Thursday, 3 March 2016

Teman Nge-Blog yang Baik Membuatku Tetap Eksis Ngeblog





Sebagai seorang blogger yang meskipun masih level rumput, saya juga (merasa) punya teman ngeblog yang banyak, lho *seneng*. Karena saya masuk di beberapa komunitas blogger di dunia maya, maka tak heran jika teman blogger saya tak sedikit. 

Saya memang kenal blog dari dunia maya, maka teman-teman blogger pun berasal dari dunia maya. Tapi meskipun kami saling kenal di dunia maya, kami pernah juga, lho, melakukan kopdar (kopi darat) sehingga bisa mengenal secara nyata antara satu dengan yang lain. Namun dari banyaknya teman blogger yang saya kenal tersebut, akhirnya hanya ada beberapa yang akrab dengan saya dalam artian kami sering berkomunikasi one by one. Ya, hanya ada beberapa, karena mungkin saya orangnya kurang supel. Dan diantara beberapa orang itu ada 2 orang blogger yang saya anggap dekat sekali dengan saya. Siapa mereka? 

Nunung Nurlaela di www.nunungnurlaela.com 
Yang pertama adalah mbak Nunung Nurlaela. Saya mengenalnya lewat grup kepenulisan di Facebook pada tahun 2012 lalu. Kami belajar bersama tentang kepenulisan, termasuk juga tentang menulis di blog. Dari sana kami pun membuat blog pada akhir 2012. Kemudian kami sering saling bertanya mengenai dunia kepenulisan termasuk juga tentang ngeblog. Tapi mbak Nunung memang seorang pembelajar yang tekun, semangat, dan progresnya sangat cepat. Dia berkembang lebih cepat dari saya. Blognya sudah beberapa kali ganti template dan menjadi seperti yang sekarang karena semangatnya memperbaiki blog sangat besar. 

Dari mbak Nunung saya mendapatkan kepercayaan diri untuk masuk ke dalam beberapa komunitas blogger. Saya yang waktu itu masih culun banget, dengan khawatir bertanya, apakah admin grup A orangnya baik-baik, apakah kira-kira saya yang newbie ini akan bisa diterima di sana, de el el. Hehe… saya seperti anak kecil, dan mbak Nunung selalu memotivasi saya. 

Meski kami belum pernah bertatap muka (saya domisili di Sidoarjo dan mbak Nunung tinggal di Yogya), tapi hubungan kami terus berjalan hingga sekarang. Kami sering berkomunikasi lewat Facebook, saling komen di blog, hingga komunikasi via WhatsApp (WA). Sayangnya, karena kesibukan mbak Nunung sebagai dosen dengan 4 orang putra-putri, beliau beberapa waktu belakangan kurang aktif dalam ngeblog. Semangatnya saya lihat memang masih sangat besar, salah satunya terbukti dengan bergantinya domain blognya ke TLD (Top Level Domain) beberapa waktu yang lalu. Tapi mungkin waktunya yang kurang memungkinkan, hingga akhirnya hanya ada beberapa blogpost yang mengisi blognya belakangan ini. 

Christanty Putriarty di www.omahantik.com 
Yang kedua, ada mbak Christanty Putriarty. Saya juga sudah lama mengenal mbak Tanty, kalau tidak salah tahun 2013, juga melalui Facebook. Tapi kami tidak langsung akrab. Saya hanya kadang membaca statusnya dan kami saling komen. Kemudian kami mulai lebih akrab ketika saya sering menanyakan tentang masalah kepenulisan kepadanya. Mbak Tanty sangat piawai menulis artikel untuk web content. Dia bisa dengan sangat cepat menulis artikel semacam itu, maka saya ingin belajar darinya. Dan alhamdulillah, dia welcome sekali. Dia tak pelit berbagi ilmu dan tips tentang hal itu, dan dia selalu bersedia saya tanyai setiap saat. 

