan saya, biasanya syarat-syarat yang diajukan oleh agensi adalah sebagai berikut: 
  1. Dicari blog dengan TLD (dotcom dan dotnet biasanya menjadi prioritas). 
  2. Mencantumkan nilai DA/PA (Domain Authority/Page Authority) blog kita. Tinggi rendahnya DA/PA biasanya akan mempengaruhi nilai tawar fee yang mereka berikan. 
  3. Alexa Rank. Untuk data Alexa Rank ini, hanya sebagian agensi yang memintanya. 

Keunggulan Domain .com/.net
See? 
Melihat kriteria yang biasa diajukan agensi, ternyata blog ber-TLD menjadi pilihan mereka. Alasannya sederhana, karena biasanya blog ber-TLD dikelola dengan lebih profesional. Ya iyalah, kita sudah mengeluarkan biaya tahunan untuk membeli dan memperpanjang domain (meski biayanya sangat kecil jika dibandingkan dengan benefit yang didapat), jadi enggak heran kalau blog ber-TLD juga lebih terurus. Tapi ada alasan yang lebih jelas sebenarnya terkait pemilihan TLD khususnya domain .com, seperti yang saya kutip dari laman DotComForMe. Bahwa: 
“Setelah Anda menetapkan nama domain yang paling sesuai dengan citra Anda, langkah selanjutnya adalah memilih ekstensi domain yang sudah dipercaya secara internasional. Sebaiknya, pilihlah ekstensi domain yang sudah masuk dalam jajaran teratas TLD (Top Level Domain) agar membantu meningkatkan image perusahaan Anda. Ekstensi yang tepat juga dapat membuka peluang awal Anda untuk membangun SEO yang baik bagi website ataupun digital asset yang Anda miliki. Domain .com merupakan pilihan ekstensi domain yang paling tepat bagi Anda. Sebagai standar online global, domain .com merupakan TLD yang sudah dipercaya lebih dari 18 tahun di dunia internet. Ini merupakan alasan mengapa perusahaan-perusahaan besar di dunia memilih ekstensi domain .com untuk website perusahaan mereka.” 



Sudah jelas sekali, ya?
Jadi simpelnya keunggulan menggunakan Top Level Domain .com/.net antara lain sebagai berikut:
  • Lebih singkat, enak dilihat, dan mudah diingat. Coba bandingkan antara dekamuslim.blogspot.com dengan dekamuslim.com. Lebih enak dilihat yang dekamuslim.com, kan? Lebih singkat juga kalau ditulis, dan mudah diingat.
  • Lebih terlihat profesional. Karena secara internasional domain .com sudah sebagai standar online global. Dengan mempunyai domain ini, maka blog kita lebih terlihat profesional, lebih terlihat benar-benar serius untuk diurus. Sedangkan domain .net ada di peringkat kedua setelah .com.
  • Lebih mudah untuk mendapatkan tawaran kerjasama (job). Brand atau agensi yang akan membutuhkan jasa blogger untuk campaign mereka berupa artikel atau pemasangan iklan di blog, biasanya akan lebih memilih blog ber-TLD khususnya .com/.net karena ya, itu tadi, lebih terlihat profesional. Blog ber-TLD juga akan terlihat nilai DA/PA-nya yang menjadi salah satu tolak ukur kredibilitas sebuah blog, sedangkan blog gratisan nilai DA/PA menginduk ke subdomainnya (misal ikut nilai DA/PA blogspot).
  • Lebih mudah membangun personal branding. Misalnya, orang akan lebih gampang mengingat saya sebagai pemilik blog dekamuslim.com ketimbang harus mengingat dekamuslim.blogspot.com. Orang juga akan lebih suka mengetik tulisan singkat daripada yang panjang (terutama di hape), bukan?
  • Dapat menjadi alat kontrol atas kualitas konten blog. Dengan punya blog ber-TLD, kita akan tertuntut untuk menampilkan tulisan-tulisan yang lebih baik dan bermanfaat. Sederhananya, malu dong, sudah punya domain dotcom tapi isi blognya enggak bermutu :). 

