Wednesday, 21 September 2016

Mempersiapkan yang Terbaik untuk Hari Tua



http://www.dekamuslim.com/2016/09/mempersiapkan-yang-terbaik-untuk-hari.html



Saya punya seorang budhe yang rumahnya lumayan dekat dengan rumah saya, di kota sebelah. Kami sering ketemu. Kalau ketemu, rasanya saya senang melihat beliau. Di wajahnya yang sudah sangat mengeriput, saya melihat kebahagiaan di sana. Meski suaminya (pakdhe saya) telah meninggal dunia mendahuluinya, tapi beliau bisa menjalani kehidupannya kini dengan bahagia. Setidaknya begitulah yang bisa saya lihat dari raut wajah dan tutur katanya. 

Bagaimana tidak bahagia, anak-anak beliau sudah menjadi orang-orang yang mapan. Mereka semua juga perhatian dan sayang dengan ibunya. Cucu-cucunya juga tak ada yang bertingkah aneh-aneh atau negatif. Dan mereka semua tinggalnya masih dalam satu kota. Jadi, mudah saja jika ingin berkumpul satu keluarga. Dan satu lagi, kehidupan di hari tuanya sudah terbantu dengan adanya dana pensiun. Ya, setiap bulan, budhe saya bisa mengambil dana pensiunnya untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sebulan ke depan. Begitu seterusnya.

Meski anak-anaknya juga memberikan materi (biaya hidup) kepada budhe, tetapi dengan dana pensiun yang dimilikinya, tampaknya budhe lebih tenang karena tidak mengharapkan bantuan dana dari anak-anaknya semata untuk kehidupan hari tuanya. Beliau juga bisa memberi uang kepada cucu-cucunya, bisa bershadaqah semaunya, dan lain-lain.

Orang tua mana yang tak ingin menikmati hari tuanya dengan bahagia. Bisa melihat anak-anak dan cucu-cucunya dalam keadaan sehat dan tercukupi, baik dari segi materi maupun immaterial. Begitu juga dirinya sendiri, sehat dan tercukupi baik secara materi maupun non materi. Saya pun juga ingin seperti beliau jika sudah tua nanti (sekarang belum terbilang tua, ya :) ).


Pentingnya Mempersiapkan Hari Tua
Melihat kehidupan para orang tua di sekitar, saya jadi mikir, memang sebaiknya dan seharusnya kita mempersiapkan yang terbaik untuk hari tua kita nanti. Selain bekal kesehatan jasmani dan ruhani, persiapan materi tak dapat dipungkiri sangat dibutuhkan. Ya, kalau anak-anak kita nanti mau dan mampu (semoga saja mau dan mampu :) ) mensuplai kebutuhan hari tua kita secara kontinyu? Kalau enggak? Apakah hidup kita akan tenang kalau kebutuhan finansial tidak tercukupi?

Perisiapan terbaik yang perlu kita lakukan berkaitan dengan finansial adalah menyiapkan dana pensiun. Ya, karena di hari tua kita akan pensiun bekerja. Menurut saya, istilah pensiun bukan hanya untuk pekerja kantoran, tetapi untuk semua orang. Karena jika kita sudah tua nanti, tenaga kita tak akan sekuat di masa muda, kita akan pensiun bekerja. Jikapun masih bekerja, kemungkinan penghasilan dari bekerja di hari tua tidak cukup bisa diandalkan. 


Beberapa manfaat AVA iFuture Astra Life.


Maka dari itu, untuk membentuk dana pensiun kita perlu menabung, berinvestasi, atau bahkan memproteksi diri mulai sekarang. Investasi biasanya bisa berupa investasi properti atau aktiva tetap, seperti tanah, rumah (bisa dikostkan, disewakan atau dikontrakkan nantinya), atau investasi reksadana secara rutin. Properti seperti itu nilainya akan terus berkembang mengikuti nilai mata uang.

Sedangkan jika ingin lebih baik lagi dalam menyiapkan dana pensiun, kita bisa memproteksi diri terhadap risiko-risiko yang mungkin terjadi. Proteksi diri tersebut adalah dengan cara berasuransi. Seperti dengan bergabung dalam Dana Pensiun Astra LifeSehingga risiko-risiko di hari tua seperti meninggal dunia, sakit, cacat tetap yang mengakibatkan tidak dapat bekerja, dan lain-lain dapat ditanggung dengan asuransi ini.

Teman-teman pasti sudah tahu, dong, apa itu Astra Life? Astra Life merupakan perusahaan penyedia asuransi jiwa kelas dunia yang juga melayani masyarakat Indonesia. Ada banyak produk asuransi yang ditawarkan, termasuk yang mencakup dana pensiun. Di Astra Life, kita bisa membentuk dana pensiun melalui produk-produk asuransi jiwa yang ditawarkan. Seperti AVA iBright Protector, AVA iFuture, AVA iPrima, dan lain-lain.

So, ternyata penting banget, ya, mempersiapkan hari tua itu? Saya juga pengin, sih, mempersiapkan hari tua sebaik mungkin. Tapi untuk saat ini, sih, memang masih sangat jauh dari kata "baik" untuk mempersiapkan hari tua. Semoga ke depannya akan bisa lebih baik lagi. Kalau teman-teman bagaimana? Mungkin bisa mempersiapkannya dengan bergabung dalam Dana Pensiun Astra Life? Semoga hari tua kita nanti akan menyenangkan, ya :).



#sponsoredpost



4 comments:

  1. Kudu disiapin dari sekarang yo mbaaaa
    Biar pas pensiun segalanya lancar amiiiin

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah saya sudah mendapatkan fasilitas dana pensiun dari kantor Mba :)

    ReplyDelete
  3. WAh harus mulai dikejar mulai sekarang ya mbak ..

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law