Friday, 15 April 2016

Road Blog 10 Cities Chapter Surabaya Jadi Ajang Kopdar dan Berbagi Ilmu antar Bloggers Surabaya dan Sekitarnya



http://www.dekamuslim.com/2016/04/road-blog-10-cities-chapter-surabaya.html



Bagi saya yang masih jarang banget ketemu sama teman-teman blogger, hadir di event blogger itu rasanya berharga sekali. Termasuk hadir di acara Road Blog 10 Cities Chapter Surabaya beberapa waktu yang lalu.

Jadi ketika pertama kali mengetahui suatu info event blogger yang akan diselenggarakan, saya akan benar-benar memikirkannya secara masak-masak. Bisa tidak hadir di tanggal tersebut, berapa lama waktunya, pagi siang sore atau malam, kira-kira anak akan dibawa atau tidak, suami bisa mengantar atau tidak, hemm... begitulah :) 

Dan ketika kesempatan itu sudah ada dalam genggaman, maka saya akan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Demikian juga yang terjadi pada hari Sabtu, 09 April 2016 kemarin. Saya berkesempatan hadir di acara #RoadBlog10Cities Chapter Surabaya. Saya senang sekali bisa menjadi bagian dari blogger-blogger di Surabaya dan sekitarnya untuk menghadiri acara tersebut. 

Meski suami ternyata batal mengantar, tapi rasanya saya bukan orang yang terlalu manja *halah*. Iya, karena sudah terlanjur mendaftar, saya pun pantang mundur kalau hanya gara-gara harus naik angkot untuk perjalanan yang lumayan jauh. Apalagi kesempatan sudah terbuka lebar; ibu bersedia saya titipi si kecil, dan suami juga sudah mengizinkan. Apa lagi? Yah, akhirnya saya yang sedang berbadan dua ini harus naik angkot selama 2 jam perjalanan ke tempat acara, pemirsah... Hehehe... 

Sampai di lokasi acara sekitar pukul 09.30, saya terlambat setengah jam dari waktu registrasi. Tapi alhamdulillah, acara baru akan dimulai. Jadinya malah pas banget, enggak nunggu lama-lama :). Setelah registrasi dan mendapatkan notebook plus pulpen cantik dari Excite sang penyelenggara acara, saya pun langsung duduk manis di kursi nomer 4, paling depan! (sesuai nomer urut pendaftaran). Wah, seneng banget tentu saja, karena nantinya bisa menyimak materi dengan lebih fokus dan bisa ambil foto pemateri dengan lebih gampang ;). 


Semangat Bloggers di Acara #RoadBlog10Cities Chapter Surabaya
Acara yang bertajuk “Seminar dan Workshop, Excite Indonesia Road Blog 10 Cities” Chapter Surabaya ini diadakan di Wisma Guru Surabaya yang terletak di Jalan Ahmad Yani No. 6-8 Surabaya. Selain di Surabaya, #RoadBlog10Cities diadakan juga di 9 kota lainnya, yaitu: Aceh, Madura, Bojonegoro, Medan, Banjarmasin, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, dan Makassar dengan waktu pelaksanaan yang bergantian. 

Excite Indonesia sendiri merupakan program internet yang memberikan point kepada penggunanya yang dapat ditukarkan dengan barang atau layanan. Pengguna bisa mendapatkan point dengan cara registrasi keanggotaan, berbelanja, mengisi survei dan berbagai hal lainnya secara online. Pada acara ini, Excite menggandeng Traveloka, Lembaga Sensor Film Indonesia, Pegadaian, dan Genflix sebagai pendukung acara sekaligus sponsor. Kemudian materi inti nantinya akan disampaikan oleh mas Firmansyah selaku SEO Specialist dan mbak Rahmah yang mengisi materi tentang Content Writing

Dengan mengundang sebanyak 100 (seratus) blogger dari Surabaya dan sekitarnya, acara ini berlangsung meriah sekali. Bak tempat ngumpulnya para blogger, ajang kopdar dan berbagi ilmu. Dan yang mengejutkan, dari data panitia ternyata diketahui bahwa 65% peserta adalah justru dari luar Surabaya! Blogger dari Surabaya sendiri malah cuma 35%. Hihihi… Saya? Jelas termasuk yang 65% lah, jauh-jauh dari Sidoarjo dengan 2 jam perjalanan gitu, lhoh :D. Ups, tapi yang lebih jauh lagi ternyata banyak. Ada yang dari Sumenep (Madura), Blitar, Tuban, Bojonegoro, Malang, dan mana lagi saya lupa. 

Wuahh…. Keren banget, deh, para blogger ini. Rela jauh-jauh dateng untuk menimba ilmu dan ketemuan dengan teman-teman sesama blogger. 


