Saturday, 30 January 2016

Ganti Template, Perlu Gak?



Alhamdulillah, sejak ganti domain baru tanggal 02 Desember 2015 lalu, semangat ngeblog saya berangsur membaik. Saya lebih rajin posting tulisan baru di blog ini. Yang sebelumnya hanya 2 hingga 4 blogpost, di Desember saya post 9 tulisan dan di Januari 9 tulisan termasuk tulisan singkat ini. Yap, itu sudah peningkatan banget bagi saya :D.


Dan itu artinya, salah satu resolusi saya di tahun 2016 sudah ada yang berjalan. Semoga saja, sih, ini bukan semangat musiman. Semoga saya tetep konsisten ngeblog seperti ini. Semangat, sih, sudah punya. Hanya mungkin kesempatan yang kadang kurang saya gunakan sebaik-baiknya. Ya, semoga kesempatan ngeblog selalu ada (lebih tepatnya selalu bisa menyempatkan diri buat ngeblog). Aamiin... 

Alhamdulillah juga, di awal tahun ini untuk pertama kalinya saya dapet job review. Meski baru kecil-kecilan dan dikasih reward berupa voucher belanja, tapi saya udah girang banget (apalagi voucher belanjanya juga lumayan jumlahnya, menurut saya :) ). Ya itung-itung buat pengalaman, lah. Trus job review yang kedua dapet dari temen. Masih belum gedhe juga, sih, reward-nya. Tapi saya tetep bersyukur. Dan... yap, saya emang super norak untuk masalah ini :D. Baru gitu aja sudah seneng banget (pamer-pamer di sini), hehehe... 

Itulah sedikit cerita norak saya selama hampir 2 bulan punya domain pribadi. Nah, selama hampir 2 bulan ini pula, sebenernya saya agak kepikiran juga tentang sesuatu. Tentang template blog ini tepatnya. Sejak awal ganti domain, saya berniat pengen ganti template, entah kapan dan seperti apa. Saya kadang mupeng kalau lihat template blog teman-teman yang bling-bling gitu :D. Sedangkan punya saya, kesannya kuno gitu, ya? Tapi sebenarnya saya suka, sih, dengan template ini. Template yang sejak awal blog ini ada hingga sekarang, enggak pernah berubah. Lha memang pilihan saya sendiri, sih. Dan mungkin tampilan template ini memang mencerminkan kepribadian saya, ya? Hehe... 

Awal punya domain pribadi saat itu, saya pengennya ganti template di tahun 2016 ini. Tapi beberapa waktu yang lalu saya jadi bimbang setelah ada yang bilang kalau template bawaan itu lebih bagus, lebih ringan di browser. Sedangkan template saya yang ijo-ijo lumut ini, kan, memang template bawaan dari Blogger. Hanya saya utak-atik sedikit warnanya, font, gambar latar, dan sebagainya. Maksudnya, berarti sudah ringan kalau dibuka?

Nahhh, pada kesempatan ini, saya ingin meminta bantuan teman-teman. Menurut teman-teman, sebaiknya gimana, ya, template blog saya ini? Apa memang perlu diganti? Yang seperti apa?

Kasih saya pencerahan, dong... Boleh apa pun juga masukannya, pokoknya yang terkait dengan template blog ini.

Insya Allah nanti akan ada 2 orang yang dapet pulsa @Rp.10.000,00 bagi yang jawabannya sreg di hati saya. Maksudnya idenya bagus dan saya sanggup mewujudkan masukan itu. Tapi mohon maaf, kali ini untuk yang pakai kartu Indosat saja, ya. Soalnya saya lagi mager alias males gerak, hehe... Jadi ntar saya tinggal transfer pulsa aja dari hape, gak perlu ke counter pulsa dulu :D (soalnya saya juga pakai Indosat). Mudah-mudahan lain waktu saya bisa berbagi yang lebih besar lagi, ya. Aamiin...

Oiya, mini kuis ini saya mulai saat blogpost ini tayang hingga akhir tanggal 31 Januari 2016 besok saja, ya. 
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya buat teman-teman yang bersedia berkomentar di sini :).

Happy blogging :).