Dunia tulis-menulis kami pun akhirnya bergeser ke arah ngeblog. Seperti mbak Nunung, mbak Tanty juga sangat pesat perkembangan ngeblognya. Dia dengan cepat pindah "rumah" ke TLD dan mulai mengelola blognya dengan profesional. Kadang dia berbagi postingan blog tentang tips ngeblog dan saya ikut dicolek. Melihat perkembangannya yang pesat itulah, saya akhirnya sering bertanya tentang cara mengelola blog secara profesional. 

Sekali lagi, mbak Tanty yang berdomisili di Kudus Jawa Tengah ini bukanlah orang yang pelit berbagi ilmu. Sering saya bertanya satu hal, tapi dia menjawabnya secara panjang lebar, melebihi apa yang saya tanyakan. Misalnya saya menulis pertanyaan 2 kalimat, eh, mbak Tanty menjawabnya dengan berderet-deret kalimat yang lengkap. Dia enggak males ngetik dan males mikir. Otomatis, ilmu saya juga bertambah banyak dan saya seneng banget :). 

Mbak Tanty juga yang memotivasi saya untuk ganti domain, setelah beberapa waktu saya galau tentang hal itu. Bukan cuma memotivasi, tapi dia juga yang mengarahkan saya bagaimana cara ganti domain, beli di mana domainnya, dan segala macam tentang itu. Dan alhamdulillah, setelah ganti domain saya semakin aktif ngeblog. 

Mereka Membuatku Tetap Eksis Ngeblog Hingga Sekarang
Ya, memang banyak sekali teman ngeblog saya, tapi yang selalu memberikan dukungan dan motivasi secara konsisten dari dulu hingga sekarang memang jarang. Mungkin juga ada, sih, tapi kadang saya sungkan bertanya kepada seseorang karena merasa kurang "sreg". Itu hanya masalah kecocokan dan kenyamanan dalam berteman saja. Saya juga merasa, kok, selain mbak Nunung dan mbak Tanty, ada teman-teman blogger lain yang kadang juga membantu saya dalam masalah blogging atau sekadar sharing bareng.

Melalui tulisan ini saya juga meminta maaf kepada mbak Nunung dan mbak Tanty, karena saya telah menganggap kalian teman dekat. Saya tahu, dunia kalian lebih luas, teman-teman kalian lebih banyak, ilmu kalian lebih tinggi. Tak seperti diriku dengan dunia sempitnya, yang hampir tiap hari hanya muter-muter dari halaman depan rumah sampai tempat jemuran baju di belakang rumah :D. Saya memang tak selevel dengan kalian. Tapi saya yakin, ketika telah berhadapan dengan layar komputer, laptop, ataupun smartphone, sama-sama mengakses internet, dunia kita sama luasnya. Kita punya kesempatan yang sama untuk melangkah ke manapun, dan mau mengambil peluang yang manapun. Terserah kita :).

Oiya, tak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih pada kalian berdua atas segala waktu, ilmu, pikiran, ataupun kesempatan yang diberikan untuk saya selama ini. Semoga kalian selalu diberi kesehatan dan keberkahan hidup (sehat-sehat, ya, para bumil *sssttt... mereka berdua sama-sama sedang hamil :) ). Teman Nge-Blog yang Baik Membuatku Tetap Eksis Ngeblog. Itulah kalian. Love you :* .



"Tulisan ini diikutkan dalam Irly & Diah's GA Collaboration: Teman Nge-Blog"

Irly Diah's GA Collaboration




24 comments:

  1. waah teman dunia maya sama baiknya dengan teman di dunia nyata yaaa :) semoga langgeng persahabatannya

    ReplyDelete
  2. baek bener mereka ya mbk, mbk tanty sm mbk nunung, ya ngaish support, ya ngasih pencerahan, dan ngasih kemantaban hati dikau bwt pindah ke tld. amin, smoga mereka sehat selalu smpe proses lahiran nanti amin lagi :)

    ReplyDelete
  3. Enak banget yah kalau punya teman ngeblog yang asik.