Mbak Mubarika Damayanti memberikan sambutan.

Sambutan kedua dari Bapak Gempur Abdul Ghofur.


Mari Menyerap Ilmu
Setelah acara dibuka oleh MC cantik kemudian sambutan dari Excite oleh Mbak Mubarika Damayanti dan Bapak Gempur Abdul Ghofur, materi pertama adalah dari Traveloka. 


Bapak Hari Apriyandi.

Traveloka yang merupakan penyedia tiket pesawat online terbesar di Indonesia itu mewakilkan Bapak Hari Apriyandi sebagai penyampai materi di acara ini. Bapak Hari menyampaikan seluk beluk Traveloka dari mulai sejarah berdirinya, kisah-kisah yang mengilhami berbagai pelayanan yang ada di Traveloka, dan macam-macam kelebihan Traveloka apps. Ternyata dari para blogger yang hadir, banyak juga yang sudah sering menggunakan jasa Traveloka, terutama para travel blogger tentu saja. 


Bapak Ahmad Yani.

Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Bapak Ahmad Yani dari LSF (Lembaga Sensor Film) Indonesia. Tema yang diusung oleh LSF adalah “Budayakan Sensor Mandiri”. Jadi meskipun LSF sudah bekerja untuk menyensor konten-konten film yang akan beredar di masyarakat, masyarakat sendiri diharapkan mampu memberikan sensor mandiri tehadap film-film yang akan ditontonnya. Seperti soal batasan umur, hendaknya kita mampu membatasi anak-anak untuk tidak menonton film dewasa. Sehingga peran LSF adalah sebagai pendamping dan pendorong masyarakat dalam membangun budaya sensor mandiri. 


Bapak Hakim Setiawan.

Materi ketiga dari Pegadaian dibawakan secara energik oleh Bapak Hakim Setiawan. Pegadaian, memang sudah banyak berubah dari wajah lamanya. Kini Pegadaian terlihat sangat modern dan “kaya”. Kalau dulu orang ke Pegadaian hanya untuk menggadaikan barangnya semisal sepeda motor, televisi, atau cincin emas, tetapi sekarang pelayanan Pegadaian sudah lebih lengkap. Seperti memberikan pinjaman kepada UMKM, perdagangan dan pembiayaan emas, transaksi jasa remittance, payment point, dan lain-lain. Bahkan Pegadaian juga punya property berupa hotel, lho. Di Surabaya saja ada dua hotel milik Pegadaian, belum yang di Jakarta. Pegadaian juga sudah punya apps “Sahabat Pegadaian” yang bisa diunduh dengan android. Intinya, Pegadaian sudah maju pesat, beda banget dnegan yang dulu. 

Ketiga materi tersebut berlangsung hingga waktu Dhuhur. Lumayan seru, sih. Banyak blogger yang melemparkan pertanyaan. Tapi karena sesi tanya-jawab yang terbatas, jadi sesi itu hanya berlangsung kerang lebih setengah jam (plus sesi bagi-bagi hadiah bagi bloggers yang beruntung). Karena memang waktunya sudah mepet untuk ishoma (istirahat, sholat, makan). 


Mas Haryanto.

Setelah ishoma, materi dari sponsor masih lanjut. Kali ini ada mas Haryanto dari Genflix. Genflix sendiri adalah sebuah layanan premium video streaming yang terdiri dari live channel dan video on demand. Kalau TV kabel hanya bisa kita saksikan di rumah, Genflix bisa kita saksikan di manapun dan kapan pun. Karena kita hanya perlu gadget dan koneksi internet. Dan tentu saja harus bayar karena ini layanan premium. Suguhan utama di Genflix ini adalah live liga sepakbola dunia. Selain itu kita bisa menyaksikan konten-konten unggulan lain, seperti Indonesia box office, blockbooster movies, atau anime.

Mbak Rahmah.

Selanjutnyaaa…. Setelah 4 materi dari pendukung acara, kini tibalah saatnya materi inti. Yap, materi inti sengaja ditaruh di belakang untuk menjaga agar peserta tetap di tempat sebelum acara usai! Hemm… boleh juga. Materi inti dari #RoadBlog10Cities Chapter Surabaya ini disampaikan oleh Mbak Rahmah dan Mas Firmansyah. Mbak Rahmah mengambil kesempatan pertama dengan memberikan materi tentang Content Writing. Mbak Rahmah yang asli Makassar tapi kini berdomisili di Surabaya ini berbagi pengalaman tentang kegiatan bloggingnya yang sudah dilakoni sejak 2008. Selain bercerita tentang blog utamanya yang berbau-bau kimia (karena beliau background pendidikannya memang kimia), beliau juga memberikan tips-tips dalam menulis di blog yang berkualitas. Diantaranya bagaimana cara menggali ide, membangkitkan mood menulis, etika dan kaidah menulis, dan kunci sukses menulis di blog. 


