Monday, 29 August 2016

Kapan ke Luar Jawa?


http://www.dekamuslim.com/2016/08/kapan-ke-luar-jawa.html


Gimana, sih, rasanya tinggal beberapa hari di luar Jawa? Apa yang akan saya temukan? Bagaimana kebiasaan penduduknya, apa saja ragam kulinernya, bagaimana logat bicara mereka, dll…?? Sederet pertanyaan di dalam hati muncul setiap kali saya membayangkan bisa bepergian ke luar Pulau Jawa. Yap, saya memang belum pernah ke luar Jawa. Sebenarnya pernah, sih, dua kali. Tapi luar Jawa-nya di Madura! Hihihi… kalau yang itu, sih, tinggal nyebrang Selat Madura kurang lebih 15 menit dari Pelabuhan Ujung Surabaya atau lewat jembatan Suramadu 10 menitan juga sudah sampai :D. 

Maksud saya, saya ingin menginjakkan kaki di Pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, atau bahkan Irian Jaya! Mimpi kali, yaa… Ya, mungkin terdengar seperti mimpi. Karena saya orangnya jarang banget traveling. Bepergian jauh paling juga ke rumah saudara. Paling jauh ke Jakarta atau Banten, itupun hanya sehari-dua hari. Karena tujuannya murni untuk silaturahmi, bukan untuk traveling. Tapi sebenarnya, saya punya saudara di luar Jawa, lho. Ada paman di Bengkulu, sepupu di Banjarmasin, atau istri sepupu ada di Lampung. 

Untuk saat ini, saya dan suami memang belum ada rencana untuk bersilaturahmi ke rumah saudara-saudara di luar Jawa tersebut. Tapi, tentu saja keinginan ke sana itu selalu ada. Mungkin kelak jika anak-anak kami sudah agak besar. Saat ini, anak ketiga saya masih belum ada dua bulan usianya. Kedua kakaknya pun masih kecil-kecil. Terbayang rempongnya saya jika harus traveling dengan 3 krucils untuk beberapa hari. Ya, karena saya inginnya ke luar Jawa itu tak hanya bersilaturahmi ke rumah saudara, tapi juga sekalian traveling ke tempat-tempat wisata di dekat rumah mereka. Kalau anak-anak sudah agak besar, saya pikir akan lebih enak karena saya tidak akan terlalu rempong seperti sekarang. 


Gambar dari Futuready.com.


Merencanakan Perjalanan 
Untuk rencana jangka panjang tersebut, kami pun musti mempersiapkan segala sesuatunya agar perjalanan-perjalanan kami sesuai rencana, lancar dan menyenangkan. Persiapan tersebut seperti menentukan kapan waktu dan lama perjalanan, biaya perjalanan, transportasi yang akan digunakan, hingga mungkin memilih asuransi perjalanan terbaik. Karena perjalanan jauh itu katanya penuh risiko. Mungkin ada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, apakah itu kecelakaan, sakit dalam perjalanan, kehilangan barang-barang bagasi atau dokumen-dokumen penting, dan lain-lain. 

Meski hanya perjalanan dalam negeri, rasanya boleh juga, ya, dipertimbangkan untuk membeli asuransi perjalanan. Karena risiko perjalanannya sama saja, kan? Ke mana pun kita bisa kehilangan barang-barang bawaan, kehilangan dokumen-dokumen penting, sakit dalam perjalanan, dan lain-lain. Dan, siapa tahu, berawal dari traveling di dalam negeri, di lain waktu bisa traveling ke luar negeri. Ah, senangnya membayangkan anak-anak gembira diajak jalan-jalan. *mimpi dulu, yaa :)* 

By the way, ternyata sekarang ada cara membeli asuransi dengan lebih mudah, lho. Ada Futuready.com yang akan membantu kita memilih asuransi yang kita butuhkan. Futuready.com adalah supermarket asuransi atau sebuah broker asuransi online. Jadi di sana kita bisa memilih produk asuransi sesuai kebutuhan, dan membelinya secara online. Ada asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, dan asuransi kecelakaan. Produk-produk asuransi yang ditawarkan adalah dari perusahaan-perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia. Misalnya untuk asuransi perjalanan ada ADIRA Insurance dan AIG. So, kita bisa bebas mencari, membandingkan, memilih dan membeli produk asuransi terbaik cukup dari layar laptop atau ponsel. 

