Friday, 5 February 2016

Meriahnya "Nurul Islam Fair" di LPIT Nurul Islam Krembung



Tanggal 30 Januari 2016 kemarin adalah hari yang menyenangkan buat Faiq, sulung saya. Pasalnya, di pagi hari itu dia akan tampil di sebuah acara di sekolahnya. Sejak sehari bahkan beberapa hari sebelumnya dia selalu semangat bercerita tentang acara yang akan menampilkan kebolehannya. “Nanti ummi liat, ya, kalau Faiq tampil.” Begitu dia bilang kepada saya. (Tentu saja, Nak! :) ). Kemudian malam sebelum acara, dia nurut untuk tidur lebih awal agar esoknya bisa bangun pagi :).


Faiq sudah siap sedia mau berangkat :D


Akhirnya waktu yang ditunggu tiba. Faiq tak sabar mengenakan baju sewaan yang akan dikenakannya untuk tampil. Dia buru-buru mandi lalu meminta saya memakaikan pakaian yang memang ada printilannya itu, sehingga dia tidak bisa mengenakannya sendiri. Jadwal hadir di sekolahan pukul 07.00, tapi Faiq sudah siap komplit (sudah sarapan+berpakaian rapi) pukul 06.30. Semangat sekali dia :). 

Ya, hari itu akan ada acara “Nurul Islam Fair” di LPIT Nurul Islam Krembung. LPIT (Lembaga Pendidikan Islam Terpadu) Nurul Islam Krembung adalah nama lembaga tempat anak saya belajar yang terletak di Kabupaten Sidoarjo. Ada Play Group, TK, SD, dan SMP di LPIT Nurul Islam ini. Sedangkan Faiq masik di TK A. Nurul Islam Fair sendiri akan terdiri dari rangkaian acara pagelaran seni, pameran pendidikan, dan bazaar. Nah, untuk Faiq, dia akan menampilkan Tari Saman bersama beberapa temannya. 

Faiq diantar oleh ayahnya pukul tujuh kurang sedikit. Sedangkan saya, akan menyusulnya pukul 08.00, karena memang acaranya dimulai di waktu itu. Dan kata ustadzahnya, Faiq dan teman-temannya akan tampil pertama kali, yaitu pukul 08.00. Saya pun kemudian beberes dapur dan menyiapkan diri plus si kecil Fahima untuk diajak ikut serta ke sekolah kakaknya nantinya. Tapi ternyata, saya kurang cepat berbenah. Jarum jam sudah menunjukkan pukul 08.00 tapi saya belum selesai beberes. Eh, malah ada acara BAB segala. Duh… alamat…. 

Benar saja, sampai di sekolah, saya celingukan. Mana anakku?? Hehehe... Saya tanya ke panitia acara, apa anak-anak TK A sudah tampil? Kata ibu panitia, “Sudah, Bu. Tadi paling awal tampilnya.” Duh, sedihnya hati ini… *mellow* 

Ya sudah, mau gimana lagi. Saya pun duduk manis di salah satu deretan kursi tamu, mencoba menikmati acara demi acara yang tergelar di panggung pagelaran seni. Tapi saya tidak jenak duduk, karena ada si kecil Fahima yang enggak mau diam. Saya pun kemudian jalan-jalan di sekitar lokasi acara. Lalu mencari Faiq untuk mengganti pakaiannya dengan baju kasual yang saya bawakan. Alhamdulillah Faiq tidak kecewa waktu saya bilang saya terlambat datangnya dan tidak bisa melihat penampilannya. Karena saya katakan, “Nanti ummi mintakan videonya ke mamanya mbak Eci (salah satu temannya), ya.” 

Setelah Faiq dan Fahima gabung, saya makin tak konsentrasi mengikuti acara. Karena mereka maunya jalan-jalan terus. Kami kemudian berkeliling melihat-lihat bazaar (dan tentu saja anak-anak minta dibelikan ini-itu) dan melihat pameran pendidikan yang digelar di beberapa ruang kelas SD yang disatukan. Saya senang melihat bazaar dan pameran itu. Di bazaar, anak-anak dilatih untuk berjualan dan atau berwirausaha. Peserta bazaar adalah anak-anak SD dan SMP. Ada yang jualan kue, minuman, alat-alat tulis, bros hasil karya mereka sendiri, dan lain-lain. 

