Sunday, 22 February 2015

[Resensi Kompas Anak] FIXIANO, Kumpulan Cerita Karya Penulis Cilik



Gambar dari ePaper Kompas, 22 Februari 2015.


Membaca buku lalu menuliskan review atau resensinya itu menyenangkan menurut saya. Karena kita seperti merangkum isi buku tersebut kemudian akan mudah mengingatnya. Sebelumnya, saya telah beberapa kali menulis review dan resensi buku-buku konsumsi orang dewasa. Tetapi kali ini saya mencoba menulis resensi buku anak. Dan alhamdulillah, resensi saya tersebut dimuat di harian Kompas Anak hari ini, 22 Februari 2015.

Emm... sebenarnya saya sudah pernah kirim resensi juga ke Kompas Anak, 2 kali, tapi tidak dimuat semua :). Gara-garanya (mungkin) bahasanya bukan bahasa anak-anak (belum tahu waktu itu), trus jumlah katanya hanya berkisar 100 kata. Ternyata, informasi yang saya dapatkan sebelumnya salah. Saya tahunya dari blognya Mak Haya Aliya Zaki, ternyata jumlah katanya maksimal 200 kata. *makasih, Mak*

Setelah mempelajari bagaimana menulis resensi buku anak (khususnya untuk Kompas Anak) dari blognya mak Haya tersebut, tanggal 03 Januari 2015 lalu saya mencoba mengirim lagi resensi buku anak. Judulnya "FIXIANO". Buku itu pemberian dari salah satu teman Facebook saya, yang merupakan mama dari si penulis cilik (penulis buku itu). Alhamdulillah, resensi itu akhirnya dimuat hari ini :) *seneng*

Berikut naskah asli dari resensi buku anak "FIXIANO".

================================ 

FIXIANO, Kumpulan Cerita Anak Karya Penulis Cilik

Judul Buku : FIXIANO, Kumpulan Cerita Ian 
Penulis : Gabriel Fabiano 
Penerbit : Sinotif Publishing 
ISBN : 978-979-18733-8-3 
Cetakan : Pertama, Oktober 2014 
Tebal : 144 halaman 
Harga : Rp.60.000,00. 

Arnold dan Alexa adalah dua sahabat baik. Mereka pernah bermain di menara tempat “The Watermelon Bell” berada. Suatu hari mereka berdua berjanji akan bertemu kembali saat usia mereka 20 tahun, untuk berlomba adu cepat membunyikan lonceng itu. 

Ketika usia mereka telah 20 tahun, perlombaan pun dilaksanakan. Tapi ternyata, bunyi lonceng itu mempunyai kutukan, Alexa yang kalah dalam perlombaan itu dikutuk menjadi sebatang bunga dandelion. Tentu saja Arnold sangat sedih. Dia berjuang untuk mengubah Alexa yang telah dikutuk itu agar kembali menjadi seperti semula. (hal. 3-11). 

Itulah salah satu cerita yang ada dalam buku “Fixiano, Kumpulan Cerita Ian”. Buku ini berisi cerita-cerita fiksi karya Gabriel Fabiano (Ian) yang berusia 11 tahun dan duduk di kelas 6 SD. Selain cerita “The Watermelon Bell” di atas, masih ada 14 cerita fiksi lagi yang tak kalah seru dan imajinatif. Seperti “Melody Fog” (hal. 21), “Perfectionist” (hal. 29), “Candy Land” (hal. 49), dan lain-lain. 

Cerita-cerita di dalam buku ini bertema petualangan yang bernilai perjuangan, kasih sayang, kerjasama, dan persahabatan. Oh, ya, di setiap akhir cerita, Ian juga menyelipkan pesannya, lho. Jadi cerita-cerita di dalamnya selalu ada pesan moralnya, yang mengajak kita untuk melakukan kebaikan. Bukunya juga semakin lengkap dengan adanya ilustrasi menarik di tiap cerita.

============================ 

Nah, itulah naskah aslinya, berbeda sedikit dari yang diterbitkan (diedit dong oleh editonya :) ). 
Oiya, bagi teman-teman yang mungkin tertarik untuk mengirim resensi buku anak ke Kompas Anak juga, berikut syarat-syaratnya:

  • Tulis resensi sekitar 3 atau 4 paragraf saja (maksimal 200 kata).
  • Kirim dalam file attachment ke: kompas@kompas.co.id cc. kompas@kompas.com dengan subjek: [Resensi Kompas Anak] + [Judul Buku]. 
  • Sertakan identitas diri: nama, alamat lengkap, nomer telepon, dan nomer rekening pribadi (di badan email).
  • Jangan lupa sertakan file foto cover bukunya juga.
Soal honor, katanya sih, Rp. 200.000,00 (lumayan banget untuk tulisan yang dikit gitu, ya :) ). Dan cairnya cepet juga, lho (katanya juga sih, soalnya belum nerima, hihihi...).

 
Oke, happy writing ^^.


*sumber info: hayaaliyazaki.com 


10 comments:

  1. Selamat mak, Alhamdulillah bisa nembus resensi buku anak di kompas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. terima kasih, Mbak Tini :)

      Delete
  2. kayaknya bukunya bagus untuk diberikan ke anak-anak saya. Supaya mereka belajar menulis dari para penulis cilik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh juga itu, Mak Myra. Mungkin dari membaca-baca cerita yang ditulis anak gitu mereka bisa belajar, ya :) btw, emang bagus kok bukunya :)

      Delete
  3. Keren banget bisa nembus kompas, wah jadi pengen bikin resensi buku anak juga. Kalau buku-buku yang agak lama gimana ya? atau mesti buku baru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. makasih, Mas Salman..
      ayo bikin dan kirimkan... kalau setahu saya, buku baru atau buku-buku terbitan setahun kebelakang gitu deh yang biasanya dimuat :)

      Delete
  4. udah lama ngga kirim kesana, pengen coba lagii..makasih postingannya mba..selamat yaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mbak Dedew pasti udah pengalaman, ya :)
      makasih, Mbak :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung :)
Saya akan senang jika teman-teman meninggalkan komentar yang baik dan sopan.
Mohon maaf komentar dengan link hidup akan saya hapus ^^.

Kumpulan Emak Blogger

HALO BALITA


Ibu-ibu Doyan Nulis


Followers

Blogger Perempuan

Blogger Perempuan

Alexa Rank

© 2016 DeKa | Powered by Blogger | Template by Enny Law