Monday, 22 August 2016

Pilihan Baju yang Nyaman untuk Ibu Hamil dan Menyusui






Belakangan ini saya lumayan sering window shopping dan belanja online. Dari sekadar lihat-lihat gamis cantik MatahariMall sampai beli mainan buat anak. Alasannya kurang lebih sama dengan teman-teman lain yang suka belanja online. Yaitu enggak perlu ke luar rumah, enggak perlu milih-milih sambil (mungkin) berdesak-desakan dengan pembeli lain, enggak perlu ngabisin tenaga dan biaya buat transport, dan lain-lain. Intinya belanja online itu praktis. 

Apalagi saat hamil kemarin. Kondisi hamil ditambah ngurus dua anak yang masih kecil-kecil, itu sudah cukup menghabiskan waktu di rumah. Kalau mau belanja-belanja kudu mikir lama dulu. Belanjanya harus cepet, karena saat hamil kan mudah lekas capek. Trus kalau si sulung ikut pasti adiknya juga pengin ikut, begitu jug sebaliknya. Jadi, kalau mau belanja-belanja kebutuhan tertentu yang kira-kira membutuhkan waktu lama untuk membelinya, saya milih secara online saja. 

Nah, salah satu kebutuhan yang membutuhkan waktu cukup lama buat milih-milih tuh adalah pakaian atau baju. Karena kemarin saya lagi hamil dan bersiap untuk jadi busui, tentu saya milih-milih baju yang cocok buat dua kondisi itu. Milihnya kudu teliti, karena kan kita enggak lihat dan pegang barangnya langsung, ya. Kadang di foto kelihatan bagus banget, tapi pas sampai di tangan, eh kok kainnya tipis, kok warnanya enggak seperti di foto, kok kainnya enggak lembut seperti bayangan kita, dan lain-lain ;). 

Apalagi buat bumil (ibu hamil) dan busui (ibu menyusui), kalau bajunya enggak cocok dan enggak nyaman dipakai, bisa-bisa baju itu akan jadi calon penunggu lemari saja alias enggak pernah dipakai lagi, hehe… Nah, kalau saya, milih baju buat bumil dan busui itu kriterianya kurang lebih seperti ini: 
  • Bahannya lembut dan mudah menyerap keringat. Terutama bumil, biasanya kan mudah gerah. Pasti enggak nyaman banget kalau bajunya panas, jadi mudah berkeringat dan enggak enak mau aktivitas apapun. Bahan yang lembut juga akan membuat bumil dan busui nyaman, sehingga mood-nya juga bagus, yang pastinya juga akan berpengaruh pada si kecil. 
  • Baju atasan (atau jika berupa gamis, bagian atasnya) modelnya bukaan depan, entah pakai kancing atau resleting. Untuk busui, sudah jelas model baju seperti itu untuk fungsi menyusui si kecil. Sedangkan untuk bumil, meskipun belum ada aktivitas menyusui, tapi menjelang persalinan ada saat-saat harus mempersiapkan ASI. Dengan baju model bukaan depan, akan mempermudah saat membersihkan payudara atau melakukan pemijatan untuk merangsang keluarnya ASI. 
  • Model baju tidak ketat. Model baju yang ketat selain akan membuat gerah, setahu saya juga enggak baik dari segi kesehatan, karena proses sirkulasi udara ke dalam tubuh akan terhambat. Bumil dan busui juga akan kurang nyaman kalau kondisinya seperti itu, kan? Apalagi dari segi agama Islam, pakaian ketat tidak sesuai syari’at jika dipakai wanita muslimah. 
  • Kainnya tidak menerawang. Sebagai muslimah, saya enggak mau, dong, pakai baju yang menerawang. Apalagi kalau bumil, memakai pakaian menerawang akan membuat lekuk-lekuk tubuh yang “menggendut” itu terlihat orang lain dengan jelas. Duh, malu, lah. Dan yang jelas juga enggak syar’i pastinya. 

Gamis koleksi MatahariMall.com


Itulah beberapa kriteria yang menjadi pertimbangan saya jika akan membeli baju untuk bumil dan busui. Entah itu rok, atasan/blus ataupun gamis. Selain poin-poin di atas, saya juga mempertimbangkan model baju, warna dan corak/motif baju. Saya suka model dan motif yang sederhana, enggak ruwet, dan warnanya kalem. 

Untuk saat ini saya lebih suka membeli baju gamis, karena praktis saja memakainya. Kalau dibawa bepergian untuk beberapa hari juga praktis, enggak memakan banyak tempat jika dimasukkan di tas. Hehe… Makanya akhir-akhir ini saya seringnya beli gamis. Termasuk waktu puasa dan lebaran kemarin, saya beli gamis secara online. 

Teman-teman pasti juga tahu, pilihan gamis di toko online tuh buanyakkk banget. Gamis cantik MatahariMall juga bisa jadi pilihan kita. Nah, kalau teman-teman mau beli gamis secara online juga, bisa nih milih-milih di sana. Pilihannya banyak, dari mulai gamis buat acara resmi, santai, sampai buat bumil dan busui juga ada :).


#sponsoredpost


2 comments:

  1. Sy jg termasuk lbh nyaman beli online.

    Ntr coba d marahari jg ah, tfs mba..

    ReplyDelete
  2. on line lebih simpel tapi mmg hrs hati2 ya
    banyak model dan harga disesuaikan kantong
    nggak ribet pula....
    kalo hrs ke mall...takut nular buat beli yg lain hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law