Saturday, 12 September 2015

Jasa Penulis Artikel: Bagaimana Kiatnya?



credit


Bulan September sudah hampir memasuki pertengahannya, dan saya belum menulis apapun untuk blog ini? Mau hiatus lagi? Duh… jangan, dong. Baiklah, makanya sekarang saya mulai posting tulisan, nih. Dan kali ini saya mau nulis tentang jasa penulis artikel


Teman-teman blogger atau penulis tentu sudah banyak yang tahu, dong, apa itu jasa penulis artikel. Kalau dilihat dari frasa kalimatnya sudah lumayan jelas, yaitu jasa dari seorang penulis untuk menuliskan artikel-artikel yang dibutuhkan oleh pihak-pihak lain. Pihak lain ini biasanya adalah web-web tertentu yang menyediakan konten artikel-artikel yang banyak dicari oleh pengguna atau mesin pencari di internet. 

Di sini saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya saja, ya, tentang hal tersebut. Iya, sedikit, karena saya memang belum lama juga ikut menulis artikel semacam itu. 

Selama menulis artikel untuk web, saya (lebih tepatnya kami, para penulis artikel) mendapatkan orderan menulis dari agen yang akan menyalurkan artikel-artikel kami tersebut. Jadi kami tidak secara langsung mendapatkan orderan tersebut dari web A, B, C, dan seterusnya. Agen tersebut merupakan grup menulis di Facebook. 

Pertama-tama kami terlebih dahulu diseleksi untuk dapat masuk list penulis artikel. Setelah tersaring, baru kami akan diberikan orderan tulisan. Banyaknya orderan tulisan tersebut tergantung kesanggupan penulis yang telah disepakati sejak awal. Misalnya saya, saya hanya menyanggupi untuk menulis 500 kata sehari. Hehehe… sedikit sekali, ya. (tapi biasanya agen menambahnya, 500 menjadi 1000 kata, dan alhamdulillah selesai juga :D ). Iya, sih, karena saya hanya bisa menulis di malam hari. Itu pun hanya sekitar 2 hingga 3 jam. Daripada nanti mengecewakan agen karena tulisan tidak selesai saat deadline (DL), lebih baik saya pasang target terkecil saja, kan? :) 

Orderan tulisan yang diberikan agen berisi keyword-keyword (KW) yang akan menjadi bahan tulisan. Tentu saja KW tersebut merupakan kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna atau mesin pencari di internet. Setelah mendapat KW, penulis harus menyelesaikan orderan tulisan tersebut sesuai DL yang ditentukan. 

Biasanya, DL yang diberikan mepet sekali. Seperti contoh saya di atas, 1.000 kata dalam sehari, maka untuk 3.000 kata DL-nya 3 hari. Wuih…. Tapi memang, untuk beban DL yang secepat itu biasanya konten artikel yang dibuat juga tidak susah. Kalau tema yang diorder lumayan “butuh mikir”, agen juga memberikan DL yang agak longgar. 

Lalu, bagaimana, sih, tips agar bisa lebih cepat menyelesaikan tulisan? Saya sendiri, sih, termasuk penulis artikel yang lelet. Ada seorang teman yang bisa menyelesaikan artikel sebanyak 3.000 kata dalam sehari, bahkan ada yang lebih dari itu (tapi ya gitu, nulisnya gak cuma 2-3 jam seperti saya lah :) ). 

Biasanya, sebelum menulis kami membaca dulu beberapa referensi terkait KW di buku, di internet, atau di manapun. Setelah paham dengan bahan dimaksud, kami akan menulis dengan kata-kata atau bahasa sendiri. Itu dilakukan untuk menghindari plagiarisme. Karena tulisan yang ketahuan plagiat akan dikembalikan ke penulis. Nah, jika bahan tulisan termasuk sulit dan kami benar-benar tak menguasainya (misal tentang kimia, sedangkan saya tak paham soal itu), maka saya bisa bermain kata dalam menulisnya. Yaitu dengan membaca secara rinci sumbernya, lalu diubah ke dalam kalimat saya sendiri (sambil tetap melihat sumber) :). 

Begitulah, sedikit pengalaman saya dalam dunia jasa penulis artikel. Memang, sih, fee nya tidak banyak. Tapi selagi masih ada kesempatan, saya mampu melakukannya dan ada waktu untuk menulisnya, saya masih akan menjalaninya. Insya Allah.



12 comments:

  1. Sip Mak ilmunya. Saya belum pernah jadi penulis artikel.
    Itu tiap hari bikin tulisan ya Mak? Harus banyak baca dan banyak referensi ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mak Vhoy.. iya kalo pas ada orderan tiap hari nulis, kadang sebulan full gitu, hehe.. tapi kalo pas gak ada orderan ya ngeblog aja, deh. hehehe..
      gak juga sih, Mak.. banyak baca referensi dari mbah Google aja juga bisa, kok :D

      Delete
  2. MAKASIH MBAK ilmunya, saya juga pernah dapet jasa menulis artikel, setelah baca ini jadi dapat pencerahan .. makasih XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau ada yang tercerahkan.. Sama-sama :)

      Delete
  3. Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke blog anda. saya bantu share ya gan? semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin :D :D

    ReplyDelete
  4. The best , . .bermanfaat bnget jadi dapet refrensi abis baca, hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo bermanfaat. Terima kasih :)

      Delete
  5. ane juga lelet kalo nulis, makanya jarang banget dapet order dengan dl mepet :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe.. Gitu, ya? Kalo saya alhamdulillah masih dapet meski dikit2 :)

      Delete
  6. Makasih ilmunya mbak, saya baru pemula dan masih harus banyak belajar, hehee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mbak Murni. Saya juga belum begitu berpengalaman kok, soal beginian :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law