Nah, persoalannya kemudian, memangnya gampang bersaing dengan blogger-blogger lain untuk mendapatkan job? Emm… sependek pengalaman saya, hal itu tidaklah terlalu sulit. Kita tinggal memperbaiki blog: mempercantik tampilan blog, menciptakan konten yang baik/bermanfaat dan menarik, mempertajam intensitas blogwalking, mencari networking, dan lain-lain yang semuanya bisa kita pelajari. Kesemua aktivitas blogging tersebut akan dapat memperbaiki nilai blog, seperti menaikkan angka DA/PA, merampingkan Alexa Rank, blog kita lebih dikenal, dan lain-lain.
Sambil jalan, menurut pengalaman saya pribadi, selalu ada agensi yang menawarkan kerjasama dengan dengan blog kita. 


Manfaat #DotComForBlogging Bagi Saya 
Sebagai IRT yang hampir 24 jam di rumah mengurus rumah tangga, saya bersyukur karena telah menggunakan TLD dotcom. Keputusan saya tahun lalu untuk membeli domain pribadi dotcom tampaknya tidak salah, karena hobi ngeblog saya bisa menghasilkan rupiah. Asyiikkk... hehehe... Alhamdulillah :).

Hampir mirip dengan keunggulan menggunakan TLD seperti yang sudah saya tulis di atas, jadi manfaat #DotComForBlogging bagi saya antara lain sebagai berikut:
  • Blog saya lebih berdaya guna. Selain berusaha memberi manfaat kepada para pembaca melalui konten blog, saya juga bisa memiliki tambahan pemasukan lewat aktivitas blogging. Buat saya, karena saya bukanlah blogger yang bisa dengan mudah memenangkan berbagai lomba blog, menggunakan TLD dotcom adalah pilihan yang tepat. Itu salah satu ikhtiar yang saya lakukan agar aktivitas ngeblog saya bisa lebih bermanfaat dalam segi materi selain untuk tujuan utama: membuat tulisan yang bermanfaat bagi pembaca, serta sarana refreshing dan agar otak tetap terus bekerja. 
  • Lebih percaya diri. Saya sebagai IRT lebih merasa percaya diri saat memiliki blog ber-TLD, apalagi dengan domain .com. Saya merasa lebih profesional dengan aktivitas ngeblog saya. Coba bandingkan dengan web-web perusahaan besar, misal webnya Ferrari: www.ferrari.com. Atau www.lg.com punyanya LG, www.pg.com punyanya P&G, dan lain-lain. Blog saya domainnya sama gitu loh dengan perusahaan-perusahaan besar dan terkenal sedunia itu. Hihi. Jadi saya serasa bekerja di perusahaan keren milik sendiri sembari berdaster-ria di rumah :D. 
  • Lebih banyak mendapat tawaran kerjasama. Dengan TLD .com, blog saya lebih mudah mendapatkan tawaran kerjasama seperti penulisan artikel di blog. Seperti yang sudah saya tulis di atas, blog TLD .com biasanya lebih dipilih brand atau agensi untuk program campaign mereka.
  • Kesempatan untuk mendapatkan undangan event blogger lebih terbuka. Sama seperti tawaran kerjasama, undangan event blogger kadang juga memilih blog ber-TLD. Dari event-event blogger seperti itu, saya bisa memperluas networking untuk blogging. Membuka kesempatan kerjasama lebih jauh dengan brand pengundang, juga memperluas channel pertemanan dengan teman-teman blogger.

Beberapa keunggulan menggunakan Top Level Domain .com/.net dan manfaatnya yang telah saya sebutkan di atas, menjadi alasan-alasan logis mengapa blog saya menggunakan TLD dotcom. Masuk akal sekali, kan, kalau saya bahagia saat hobi dan materi bisa bersanding mesra? Hihi. Rasanya saya puas telah memutuskan ganti domain pada 02 Desember 2015 lalu. Selama setahun ini pencapaian blogging saya maju lebih pesat daripada tahun-tahun sebelumnya. Alhamdulillah.. Saya bisa tetap asyik ngeblog, berbagi cerita lewat tulisan dan atau foto-foto, dan tak jarang bisa menghasilkan materi :).