Update 01 Februari 2016:
Teman-teman, berhubung saya masih belum sempet bikin blogpost terbaru, maka di sini saja, ya, saya kasih tau siapa saja yang beruntung mendapat pulsa Indosat @Rp.10.000,00. 

Oiya, terima kasih sekali lagi saya ucapkan buat komentar teman-teman semua. Semuanya bagus dan membangun. Insya Allah akan saya terapkan sedikit demi sedikit. Tadi pagi sempet utak-atik sebentar, dan beginilah jadinya. Sementara tetep pakai template ini dulu :). Ehm... Saya masih belum bisa, tuh, ngganti latar luar yang transparan itu? Trus ngerapiin (menghapus sebagian) label yang buanyak itu gimana caranya, ya, biar cepet? Hehe... Barangkali ada yang mau bantu lagi :).

Oke, deh, ini dia nama yang beruntung (saya tambah satu nama, soalnya bingung milihnya, semua bagus :) )
1. Sribupedia aka. Mbak Wardah Fauziyah
2. Mbak Agustinadian Susanti
3. Mbak Naqiyyah Syam.

Silakan kirim nomer hape ke inbox FB saya saja, ya (Diah Kusumastuti).
Terima kasih :)


31 comments:

  1. Katanya template yang bagus itu dasarnya warna putih, Mbak. Untuk box yang isinya postingan tulisan. Jadi, yang baca nyaman juga disukai juri kalau ikut lomba *CMIIW

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, bwgitu ya, Mbak Yanti. Oke, noted. Makasih, ya :)

      Delete
  2. Semoga selalu semangat negblognya ya mbak. Btw mbak maksdunya muncul mercusuar apa ya waktu pasang domain sendiri?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak Lidya atas kunbalnya :)
      Iya Mbak, kadang tuh waktu temen atau saya sendiri buka blog ini, gak bisa muncul halaman blog ini, tapi yg muncul Mercusuar. Keterangannya kurleb begini: alamat web yg Anda ketikkan salah atau web sedang tidak aktif. Begitu, Mbak Lid... Saya pikir itu terjadi dulu waktu domain masih baru. Eh ternyata sampai sekarang kadang masih gitu, biasanya kalo dibuka waktu dini hari atau pagi sekitar jam 8-an gitu...

      Delete
  3. Aku masih templet yang gratisan Mb, hehehe

    yang gratisan yang bagus, kalo ada info kabari ya

    ReplyDelete
  4. template gratisan sama berbayar sama aja mba. bedanya yg kalau template yg bayar biasanya didesign lebih pro dan user friendly (karena mainin coding). tapi apapun templatenya yang penting hasil akhirnya simple mba, ga ribet alias SEO friendly. jadi membuat pembaca nyaman baca tulisannya dan betah berlama - lama bersama mba. *ceileh..
    tapi aku sbg blogger amatiran, punya saran:
    1. widget label (yg ada disamping kanan bawah)nya jangan kebanyakan, dipilih yg penting-penting aja (bisa kok diedit) jadi ga membuat scroll panjang ke bawah.
    2. buat menu bar blog untuk masing-masing tema tulisan. bisa liat referensi dari label yang mba pasang juga sih. misal menu bar: kesehatan, tips & trick, review, pendidikan dan lain-lain. jadi memudahkan pengunjung membaca sesuai yg diinginkan.
    salam ya mba.
    semoga bermanfaat. salam kenal.
    fb: wardah fauziyah

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya mba, tambahan..
      3. sbaiknya emang perlu ganti template. supaya lebih fresh, mumpung masih awal tahun 2016 mba. Pernah denger saran dari orang. katanya kalau milih warna templete itu usahakan gunakan 3 warna aja dengan warna dasar putih, terutama background tulisan. katanya sih gitu, tp gatau juga deh. :)

      Delete
    2. Tapi jangan memaksakan diri ganti template. Dan jangan tergiur dengan model template orang lain. Jika belum begitu paham sedikit tentang kode HTML tempate, jangan ganti deh. Pusing nantinya. Semangat untuk menulis jadi terlunta-lunta gara-gara otak-atik template.\
      Saran, widget followe dibuat lamam saja karena widget ini yang paling berat loadingnya.
      Komentar sahabat tidak perlu.
      Blog archive dibuat model lain biar tidak kepanjangan kebawah atau jika perlu hapus saja.
      Blog sahabat tidak perlu, mengenai saya dibuat laman saja.
      Lencana facebook tidak perlu buat widget gabungan media social sepeti punyaku.
      Wah panjang jadinya nih.
      Dan jangan lupa pasang widget artikel terkait.

