Saturday, 3 September 2016

[Profil Blogger-8] Ruli Retno




Saya mulai mengenalnya sejak beberapa bulan yang lalu. Ya, belum lama. Arisan Link dari Blogger Perempuan-lah yang memperkenalkan kami. Karena kami tergabung dalam satu grup, kami pun sering saling blogwalking satu sama lain. Saat pertama kali ke blognya, saya membaca tulisannya tentang profil seorang mama blogger. Apa kesan saya? Oh, mama yang satu ini bersemangat sekali kalau bercerita lewat tulisan. Tulisannya mengalir saja, renyah, dan bahasanya seperti mama-mama gaul. Hehehe… Ehm, siapa, sih, yang saya maksud? Dialah mbak Ruli Retno :).

Nama panjangnya Ruli Retno Mawarni. Saat ini, mbak Ruli menetap di Banjarmasin (Kalimantan Selatan) bersama ketiga putra-putrinya. Lho, suaminya ke mana? Jadi mbak Ruli ini sedang menjalin LDM (Long Distance Marriage) ceritanya. Ya, saat ini suaminya tengah bekerja di luar kota. Mama tangguh, ya? Coba aja bayangin, sendirian dengan tiga anak kecil (yang pertama 5 tahun, kedua 2 tahun, dan si bungsu masih newborn), dan tanpa ART. Meski di sekitar rumah ada saudara-saudara yang menemani, tapi tetep aja di rumah cuma berempat sama anak-anak. Hebat nggak, sih? 

Mama dari seorang putri dan 2 jagoan (Qorira, Qowiy, Qodhi) ini adalah seorang sarjana dari jurusan Chemical Engineering di ITS Surabaya, lho. Tapi beliau memilih menjadi stay at home mom karena ingin mengasuh sendiri putra-putrinya. Selain itu karena katanya, suaminya sering pindah lokasi kerja. Daripada ribet kan, ya, lebih baik selalu mendampingi suaminya bekerja dan bisa fokus mengurus keluarga. Sebelumnya, beliau sempat bekerja di Coal Mining Company - Mine Department. 

Dan seperti saya juga, beliau ngeblog tuh sebagai me time atas kesibukannya membersamai ketiga putra-putrinya. Ngeblog bisa mencegah stress katanya, hihihi... Eh tapi, memang benar, lho. Saya juga gitu, kok. Masalah rumah tangga bisa lebih enteng rasanya kalau sudah ngeblog :D. Menurutnya ngeblog itu menyenangkan sekali, dan bisa dilakukan secara fleksibel, bisa kapan saja. Cocok banget buat mama-mama riweuh seperti mbak Ruli (juga saya) hehehe...D.



Blog Ruli Speaking Up
Ternyata, mbak Ruli ini emang punya hobi nulis sejak SD, lho, dan sudah mulai ngeblog sejak kuliah dulu (tepatnya tahun 2007). Hemm... sudah lama juga, ya. Tapi kalau dilihat blognya di www.ruliretno.com, blog itu baru ada mulai tahun 2015. Jadi itu bukan blog pertamanya, ya, pastinya. Mbak Ruli sebelumnya juga aktif ngeblog di Blogdetik. Tapi untuk saat ini beliau lebih fokus ke blog utamanya tersebut saja.

By the way, tahukah temans kenapa header blognya yang bertajuk Ruli Speaking Up itu ada gambar Dolphin yang cukup menyolok? Ternyata alasannya sederhana, karena Mbak Ruli ini big fans-nya Dolphin :). Menurutnya, Dolphin adalah binatang yang Imagenya selalu baik; sering menolong orang-orang dan binatang lainnya yang butuh bantuan di lautan luas. Mbak Ruli orangnya juga cinta wisata bahari; pantai, laut, snorkling, dan tidak terlalu suka ke gunung. 

Oiya, mbak Ruli yang kelahiran Surabaya ini termasuk blogger ramah, lho. Beliau enak kalau diajak ngobrol (selama ini seringnya saya chat via WA), dan seneng blogwalking ke blog teman-teman blogger. Soal yang ini, kayaknya ada hubungannya dengan jiwa sosial Mbak Ruli, deh. Karena, mbak Ruli ternyata aktif di komunitas sosial di lingkungan tempat tinggalnya, Kalimantan Selatan.

Ya, beliau adalah member dari komunitas Halal Corner (HC) sebagai salah satu admin media pusat dan tergabung dalam Gerakan Peduli Lansia (GPL) Kalsel. Keduanya adalah komunitas yang sama-sama bergerak pada kegiatan sosial, hanya beda misi. Yang satu fokus untuk dakwah halal, sedangkan satunya misi sosial untuk lansia dhuafa tapi khusus area KalSel saja.

Blog Mbak Ruli banyak bercerita tentang keseharian beliau, termasuk juga kegiatan sosial yang sering dilakukannya bersama dua komunitas sosialnya tersebut. Selain itu, Mbak Ruli juga sering menulis tentang kuliner, traveling, artikel job review, dan lain-lain.

Nah, kalau teman-teman mau tahu dan kenal lebih jauh dengan mbak Ruli, silakan berkunjung ke blognya, ya. Follow juga akun-akun sosmednya, orangnya asyik, kok :).

So, happy blogging :)


2 comments:

  1. Hmmm.. lengkapppp banget.. ngerasa ktmu temen senasib sm mba diah deh kalo di ulas gini hehehe.. makasih ya mba.. muach2..

    ReplyDelete
  2. Mama yang satu ini sudah saya kenal sebelum saya aktif ngeblog, memang ramah dan asyik kalau ngobrol

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law