Saturday, 30 May 2015

Mencari Semangat Setelah Hiatus Ngeblog



credit


Sebulan lebih saya tidak ngeblog. Saya merasa hiatus ngeblog. Saya merasa berhenti terlalu lama dari aktivitas ngeblog. Rasanya gimana? Kehilangan semangat ngeblog! Wah, bahaya ini :).

Ya, sudah sebulan lebih saya tidak memposting tulisan apa pun di blog ini. Padahal sebelumnya minimal ada 2 postingan setiap bulannya di blog ini. Sebenarnya saya juga tak memiliki kesibukan yang berarti, tapi memang ada beberapa hal yang mendesak yang harus dilakukan (hihi.. serius banget tampaknya). Tapi entahlah, di sela-sela waktu itu pula saya tak tertarik untuk memposting tulisan di blog ini. Padahal pasti ada lah waktu luang untuk ngeblog kalau memang niat. Akibatnya, blog ini menjadi terbengkalai. Bahkan ada beberapa komentar yang mampir, tapi dengan jahatnya saya biarkan tanpa saya respon (sebenarnya bukan jahat, tapi lebih ke rasa malas merespon *sama aja, ya ;)* maafkan saya, temans…). 

Kalau blogwalking, sih, saya masih sering melakukannya meski jarang juga meninggalkan jejak. Saya suka membaca postingan teman-teman yang tampaknya menarik. Tapi sekali lagi, blogwalking pun tak mendorong saya untuk menulis postingan di blog ini :(. 

Lalu akhirnya, hari ini saya tergerak untuk ngeblog. Di hari-hari terakhir di bulan Mei ini saya ingin mengisi blog ini dengan tulisan yang enggak penting ini ;). Di sini saya hanya ingin mengingatkan diri sendiri (atau mungkin teman-teman yang mengalami nasib sama seperti saya, hehe.. emang ada?) bagaimana mencari semangat untuk ngeblog setelah mengalami hiatus ngeblog. Bagaimana mencarinya untuk kemudian bisa kembali aktif mengisi blog dengan posting tulisan. 


Ini, nih, salah satu yang bikin males ngeblog. Utak-atik foto di hape baru. Hihihi... maklum, emak ndesit :D


Yang harus saya lakukan setelah hiatus ngeblog, antara lain: 
  • Cari-cari naskah di dokumen komputer. Sebenarnya saya punya lumayan banyak naskah baik yang sudah jadi ataupun setengah jadi di dokumen komputer. Tulisan-tulisan itu ada yang pernah diikutkan lomba tapi enggak menang :D, tulisan yang dikirim ke media massa tapi enggak dimuat, atau baru berupa draft baik untuk kepentingan lomba atau mau dikirim ke media massa. Atau ada juga yang mau diposting di blog tapi belum jadi. Nah, sebenarnya bisa juga, kan, tulisan-tulisan itu diedit kembali lalu diposting di blog? 
  • Lihat-lihat file lomba yang sudah di-bookmark. Saya sering bookmark info-info lomba nulis atau info cara kirim naskah ke media. Waktu bookmark bayanginnya gini: “ntar ikut yang ini, deh” atau “besok-besok mau coba kirim ke sana, ah…” hehehe… Tapi sering banget hal itu sebatas bayangan atau khayalan aja, tapi enggak ada aksinya :D. Nah, setelah lama enggak ngeblog begini, harus diniatkan untuk merealisasikan “khayalan” itu :D. Itung-itung buat ngisi blog ;). 
  • Blogwalking. Coba lagi untuk lebih sering blogwalking. Mungkin dari main ke blog teman-teman, ada inspirasi yang ditemukan. Selama sebulan lebih ini tentu banyak sekali “trending topic” yang saya lewatkan. Mulai dari “war-war-an” hingga “isu” pembekuan PSSI. Hihihi… Pasti hari ini dan seterusnya juga akan ada topik-topik menarik untuk ditulis. Pasti teman-teman juga banyak yang menulis tentang berita-berita terhangat itu. Mungkin, saya akan tertarik untuk ikut menulis isu-isu tersebut setelah membaca banyak referensi/opini :). 
  • Cari inspirasi menulis dari sekitar. Setiap hari tentu ada, dong, kejadian apa pun di sekitar kita. Semua itu sebenarnya ide untuk menulis juga, kan. Tinggal kita mau menulis yang mana. Yang paling menarik dan enak untuk kita tulis. Sebenarnya buanyak banget hal-hal yang ingin saya tulis, dari perkembangan anak, sekolah anak, dan lain-lain. Tapi ide tinggallah ide kalau enggak kita eksekusi, kan? Hihihi… malesnya itu, lho…. ;). 