      Delete
  5. Halo mba.. salam kenal yaa..
    Ada beberapa blogger kenamaan yg bilang kalau simple template is a new sexy. Tahun 2016 ini, template blog yg sedang naik daun adalah template yg simple, eyefriendly dan tentunya googlefriendly.

    Saran dari saya, gimana kalau mbak pakai background outih supaya lebih ramah dipandang, agar pengunjung blog mba betah berlama2di blog mba.
    Oia, sebaiknya sidebar juga tidak terlalu panjang sampai melebihi panjang postingan. Cmiiw..

    Saran2 juga buat blog saya ya mbaa.. makaciii ^_^

    ReplyDelete
  6. cari template yang friendly mbk, latarnya putih dan tidak banyak widget. Ini blog mbk udah rapi tinggal latarnya putih aja. Di header bisa dipasang gambar kegiatan mbk dan di laman ditambah apa yang mbk tonjolkan di blog mbk. Istilahnya branding niche blog mbk apa aja. semoga berkenan.

    ReplyDelete
  7. halo mbak, karena tadi saya buka pake hp, jadi saya kasih jempol dulu karena ternyata dibaca pake hape enak aja. Ada blog yang kalau dibuka pake hp scrollnya panjang bener baru bisa baca tulisannnya.

    Lanjut, cuma saya sepakat sama di atas, yang ini backgroundnya cenderung gelap, jadi kurang nyaman dilihat. Apa harus putih? sebenarnya sih gak juga. Yang penting simpel, ringan, biar gak ngantuk pas buka akibat kelamaan.

    Udah itu aja, saya aja pake yang gratisan kok. Gak enak juga kasih saran panjang2 ^^

    ReplyDelete
  8. Sudah bagus kok templatenya.
    btw, nomorku simpati hehehe..

    ReplyDelete
  9. soal ganti template itu si terserah pada mbak aja mantapnya bagaimana.. hehe.. cuma kalau In My humble opinion sebaiknya diganti yang lebih simple dan dipercantik sedikit. warna background boleh seperti ini tapi untuk latar utama biar lebih bening pake warna putih saja selain enak dibaca lbh ga keliatan rame.trus dibagian sidebar itu backgroundnya transparent dengan gambar yang masih terlihat bagian belakangnya lalu tulisannya ijo itu ga terlalu jelas kelihatan. kalau latar utama nya putih tulisannya ijo masih bs terlihat. dari sini kelihatannya mbak suka dengan warna ijo ya hehe...template bawaan blogger juga menyediakan versi mobile tapi non responsive design. kalau mau yang responsive mbak bisa download template gratisan yang responsive.

    ReplyDelete
  10. Kalo udah suka template yg ini ya apa boleh buat.. Tapi font judulnya kalo bisa diganti, karena terlalu standar dan biasa banget.

    ReplyDelete
  11. Templatenya sudah responsif kok mb, gampang dibuka...mungkin kolom warna kuningnya yang agak diterangin dikit hihi

    ReplyDelete
  12. Kebetulan template blog-ku juga template dari blogspot. Menurutku, blog ini seperti rumah. Kalau pemiliknya nyaman maka tamu pun nyaman. Silakan Mba design semenyenangkan menurut Mba aja.

    ReplyDelete
  13. Halo Mba Diah, saya berkunjung, nih!
    Hm..., saya sependapat dengan beberapa komen dari teman blogger di atas, bahwa template yang enak dan bikin betah pembaca adalah yang simple dan berbackground putih. Kenapa? Karena ga bikin mata lelah dan ga bikin siwer. Lagipula, beberapa tahun belakangan ini, trend template yang ditengarai eye friendly, adalah yang berbackground putih, tulisan yang tidak centil [gunakan yang umum dan gampang dibaca], user friendly, sehingga mau dibaca via hape, via lappie, gadget, asyik2 aja. Dan yang google friendly.

