Thursday, 11 June 2015

Suatu Siang Bersama Mi Kering Tropicana Slim: Buat Me Time atau Buat Anak?






“Baca buku sambil makan Mi Kering Tropicana Slim di halaman belakang yang semilir, enak kali yaa….”. 

Hemm… itulah yang saya bayangkan kemarin siang, ketika saya merasa mempunyai me time. Ya, inilah waktu untuk memanjakan diri sendiri! Sepertinya suasana sedang mendukung: si kecil sedang tidur siang, si kakak lagi asyik main di ruang tengah (dan sebentar lagi mungkin akan tidur juga), dan pekerjaan rumah sudah beres. Wah… pasti asyik, nih, acara baca buku bakalan gak ada yang ganggu! Maklum, anak-anak masih kecil, sehingga waktu luang semacam ini sangat berharga :). 

Cemilan di rumah memang sedang menipis, jadi saya ingin membuat cemilan yang lain dari biasanya. Dan… saya ingat masih ada beberapa bungkus mi instan di lemari dapur. Sebenarnya saya dan keluarga jarang sekali mengonsumsi mi instan, sebulan maksimal hanya 5 bungkus untuk serumah. Jadi stok di lemari terbilang awet. Ya, seperti yang kita ketahui, mi instan tidak bagus jika terlalu sering dikonsumsi. Adanya bahan pengawet serta kandungan lemak, garam, dan kalori yang tinggi tidak baik untuk kesehatan. Saya enggak mau, dong, kami sekeluarga terkena hipertensi, diabetes, atau obesitas gara-gara sering mengonsumsi mi instan. 


Mi Kering Tropicana Slim Rasa Ayam Bakar


Tapi, sekarang ada yang berbeda di lemari dapur saya. Kemarin lusa saya membeli Mi Tropicana Slim dengan varian Mi Kering Tropicana Slim Rasa Ayam Bakar. Menurut yang pernah saya baca di internet, mi ini berbeda dari mi instan yang lain, karena dia adalah mi sehat, sehingga lebih aman dikonsumsi. Saya ingin mencoba, bagaimana, sih, rasa mi yang satu ini? Kalau mi instan biasa kan lebih banyak bumbu penyedapnya sehingga rasanya gurih. Nah, kalau yang ini bagaimana, ya? 


Ada wadah khusus di dalamnya.


Saya pun langsung beraksi di dapur. Saya ambil Mi Kering Tropicana Slim dari dalam lemari, saya buka bungkusnya… eh, ada yang berbeda dari kemasan mi yang satu ini. Tidak seperti mi instan lainnya, mi Tropicana Slim ini ada wadah khususnya di dalam, sehingga tampak eksklusif. Wah, dari kemasannya saja sudah bagus, trus gimana rasanya, ya? 


Informasi nilai gizi pada Mi Kering Tropicana Slim Rasa Ayam Bakar. (credit)

Perbandingan Mi Kering Tropicana Slim dengan mi instan lainnya. (credit)


Sambil merebus mi dan menyiapkan bumbunya ke dalam piring, sesekali saya baca kemasan bungkusnya. Di sana ada 4 item menonjol yang tertulis: 
  • Lebih rendah lemak. Konon, mi kering ini tidak melalui proses penggorengan untuk pengeringannya, melainkan dipanggang. Sehingga kandungan lemaknya menjadi lebih rendah dibanding mi instan lainnya, yang mengakibatkan lebih rendah kalori juga. Lebih rendah lemak, tentu saja lebih sehat. Nah, ini juga bagus buat mereka yang suka makan mi tapi lagi diet. Aman, deh, buat mereka :). Rendahnya kandungan lemak dalam mi ini dapat dibuktikan dengan melihat air rebusan mi yang berwarna bening/kuning jernih. Air rebusan mi instan lain berwarna lebih keruh dan berminyak karena mengandung lebih banyak lemak akibat digoreng dalam proses pengeringannya. 

Air rebusan mi instan lain lebih keruh dan kelihatan berminyak (saya memasak mi instan lain di waktu yang berbeda).

  • Lebih rendah natrium. Natrium atau kandungan garam dalam mi ini lebih rendah dibandingkan dengan mi instan pada umumnya. Mi instan pada umumnya mengandung Natrium sekitar 1000 mg atau lebih, tapi dalam Mi Kering Tropicana Slim Rasa Ayam Bakar kandungan Natriumnya hanya 480 mg. Padahal, bila tubuh kita terlalu banyak mengonsumsi Natrium atau garam resiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi jadi lebih besar. 
  • Sumber 6 vitamin dan 1 mineral. Mi kering ini mengandung vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, B12, Asam Folat (vitamin B9), vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu juga terkandung kalsium dan zat besi yang merupakan bagian dari mineral. Vitamin-vitamin dan mineral tersebut seperti kita ketahui sangati penting bagi pemeliharaan kesehatan tubuh kita. 
  • Sumber serat. Mi kering ini mengandung karbohidrat dan protein yang merupakan sumber serat. Serat sangat penting dalam proses metabolisme tubuh kita. Serat berfungsi membantu memperlancar proses pencernaan makanan di dalam usus. Jika makanan yang dikonsumsi tidak mengandung serat, maka akan sulit dicerna oleh tubuh. 