Mas Firmansyah.

Sedangkan Mas Firmasnsyah sebagai SEO Specialist tentu saja berbagi ilmu tentang SEO (Search Engine Optimization) dalam blogging. Ilmu SEO ini memang luas banget dan kudu dipelajari secara serius kalau memang mau menguasainya. Dan bagi saya yang masih awam banget tentang SEO, ya, cuma nyantol dikit-dikit saja dari apa yang disampaikan mas Firman. Sebagian memang sudah diterapkan di blog, tapi baru sebagian keciiilll banget :D. Mas Firman yang merupakan blogger asal Sidoarjo ini menjelaskan tentang pondasi SEO, yaitu bagaimana riset yang harus dilakukan, bagaimana optimasi on page dan off page, dan evaluasi website. Dengan pembawaannya yang santai, teman-teman blogger pun terlihat asyik mengikuti materi ini meski banyak yang belum paham juga *eh, itu sih saya :D *.

Ini, nih, orang yang suka ngebanyol di depan dan baik hati. Soalnya suka bagi-bagi hadiah, sih :D. Aldy Terren Putra.


#RoadBlog10Cities, Lama Tapi Seru!
Huahh…. Akhirnya, sekitar pukul 16.30, selesai juga acara #RoadBlog10Cities Chapter Surabaya hari itu. Cukup lama, ya, pelaksanannya. Pagi sampai sore! Tapi saya seneng. Karena saya yang blogger kurang gaul ini bisa ketemu dengan lebih banyak blogger dari Surabaya dan sekitarnya. Bisa mengenal mereka lebih dekat, punya pengalaman-pengalaman baru, dan tentu saja tambah ilmu. Oh iya, di #RoadBlog10Cities ini selain bertabur bagi-bagi voucher maupun beberapa marchandise, juga banyak pengumuman lomba, lho. Ada lomba dari LSF, Pegadaian, Genflix, juga kesempatan kerjasama antara Traveloka dengan para blogger. Rencana, sih, mau ikut di kontes-kontes blog itu. Karena memang sebagian kontes blog itu dikhususkan untuk para peserta yang hadir di acara tersebut. Sayang, kan, kalau sudah ikut acaranya tapi tidak ikut lombanya? :).


Bloggers Surabaya dan sekitarnya (foto dari mbak Heni Prasetyorini).

Duduk di deretan paling depan bersama bloggers ini :) Ki-ka: mbak Wiwid Wadmira, mbak Reffi Dhinar, mbak Heni Prasetyorini, saya, mbak Avy Chujnijah. (foto dari mbak Avy Chujnijah).


12 comments:

  1. Wah senangnya dapat ilmu. Sayang Solo nggak ada dan pas nggak bisa ke jogya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, seru Mbak menurutku. Tapi ya tergantung masing-masing orang, sih. Hehhehe...

      Delete
  2. Wuaaah senangnya bertemu para blogger. Mbak Batam termasuk nggak sih? maulah disampaikan sama panitia roadblognya. Pilih Batam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Lina. Paling senengnya tuh ketemu sesama blogger, karena saya jarang kodaran gitu :D
      Kalo Batam kayaknya gak disamperin, Mbak. Sumatera cuma ada di Aceh sama Medan :)

      Delete
  3. Tp baca2 review, acaranya rada zonk ya.. di blognya mbk viki klo gak salah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bicara materi acara, mungkin memang iya ya, Mbak Meriska. Terutama buat para blogger senior (mbak Viki mungkin blogger senior, tapi saya belum tau :) ), karena memang kedua materinya masih lumayan dasar.
      Kalau saya, sih, yang paling seneng ketemuan sama temen2 blogger, soalnya saya masih jarang banget kopdaran :D
      trus materi juga dapet meski emang porsinya kalah banyak sama materi dari sponsor :)))

      Delete
  4. Kopdaran dan menyerap ilmu yang bermanfaat ya Mbak ^^

    ReplyDelete
  5. menyenangkan sekali bisa berkumpul bersama dan berbagi ilmu serta menjalin keakraban di dunia nyata. pasti pulangnya bahagia semua

    ReplyDelete
  6. sama mbak, saya juga tipe pantang mundur kalau udah daftar :D dan karena jarang kopdar jadi ya seneng juga dapat kawan baru. Poin yang saya suka ini tentang sensor mandiri, karena ada faktor akhlak yang kudu dibangun

    ReplyDelete
  7. Terima kasih sudah berkenan hadir, semoga ada manfaatnya :)

    ReplyDelete
  8. Seru banget ya acaranya, pantang menyerah Mbak Deka, naik angkot 2 jam sudah jauh banget itu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law