Hemm… boleh juga, ya, situs tersebut dipertimbangkan untuk memilih asuransi perjalanan terbaik. Jadi kalau tertarik, harusnya saya siap-siap mulai sekarang. Menyisihkan uang buat biaya liburan plus bayar asuransi. Biar rencana traveling ke luar Jawa tak hanya sekadar wacana, tapi terealisasi dengan menyenangkan :). Nah, kalau teman-teman, bagaimana mempersiapkan perjalanan kalian?


#sponsoredpost


12 comments:

  1. Saya juga pengen sekali berlibur di luar pulau jawa karena diluar pulau jawa juga banyak sekali tempat wisata yang bagus bagus jadi pengen berlibur ke luar jawa tapi belum ada bekalnya sedih banget saya.

    ReplyDelete
  2. setuju, asuransi perjalanan perlu banget buat jaga2, jadi jalan2 tetap fun dan aman ya mba DeKa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perlu banget ya, Mbak Zata? Oke deh, saya catet..
      *eh kok saya balik nanya, ya :D

      Delete
  3. iya mbak.. aku pun kebanyakan ngemol. sekitaran jawa aja belum ditaklukkan semua. ke bali pun belum pernah :D
    asuransi perjalanan itu seperti yang kita bayar kalo naik bis yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kirai Mbak Li udah banyak traveling.. ternyata kita gak jauh beda, ya :D
      Btw kalo yg di bis itu setauku asuransi Jasa Raharja, Mbak. Itu otomatis kita bayar pas bayar tiketnya. Kalo asuransi perjalanan ini untuk tujuan traveling, jadi kayak asuransi yg lain2 gitu cuma ditujukan utk perjalanan. IMHO, sih.. :)

      Delete
  4. enak ya bisa refresing keluar, sampai lupa saya rasanya piknik itu gimana :D

    ReplyDelete
  5. Indonesia memang terlalu besar untuk ditravelingi (hehe bahasanya), saya juga masih penasaran dengan Kalimantan, Sulawesi, Lombok, Papua, dkk dkk dkk. :) Semoga suatu saat kita dapat kesempatan ya mbak . Salam kenal

    ReplyDelete
  6. jangan sedih mbak. Ayo, saya doakan semoga kesampaian. Wallahu'alam gimana caranya nanti. Saya sedari kecil pengen ke Jawa, gimana sih rasanya Jawa itu. Tapi sampai kuliah dan kerja pun nggak pernah kesampaian. Teman2 udah keliling, nyebar2 foto, saya diamn2 aja di rumah.
    eh, pas nikah baru kesampaian. Itu pun nggak ada satu pun yang terjadwal. Nyaris semua "ditraktir" teman2 kok mbak

    ReplyDelete
  7. kalo Mba Diah diberi kesempatan jalan-jalan ke luar jawa, jangan lupa mampir ke sulawesi tepatnya Bau-Bau yah Mba, biar kita bisa ketemuan, hehe :)

    ReplyDelete
  8. hmm...aku juga kayaknya belum pernah ke luar jawa Mbak :D kalau diberi kesempatan kesana, aku mau ke Tual, Maluku ke rumah kakakku hihihi.

    ReplyDelete
  9. hayuuk mbak jalan2.. pasti ketagihan ntr ;).. aku terbiasa pindah2 tinggalnya... tp yg paling lama di aceh.. dan krn pindah2 gini, jd suka bgt traveling.. buatku pindah ke daerah baru, ato traveling ke negara yg blm pernh aku dtangin itu bikin mood jd bagus.. :) ..

    kalo soal asuransinya, tiap traveling aku slalu beli, kecuali, kalo jalan2nya sekitaran indonesia, ato cuma ke malaysia dan singapur doang, itu aku g mau beli :D.. krn asuransi kantor masih mengcover.. Tapi di luarnegara2 itu selalu beli.. penting bgt.. kebayang terbantunya kalo kita sampe skit di luar negri.. alhamdulillah sih selama pengalaman traveling kemana2, blm pernah ketimpa musibah yg gede selama jalan, jd asuransinya ga kepake.. tp gpplah, khilangan uang premi sekian ratus ribu doang, drpd ga punya asuransi, trs sakit ato pesawat cancel mndadak, ato bagasi hilang dan kita hrs ngeluarin berjuta2 utk nutupin, pilih mana coba ;)?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law