Wah, dengan 4 keunggulan di atas, rasanya Mi Kering Tropicana Slim ini memang bagus buat kesehatan tubuh.




Yap, akhirnya mi sudah selesai dieksekusi. Hemm hemm… sudah tidak sabar nih mau merasakan mi yang spesial ini. 






“Mii… Ummi masak apa? Kok dari tadi di dapur terus?” suara si kakak yang mendekat mengagetkan saya. Rupanya dia belum tidur juga. Duh! Tampaknya akan ada sedikit masalah, nih. 
“Waw, itu mi apa, Mi? Aku mau!” matanya membulat lalu bibirnya tersenyum. 
Tampaknya dia sangat tertarik dengan mi yang sudah siap tersaji di atas piring. Seperti kebanyakan anak-anak lainnya, anak saya juga suka dengan aneka olahan mi, baik mi instan atau mi yang lain. Tapi selama ini alhamdulillah dia nurut untuk tidak terlalu sering makan mi instan. 
“Faiq mau? Nih, berdua sama Ummi, ya?” Saya enggak tega, dong, mau makan sendirian :). 


Si kakak jaim, enggak mau difoto sambil ngunyah mi :D


Eh, tapi, dia langsung membawa sepiring mi itu ke halaman belakang yang semilir itu... Lalu dengan lahap dia menyantapnya. 
“Hemm… Mi-nya enak…,” ujarnya. 

Hah? Enak, katanya? 

“Ummi nyicip dikit, ya?” kata saya sambil mencomot sejumput mi. 
Eh… ternyata rasanya memang enak. Enggak kalah sama mi instan pada umumnya. Padahal kan ini mi sehat, yang kandungan garam dan lemaknya rendah? Biasanya kalau masakan kurang garam, kan, kurang "sip", ya? Hehhe... Berarti ini mi sehat sekaligus enak disantap :).

Biasanya anak saya selalu jujur, lho, kalau bicara soal makanan. Kalau enggak enak, ya, dia akan bilang enggak enak. Memang begitu, kan, anak-anak? Biasanya mereka bicara apa adanya. Dan ternyata, mi ini juga disukai anak-anak, seperti anak saya. Karena ini mi sehat, berarti saya enggak perlu khawatir, dong, kalau besok-besok dia minta dimasakin lagi? Siiipp... aman :).

Nah, nah, nah… Jadi gimana ini ceritanya soal me time? Baca buku sambil nyemil Mi Kering Tropicana Slim gimana itu? Yah…. Dengan terpaksa batal! Mau masak mi lagi? Wah, nanti malah enggak jadi baca buku karena si kecil keburu bangun. Tapi… sebagai ibu pasti ada rasa bahagia kalau bisa membuat anak senang. Ya sudah, deh, baca buku sambil nyemil mi-nya lain kali saja… :).

26 comments:

  1. Belum pernah nyoba sih. Tapi jadi penasaran juga :D Oya ada mie yang bisa bikin gemuk nggak? hihi kebalik ya. Solanya saya ini kurus pengen gemuk kok susyeh ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh, Mbak Lina :)
      Kalo yg bikin gemuk ya mestinya mi instan yg biasa itu Mbak, kan kandungan lemaknya tinggi.. Tapi saya sendiri jg gak bisa gemuk meski dulu lumayan sering makan mi instan :D *tosss*

      Delete
  2. Wihihihi, antara sebel sama seneng ya Mbak. Mau me time ga jadi. Tapi demi anak gpp. Umminya bisa makan seporsi lain kali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak Vhoy.. Mesti gitu kalo ada anak2, gak bisa mulus rencananya :D

      Delete
  3. mie instannya lebih sehat ya mba... :)

    ReplyDelete
  4. Mi kering Tropicana Slim emang enak dan sehat ya..

    ReplyDelete
  5. mi tropicana rendah lemak nih? meskipun lagi diet aman dong makan mi ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Shinta.. emang bagus buat yang lagi diet katanya.. ayuk dicoba :)

      Delete
  6. laper -___-
    mi tropicana enak

    ReplyDelete
  7. nikmatnya makan mi tropicana

    ReplyDelete
  8. Wah, saya juga ikutan kontes ini mak :D

    ReplyDelete
  9. biasanya ibu suka ngalah sama anak hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, Mbak.. ya mana tega sama anak... hehe..

      Delete
  10. mie instan yang sehat mba? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tampaknya memang begitu, Mbak Ulfi :)

      Delete
  11. tropicana sy biasa pake gula nya mak,slalu ada stok dirmh,tpi klo mie nya g pernah nyobain,kpn2 nyoba ah... ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Sekarang dicoba, deh, mi nya :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law