Jiwa dan Raga yang Sehat untuk Ibu Bahagia



Me time bersama teman-teman sehobi.


Seorang ibu itu superpower. Seorang ibu hampir tak pernah beristirahat dari bangun tidur hingga ia tidur kembali. Pasalnya, ada anak-anak dan suami yang membutuhkan perhatian dan uluran tangannya. Seperti itu pulalah yang saya alami sebagai seorang ibu yang hampir setiap hari selama 24 jam bersama anak-anak di rumah. Maka untuk mengimbangi segala bentuk kerepotan yang menguras tenaga, waktu, dan pikiran itu, saya butuh me time.

Kalau dalam ungkapan Latin dikatakan, “mens sana in corpore sano” yang artinya di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Ungkapan itu juga bisa bermakna sebaliknya, bahwa jika jiwa kita sehat maka tubuh kita juga akan mengikuti. 

Ya, saya perlu sehat lahir dan batin agar peran saya sebagai ibu bisa terus berjalan dengan baik. Saya perlu bahagia agar tubuh saya juga selalu sehat. Maka terkadang saya ingin mengapresiasi diri saya sendiri, menghadiahi diri saya dengan sesuatu yang saya sukai pada saat-saat tertentu. 


Kadang, me time tetap bersama anak :)


Bentuk apresiasi yang saya inginkan sederhana saja, tetapi yang membuat jiwa dan raga saya sehat kembali. Yang pertama yaitu relaksasi berupa piknik ke tempat-tempat yang menyejukkan seperti taman nan hijau. Sekadar jalan-jalan dan menghirup udara segar, sehingga pikiran pun akan kembali ringan. Kemudian yang kedua saya senang sekali jika dapat berkumpul dengan teman-teman yang sehobi, seperti dalam komunitas penulis atau blogger. Kesempatan seperti ini yang sangat sulit saya dapatkan, dikarenakan kesibukan sebagai ibu rumah tangga dengan dua anak yang masih kecil. 

Saya bahagia jika dapat mengapresiasi diri saya sendiri dengan aktivitas-aktivitas itu :).







8 comments

  1. Eh ada foto saya di sini...
    Huaaahhh mbak Diah kapan yaa ketemu lagi...

    ReplyDelete
  2. semua wanita memang perkasa ya mbak, mampir kemalang mbak.

    ReplyDelete
  3. Setujuuu... Kalau jiwa kita sehat dunia kita pun akan sehat. Mengurus rumah tangga akan jadi lebih nikmat.

    ReplyDelete
  4. Setuju, Mbaaak. Me-time itu memang perlu banget buat ibu yg superpower kayak dirimu. ;))))

    ReplyDelete
  5. liburan memang sangat dianjurkan seminggu sekali ya mbak untuk fresh pikiran kita. apalagi kalo kerjaan banyak dan bikin kepala pusing pasti liburan akhir pekan sangat diajurkan :)

    ReplyDelete
  6. setuju juga...

    btw, me time dan refreshing saya ya saat ke kampus mbak...:D

    ReplyDelete
  7. Eh aku jg mikir, msh single aja riweh gini gmn klo dah punya anak???

    ReplyDelete
  8. Iya betyl mw time bwrtemu teman sehobi itu menyenangkan;)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.