Sementara itulah hal-hal yang akan saya lakukan setelah menulis ini. Semoga dapat terealisasi, ya. Tapi yang terpenting dari semuanya, tentu saja niat. Niat enggak, sih, ngeblog? Kalau niat, ya, pasti mau meluangkan waktunya untuk memposting tulisan di blog. Jangan biarkan hiatus ngeblog terlalu lama bersamamu :).
Kalau saya sendiri, sih, seminggu satu postingan itu sudah bagus. Hehehe… 

Semangat, ya, Diah!!
:)


18 comments:

  1. Pantesan..jarang muncul, lagi hiatus toh? Jangan lama2 mbak..ayo nulis lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. makasih Mbak Arin atas perhatiannya :)
      iya, Mbak.. gak pengen hiatus lebih lama lagi, pengen nulis dan ngeblog lagi :)

      Delete
  2. Kelamaan ngga ngeblog malah bikin makin males ya mbaa. Tap sekarang udah mulai semanagt lagi kan yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak.. bener banget.. kalau kelamaan nggak ngeblog semangatnya juga makin pudar.. makanya harus mencari semangat lagi, hehe.. insya Allah udah mulai semangat lagi ini :)

      Delete
  3. Saya juga sering mogok ngeblog karena gak ada ide. Kalo jawab komentar orang di blog kita, saya jarang banget melakukannya karena browsernya gak beres nih, hiks. Tapi saya pasti baca komen2nya karena masuk email semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau blognya Mbak Hana sih percaya.. yang komen banyak banget.. jadi maklum lah kalau gak sempet respon satu-satu. Lha kalau blog saya ini? ada 5 komen aja udah sennengg banget, hehe.. makanya berusaha responin satu-satu..
      Tapi ya gitu kalau lagi males, kadang responnya lambat, kadang malah gak direspon :(

      Delete
  4. hihihihi ayoo semangat lagi.. :D \/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah disemangatin, Mak Pungky :)

      Delete
  5. ide bisa datang dari mana saja, yang penting itu keinginan nulisnya itu loh. Mudah2an besok-besok semangat lagi ya Mak. Aku juga sering gitu tapi kalo cek alexa rank biasanya semangat lagi pengen ngeblog. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mak Vita.. Niatnya itu loh.. Hehe.. Wah saya jarang kalo cek alexa rank.
      Iya semoga semangat lagi abis ini :)

      Delete
  6. wuah sama nih kita mba. saya juga udah lama hiatus ngeblog
    dan point kedua yang bookmark kontes blog samaan banget deh. saya juga sering bookmark tapi jarang yg dieksekusi. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. Ternyata ada temennya juga, nih. Makanya itu, Mak.. Ayo semangat lagi, dan action buat rampungin bookmark-an :D

      Delete
  7. hihi...aku malah 3 bulan baru ngisi blog lagi mbak...ini masih bersihkan sisa2 debunya...:D

    Btw, keep writing mbak Diah sayang...sun sayang untuk 2F ya...tambah lucu2 mereka. terutama Fahima tuh,,,centilnya...:D Awas ntr bentar lagi Fahima minta adik lho, Mbak...#ups kaboor....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ternyata aku belum bales komen ini, ya. Hihihi..
      Iya aku udah maen ke sana Mbak.. Mbak Nunung sih maklum, orang sibuk :)
      Hihi.. Fahima centil, ya? Iya kaliiii... :D tapi adik? Entar dulu lah... ;)

      Delete
  8. Keep writing Bunda...
    saya selalu jadi silent reader distiap tulisan bunda :-)
    hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau ternyata ada yang silent reader.. Terima kasih ya, Mbak Muthmainnah.. Jadi tambah semangat nih :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law