Kemudian di pameran pendidikan, ditampilkan berbagai karya anak-anak dari Play Group hingga SMP. Kami paling betah di ruangan pameran ini. Faiq mengamati satu per satu karya teman-teman maupun kakak-kakak kelasnya. Seringkali juga mencoba karya-karya yang bisa diujicoba seperti periskop, alat penimbang, kipas angin sederhana, helikopter, dan lain-lain. Sayangnya, kami tak bisa melihat pameran robot oleh anak-anak SMP seperti tahun lalu. Sepertinya untuk pameran kali ini anak-anak SMP persiapannya kurang maksimal. Hasil karya mereka pun kalau saya lihat lebih bagus di tahun sebelumnya. 

Inilah beberapa karya siswa-siswi LPIT Nurul Islam Krembung:






Beberapa karya siswa SD dan berbagai piala penghargaan.



Beberapa karya siswa SMP.


Nurul Islam Fair ini diadakan setiap tahun, biasanya di awal tahun seperti ini untuk menyambut tahun ajaran baru. Ya, acara ini memang semacam pengenalan sekolah kepada masyarakat umum, baik pada orangtua yang anak-anaknya telah bersekolah di LPIT itu maupun masyarakat luar. Sehingga pendaftaran siswa baru pun sudah mulai dibuka pada saat itu. Meski tahun ajaran baru masih kurang lebih 5 bulan lagi, namun bagi para orang tua yang ingin memesan seat untuk anaknya dipersilakan. 

LPIT Nurul Islam Krembung memang salah satu sekolah Islam yang diminati masyarakat sekitar. Hal itu tentu saja karena sudah terkenal bagus kualitasnya. Meski letaknya di tengah kampung, namun siswa-siswinya banyak yang berasal dari luar kampung ataupun luar kecamatan.

Sebenarnya meriah sekali acara Nurul Islam Fair ini. Tapi karena anak-anak (dan saya sendiri) sudah capek, maka pukul 11.00 saya memutuskan untuk pulang. Acaranya mungkin hingga pukul 12.00 atau lebih. Tapi sebagai orang tua yang anaknya sudah menimba ilmu di sana, acara ini seperti hiburan saja, karena kami sudah cukup dekat mengenal LPIT Nurul Islam. Insya Allah, Faiq juga akan melanjutkan pendidikan di sana untuk jenjang-jenjang pendidikan berikutnya.


video
Video amatir penampilan Faiq dkk. dari salah satu wali murid.



9 comments:

  1. Acaranya menarik Mbak semoga bisa bermanfaat ^^

    ReplyDelete
  2. Waahhh seru banget acaranya mak, kreatif2 yaa siswanya.. :)

    ReplyDelete
  3. Tidak bisa menyaksikan sang buah hati tampil ,berarti tidak bisa mengabadikan moment tersebut, Kecewa rasanya.
    Belum kelar juga pulang duluan. Wah, datang terlambat pulangnya lebih awal :)

    ReplyDelete
  4. Memang ya, Mba.. Nggak bisa lihat tampilan kreatifitas buah hati kadang sakitnya tuh di sini.. Tapi ya, paling nggak kita masih bisa minta gambar dari wali murid lainnya.. :)

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum salam kenal mbak,

    Hebatnya mas Faiq tampil membawakan tari Saman. Berapa orang yg ikutan tari tsb? kompak sekali. Tari Saman dari Aceh-kah?

    Kegiatan pamerannya pun keren banget. Ikut bangga melihat hasil karya mereka. Nurul Islam Fair .. great :)

    ReplyDelete
  6. Wah gantengnya dg kostum :) Karya siswa memang wajib dipamerkan utk mengapresiasi & memberi semangat :))

    ReplyDelete
  7. Haha...ceritanya mirip aku mbak...tapi untungnya masih bisa lihat anak2 tampil. yang sama itu, datang telat pulang duluan hihi...btw, Faiq ganteeng...

    ReplyDelete
  8. Saya sering mengalami itu Mbak ... sudah siap2 berangkat eeeh ada yang mau BAB :)

    Untungnya si kakak gak marah ya, Mbak

    ReplyDelete
  9. acaranya kelihatanya seru sekali mbak :D
    acara seperti ini bisa menjadi ajang anak untuk menuangkan imajinasinya dan kreatifnya ya.. sip sip sip.. semoga acara seperti ini sering sering diadakan :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law