    ReplyDelete
  4. senangnya punya teman ngeblog yang memotivasi :) :)
    saya belum pernah bertemu secara langsung (kopdar) dengan teman-teman blogger yang lain :(

    btw,kok susah banget yah Mbak masuk ke blog ini?? sering muncul "mercusuar"


    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh.. sama nih.. saya juga ke mercusuar dulu..

      Itulah gunanya punya teman nge-blog ya Mbak, kita jadi punya "kompor" soalnya malas itu gampang menyerang, jadi sebelum "basi" kompor yang "hangetin" ^^

      Terima kasih sudah ikut GA ini.. salam kenal ^^

      Delete
  5. Aiiish jadi tersungging eh tersanjung nih, makasih ya Diah you're the best too. Keep Happy Ngeblog. Sukses untuk kontes Giveaway nya ya :)

    ReplyDelete
  6. eh nmakasi ya mbaak Diah kok tadi gak sopan kok saya lancang jangkar :D

    ReplyDelete
  7. Teman ngeblog memang bisa bikin mood-booster ya mbak. apalagi jika bisa sekaligus jadi sumber inspirasi

    ReplyDelete
  8. Pengen ikut giveawaynya. kelihatannya menyenangkan. saya juga suka buka blog Omah Antik.
    hmm... ke tekape lomba dulu aaah

    ReplyDelete
  9. Huwaaa...terharuuuu....btw, makasih mbak. Dirimu adalah sahabat dunmay yang selalu bikin aku tambah semangat. Weh, minta maaf untuk apa? Dirimu memang teman dekatku. Kalau ada event or info, pastinya aku ingat dirimu. Hehe...btw, semoga Allah pertemukan kita suatu hari ya mbak. Peluk dari jauh...sun sayang untuk Duo F. Mereka pasti bangga punya ibu sepertimu. Tetap semangat ya....

    ReplyDelete
  10. Wooh Mbak Tanty hamil? waaah.. berita baik ini hihi

    ReplyDelete
  11. wah keren bisa dapat teman sebaik di dunia nyata

    ReplyDelete
  12. Teman ngeblog saya banyak banget...hehe..

    ReplyDelete
  13. Beberapa kali sepertinya pernah berkunjung ke blog mereka. Sukses ya Mbak GA-nya :D

    ReplyDelete
  14. Wah senangnya kalau bisa ketemu sahabat yang malah membuat semakin maju yak. Semoga langgeng yaa mak sama dua sobatnya

    ReplyDelete
  15. enaknya punya temen ya, semoga makin solid persahabatannya, gak cuma nge blog aja :)

    ReplyDelete
  16. Seneng banget ya mbak, bisa punya teman ngeblog. Bikin tambah semangat ngeblog, aku juga baru kenal sama mbak Tanty. Orangnya baik :)

    ReplyDelete
  17. Ngeblog mmng asyik klo ada partnernya ya mbak... Btw, sukses untuk GAnya..

    ReplyDelete
  18. Seneng ya mba, apalagi saling menyemangati :) sampai akhirnya pindah jadi TLD :) slalu langgeng persahabatannya yah mba

    ReplyDelete
  19. aku knal mb tanti baru

    tmn ngeblogku siapa ya?!

    ReplyDelete
  20. Seneng banget kalau punya teman yang berawal dari dunia maya trus jadi akrab, ya :)

    ReplyDelete
  21. Teman ngebog saya banyaaak, Tanty termasuk juga teman karib saya semenjak gabung IIDN Semarang. Emang baik bnget dia, hehe

    ReplyDelete
  22. Waahh sempat galau jg yah Mbak waktu ma u pindah domain? Xixiixx samaaa doong Mbak, saya jg waktu itu sempat galau jg :D

    Anyway bisa kebeneran banget yah teman2 ngeblognya kompakan hamil, sehat terus Bumil ;)

    Btw salam kenal yah Mbak Diah (nama kita sama) xixixix

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law