Baca juga: Setahun Dekamuslim Dot Com





Nah, bagi teman-teman yang blognya belum ber-TLD .com/.net dan tertarik untuk menggunakannya, cara memilikinya sangat mudah. Teman-teman bisa membelinya di DotComForMe. Silakan kunjungi webnya: www.dotcomforme.com. Oiya, saat ini sedang ada Hot Promo, lho. Beli domain .com+website blog Rp.150.000,00/tahun. Wah, murah banget, tuh, soalnya sudah sekalian sama websitenya. 

Dan ada lagi, tapi kesempatannya hanya sampai tanggal 22 Desember besok, nih. Yaitu teman-teman bisa dapet potongan harga Rp.50.000,00 untuk pembelian Paket Blogging dengan menggunakan kode voucher "blog100". Jadi cuma bayar Rp.100.000,00 aja sudah dapet domain dotcom plus gratis hosting 500MB. Buruan! Masih ada waktu 2 hari, nih :).  

Kalau teman-teman masih bingung gimana cara belinya, agar lebih jelas alur dalam proses pembelian teman-teman bisa klik dulu halaman "Cara dan Ketentuan". Di situ akan terlihat informasi dalam gambar seperti berikut ini. 




Ikuti saja langkah-langkahnya. Setelah selesai mengikut semua langkah, enggak perlu takut atau khawatir bagaimana nanti cara memasang domain dan sebagainya. Insya Allah nanti akan dibantu sama adminnya. Teman-teman bisa tanya langsung di websitenya dengan mengirim pesan di kolom chat yang ada di sana. Atau bisa juga tanya-tanya di kanal medsos mereka, di Facebook, Twitter, G+, atau Instagram. Tinggal klik ikon medsos yang diinginkan di website tersebut (ada di bagian kanan atas dan juga bagian paling bawah), lalu ajukan pertanyaan. 

Yakin, deh. Gampang, kok, kalau mau memiliki dan menggunakan domain .com/.net itu. Keunggulan menggunakan Top Level Domain .com/.net sudah saya rasakan dan keuntungannya juga jauh lebih banyak dibanding biaya yang dikeluarin tiap tahunnya. Bagaimana?
Oke, happy blogging, temans! :)






13 comments:

  1. Ya ampun... jd keinget aku pun gagal adsense dan i dont know what to do.. hehehe..

    ReplyDelete
  2. TLD memang cocok untuk yang mau monetize blog ya Mba', sukses lombanya.. :)

    ReplyDelete
  3. Akupun dapet sponsored post sejal TLD mbaa...

    ReplyDelete
  4. saya juga berkali-kali gagal daftar GA Mba, dan akhirnya nyerah deh, hihihi :)

    ReplyDelete
  5. sama dong, saya punya domain sendiri juga th 2015 :) lebih kece dgn dotcom ya..

    ReplyDelete
  6. Wah sudah setahun menggunakan dot com. Saya malah baru sebulan, tapi ngeblog menggunakan dot com memang punya keseruan tersendiri... salah satunya yakni lebih percaya diri ngeblog.. sukses mbak dengan blognya.. moga banyak dapat tawaran kerjasama....

    ReplyDelete
  7. Bener ni smnjk TLD aku jg lg rajin ngeblog, sayang uangnya klo dianggurin blognya. Hehehhe. Maklum ogah rugi. Tp skrg jg klo mau bw, lbh seneng yg pke dotcom/net sih, soalnya biasanya contentnya lbh enak dibaca aja, drpd yg msh 'numpang'. Mgkn krn faktor ud bayar itu kali ya? Jd lbh serius ngegarap blognya.

    ReplyDelete
  8. Saya pun merasakannya saat beralih ke TLD,,, saat pakai TLD merasa seperti Blogger Sungguhan


    #Ehh

    ReplyDelete
  9. TLD emang bikin jd keliatan profesional dan membuat mudah dikenalin ya mbak TFS :)

    ReplyDelete
  10. setuju mas, dengan TLD dapat membangun personal branding sehingga dapat memperluas silahturahmi...

    ReplyDelete
  11. Aku juga pernah gagal daftar google adsense dan jadi ga punya bayangan tentang google adsense

    ReplyDelete
  12. Ajarin google adsense dong Mbak...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Followers

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law