    Template yang pro itu ga harus yang berbayar kok, template bawaan juga banyak yang bagus, tinggal polas poles dan utak atik dikit.

    Demikian, masukan dari saya, Mba, semoga berkenan, ya. :)

    ReplyDelete
  14. Dns ada yg salah. Dl aku jg gitu. Tanyain ke cs pas beli domain.

    Template dominan putih aja. Pake background gambar sendiri, edit template langsung bkn yg html

    ReplyDelete
  15. Setuju sama template putih.
    Saya baru ganti ke template putih juga akhirnya -- setelah lama hanya berupa niat karena ngga ada waktu utak atik template blog (posting aja jarang). Anyway, template putih itu ada di template bawaan blogspot. Soalnya saya pake template bawaan. Ada di bagian yang simple. Kalau mau si hijau dipertahankan, pakai warnanya di fontnya aja Mba. Trus si pohon dijadikan icon atau hiasan judul blog. Tapi background diusahakan putih. Katanya paling bagus begitu, apalagi kalau mau monetized

    ReplyDelete
  16. Saya suka template yang ringkas, tak banyak pernik mbak.
    Agar semangat, ayo, ganti template sesuai saran yang paling masuk di hati

    ReplyDelete
  17. Ketika ganti template, yang terpenting adalah, cari template yang clean, seo friendly, dan speed blog tetap cepat.

    ReplyDelete
  18. Hai mbak dekaaa....senang y jd semangat ngeblog. Aku ketinggalan kuis minimuuu....

    ReplyDelete
  19. mantap nih dapat suntikan semangat di saat yang lain mulai tumbang.

    ReplyDelete
  20. Waaah ada namamu, alhamdulillah ya mbm. Nomer indosat udah gak aktif, adanya nomer telkomsel piye?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhhh ternyata bukan mbak Arin (di atas tuh) aja yg bukan pelanggan Indosat :D
      Yo wes gpp Mbak, inbox nopenya di fb yaa :)

      Delete
  21. Lho cepet banget? Hehehee gpp kebetulan aku gak pake kartu itu. Semoga mendapatkan template yang diidamkan.

    ReplyDelete
  22. iya mba,
    template adalah suasana yang menggambarkan karakter si mpunya blog.
    Saran sih yang putih bersih, simple, seo friendly dan ga berat pas di buka. Yang utama adalah template yang responsip, agar bisa di buka mobile dari gadget.
    Banyak ko yang gratisan, moga cepet dapet yang sesuai yaaa!!

    ReplyDelete
  23. wahh berarti umur domain kita sama Mbak :)
    saya juga baru ganti domain awal bulan desember kemarin :)

    ReplyDelete
  24. saya udah beberapa kali ganti template..kalo bosen ganti..gitu aja terus sampe dapet yg pas sesuai hati..biar fresh juga

    ReplyDelete
  25. Wah aku telat, nih. Tapi siapa tahu nanti aku dapat pulsa tambahan demi kelangsungan ngeblog.
    Sebelumnya selamat atas domain barunya. semoga tetap langgeng.
    Kalau untuk urusan template tidak akan ada habis dan tidak akan ada rasa puasnya.
    Yang lebih penting itu semangat untuk menulis dan selalu update.
    Tapi seandainya nanti terpaksa mau ganti aku sarankan yang model template responsive. Karena sekarang pengunjung blog lebih didominan oleh pengguna hape.
    Warna putih itu lebih bagus, dan backgraund tanpa gambar
    Header cukup dengan karakter huruf biar lodingnya lebih cepat.
    Tapi jangan memaksakan diri, takut nanti kecewa. Bawaan blogspot ini juga menarik hanya saranku saja, backgraundnya jangan gambar.
    Dan ada tambahan, template bawaan blogspot mudah dipahami. Beda jika nanti mau ganti template dari pihak ketiga. Agak pusing sedikit untuk beradaptasinya.
    Intinya jangan tergiur untuk ganti template.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law